Rabu, 20 Oktober 2010

Catatan Bulanan Akhir Bulan September 2010

Catatan Bulanan
Akhir Bulan September 2010
Dikumpulkan oleh = Saya Sendiri  Dana

Haahhhh... Mau komentar apa yah untuk catatan bulanan periode akhir bulan ini yah? Semuanya masih banyak tinta kuning atau pun oranye bagi perkereta apian kita, terlebih di mancanegara juga. Rugi di petak rel, rugi pula di jajaran dinas perkereta apian negeri kita ini. Oknum yang brulah merugikan masyarakat pengguna jasa KA lah... Belum lagi ada 2 kecerobohan yang dilakukan oleh para insan pengguna jasa KA dan pra sarananya...

Mohon tanggapannya apabila ingi
n menanggapi...

Tanggal 21 September 2010 :
Duh, Karyawan PT. KA Curi Besi Bekas Rel
Selasa, 21 September 2010 | 15:27 WIB
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan
semua lho...
KEDIRI, KOMPAS.com - Seorang karya
wan PT. Kereta Api stasiun Kediri yang bertugas di bagian penilik jalan dan jembatan, Rochmad (55) dan pekerja kontrak perbaikan rel Kusnandir (51) terpaksa meringkuk di sel tahanan Polsek Ngadiluwih Kediri, Selasa (21/9/2010). Warga desa Branggahan kecamatan Ngadiluwih ini dilaporkan menjual 6 batang besi bekas rel masing - masing sepanjang 2,5 meter dengan berat 409,9 kilogram yang seharusnya dikembalikan kepada perusahaan. Penjualan besi dilakukan kepada Miadi (63) warga desa Seketi kecamatan Ngadiluwih yang merupakan pedagang besi rongsokan. Kepada penyidik, tersangka mengaku hasil penjualan besi itu Rp 900.000,00 digunakan untuk menambah uang makan bawahannya selama kerja lembur perbaikan rel menjelang Lebaran 2010.

Rochmad yang <>Kepala Unit Reskrim Polsek Ngadiluwih Aiptu Sarwo Edi mengatakan tersangka dijerat dengan Pasal 374 KUHP atas tuduhan penggelapan dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara.

Laporan wartawan KOMPAS Runik Sri Astuti KOMPAS/ PRIYAMBODO

Sumber dari = http://regional.kompas.com/ di :
http://regional.kompas.com/read/2010/09/21/152759
42/Duh..Karyawan.PT.KA.Curi.Besi.Bekas.Rel-5 tanggal 21 September 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Apapun makanannya, minumannya.... Apapun alasan kriminalnya, hukumannya.... yah dipenjara karena perbuatan yang tercela.


Tanggal 23 September 2010 :

Jalur KA Purworejo - Kutoarjo Lumpuh
Kamis, 23 September 2010 13:55:00
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

PURWOREJO (KRjogja.com) - Jalur kereta api (KA) Purworejo - Kutoarjo di kabupaten Purworejo terhenti. Diberhentikannya pelayanan KA Purworejo - Kutoarjo ini terkait dengan kondisi jalur (rel) yang kurang mendukung. “Banyak
terjadi kerusakan, dan ukuran rel kecil sehingga perlu pembenahan,” tandas Kepala Daop V Purworejo, M Soleh Kosasih di Stasiun Kutoarjo, Kamis (23/9).

Dikatakannya, hingga sekarang pihaknya belum bisa memastikan kapan jalur Pu
rworejo – Kutoarjo dapat difungsikan lagi. “Untuk sementara Stasiun KA Purworejo hanya difungsikan untuk pelayanan tiket saja. Sedang pelayanan lainnya dilayani di Stasiun Kutoarjo,”ujarnya. Diberitakan, jalur KA Purworejo - Kutoarjo ini diberhentikan operasionalnya sejak 8 hari menjelang hari H Lebaran lalu dan dijanjikan akan dihidupkan lagi setelah Lebaran. Untuk perbaikan jalur itu kata M Soleh Kosasih, telah diserahkan kepda Satker Jogja, atau Daop VI. “Tapi kapan akan dimulai kita tidak tahu,” jelasnya. (Nar)

Sumber dari = http://www.krjogja.com/ di :
http://www.krjogja.com/news/det
ail/51147/Jalur.KA.Purworejo.-.Kutoarjo.Lumpuh.html tgl 23 September 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Semoga ada niatan untuk mengaktifinnya kembali dengan segera sebelum rel KA yang ada dilahanin oleh banyak penduduk sekitar.

Tanggal 27 September 2010 :

Acara Penghijauan Para Edan Sepur di Stasiun Ciganea
Langsung dari ketikan ybs :

Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Dear Railfans,


Salam Sukses. Alhamdulillah aca
ra GO GREEN ON THE TRACK dengan tema “Hijau Alamku Aman Kereta Apiku” telah berlangsung sangat sukses. Penanaman 10.000 sepanjang Area Daop 2 dari Cibungur hingga Banjar serta Padalarang hingga Cianjur yang akan dilakukan secara bertahap hingga bulan Februari 2011. Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah : 1. Meningkatkan kepedulian dan kecintaan terhadap lingkungan. 2. Menumbuh kembangkan rasa ketertiban dan keterkaitan terhadap lingkungan pada generasi muda. 3. Tercapainya keselarasan hubungan antara manusia dan lingkungan hidup sebagai bagian dari tujuan membangun manusia Indonesia seutuhnya. 4. Terkendalinya Sumber Daya Alam secara bijaksana. 5. Terlaksananya pembangunan berwawasan lingkungan untuk kepentingan generasi sekarang dan yang akan datang. 6. Terwujudnya manusia Indonesia sebagai pembina lingkungan hidup. 7. Terlindungnya negara terhadap dampak kegiatan di luar wilayah negara yang menyebabkan kerusakan dan pencemaran lingkungan.

Bentuk Acara : 1. Perkemahan Sabtu Minggu (PERSAMI) Kegiatan ini adalah perkemahan yang diikuti oleh Dirjen Perkeretaapian, Pegawai PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 2 Bandung, Komunitas Pecinta Kereta Api dan Pramuka Saka Wana Bhakti. 2. Acara Ulang Tahun Kereta Api Kegiatan ini berupa kumpul bersama atau sarasehan antar peserta, pemerhati, dan pegawai Kereta Api, puncak acara Ulang tahun Kereta Api dirayakan dengan Api Unggun, tiup lilin yang disertai dengan pesta kembang api Oleh Deputy Vice President PTKAI Daop 2 Bandung, Manager Public Relation PTKAI Daop 2 Bandung dan Sekretaris D
irjen Perkeretaapian. 3. Penanaman Pohon Kegiatan berupa aksi hijau penanaman 1.000 pohon tepat guna yang seremonialnya dipusatkan di jalur kereta api Ciganea – Sukatani dan diikuti secara serentak di seluruh wilayah PT. KA Daerah Operasional 2 Bandung dan disiarkan secara langsung dengan menggunakan Radio Komunikasi Kereta Api (PK).

Terima kasih kepada PT. Kereta Api Indonesia Daop 2 Bandung, Perum Perhutani Unit III
Jabar Banten, Dinas Kehutanan Perkebunan dan Pertanian Provinsi Jawa Barat, Dinas Kehutanan Perkebunan dan Pertanian Kab. Purwakarta, Perum Perhutani KPH Purwakarta, Gerakan Pramuka Saka Wanabhakti, Pemerintah Daerah Purwakarta, Siswa-siswi SLTP-SMA Se-Kabupaten Purwakarta, Karang Taruna Desa Mekargalih, Warga Masyarakat Ciganea - Sukatani dan sekitarnya, Rekan-rekan TNI-Polri, Rekan-rekan Polsuska Wilayah Daop 2, Rekan-rekan Pegawai PTKA Daop 2 Bandung, rekan-rekan Railfans : KOMUTER, KRL-Mania, GM-Marka, Jabotabek Railfans, Member semboyan35, dan Komunitas Railfans lainnya.

Terima kasih untuk pihak sponsor : Dirjen Perkeretaapian Kementrian Perhubungan, Bank BNI 46, Bank Rakyat Indonesia dan Asuransi Allianz. EDAN SEPUR GO GREEN ON THE TRACK, Persembahan Kami untuk 65 Tahun Kereta Api Indonesia. EDAN SEPUR GO GREEN ON THE TRACK, Bukti nyata kecintaan dan kepedulian Kami terhadap Kereta Api Indonesia.

Maju Terus Perkeretaapian Indonesia Bravo Railfans !
Bravo Kereta Api Indonesia !

NB :
bagi rekan-rekan RF yang kemarin sempat mengabadikan momen2 selama acara berlangsung, dipersilahkan Upload Foto di Dinding Group Komunitas Edan Sepur Indonesia.

Sumber dari = http://www.facebook.com/ di :
http://www.facebook.com/photo.php?pid=1587535&id=1066334780#!/?page=1&sk=messages&tid=1556380505953 dan http://www.facebook.com/group.php?gid=160346648989#!/group.php?gid=160346648989&v=photos pada tanggal 27 September 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Semoga acara ini tidak hanya menyadari pentingnya berkereta api, tapi juga menjaga lingkungan habitat alami
ah dari penghijauan yang masih terus kita miliki di negeri ini khususnya di pulai Jawa.

Tanggal 28 September 2010 :
1. Melahirkan di KA Raphi Dhoho
Tak ayal pasangan Tomi dan Badriyah yang bertolak dari Surabaya menuju ke Madiun sempat menghebohkan seantero rangkaian KA Raphi Dhoho. Ini dikarenakan Badriyah yang berasal dari Madura sudah mengandung 9 bulan mengalami pecah ketuban sesaat beberapa menit selepas rangkaian KA Klas Ekonomi yang mereka tumpangi itu berlaju meninggalkan stasiun Surabaya. Awalnya mereka berdua tidak merasakan firasat apa – apa.

Namun, karena dirinya mengalami pecah ketuban, sejumlah penumpang pun menangani proses kelahiran sang cambang bayi dari sang ibu yang ceroboh tersebut hingga sang bayi perempuan terlahir di dalam kereta api. Atas kejadian ini, pihak KA Raphi Dhoho dalam hal ini Kondektur Perjalanan / KP tidak ingin ambil pusing untuk segera menurunkan keduanya di stasiun terdekat, yaitu stasiun Keetosono.

Sang ibu bayi tersebut langsung dievakuasi ke RSUD Kertosono hingga sang bayi dimasuki ke dalam inkubator. Si ibu bayi tersebut langsung lemas tidak berdaya. Karena kurangnya persiapan yang matang sang bayi pun belum diberinya nama. Sang bayi terlahir dengan berat 2,8 kg dan panjang 50 cm.

Kontributor Trans TV Rom
a Dwi Julianti

Sumber dari = Siaran berita Reportase Pagi di Trans TV pada tanggal 29 September 2010.

Kabar kelanjutannya :

Belum Ingin Balik Pasca Kelahirannya
Sehari setelah kejadian sang cambang bayi sudah mengalami kesehatan yang baik pasca kelahirannya di dalam rangkaian KA Klas Ekonomi Raphi Dhoho. Namun, Badriyah sang ibunya bersama Tomi sang suami mengaku merasa tidak ingin secepatnya kembali ke kampung halaman mereka di pulau Madura. Meski keduanya sudah mengalami pulih dari rasa sakit, namun sang bayi yang belum juga diberi nama itu belum juga diberi ASI melainkan susu botolan.

Sumber dari = Siaran berita Reportase Pagi di Trans TV pada tanggal 30 September 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Ceroboh dan tidak memberi sikap yang dewasa. Sudah tahu akan melahirkan keduanya ini tetap bersih kukuh bepergian ke luar kota dan merepotkan sejumlah penumpang di dalam kereta api. Alhasil sang ibu dari bayi jatuh lemas tidak berdaya selama beberapa saat.

2. Mobil Kijang Dihantam KRL di Kalibata

Karena suatu kecerobohan, sebuah mobil Kijang di PJL sisi utara stasiun Kalibata dihantam rangkaian KRL yang berlaju sekitar jam 5 sore WIB. 1 orang penumpang di dalamnya terluka dan si Kijang hitam tersebut langsung hancur di bagian kaca depannya. Belum diketahui secara pasti bagaimana kronologi itu terjadi.

Sumber dari = Ma'af... saya lupa (kebablasan) malah gak cantumin narasumbernya dari mana. Tapi saya tampilin fotonya dari teman di Faceboo
k.com. Ma'af 1x lagi saya lupa dapet dari narasumber fotonya dari mana....

3. PT. KA Terancam Rugi Rp120 Miliar
Jumat, 17 September 2010 | 11:04 WIB
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

BANDUNG (SINDO) – PT. Kereta Api (PT KA) menyatakan perseroan berpotensi mengalami kehilangan tambahan pendapatan sebesar Rp 120miliar,00 akibat penundaan kenaikan tarif KA ekonomi yang h
arusnya mulai berlaku 1 Oktober 2010. Potensi kehilangan pendapatan itu terjadi selama periode 1 Oktober hingga 31 Desember 2010. ”Itu sebagai konsekuensi penundaan kenaikan tarif KA ekonomi yang kebijakannya baru akan dievaluasi pada akhir tahun nanti,”tutur Direktur Utama PT. KA Ignasius Jonan di Bandung kemarin. Dia menambahkan semakin lama pemerintah mengeluarkan kebijakan kenaikan tarif KA ekonomi semakin sulit pula perseroan meningkatkan pelayanannya. Sebab potensi kehilangan yang dialami semakin besar. Kenaikan tarif KA ekonomi jelas dia sangat dibutuhkan perseroan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat kelas menengah ke bawah.

”Apalagi jumlah dana PSO (public service obligation / subsidi) yang kami terima tahun ini hanya sebesar Rp 535miliar,00 sama seperti tahun lalu dan hingga kini pun belum kami terima,”tuturnya. Sementara itu, Deputi Me
nteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang Infrastruktur dan Logistik Sumaryanto Widyatin mengatakan rencana kenaikan tarif KA ekonomi saat ini masih dalam pembahasan. Menurut dia, pembahasan ini juga menyangkut dana PSO yang seharusnya ditanggung oleh pemerintah, tetapi masih terkendala dalam realisasinya hingga saat ini. “Seharusnya kalau BUMN disepakati menjadi perseroan terbatas, pemerintah harus menyanggupi itu. Sekarang tidak bisa BUMN menjadi penanggung terakhir karena akan ada konsekuensi bisnisnya,”ujarnya.

Menurut dia, Kementerian BUMN saat ini sedang berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan terkait pencairan dana PSO dan rencana kenaikan tarif KA ekonomi agar bisnis perseroan tidak terganggu dengan tetap meminimalisasi dampak terhadap masyarakat pengguna. Ketua Umum Serikat Pekerja PT. KA Sri Nugroho menuturkan keberpihakan pemerintah terhadap PT. KA semakin dipertanyakan dengan ditundanya kenaikan tarif KA ekonomi. (irvan christianto)


Sumber dari = http://www.seputar-indonesia.com/ di :
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/353650/ pada tanggal 28 September 2010.

4. Lagi, Menara Eiffel Diancam Bom
Rabu, 29 September 2010 | 07:23 WIB
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

PARIS, KOMPAS.com — Menara Eiffel dan taman Champ de Mars di sekitarnya dikosongkan, Selasa (28/9/2010) waktu setempat untuk kedua kali dalam 2 pekan setelah ada peringatan bom. "Polisi meminta kami mengungsi dan mengatakan mereka telah menerima peringatan,"kata juru bicara tempat bersejarah di Paris itu. Sebanyak 2.000 orang berada di daerah tersebut. Sementara juru bic
ara polisi mengatakan bahwa dinas pemadam kebakaran telah menerima telepon dari telepon umum yang menyatakan ada paket mencurigakan di menara tersebut.

Juru kamera Reuters di lokasi mengatakan Polisi telah menutup daerah sekitar 200 meter dari menara itu. Siaga bom itu adalah yang ke-4 dalam beberapa pekan. Para pejabat keamanan Perancis mengatakan pekan lalu negeri tersebut berada dalam siaga tinggi setelah menerima pemberitahuan mengenai serangan bunuh diri yang direncanakan terhadap metro Paris. Menteri Dalam Negeri Perancis Brice Hortefeux mengatakan pada 20 September Perancis menghadapi ancaman aksi teror ya
ng sesungguhnya, sementara negara itu menghadapi reaksi dari gerilyawan Al-Qaida di Afrika Utara dan kekhawatiran bertambah tentang serangan dari sel - sel yang tumbuh di dalam negeri.

Polisi Perancis mengevakuasi para wisatawan dari Menara Eiffel dan sebuah stasiun kereta bawah tanah (metro) setelah ancaman bom dari penelepon gelap pada Selasa malam (14/9/2010). Ancaman bom itu berawal dari telepon gelap yang diterima pihak perusahaan yang mengoperasikan Menara Eiffel sekitar pukul 20.30. Si penelepon mengatakan telah memasang bom di tempat itu. Ancaman bom dari penelepon gelap juga melanda Stasiun Metro Saint-Michel. Akibatnya, aparat keamanan mengungsikan warga yang ada di sana. Stasiun tersebut pernah dibom Kelompok Gerilyawan Aljazair (GIA) pada Juli 1995. Dalam insiden itu, 8 orang tewas dan 80 orang lagi luka-luka.

Sumber dari = http://internasional.kompas.com/ di :
http://internasional.kompas.com/read/2010/09/29/07233570/Lagi..Menara.Eiffel.Diancam.Bom. pada tanggal 29 September 2010.

Keterangan :
Dari narasumber TV One pada tanggal 30 September 2010 kalau stasiun KA bawah tanah yang menjadi jalur evakuasi para warga masyarakat itu stasiun KA bawah tanah Salazar (entah bagaimana ejaannya).

Tanggapan saya pribadi :
Sudah jelan bukan??? Di beberapa stasiun KA bawah tanah saja diancamin bom. Apalagi saya pribadi pernah menaikinya sewaktu tahun 1992 silam dari Euro Disney turun di stasiun tersebut yang berdekatan dengan menara Eiffel.

5. Siswa SD bagi Bunga untuk Penumpang Feeder
Rabu, 29/09/2010 09:00 WIB - Farrah Ikha Riptayani
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku t
api gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Pagi itu, Selasa (28/9) di sekitar rel bengkong Jl. Slamet Riyadi, Purwosari, Solo sekelompok siswa SD membawa bunga. Mereka menunggu melintasnya Kereta Feeder. Karena tak kunjung datang, beberapa anak sudah tampak gelisah. Sebagian dari anak - anak itu berlari dan bercanda dengan teman - temannya. Acara yang digagas Presiden Republik Aeng-aeng Mayor Haristanto mengajak siswa SDN Purwotomo.

Saat kereta melintas, kemudian berhenti persis di depan para siswa. Siswa kemudian berkumpul dan menyanyikan la
gu Naik Kereta Api dan lagu Selamat Ulang Tahun sambil bertepuk tangan di depan para awak kereta yang bersedia turun untuk menyambut anak - anak tersebut. Seorang siswa kelas IV SDN Purwotomo bernama Adella Yuan M mengaku senang dengan kegiatan tersebut. “Saya sudah sering naik kereta bersama keluarga untuk mengunjungi nenek di Mojokerto, Ja-Tim. Tapi untuk naik kereta yang melintas di tengah kota belum pernah,”akunya. Salah seorang guru kelas Yulia Suryani mengungkapkan pada kesempatan ini tengah mengantarkan sekitar 39 anak dari siswa kelas IV dan V untuk bersama - sama merayakan HUT Kereta Api Indonesia, kebetulan jatuh pada tanggal 28 September.

”Selain untuk mengenalkan anak pada sarana transportasi darat khususnya kereta api, anak - anak juga dapat turut naik dan mengetahui lebih banyak tentang kereta api,”katanya. Siswa kemudian naik kereta api untuk membagikan bunga kepada para penumpang. (Farrah Ikha Riptayani)


Sumber dari = http://www.harianjoglosemar.com/ di :
http://www.harianjoglosemar.com/berita/siswa-sd-bagi-bunga-untuk-penumpang-feeder-25632.html pada tanggal 29 September 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Bersyukur sekali di tengah keterpurukkannya moda transportasi terutama KA masih ada para pelajar sebagai duta bangsa bagi masa depan mereka menyadari bagaimana pentingnya memelihara rangkaian KA beserta aset – asetnya kelak. Dari diri mereka jugalah tertanam benih – benih kesadaran hingga membawa kesuksesan akan kemajuan suatu bangsa dalam hal ini moda transportasi terutama rangkaian KA. Meski tidak semaju negara – negara lain meski itu juga sesama negara berkembang, namun tertinggal dalam soal kedisiplinan, pemeliharaan dan ketepatan waktu. Itu Indonesia yang terkini…

Tanggal 30 September 2010 :

Protes Massal La
nda Eropa
Kamis, 30 September 2010 | 20:21 WIB
TEMPO Interaktif, BRUSSELS -Para spekulan, bankir, dan pejabat pemerintah Uni Eropa menjadi sasaran aksi unjuk rasa besar - besaran yang digelar di Brussels, Belgia yang merupakan pusat pemerintahan dan parlemen Uni Eropa, Kamis (30/9). "Kami baru saja memulai perlawanan kami,"kata Sekretaris Jenderal Konfederasi Serikat Dagang Uni Eropa John Monks.

Kepala negara - negara Eropa berfoto bersama saat Konferensi Tingkat Tinggi Dewan Eropa di markas besar Dewan Eropa di Brussels, (12/12). ANTARA AFP/Dominique Faget

Lebih dari 100ribu orang mengular menggelar pawai menentang pemotongan anggaran beberapa pemerintahan Uni Eropa di Brussels. Sebagian besar demonstran itu memakai setelan kemeja hitam plus topeng juga berwarna hitam. Seraya berjalan para pemrotes memaki - maki spekulan dan bankir yang dianggap bertanggung jawab atas krisis ekonomi. Tak cuma di Brussels, aksi unjuk rasa serupa menyebar nyaris ke sekujur Eropa. Spanyol menggelar aksi mogok umum di mana pengunjuk rasa di Barcelona bentrok dengan Polisi yang berujung pada aksi pembakaran sebuah mobil polisi. Aksi protes menentang penghematan juga meletus di Yunani, Italia, Republik Irlandia dan Latvia.

Serikat buruh mengatakan pekerja Uni Eropa menjadi korban terbesar krisis finansial yang dilakukan para bankir, spekulan dan pengusaha. Banyak pemerintahan di 27 anggota Uni Eropa memberlakukan penyunatan gaji karyawan secara massal termasuk uang pensiun dengan alasan untuk menalangi utang pemerintah yang menggunung. Pada Rabu (29/9) malam, pemerintahan minoritas Portugal mengumumkan pengurangan gaji pegawai negeri dan anggaran pemerintah. Namun, di sisi lain menaikkan pajak dalam upaya memangkas tingkat utang negara itu.

Di Yunani dan Republik Irlandia angka pengangguran mencapai tingkat tertinggi dalam 10 tahun terakhir. Di Spanyol angka pengangguran berlipat ganda dalam tempo 3 tahun. Di Inggris pemerintah berencana memangkas pengeluaran sampai 25% di beberapa bidang. Sedangkan, Perancis menghadapi kemarahan para pengunjuk rasa yang menentang rencana meningkatkan batas usia pensiun.

Lantaran kian banyak anggota serikat pekerja dari sejumlah negara yang mengalir menuju Brussels, polisi di sana pun menutup markas Uni Eropa. Blokade juga dipasang di depan bank - bank serta toko-toko selama aksi protes di Brussels. Serikat buruh melukiskan aksinya dengan slogan "Tidak ada penghematan, prioritas adalah lapangan kerja dan pertumbuhan". Puluhan ribu demonstran yang kebanyakan membawa balon dan spanduk besar warna merah dan hijau berjalan menuju gedung - gedung Uni Eropa di ibu kota Belgia. Polisi Belgia mengatakan telah mengamankan lebih dari 200 pengunjuk rasa yang ditengarai menjadi biang keladi kerusuhan.

| AP | EUOBSERVER | ANDREE PRIYANTO

Keterangan :
Karena dilaporkan di TV One pada tanggal 29 September 2010 menghambat laju perjalanan KA sehingga mengganggu para calon penumpang KA di kota Barcelona, maka saya masukin ke dalam topik utama untuk hari ini di dunia perkereta apian pula.

Sumber dari = http://tempointeraktif.com/ di :
http://tempointeraktif.com/hg/eropa/2010/09/30/brk,20100930-281792,id.html pada tanggal 30 September 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Waduh… Apakah lamban laun kejayaan mata uang Euro akan runtuh yah? Seiring penyalah gunaan uang yang membuat penderitaan segenap pekerja kantoran dan jasa angkutan umum sepanjang tahun ini di benua Eropa.

Pengalaman Yang Kami Alami Sendiri :

Pengalaman Yang Kami Alami :

Tanggal 24 September 2010 :

Ayahanda dari Indra Krishnamurti (mas IDO) Meninggal Dunia
2010/9/24 Indra Krishnamurti indrakrishnamurti@gmail.com :
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Telah berpulang ke rumah Bapa di surga. Bapak Mikhail Krishnamurti, pada jam 4.10 tanggal 24 September 2010. Beliau adalah seorang penggemar kereta api senior, dan ayah dari Indra Krishnamurti.

Keluarga yang ditinggalkan mohon doa dari rekan rekan sekalian.

Sumber dari = Postingan rekan Indra Krishnamurti ke milis keretapi@yahoogroups.com pada tanggal 18 September 2010.

Keterangan = Mungkin saja saat postingan ini muncul di milis bukan mas IDO yang mengetiknya melainkan rekan - rekan terdekat mas IDO karena saya pribadi berpikir dalam suasana duka kemungkinan kecil untuk mengetiknya. Ma’af kalau dugaan saya salah.

Tanggapan saya pribadi :
Sekiranya penting untuk diberitahu mengingat almarhum semasa hidupnya juga penggemar atau ‘penggila’ kereta api. Semoga segala kenangannya akan terus terbetik dalam kebersamaan kita semua.

Mungkin ada rekan – rekan yang ingin menambahkan atau meralatnya? Silahkan saja….

Salam,
Dana

Kalau mau japri, silahkan ke dk_aries@yahoo.com saja yah…….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar