Selasa, 31 Agustus 2010

Catatan Bulanan Akhir Bulan Juli 2010

Catatan Bulanan
Akhir Bulan Juli 2010
Dikumpulkan oleh = Saya Sendiri  Dana


Bukan untuk mendramatisir, namun saya hanya menyarankan agar sebelum membacanya anak – anak perlu didampingin oleh orang tua atau pun wali karena bisa saja termuat pemberitaan yang tidak layak dibaca oleh anak – anak atau juga yang memang berupa kejadian malapetaka yang tentu tidak kita inginkan.

Ternyata masih saja ada pemberitaan kecerobohan, anjlokan, sekedar wacana belaka dan gangguan jadwal perjalanan KA. Sulit diberantas dan itu sudah selalu ada di hadapan kita. Kepasrahan selalu ada di hadapan kita setiap kali peristiwa – peristiwa itu sudah terjadi.

Mohon tanggapannya apabila ingin menanggapi...


Tanggal 22 Juli 2010 :
3 Musibah Orang Tertabrak KA :1. 2 Tewas Terjatuh dari KA di Jatinegara, Jakarta
Malam yang naas menimpa 2 kerabat yang sedang menikmati laju KRL sepulangnya dari Jakarta menuju Bekasi pada malam hari. Entah bagaimana kronologinya, namun berdasarkan Bambang seorang saksi mata keduanya bukan berada di atap KRL melainkan benar – benar di pintu KRL. Seketika begitu KRL melintasi PJL / pos jaga perlintasan Cipinang di Jatinegara, Jakarta Timur, keduanya terjatuh di tempat yang terpisah yang hanya berjarak 50 meter. Satori Najarudin terjatuh dengan kondisi kepala yang sudah hancur, sedangkan Rudi seorang kerabatnya sama – sama tewas, namun dengan kondisi kaki yang patah. Keduanya berdasarkan saksi mata sama – sama warga Cirebon.

Akibat peristiwa tersebut, keduanya dievakuasi ke RS Cipto Mangunkusumo untuk dilakukan pemoisuman sebelum diambil oleh para kerabatnya masing – masing.

Sumber = Siaran berita Reportase Pagi di Trans TV pada tanggal 23 Juli 2010.

2. Tewas Ditabrak KA Logawa
Seseorang bernama Kholiq tertabrak KA Logawa yang melintasi perlintasan tidak berpalang resmi di Jl. Bagong Ginaya. Akibat peristiwa tersebut, korban tewas langsung dievakuasi ke RS Dr. Sutomo oleh Kepolisian setempat untuk divisum.

Sumber = Siaran berita Reportase Pagi di Trans TV pada tanggal 23 Juli 2010.

3. Nekad Bunuh Diri, KA Matarmaja Menghajarnya

Suharno seorang warga Ngawi nekad melakukan bunuhh diri di petak rel di kawasan Walikukun, Widodaren, kota Ngawi. Seketika KA Matarmaja pun menghajarnya hingga tewas. Tidak diketahui apa yang mencoba korban untuk nekad mengakhiri hidupnya itu. Namun, berdasarkan saksi mata korban memang sudah berjalan di tengah rel KA padahal saat itu pula KA Matarmaja siap melintas.

Sumber = Siaran berita Reportase Pagi di Trans TV pada tanggal 23 Juli 2010.

Tanggapan saya pribadi :

Apapun itu semua, dari ketiga peristiwa di atas bmerupakan tindakan yang ceroboh yang pernah dilakukan oleh para korban tersebut. Ajal pun sudah terlanjur menjemput mereka. Himbauan bagi kita tentunya yang masih hidup bahwa Tuhan itu Maha Adil dan Maha Bijaksana karena diberikan kesempatan bagi para hamba-Nya untuk bertaubat. Tidak dengan melakukan cara – cara yang seperti itu. Namun, bagi yang menyeberangi petak rel KA itu sudah takdir bahwa ajal memang datangnya dengan cara seperti itu.


4. Proyek Terowongan PT. KA Sub Divre III.2 Tanjung Karang Bermasalah Bagi Para Warga Sekitar
Sebelumnya, silahkan baca kutipan di bawah ini tertanggal 22 Febuari 2010 yang lalu :
Uang Kerohiman Sudah Cair
Senin, 22 Februari 2010 | 14:07 WIB
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Wartawan Tribun Lampung Yaspen Martinus

BANDAR LAMPUNG, TRIBUN – PT. Kereta Api (KA) Subdivisi Regional (Subdivre) III.2 Tanjungkarang telah membayarkan uang kerohiman sekitar Rp 600juta,00 kepada 30 kepala keluarga (KK). Uang kerohiman tersebut diberikan sebagai uang pengganti bangunan kepada warga yang rumahnya terimbas pembangunan proyek underpass di Jl. Hanoman, Tanjung Karang Pusat. Menurut Kepala Humas PT. KA Subdivre III.2 Tanjungkarang Zakaria, tertundanya penyaluran uang kerohiman disebabkan masih berjalannya proses audit keuangan di internal PT. KA sehingga uang yang seharusnya diberikan sejak Desember tahun lalu baru bisa cair bulan ini. "Uang kerohiman sudah dibayarkan tanggal 17 Februari kemarin. Jumlahnya -+ Rp 600juta,00. Itu untuk 30 kepala keluarga,"ujarnya kepada Tribun Lampung, Minggu (21/2).

Sebelumnya, Zakaria mengatakan bahwa uang kerohiman tersebut sudah disalurkan kepada warga yang terimbas proyek underpass di Jl. Hanoman. Beberapa warga sekitar proyek underpass sebelumnya juga sempat menanyakan tentang uang kerohiman tersebut kepada Tribun Lampung. Proyek underpass mulai dikerjakan sejak 9 November tahun lalu. Pembangunan proyek tersebut sempat mengalami masalah pada Desember 2009. Pipa induk PDAM yang melalui Jl. Hanoman sempat bocor akibat lepasnya sambungan. Air PDAM mengalir deras dan menggenangi sekitar lokasi proyek.

Pipa induk PDAM tersebut bocor karena terkena ekskavator. Genangan besar sempat terjadi kala itu. Suplai air untuk warga sekitar juga sempat terhambat. Underpass di Jl. Hanoman dibangun untuk mengurangi kemacetan yang terjadi di jalan tersebut, terutama saat KA batu bara rangkaian panjang (babaranjang) melintas.

Underpass adalah persilangan jalan tidak sebidang di bawah jalan lain dengan cara membuat jalan layang. Nantinya, KA akan melintas di atas Jl. Hanoman sehingga kemacetan yang selalu terjadi saat KA babaranjang dengan sekitar 40 gerbongnya melintas diharapkan tidak akan terjadi lagi. Underpass memiliki lebar sekitar 6 meter dan panjang 15 meter. Pengerjaan proyek itu diperkirakan memakan waktu lima bulan. Selama pembangunan berlangsung, Jl. Hanoman ditutup sementara. Saat ini, proses pembangunan underpass agak terkendala hujan yang hampir setiap hari mengguyur kota Bandar Lampung dalam beberapa bulan terakhir.

Meski begitu, PT KA Subdivre III.2 Tanjungkarang mengaku tetap akan merampungkan proyek tersebut dalam waktu 5 bulan. "Kami yakin proyek ini akan selesai dalam waktu 5 bulan. Bahkan kalau tidak ada hujan, selesainya bisa lebih cepat lagi kok. Kendala utamanya sekarang cuma hujan,"tandas Zakaria.

Senang meski Sedikit

PEMBAYARAN uang kerohiman oleh PT. KA Subdivre III.2 Tanjungkarang dibenarkan oleh warga yang tinggal di sekitar proyek underpass. Uang kerohiman yang bernilai total sekitar Rp 600juta,00 tersebut untuk mengganti bangunan rumah warga yang tergusur proyek itu. "Iya betul, saya sudah terima uang kerohiman dari PT. KA tanggal 17 Februari kemarin. Saya dapat sekitar Rp 6juta,"ujar Iwan, warga yang tinggal di Jalan Pahlawan No 16, kepada Tribun Lampung, Minggu (21/2).

PT. KA lanjutnya memberikan uang kerohiman dengan jumlah yang berbeda - beda kepada setiap kepala keluarga (KK). Besarnya jumlah uang kata Iwan disesuaikan dengan luas bangunan rumah yang ada. Jadi, bukan berdasarkan luas tanah. Pasalnya, tanah yang ditempati warga memang milik PT. KA sepenuhnya. Warga diberikan waktu 1 bulan sejak menerima uang kerohiman untuk membongkar sendiri rumah mereka dan mengambil segala perabotan rumah tangga yang ada. Iwan mengaku senang menerima uang kerohiman tersebut. Meski diakuinya jumlah tersebut jauh dari ideal. PT. KA katanya konsisten sejak awal perundingan tentang jumlah uang kerohiman. Jumlah yang disepakati tidak pernah berubah. "Saya terima dengan ikhlas berapa pun jumlah uang itu. Karena sebenarnya saya dan warga lain di sini cuma menumpang. Ibaratnya, tidak dikasih uang pun kami juga nggak apa-apa. Tapi, PT KA justru memberikan uang. Saya berterima kasih untuk itu," ucapnya.

Proyek pembangunan underpass dikerjakan oleh PT. Fajar Rizki Persada sebagai kontraktor pelaksana. Hingga kini, progres pengerjaan proyek tersebut sudah mencapai > 40%. Jika proyek tersebut telah selesai, nantinya kendaraan akan melintas di bawah rel KA, sedangkan KA akan melintas di atasnya. Selama proses pembangunan, masyarakat yang biasa menggunakan jalan tersebut terpaksa harus memutar melintasi Jl. Urip Sumoharjo.

Proyek pembangunan underpass sudah direncanakan sejak 2008. PT. KA Subdivre III.2 Tanjungkarang membangun proyek tersebut tanpa bantuan dana dari pemkot atau pihak lainnya. Biaya pembangunan murni dari kocek PT. KA Pusat di Bandung, Jawa Barat, yang total besarnya sekitar Rp 3 miliar.(*)

EDITOR: DANIEL TRI HARDANTO

Sumber dari = http://www.tribunlampung.co.id/ di :
http://www.tribunlampung.co.id/read/artikel/8042 pada tanggal 22 Febuari 2010.


Namun, dari narasumber lainnya terkini :
Akibat proyek pengerjaan terowongan bawah tanah yang digarap oleh PT. KA Subdivre III.2 Tanjung Karang para warga di kelurahan Bidada Panjang menderita banjir lumpur sebagai sisa dari proyek tersebut. Banyak anak – anak sekolah yang terpaksa tidak sekolah dikarenakan membantu para orang tua mereka untuk membersihkan banjir lumpur tersebut. Sekolah mereka pun terpaksa tutup. Padahal para warga sudah sempat menuai protes akibat ‘limbah’ lumpur yang mengancam kesehatan mereka itu.

Koresponden Trans TV Lampung Andi Surahman

Sumber = Siaran berita Reportase Pagi di Trans TV pada tanggal 23 Juli 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Kalau memang benar akan selsai dalam waktu 5 bulan, itu berarti pada bulan Juli ini akan selesai sepenuhnya. Itu pun kalau tidak terkendala oleh cuaca hujan. Namun, letak kebenaran ada di mana? Para warga tetap menetap di lokasi proyek tanpa tuntutan karena telah menerima uang – uang kerohiman dengan senang hati (Tribun Lampung), tetapi di sisi lain mereka tetap dirugikan akibat banjir lumpur yang terjadi terus – menerus itu (Trans TV). Namun, tentu mereka saya syukuri tetap menyadari bahwa tempat tinggal mereka memang ber
ada di lahan milik PT. KA.

Tanggal 23 Juli 2010 :
1. Menteri BUMN Rombak Direksi PT. Angkasa Pura I, PT. Angkasa Pura II dan PT. KA
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Jakarta – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merombak direksi 3 perusahaan BUMN, yakni PT. Angkasa Pura (AP) I, PT. AP II dan PT. Kereta Api. “Perombakan ini bertujuan penyegaran kinerja perusahaan dan layanan bagi publik. Pejabat di lingkungan AP I dan II harus menyadari bandara memiliki arti penting sebagai pintu gerbang suatu negara agar terfokus dalam peningkatan citra Indonesia di mata dunia,”kata Menteri BUMN Mustafa Abubakar seusai pelantikan direksi 3 BUMN di Jakarta, Jum’at (23/7).

Adapun susunan direksi PT. AP I yang dilantik, yaitu Direktur Utama Tommy Soetomo, Direktur Operasi dan Teknik Harjoso Tjatur Prijanto, Gunawan Agus Subrata (Direktur Keuangan), Robert Daniel Waloni (Direktur Komersial) dan Yushan Sayuti (Direktur Personalia dan Umum). Selanjutnya, Tri Sunoko didapuk sebagai Direktur Utama PT. AP II, Direktur Operasi dan Teknik dijabat Sahaludin Rafi, Endang A Sumiarsa (Direktur Personalia dan Umum), Laurensius Manurung (Direktur Keuangan), serta Sulistio Wijayadi (Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha). Berikutnya, Menteri BUMN juga menunjuk Judarso Widiyono menggantikan Soedarmi Ramadhan selaku Wakil Dirut PT Kereta Api.
(new)

Oki Baren

Sumber dari = http://www.primaironline.com/ di :
http://www.primaironline.com/berita/ekonomi/menteri-bumn-rombak-direksi-angkasa-pura-i-dan-ii-pt-ka pada tanggal 23 Juli 2010.


2. Lagi Kali Ini Seseorang Tertabrak KA Argo Bromo Anggrek

Tidak mau jeranya para penyebrang rel KA seakan – akan bertaruh dengan maut melawan datangnya rangkaian KA dari berbagai arah. Kali ini kembali seseorang yang giliran sosok pemuda pengendara motor menyeberang rel KA tak berpalang resmi melintasi rel KA saat KA Argo Bromo Anggrek hendak melintas di Surabaya..Dirinya terlindas KA Argo Bromo Anggrek hingga tewas seketika dan menyebabkan motornya remuk.

Atas kejadian tersebut AKP Wahyudi dari Kapolsek Turi langsung mengevakuasi keduanya.

Laporan kontributor Trans TV Nifatul Arif

Sumber = Siaran berita Reportase Pagi di Trans TV pada tanggal 24 Juli 2010.

Tanggapan saya pribadi :Mau komentar apalagi yah???


3. DKI Optimis MRT Lebak Bulus-HI Kelar 2015

Jum'at, 23 Juli 2010, 12:05 WIB
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Pemprov DKI Jakarta optimistis akan menyelesaikan pembangunan kereta bawah tanah rute Lebak Bulus - Hotel Indonesia pada 2015. Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup DKI Jakarta Achmad Harjadi di Jakarta Jum’at (23/7/2010) mengatakan desain awal pembangunan rute kereta bawah tanah pertama itu akan dirampungkan pada 2010. "Targetnya tahun depan mulai konstruksi dan selesai pada 2010,"ujarnya usai berbicara dalam Diskusi Nasional Pembangunan Ibukota Jakarta Dalam Perspektif Nasional, di Kantor Bappenas Jakarta.

Ia menjelaskan, pendanaan untuk pembangunan kereta bawah tanah itu telah didapat dari pinjaman pemerintah pusat kepada JICA (Japan International Cooperation Agency). "Pinjaman itu diteruskan kepada pemda DKI dengan porsi 52% ditanggung pemda dan sisanya pemerintah pusat,"tuturnya. Pinjaman dari JICA itu akan membiayai seluruh keperluan pembangunan kereta bawah tanah yang dikerjakan Badan Usaha Milik Daerah, PT. MRT Jakarta.

Rencananya, jalur kereta bawah tanah itu akan dikembangkan dari timur hingga barat Jakarta yang menghubungkan Bekasi dan Tangerang. Ia mengatakan, pembangunan kereta bawah tanah itu merupakan salah satu solusi dalam mengatasi kemacetan yang dialami sekitar 9,5juta penduduk DKI Jakarta setiap hari. "Masalah Jakarta itu soal transportasi, MRT bisa mengangkut ratusan ribu orang sedangkan bus hanya 50 - 150 orang kalau busnya digandeng,"tuturnya.

Sementara itu, pemda DKI akan terus mengembangkan jalur Busway hingga 10 koridor pada akhir 2010. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Bappenas Armida Alisjahbana mengatakan pemerintah mendukung upaya pemda DKI membangun kereta bawah tanah sebagai solusi atas masalah kemacetan. "Perbandingan jumlah penduduk yang dilayani dengan kemampuan pemenuhan pelayanan publik belum seimbang,"katanya. Hal itu terlihat dari terjadinya masalah kemacetan di pusat - pusat kegiatan penduduk, terjadinya banjir di daerah - daerah Jakarta akibat berkurangnya kawasan resapan air dan sistem drainase kota yang tidak terintegrasi.

Indikator lainnya adalah luasnya kawasan permukiman kumuh di Jakarta yang mencapai 20% dari total 425 km persegi wilayah pemukiman pada 2009. Menurut dia, permasalahan Jakarta tidak dapat diselesaikan tanpa menyelesaikan akar permasalahan yakni dengan membangun daerah - daerah lain di luar Jakarta maupun di luar Jawa. "Daerah - daerah lain tersebut diharapkan dapat tumbuh dan berkembang agar mampu memiliki daya tarik tersendiri sebagai daerah tujuan untuk kehidupan yang lebih baik,"tuturnya.(Cie/At)

Sumber dari = http://www.berita8.com/ di :
http://www.berita8.com/news.php?tgl=2010-07-23&cat=3&id=25422 pada tanggal 23 Juli 2010.


Tanggapan saya pribadi :
Sekali wavcana tetap wacana. Saya akan terus pesimis apabila keluar rumah saja selagi menetap di Jakarta dan sekitarnya belum ada tanda – tanda pembangunan yang berarti. Seperti layaknya monorail hanya menyisakan tiang – tiangnya saja. Berikut juga waterway yang menyisakan halte – halte persinggahannya saja yang semakin tergerus kerusakkan karena vandalisme. Ayo Jakarta-ku… LEKASLAH MAJU!!!


4. Kereta Wisata Anjlok, 1 Orang Tewas
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat
singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

JENEWA--MI: Sedikitnya 1 orang tewas dan 42 lainnya mengalami luka saat kereta wisata ternama di pegunungan Alpen, Swiss, Glacier Express keluar dari rel. Kecelakaan terjadi pada Jum’at (23/7) siang waktu setempat saat kereta tersebut melintas rute yang menampilkan pemandangan pegunungan Alpen yang memukau di antara kota Zermatt dan St Moritz.

Kepolisian setempat menyatakan 6 korban luka berada dalam kondisi kritis. Sebagian besar penumpang kereta saat kecelakaan terjadi adalah para wisatawan. Situs pemerintah Swiss menyatakan sebagian besar korban adalah warga negara Jepang. Regu penyelamat berusaha mengevakuasi para penumpang yang menjadi korban menggunakan helikopter untuk dibawa ke rumah sakit terdekat. Hingga kini penyebab kecelakaan masih diselidiki pihak berwenang. (Mar/AP/OL-04)

Sumber dari = http://www.berita8.com/ di :
http://www.berita8.com/news.php?tgl=2010-07-23&cat=3&id=25422 pada tanggal 23 Juli 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Di mana pun kecelakannya, tentu kita harus prihatin karena menimpa rangkaian KA terlebih rangkaian KA penumpang.


5. Rel Kereta Api Patah di Ruas Kampung Bandan-Kemayoran
Nala Edwin - detikNews
Langsung dari ketikan ybs :

Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – bak
u amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Jakarta - Rel patah menyebabkan perjalanan kereta rute Rangkasbitung - Kota mengalami keterlambatan. Lokasi rel patah itu di antara Kampung Bandan - Kemayoran. "Kereta jurusan Rangkasbitung - Kota tertahan di stasiun Angke sekitar 1 jam," kata Hamid, salah seorang pengguna kerata api kepada detikcom, Jum’at (23/7/2010). Akibat kerusakan rel itu, kereta harus berjalan bergantian di lokasi rel yang patah tersebut. "Jalannya jadi pelan dan harus bergantian,"katanya.

Semetara itu, Kahumas Daops I Mateta Rizalulhaq menyatakan saat ini petugas PT. KA masih melakukan perbaikan rel yang patah tersebut. "Lokasi tepatnya di KM 8 antara Kampung Bandan - Kemayoran,"katanya. Mateta mengaku belum mengetahui penyebab patahnya rel tersebut. "Sekarang kita sedang lakukan perbaikan agar bisa normal secepatnya,"katanya.

(nal/nrl)

Sumber dari = http://www.detiknews.com/ di :
http://www.detiknews.com/read/2010/07/23/100821/1405115/10/rel-kereta-api-patah-di-ruas-kampung-bandan-kemayoran pada tanggal 23 Juli 2010.


Tanggapan saya pribadi :
Tidak terbayangkan pasti betapa panasnya di dalam kereta yang penuh sesak itu. Mungkin juga yang dima
ksud itu ke arah stasiun akhir Pasar Senen kalau memang hendak melalui petak rel antara stasiun Kampung Bandan dengan stasiun Kemayoran.

Tanggal 26 Juli 2010 :
Bus Dihajar KRL Pakuan di Depok, Sang Sopir pun Kabur
Lagi – lagi kasus rangkaian KA menghajar sebuah benda yang kali ini bus Mayasari Bakti 86 jurusan Kalideres – Depok. Bermula dari aksi para warga yang meneriaki sang sopir untuk tidak melajukan busnya menyeberangki perlintasan KA di Jl. Dewi Sartika tersebut. Namun, teriakan tidak digubris, KRL AC Pakuan pun yang melintas langsung menghantam keras hingga membuat pengendara motor yang bersebelah dengan bus naas tersebut ikut terhantam benda besar tersebut. Bayangkan saja bus sebesar Myasari Bakti dihajar rangkaian KRL dengan kecepatan penuh.

Akibat kejadian tersebut situasi jalan raya pun pada malam ini pula menjadi macet saat berlangsungnya proses evakuasi bus. Tiada laporan korban jiwa melainkan hanya terluka saja terutama yang menimpa kondektur bus dan pengendara motor tersebut. Namun, disayangkan sopir bus melarikan diri begitu saja.

Sumber = Siaran berita Liputan 6 Pagi di SCTV pada tanggal 27 Juli 2010.


Tanggapan saya pribadi :
Terlepas dari siapa yang dipersalahkan, rupanya kejadian ini masih saja terus menimpa bangsa kita yang rendah kedisiplinan dalam berlalu lintas di tengah hebohnya ledakan tabung – tabung gas elpiji terutama yang 3 kg dan heboh kasus asusila Ariel Peter Pan dengan beberapa artis wanita yang ketahuan publik. Jl. Dewi Sartika memang dapat saya akui pada arus lalu lintas kendaraan bermotor. Namun, bukan berarti sepadat – padatnya g
apeka atau grafik perjalanan KA dalam hal ini KRL Jakarta – Bogor pp tetapi keselamatan berlalu lintas tetap diindahkan.

Tanggal 27 Juli 2010 :

1. KA BBM Rem Blong di Stavolen, Belanda
Sejumlah gerbong KA barang pengangkut bahan bakar minyak / BBM di kota Stavolen negeri Belanda porak – poranda akibat rem blong pada lokomotifnya. KA langsung menghantam sebuah bangunan seperti gudang. Sejumlah petugas langsung mengevakuasi gerbong – gerbong BBM tersebut.

Sumber = Siaran berita Kabar 15 di TV One pada tanggal 27 Juli 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Bagaimana bisa remnya blong pada lokomotif seklas negeri Belanda?


2. KELAS BISNIS LENGKAPI LAYANAN KA HARINA
Selasa, 27 Jul 2010 17:42:32| ekonomi | Dibaca 69 kali
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata
dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Bandung, 27/7 (ANTARA) – PT. Kereta Api (PTKA) Indonesia Daops II Bandung akan menambah layanan klas Bisnis untuk rangkaian KA Harina jurusan Bandung - Semarang mulai 2 Agustus 2010. "Selama ini KA Harina hanya berformasi 4 kereta Eksekutif, penambahan 2 kereta pada KA itu untuk memberikan pilihan kelas bagi konsumen,"kata Kepala PT. KA Daops II Bandung, Bambang Setya Prayitno di Bandung, Selasa. Menurut Bambang, permintaan klas Bisnis ke jalur Bandung - Semarang itu cukup tinggi sehingga akhirnya PT. KA akan menambah kereta Bisnis ke jalur itu sekaligus kereta Bisnis pertama yang melayani jalur ke ibukota Jawa Tengah itu.

Dengan penambahan 2 kereta itu, maka KA Harina terdiri dari 4 kereta Eksekutif, 2 kereta Bisnis dan 1 kereta Makan. Layanan tersebut dipastikan akan memaksimalkan daya angkut jalur itu terutama pada saat melayani angkutan Lebaran 2010 mendatang. "Okupansi KA Harina saat ini cukup bagus di atas 70% dan selalu menembus 100 %pada akhir pekan,"kata Bambang. KA Harina berangkat dari Bandung pada setiap malam pukul. 20.00 WIB dan kedatangan pukul. 04.30 WIB. Kereta tersebut merupakan satu - satunya KA yang melintasi jalur Bandung - Semarang melalui Cikampek. Waktu tempuh KA tersebut akan semakin efektif dan lebih cepat bila sudah dibuka jalur 'shortcut" Cibungur - Tanjungrasa yang akan mempercepat waktu tempuh 30 menit.

Selain meluncurkan layanan baru di jalur itu, kata Bambang, PT. KA Daop II Bandung juga akan mengoptimalkan pelayanan pemesanan tiket KA Komersial secara "online" di 10 loket yang ada di Kota Bandung dan juga di daerah lain di Jawa. Loket pemesanan tiket online itu di loket Pengiriman Paket Tiki Buah Batu, Imelda Travel, Eka Wisnutama Kiliningan Bandung, Pusaka Koperasi Syarekat Kiaracondong. Selain itu juga pemesanan tiker e-banking di Kantor Pos, BPR KS, BII, BRI dan Bank Mandiri. "Diharapkan konsumen punya pilihan lebih banyak untuk pemesanan tiket sehingga tidak perlu mengantre atau mendatangi loket penjualan tiket di stasiun. Layanan ini bisa membantu pemesanan tiket saat angkutan Lebaran,"kata Kepala Humas Daop II Bandung itu menambahkan.***2***

Syarif A

Sumber dari = http://www.antarajawabarat.com/ di :
http://www.antarajawabarat.com/lihat/berita/25238/kelas-bisnis-lengkapi-layanan-ka-harina
tgl 27 Juli 2010.


Tanggapan saya pribadi :
Semoga saja keeksisannya bisa semakin bertambah seiring penambahan jumlah kereta dalam hal ini Klas Bisnis meski hanya sebanyak 2 kereta saja.


Tanggal 29 Juli 2010 :
1. KA Argo Bromo Anggrek Anjlok di Batang, Jawa Tengah
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.

KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

BANJARMASINPOST.CO.ID, SEMARANG - Kereta Api Argo Anggrek jurusan Jakarta - Surabaya anjlok di KM 51 sekitar stasiun Pelabuhan, Krengseng, Kabupaten Batang, Kamis (29/7/2010) sekitar pukul. 16.30 WIB. Kepala Humas PT. Kereta Api Daerah Operasi IV Semarang Sapto Hartoyo mengatakan penyebab anjlok kereta dari arah Jakarta ini masih dalam penyelidikan. Dugaan awal, lanjut dia, as roda pada salah satu gerbong patah sehingga mengakibatkan gerbong keluar dari jalurnya. "Untuk penyebab pastinya masih diselidiki, namun dugaan awal seperti itu,"katanya.

Menurut dia, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun perjalanan sejumlah kereta yang melalui jalur Utara ini sempat terhambat. Sejumlah kereta yang terhambat perjalannya di antaranya KA Argo Muria jurusan Jakarta - Surabaya terpaksa berhenti di Semarang serta KA Kaligung jurusan Semarang - Tegal terhambat di Pekalongan.

Ia menuturkan, proses evakuasi serta perbaikan rel saat ini sedang diupayakan dan diharapkan dapat segera selesai. "Kemungkinan malam ini perjalanan kereta untuk jalur Utara sudah kembali normal,"katanya.

Keterangan :
Padahal tadi paginya saya melihat di dipo BY Manggarai dalam keadaan sehat wal afiat sedang
diam diri.

Sumber dari = http://www.banjarmasinpost.co.id/ di :
http://www.banjarmasinpost.co.id/read/artikel/2010/7/29/51863/ka-argo-anggrek-anjlok-di-batang tanggal 29 Juli 2010.


Tanggapan saya pribadi :
Udah manis sepah dibuang. Dahulu tepat waktu dan nyaman, kini ABA sudah semakin telat dan le
mah dalam pelayanan. Begitu komentar dari kebanyakan konsumen ABA. Kali ini lagi – lagi dilanda anjlokan yang luar biasa pastinya mengejutkan seantero penumpang KA ini di dalamnya.

2. Kusyari Tewas di Rel KA Duren Jaya, Bekasi
Karena asyik ber-handphone di rel KA, Kusyari yang diperkirakan seorang pengantin baru (entah benar demikian) tewas terseret rangkaian KA yang melintas malam itu sejauh sekitar 20 meter di Duren Jaya, Bekasi, Jawa Barat. Korban menurut saksi mata tidak mengetahui datangnya rangkaian KA malam itu sehingga tubuhnyayang terpental mengakhiri hidupnya dengan keadaan posisi jenazah masih sambil menggenggam hendphone. Diketahui dari sebuah foto diri si korban bahwa korban nampaknya baru saja menjadi pengantin baru dengan busana pengantinan bersama sang istri.

Sumber = Siaran berita Kabar Pagi di TV One pada tanggal 30 Juli 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Lagi – lagi nampaknya kesadaran warga masyarakat dalam menyeberangi rel KA tidak dipatuhi dengan kehati – hatian. Datangnya perjalanan KA nampaknya diindahkan begitu saja seperti layaknya kalau didatangi kendaraan bermotor akan berakibat terluka kecil begitu saja, bahkan seperti layaknya tertabrak orang yang sama – sama berjalan. Namun, apabila disambar KA, maka resiko nyawalah yang akan menjadi taruhan mereka akankah masih tetap hidup atau mati.

Tanggal 30 Juli 2010 :

Kereta Argo Bromo Anggrek Anjlok di Manggarai
Jakarta - Kereta Argo Bromo Anggrek anjlok di stasiun Manggarai. Roda kereta tersebut keluar dari jalurnya. Untungnya tidak ada korban dalam peristiwa ini. "Tidak ada korban, roda keretanya turun dari rel,"kata Kahumas Daops I PT. KA Mateta Rizalulhaq kepada detikcom, Jum’at (30/7/2010). Mateta menjelaskan, kereta tujuan Surabaya - Jakarta itu anjlok pukul. 15.46 WIB. Namun, ia mengaku belum dapat laporan megenai nasib penumpang yang ingin menuju stasiun Gambir.

"Saya belum tahu apakah penumpang kereta itu dialihkan dengan kereta lain atau menaiki angkutan lainnya ke Gambir,"katanya.

(nal/fay)

Nala Edwin - detikNews

Keterangan :
Secara logika tidak mungkin kalau yang anjlok itu Argo Bromo Anggrek. Gapeka atau grafik perjalanan kereta api tercatata setidaknya ini rangkaian KA Argo Sindoro dengan rute ke Semarang yang baru keluar dari dipo. Selain itu, TV One mengabarkan anjlokannya tidak menyebabkan perjalanan KRL Jabodetabek terganggu seperti yang dituturkan PT. KA Daops I Jakarta. Itu berarti dapat kemungkinan anjlokan terjadi di sekitar jalurnya dipo BY Manggarai.


Sumber dari = http://www.detiknews.com/ di :
http://www.detiknews.com/read/2010/07/30/165428/1410438/10/kereta-argo-bromo-anggrek-anjlok-di-manggarai pada tanggal 30 Juli 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Baru kemarin ada anjlokan, hari ini pun kembali ada rangkaian KA anjlok. Selain membuat rugi fisik dari kereta, para penumpang pun dibuatnya menjadi rugi.

Tanggal 31 Juli 2010 :
1. Stasiun Pondok Cina Terbakar, 36 Motor Ludes Dilalap Api
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Jakarta - Stasiun Pondok Cina, Depok terbakar. Loket pembelian karcis serta beberapa kios yang ada di sekitar stasiun ikut hangus. Termasuk 36 motor yang sedang terparkir. "Tadi kebakaranya sekitar pukul. 02.00 WIB," kata anggota Polsek Beji Aiptu Sujono saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (31/7/2010). Sujono mengatakan, sekitar 36 sepeda motor yang sedang diparkir saat itu tidak bisa diselamatkan warga. Api yang menjalar sangat cepat. Sebuah lapangan yang cukup besar di stasiun ini, biasanya memang digunakan warga untuk memarkir motor atau mobilnya. Sujono tidak mengetahui penyebab kebakaran itu. Ia juga belum dapat memastikan apakah ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Diperkirakan, stasiun ini tidak akan bisa beroperasi untuk sementara waktu. "Kan loket tiketnya sudah terbakar,"terangnya. Kebakaran ini terjadi sekitar pukul. 02.00 WIB. Selang 2 jam kemudian, api baru dapat dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran. (mok/mok)

Moksa Hutasoit - detikNews

Sumber dari = http://www.detiknews.com/ di :
http://www.detiknews.com/read/2010/07/31/050438/1410658/10/stasiun-pondok-cina-terbakar-36-motor-ludes
-dilalap-api pada tanggal 31 Juli 2010.

2. Terlantarnya Para Calon Penumpang di Stasiun Pasar Turi Pasca Anjloknya Argo Bromo Anggrek
Akibat anjloknya KA Argo Bromo Anggrek, sejumlah para calon penumpang di stasiun Surabaya Pasar Turi mengaku kecewa karena tidak doperbolehkan pengembalian karcis atau pun juga pengalihan ke rangkaian KA lainnya seperti yang dikatakan oleh Kepala Stasiun Pasar Turi Djainuri. Merasa tiada pilihan lain, mereka pun tetap menunggu

Kontributor Trans TV Moch. Yanuar Qomaruddin

Keterangan :
Di Liputan 6 Pagi SCTV dikatakan bahwa perjalanan KA Rajawali Semarang – Surabaya pun terganggu.


Sumber = Siaran berita Reportase Pagi di Trans TV pada tanggal 1 Agustus 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Belum lagi jelang bulan puasa Ramadhan 1431 H nanti, sekarang ini saja rangkaian KA yang anjlok menyebabkan perjalanan KA terutama jalur pantura menjadi terlantar.


3. KA Barang Anjlok di Batang, Jadwal KA di Jalur Pantura Terganggu
Akibat rusaknya rel di desa Plabuan, Batang, Jawa Tengah sejumlah perjalanan KA terpaksa dibatalkan. Sebut saja itu KRD Kaligung Tegal – Semarang, KA Harina Semarang – Bandung dan beberapa lainnya di berbagai stasiun seperti salah satunya di stasiun Tegal. KS Tegal pun mempersilahkan para calon penumpangnya untuk mengembalikan karcis yang sudah mereka beli. Tidak hanya telat sekitar 2 – 3 jam-an bahkan untuk yang perjalanan dari dan ke Jakarta akibat dampak dari anjloknya KA Argo Bromo Anggrek tersebut telat sekitar 10 jam-an.

Sumber = Siaran berita Liuptan 6 Pagi SCTV di SCTV pada tanggal 1 Agustus 2010.


Berita yang sama :
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Batang, CyberNews. Kondisi perjalanan Kereta Api (KA) di jalur pantura, Sabtu (31/7) pagi ini masih terganggu. Hal itu terjadi lantaran, akibat anjloknya KA Barang 1.007 di KM 51+ 4/5 dekat stasiun Plabuan, Gringsing Batang, Jum’at (30/7) pukul 21.15 Wib malam. Humas PT. KA Daops IV Semarang Sapto Hartoyo ketika dihubungi Suara Merdeka Cybernews mengatakan, akibat anjloknya kereta barang di daerah stasiun Plabuan Gringsing Batang itu kondisi perjalanan baik dari arah Jakarta maupun Surabaya masih mengalami gangguan. Hal itu, karena perjalanan kereta yang sempat tertahan di stasiun - stasiun dilakukan secara bergantian. Akibat anjloknya kereta barang di sekitar stasiun Plabuan Gringsing Batang sehingga menggangu perjalanan kereta api. "Mudah - mudahan siang ini dapat kembali lancar,"ujar Sapto Hartoyo.

Dijelaskan, gerbong kereta yang anjlok berhasil diangkat oleh kereta penolong dari stasiun Poncol pada pukul 21.51 WIB malam tadi. Rangkaian kereta barang anjlok itu sendiri terdiri dari 14 gerbong ditarik loko CC 201 106 di mana gerbong yang anjlok pada gerbong nomor 8. Sementara sebelumnya, Kereta Api (KA) Eksekutif Argo Bromo Anggrek jurusan Surabaya - Jakarta, Kamis (29/7) sekitar pukul. 16.30 anjlok di perlintasan yang sama, tepatnya di KM 51+2/4 sekitar stasiun Plabuan desa Ketanggan kecamatan Gringsing kabupaten Batang. Insiden anjloknya kereta dalam sepekan ini sudah terjadi selama 2x di wilayah pantura.

( Kuswandi /CN12 )

Sumber dari = http://suaramerdeka.com/ di :
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2010/07/31/61141/Kereta-Anjlok-di-Batang-Jadwal-KA-Pantura-Masih-Terganggu pada tanggal 31 Juli 2010.


Tanggapan saya pribadi :
Bingung mau ngomong apa... Kemarin stasiun terbakar, kini rel rusak, kecewalah pula para calon penumpang KA tentunya. Padahal sudah tampak banyak khususnya saya sendiri yang menyaksikan para turis bule berbacpacker hendak menaiki rangkaian KA jarak jauh.


4. Tengah Berjalan, Sambungan KA Turangga Bermasalah

Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Bandung, CyberNews. Sambungan antara lokomotif dan gerbong KA Turangga jurusan Surabaya - Bandung mengalami masalah saat menapaki trek menanjak dan berkelok di antara petak jalan rel stasiun Leles - stasiun Lebak Jero, kabupaten Garut pada Sabtu sekitar pukul. 06.12 WIB, Sabtu (31/7). Laju rangkaian KA yang membawa 11 gerbong itu menjadi goyang dan seperti tersentak - sentak. Awak KA kemudian menghentikan rangkaian itu di stasiun Lebak Jero. Mereka mendapati alat perangkai antar gerbong yang sekilas mirip tangan terkepal itu, mengalami masalah.

1 gerbong yang tepat berada di belakang lokomotif kemudian dilepas dan ditinggalkan di Lebak Jero. Rangkaian utama kemudian kembali melanjutkan perjalanan ke Bandung dalam proses penanganan yang berlangsung sekitar setengah jam itu. Akibat gangguan rangkaian, jadwal kedatangan Turangga mengalami keterlambatan sekitar 2 jam dari jadwal seharusnya pada pukul. 06.14 WIB.

Jubir PT. KA Daop II Bandung Bambang S Prayitno membenarkan terjadinya peristiwa itu. Dia menjelaskan bahwa antara lokomotif dan gerbong yang ditarik tidak sampai copot gara - gara kejadian tersebut. "Ada gangguan di alat perangkai kereta. Tapi itu tidak sampai membuat lepas,"katanya saat dihubungi dari Bandung. Peristiwa tersebut menambah daftar kejadian tak mengenakan yang menimpa perjalanan KA dalam pekan ini. Sebelumnya berturut - turut, KA Argo Bromo Anggrek mengalami anjlok di Krenseng, Batang dan Manggarai, Jakarta pada Kamis (29/7) dan Jum’at (30/7) lalu. Bambang tidak menampik kondisi tersebut, terlebih operator kereta api plat merah itu akan menghadapi masa angkutan puncak Lebaran 2010. Dengan kejadian itu, pihaknya akan semakin melakukan optimalisasi pengawasan di daerah operasinya, termasuk kesiapan sarana.

"Kami mempunyai check item di stasiun Cipendeuy, untuk lintas timur Bandung - Kroya. Semua kereta berhenti di stasiun tersebut untuk pengecekan keandalan sarana. Di luar itu, kami mengawasi jalur rawan seperti pergerakan tanah. Jelas ini menjadi perhatian kami,"jelasnya.

( Setiady Dwi /CN12 )

Sumber dari = http://suaramerdeka.com/ di :
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2010/07/31/61163/Tengah-Berjalan-Sambungan-KA-Turangga-Bermasalah pada tanggal 31 Juli 2010.

Tanggapan saya pribadi :
5 hari kemudian pula KA Ekonomi anjlok di lokasi dekat stasiun yang sama. Kenapa harus anjlok?


Pengalaman Yang Kami Alam Sendiri :

29 Juli 2010 :

Pengalaman Yang Saya Alami :
KRL Rheostatic Bermasalah
Selain membuat sedikit panik para penumpang, KRL Rheostatic yang melakukan pengereman yang sangat luar biasa begitu memasuki stasiun Cawang, Kalibata dan Pasar Minggu, kami di dalam kereta pagi itu sekitar jam 9-an pagi mencium bau seperti karet terbakar. Entah kesalahan ada pada siapa, namun nampaknya KRL Rheostatic yang saya naiki bersama sejumlah penumpang lainnya yang mengarah ke Bogor ini harus melakukan PA atau Pemeriksaan Akhir secepatnya. Saya mengkuatirkan akan terjadi peristiwa yang tidak saya inginkan. Awalnya saya mengira ada seseorang yang tertabrak atau pun juga kendaraan bermotor yang ditabrak. Tetapi saya menyadari selepas stasiun Tebet menuju Cawang tiada perlintasan KA resmi, apalagi liar sekali pun yang notabene dilintasi kendaraan motor.

Sumber = Pengalaman yang saya alami saat berada di dalam KRL tersebut pada tanggal 29 Juli 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Masyarakat tidak peduli, PT. KA pun kurang peduli. KRL dekil, KRL berlantai bolong, KRL kami pun penuh sampah. Tiada yang mampu mencegah para pencari nafkah yang berbagai profesi mulai dari pengemis hingga pejabat sekalipun.


29 Juli 2010 :
Pengalaman Yang Mereka Alami :

Pantograf KRL Tersangkut Kabel Listrik di Stasiun Gondangdia
Akibat tersangkutnya pantograf KRL Ekonomi ke kabel listrik di stasiun Gondangdia, sejumlah perjalanan KA terganggu. Peristiwa terjadi sekitar pukul. 15.30 WIB. Sekitar sore harinya meski jalur sudah normal kembali, namun berkat pasca normalnya kembali tersebut membuat gapeka yang padat mengalami gangguan dan antrian rangkaian KA di sekitarnya. Malamnya dilaporkan bahwa KRL Ekonomi tambahan diopesikan dari dipo Bukit Duri untuk mengangkut sisa para penumpang yang masih tertinggal di beberapa stasiun di koridor Jakarta Kota – Gambir – Manggarai tersebut.

Sumber = Kesaksian Solidaritas Jabodetabek Untuk KRL Yang Lebih Baik di situs www.facebook.com pada tanggal 29 Juli 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Mengharapkan perjalanan KRL Jabodetabek yang lebih baik namun yang dirasakan sebagai penggua jasa KA terlebih komuter justru malah penyengsaraan waktu yang terbuang. Sia – sia saja menghindari kemacetan lalu lintas jalan raya namun waktu menjadi terbuang karena KRL seringkali telat dalam perjalanan. Akankah lebih baik lama bediri atau pun duduk hingga kesemutan di dalm bus?

Sedikit Kilasan Out Of Topic / OOT atau diluar topik :
OOT itu berita yang saya rangkum di luar peristiwa perekereta apian namun masih menjadi tanda tanya bagi saya pribadi. Mungkin saja ada kaitannya meski sedikit atau pun banyak keterkaitannya dengan kereta api dalam peristiwa tertentu.

Hutan Terbakar di Rusia, 25 Orang Tewas
Sabtu, 31 Juli 2010 - 12:25 WIB
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

MOSCOW (Pos Kota) – Setidaknya 25 orang tewas dalam kebakaran hutan yang menyapu wilayah Rusia pada Jum’at (30/7) kemarin. Petugas terpaksa harus mengevakuasi warga serta melakukan investigasi untuk mengungkapkan kepastian penyebab terjadinya kebakaran yang membuat pemerintah Rusia harus mengusurkan dana hingga 165 juta US dolar (setara Rp1,4 triliun).

Belum diketahui berapa kerugian negara akibat musibah ini, namun Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin bakal meninjau langsung ke wilayah terparah di Nizhny Novgorod. Di wilayah itu sedikitnya 540 rumah hancur Seperti yang dilansir Reuters, Sabtu (31/7), dugaan sementara kebakaran adalah akibat terpaan cuaca panas yang ekstrim dan tertinggi sepanjang 130 tahun terakhir di Rusia. Petugas sulit memadamkan kebakaran yang bertahan selama berminggu - minggu setelah terpaan angin yang kencang membuat kobaran api bertambah besar. Alhasil, kebakaran merambat ke perumahan penduduk. Selain membakar rumah, kabakaran juga menhanguskan sejumlah kayu di lokasi kebakaran yang selama ini menjadi sumber penghasilan warga.

Akibat medan dan lokasi kebakaran yang curam, petugas akhirnya kesulitan mengevakuasi warga setempat guna menghindari bertambahnya korban jiwa. “Kami tidak tahu lagi ke mana kami harus pergi,”cetus Galina Shibanova, perumpuan berusia 52 yang lesu melihat rumahnya ludes terbakar ’si jago merah’ di wilayah Maslovka, 500 kilometer sebelah selatan Moskow.

Selain 25 orang tewas, 439 orang terluka, 43 diantaranya bahkan harus dirawat serius di salah sebuah rumah sakit di kawasan Veronezh. Seorang pejabat setempat, Tatyana Golikova mengungkapkan bahwa cuaca panas telah melanda Rusia sejak Juni lalu, sehingga menyebabkan sjumlah tanaman rusak dan membuat ribuan petani terancam merugi akibat gagal panen. Rusia telah berupaya memadamkan kebakaran yang sebagian besar dipicu terbakarnya lahan gambut dengan luas area mencapai 866 kilometer persegi. (cw-7/B)

Keterangan :
Di Metro TV melalui layar streaming di http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/newsvideo/2010/08/01/110292/3-Hari-Membara-Kebakaran-di-Moskow-Tewaskan-30-Orang tampak sekali rangkaian KA juga terhalang oleh kabut asap pastinya.


Sumber dari = http://www.poskota.co.id/ di :
http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2010/07/31/hutan-terbakar-di-rusia-25-orang-tewas tanggal 31 Juli 2010.


Mungkin ada rekan – rekan yang ingin menambahkan atau meralatnya? Silahkan saja….

Salam,
Dana

Kalau mau japri, silahkan ke dk_aries@yahoo.com saja yah…….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar