Sabtu, 10 Juli 2010

Catatan Bulanan Awal Bulan Juni 2010

Catatan Bulanan
Awal Bulan Juni 2010
Dikumpulkan oleh = Saya Sendiri  Dana

Bukan untuk mendramatisir, namun saya hanya menyarankan agar sebelum membacanya anak – anak perlu didampingin oleh orang tua atau pun wali karena berikut ini peristiwa – peristiwa yang terjadi selama kurun waktu awal bulan ini ada suatu peristiwa yang tidak kita inginkan, yaitu berita kecelakaan pastinya.

wanita menusuk, anjlokan lagi Kereta Terbakar dan Keluar Rel, artis melatih para staf PT. KA dan aksi kembali Penggusuran Rumah untuk mencapai solusi. Semuanya mewarnai hari ini dan tanpa aksi anarkisme dari para oknum tertentu sepanjang awal bulan ini. Namun, kita tetaplah harus prihatin dikarenakan masih ada saja tinta merah mewarnai sejarah perkereta apian kita meski itu datang dari luar negeri. Tinta hijau dapat kita simak hanyalah sebatas solusi sedikit saja. Inilah kehidupan... Mohon tanggapannya apabila ingin menanggapi...

Tanggal 2 Juni 2010 :
seorang wanita menusuk 9 orang secara membabi - buta di kereta di Cina
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan
dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING--Seorang wanita menusuk dan melukai 9 penumpang yang tengah tertidur di kereta api malam di kawasan timur laut Cina. Demikian dikabarkan media milik pemerintah, Rabu (2/6). Penyerangan yang terjadi pada Selasa dini hari itu berlokasi di sebuah kereta di provinsi Heilongjiang merupakan serangan berdarah yang dilakukan oleh penyerang tunggal yang mengagetkan negara tersebut. Wanita yang belum diidentifikasi itu, menusuk penumpang dari satu kamar ke kamar dalam kereta itu hingga akhirnya dia bergumul di lantai dan dikendalikan oleh penumpang lain, tulis sebuah laman yang memberitakan kawasan timur laut Cina.

Berdasarkan keterangan saksi mata
, diperkirakan wanita tersebut berusia 40-an tahun, namun tidak ada detil lain yang diungkapkan. Kereta itu berangkat dari ibukota provinsi Harbin menuju kot Hebei. Para korban kemudian menerima perawatan ketika kereta berhenti di kota Jiamusi, tetapi laporan tersebut tidak menyebutkan seberapa serius luka yang dialami korban. Serangan itu terjadi pada hari yang sama seorang penjaga bank menembak di sebuah gedung pengadilan di ibukota provinsi Hunan yang menewaskan 3 orang hakim dan melukai 3 orang lain sebelum membunuh dirinya sendiri, ujar pejabat setempat. Pelaku penembakan bernama Zhu Jun berusia 46 tahun marah terhadap putusan pengadilan lain karena pembagian harta pada perceraiannya tiga tahun yang lalu.

Cina juga sempat digegerkan de
ngan serangan berdarah terhadap anak-anak pra-sekolah di negeri tersebut sejak bulan Maret yang mengakibatkan 17 orang tewas dengan 15 di antaranya murid dan korban luka lainnya. Insiden penyerangan itu kemudian memicu debat mengenai alasan yang melatarinya, sebagian ahli mengatakan, Cina tidak cukup menekankan kesehatan mental di tengah - tengah perubahan sosial yang cepat dipicu oleh tingginya pertumbuhan ekonomi.

Sumber = Situs http://www.republika.co.id/berita/ di :
http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/internasional/10/06/02/118194-seorang-wanita-cina-tusuk-sembilan-penumpang-di-kereta-api edisi tgl 2 Juni 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Wah… dari 3 kejadian yang sama – sama persis berlatar belakang beban psikis hingga menjadi psikopat hanya karena krisis keuangan yang melanda sebu
ah negara seperti itu sih… mesti cepat – cepat ditangani. Di Indonesia saja sudah banyak warga yang bunuh diri tanpa harus membunuh banyak orang terlebih dulu. Beberapa ada yang berhasil terekam kamera amatir. Untuk itulah, saya sangat menegaskan bersyukur bagi kita yang masih normal atau kewarasan yang luar biasa selalu menggunakan akal sehat betapa sakitnya cara – cara mengakhiri hidup seperti itu. Belum lagi akan mendapatkan siksaan yang kekal atau abadi di alam sana nantinya.

Tanggal 5 Juni 2010 :
KD3 Rangkas
Bitung Anjlok di Parung Panjang, Jawa Barat
Oleh karena sebuah bantalan rel yang dikabarkan rapuh, secara tiba – tiba, perjalanan KD3 Rangkas Bitung menuju ke Jakarta mengalami anjlok. 1 kereta mengalami keluar dari jalur sehingga perjalanan pun terganggu. Akibat peristiwa tersebut, selain mengganggu perjalanan KA antara Rangkas Bitung – Serpong, para penumpang pun terpaksa harus berjalan kaki sejauh sekitar 5 km menuju ke stasiun terdekat. Lokomotif CC 201 103 dipo JNG pun juga tidak luput dari anjlokan dengan posisi yang miring ke kiri dari arah KA tersebut berlaju.

Pihak PT. KA Daops I Jakarta pu
n langsung menerjunkan sejumlah stafnya untuk mengevakuasi kereta yang naas itu dengan peralatan manual. Lokasi terjadinya anjlokan pada siang itu tidak jauh dari stasiun Parung Panjang, Bogor, Jawa Barat.

Sumber = Siaran berita Kabar Pagi di TV One pada tanggal 6 Juni 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Ikut prihatin tentunya dariku pribadi. Untungnya grafik perjananan KA / gapeka petak rel antara stasiun Rangkas Bitung dengan stasiun Serpong bahkan hingga stasiun Tanah Abang pun tidak begitu padat terutama di siang harii. Namun, sekalinya KD3 berlaju, maka tidak terbayangkan para penumpang yang bejubel hingga ke atap kereta demi tujuan mayoritas mencari nafkah di Jakarta dan sekitarnya.


Tanggal 7 Juni 2010 :
1. Demo Serikat Pekerja PT. KA

Sekelompok pegawai PT. KA yang
mengatas namakan serikat pekerja PT. Kereta Api (Persero) Divisi Jabotabek yang tergolong berstatus karyawan kontrak menuntut kenaikan gaji akibat gaji mereka tetap saja di bawah standar upah minimum. Demonstrasi yang digawangi oleh Pupu Saefulloh yang konon sudah bekerja selama 12 tahun di PT. KA ini (lihat profilnya di situs http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2008/bulan/04/tgl/03/time/085314/idnews/917551/idkanal/10) berdemo di depan kantor PT. KA Daops II Bandung di Jl. Perintis Kemderdekaan di kota Bandung propinsi Jawa Barat. Di antara pengunjuk rasa mayoritas sudah bekerja selama 10 tahunan.

Wuju Priyo, koresponden Trans TV di Bandung.

Sumber = Siaran berita
Reportase Pagi di Trans TV pada tanggal 8 Juni 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Ternyata masih saja segenap staf pejabat di PT. KA meresahkan mereka yang berstatus pekerja bawahan… Di mana pun di negeri ini tak ubahnya di negara – negara maju seperti Inggris, Perancis, Spanyol dan Yunani sekali pun. Segenap pegawai s
erikat pekerja perhubungan darat dan udara juga menuntut kenaikan gaji. Itu semua pastinya akibat ulah para atasan yang dapat kita bilang tidak bertanggung jawab dan haus akan takhta kekuasaan. Dunia memang selalu menjadi panggung sandiwara.

2. Kereta Terbakar dan Keluar Rel di Skotlandia
Langsung dari ketikan rekan Artanto Rizky Cahyono :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Headline News / Internasional / Sela
sa, 8 Juni 2010 00:10 WIB
Metrotvnews.com, Edinburgh: Sebuah kereta api keluar rel di kawasan pedesaan Loch Awe, sekitar 180 kilometer sebelah barat daya Edinburgh, Skotlandia. Kereta terbakar hingga melukai 8 orang. Menurut saksi mata, kereta jurusan Glasgow - Oban mulai mengeluarkan bola api saat mendekati stasi
un Loch Awe. Gerbong kereta api ini akhirnya keluar jalur. Kereta menabrak pepohonan di sekitar jalur rel.

Tak ada yang tewas akibat kejadian tersebut. Sekitar 60 penumpang berhasil diselamatkan oleh tim penyelamat. Namun, delapan penumpang diperkirakan mengalami luka yang cukup serius. Direktur Perkereta apian Skotlandia David Simmonds mengatakan saat ini pihak berwenang masih menyelidiki penyebab kecelakaan.(BEY)

Sumber = Situs http://www.metrotvnews.com/ di :
http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/newsvideo/2010/06/08/106747/Kereta-Terbakar-dan-Keluar-Rel-di-Skotlandia edisi tgl 8 Juni 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Prihatin sekali atas kejadian ini. Musibah terjadi di mana saja… Belum lagi perserikatan buruh atau pekerja transportasi masih krisis keuangan atas gaji mereka. Kali ini musibah menimpa serangkaian KA jarak jauh yang satu ini.


Tanggal 9 Juni 2010 :
DIDI PETET MELATIH VOKAL AGENT 121
Langsung dari ketikan ybs :
ata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.

KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan informasi kepada Masyarakat, agent informasi Contact Center 121 mendapat pelatihan olah vokal dari Didi Petet, Kamis (6/5) di kantor JRC Juanda Jakarta. Pelatihan yang melibatkan 23 peserta tersebut diadakan di ruang pertemuan contact center 121 dan d
ibagi menjadi 2 (dua) sesi. Sesi pertama dimulai pukul. 09.00 sampai 11.00 WIB dan sesi kedua pukul. 11.00 sampai 13.00 WIB.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk membentuk karakter vokal para agent informasi agar suara yang dihasilkan terdengar jelas oleh penelepon. Di sisi lain, pengetahuan yang diberikan merupakan salah satu komponen menuju standar sebuah Call Center yang baik. Dalam pelatihan tersebut, Didi petet menjelaskan bagaima
na melatih kejelasan huruf yang dihasilkan saat berbicara sehingga terdengar dengan baik oleh penerima informasi. Peserta dilatih menyebutkan huruf vokal dengan baik dan diikuti dengan latihan pernapasan. “Lakukan latihan - latihan ini di rumah setiap hari, sebaiknya dilakukan saat bangun tidur. Latihan ini tidak perlu waktu yang lama, cukup 5 sampai 10 menit saja, tetapi hasilnya nanti dapat Anda rasakan sendiri”ujar Didi Petet.

Seluruh peserta sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut. Karena menurut Didi Petet, ilmu yang diberikan biasanya disampaikan kepada para calon pemain teater atau pemain film bahkan penyanyi. ”Bisanya, latihan ini saya berikan kepada murid - murid saya di teater sebelum mereka latihan dialog”ujar Didi memberikan motivasi kepada peserta. (humaska)

Didi Petet saat melatih vokal agent informasi Contac Center 121 di JRC (Jakarta Railways Center) Kamis (6/5) lalu

Sumber = Situs http://www.kereta-api.co.id/ di :
http://www.kereta-api.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=219:didi-petet-melatih-vokal-agent-121&catid=6:berita-ka&Itemid=80 edisi tgl 9 Juni 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Sungguh bangga kita tentunya kepadanya di tengah gempitanya perusahaan – perusahaan penerbangan dan moda transportasi semacam mobil – mobil travel yang semakin banyak menarik para warga masyarakat dengan digembar – gemborkan ketepatan wak
tu dan tarif yang tidak terlalu mahal. Sang Didi Petet masih mau mendedikasikan dirinya kepada moda transportasi darat yang berlaju di bentangan besi di berbagai medan ini.

Tanggal 10 Juni 2010 :
Penggusuran Rumah di Jatinegara Untuk Proyek DDT

Sejumlah warga Jatinegara yang bermukim di perumahan kumuh pinggir rel KA terpaksa menggigit jari dengan aksi penggusuran sejumlah Satpol PP terhadap rumah mereka itu. Aksi pembongkaran yang dilakukan Satpol PP sudah menjadi instruksi Departemen Perhubungan kala itu di tahun 2004 bahwa tanah milik PT. KA selebar sekian meter sudah dipatok untuk proyek pembangunan rel KA dwiganda atau DDT / double – double track. Namun, akibat ulah para warga yang membandel dengan tetap membangun, sejumlah Satpol PP dengan disaksikan oleh Kepala Camat Jatinegara yang bernama Andry Yansyah dan para staf PT. KA Daops I Jakarta membongkar rumah mereka dengan resiko beberapa puing rumah bedeng mereka itu dibiarkan berserakkan untuk segera disingkirkan.

Pak Parjo salah satunya yang meratapi rumah tinggalnya itu di mana selama bertahun – tahun bernaung. Tanpa perlawanan, pak Parjo bersama para warga setempat tetap memasrahi penggurusan yang terjadi siang itu.

Sumber = Siaran berita Lintas Metropilitan pukul. 20.00 WIB di Elshinta TV pada tanggal 10 Juni 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Demi mencari penghidupan yang layak para warga nekad tetap membangun rumah tinggal mereka di pinggir rel KA yang notabene sudah menjadi tanah milik negara. Namun, dikala penggusuran terjadi mereka hanya mampu menuntut pesangon serta uang ganti rugi akibat ulah penggusuran yang dilakukan berbagai perusahaan tertentu dalam hal ini PT. KA. Aneh memang, tapi nyata di semua kehidupan perkotaan besar di mana pun.


Sedikit Kilasan Out Of Topic / OOT atau diluar topik :
OOT itu berita yang saya rangkum di luar peristiwa perekereta apian namun masih menjadi tanda tanya bagi saya pribadi. Mungkin saja ada kaitannya meski sedikit atau pun banyak keterkaitannya dengan kereta api dalam peristiwa tertentu.

Tanggal 9 Juni 2010 :
Semarak Piala Dunia di Pusat Perbelanjaan
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Solo, CyberNews. Nuansa semarak Piala Dunia (PD) 2010 mulai merasuki pusat perbelanjaan. Tengok saja di Solo Grand Mall (SGM), Rabu (9/6). Di tempat itu, hiasan serta pernak - pernik Piala Dunia (PD) terpasang begitu indah di berbagai sudut mal. Diantaranya, bendera kontestan PD, bola raksasa dan gawang sepak bola. Sejak dari pintu luar, pengunjung sudah diajak untuk menyemarakkan Piala Dunia. Pintu mal didesain seperti gawang sepak bola dengan hiasan 32 bendera kontestan di atasnya. Mulai dari Afrika Selatan (Af-Sel) sebagai tuan rumah, Inggris, Belanda, Brazil hingga Pantai Gading.

Selanjutnya, begitu memasuki atrium pusat perbelanjaan, wajah pengunjung pasti akan tertuju ke pernak - pernik yang menjuntai dari atas. Hiasan tersebut beraneka ragam yang menampilkan 13 bola warna - warni. 1 diantaranya adalah bola raksasa yang dijadikan ikon. Selain itu, terdapat lagi bendera peserta world cup 2010 yang turut mengikuti juntaian bola itu.

Public Relation SGM Vera Imanuela menuturkan, diameter bola raksasa itu sekitar 3 meter. Untuk pemasangannya, membutuhkan waktu selama 3 hari. "Kami ingin atmosfer Piala Dunia masuk ke sini. Karenanya, kami mendesain seperti event Piala Dunia,"kata Vera, Rabu (9/6).

( Arif M Iqbal /CN14 )

Keterangan :
Di banyak stasiun TV salah satu di antaranya RCTI melalui siaran berita Seputar Indonesia Pagi pada tanggal 12 Juni 2010 menyiarkan bagaiman semaraknya para warga masyarakat Solo hingga memadati hampir seantero ruas jalan raya Jl. Slamet Riyadi. Namun, tiada laporan apakah mengganggu perjalanan KA antara stasiun Purwosari dengan stasiun Wonogiri tersebut mengingat perjalanan K3 tersebut tiap harinya hanya 2x pp.


Sumber = Situs http://suaramerdeka.com/ di :
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2010/06/09/56548/Semarak-Piala-Dunia-di-Pusat-Perbelanjaan edisi tgl 9 Juni 2010.


Tanggapan saya pribadi :
Jangankan memikirkan kalau tim kesebelasan negara kita dapat tampil menjadi yang terdepan meski mampu menumbangkan angka kemenangan tim kesebelasan Manchester United sekali pun, membangun infrastruktur KA saja masih sangat sulit terwujud… Meski tim kesebelasan sepak bola negara kita mampu unggul di kancah persepak bolaan dunia sekalipun, namun kendala keamanan menjadi ancaman yang terus menghantui bangsa dari jutaan negara di segala pelosok Bumi ini tentunya.


Mungkin ada rekan – rekan yang ingin menambahkan atau meralatnya? Silahkan saja….

Salam,
Dana

Kalau mau japri, silahkan ke dk_aries@yahoo.com saja yah…….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar