Rabu, 21 Juli 2010

Catatan Bulanan Akhir Bulan Juni 2010

Catatan Bulanan
Akhir Bulan Juni 2010
Dikumpulkan oleh = Saya Sendiri  Dana

Bukan untuk mendramatisir, namun saya hanya menyarankan agar sebelum membacanya anak – anak perlu didampingin oleh orang tua atau pun wali karena berikut ini peristiwa – peristiwa yang terjadi selama kurun waktu awal bulan ini ada suatu peristiwa yang tidak kita inginkan, yaitu berita kecelakaan pastinya. Artis kembali menyukai KA, PLH terjadi di banyak negara meskipun juga di Indonesia, perkembangan petak rel terkini dan banjir menyapu sebagian negara turut mewarnai akhir bulan ini. Bahwasannya kita tidak pernah dijauhi dari segala musibah dan problematika. Apalagi ada sebagian umat manusia yang terampil melawan maut di sebuah rangkaian KA hanya demi mendapati nafkah yang lebih baik ke sebuah negara yang lebih makmur dari negara mereka. Sungguh ironi...

Semuanya dapat kita saksikan pada kisah perkereta apian sepanjang akhir bulan ini tentunya...


Mohon tanggapannya apabila ingin menanggapi...

Tanggal 21 Juni 2010 :
Arumi Pun Berlibur ke Cirebon Dengan KA
Artis berusia 15 tahun yang sedang digembar – gemborkan dengan pemberitaan gosip dekat sekali dengan A yang notabene mantan “penculik”-nya itu pun ternyata asyik berlibur ke luar kota. Tidak cukup dengan kata – kata sebuah transportasi yang dapat dinikmati karena kecepatannya, ia bersama keluarganya berlibur ke kota Cirebon dengan menaiki KA Klas Eksekutif. Entah itu Cirebon Ekspres atau memang Argo Jati yang jelas perjalanan di siang hari itu memang terus dibuntuti oleh sejumlah infotainmet.

Sumber = Tayangan Insert Investigasi di Trans TV pada tanggal 21 Juni 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Tentu saja terus terang saya pribadi bangga dengan niatannya itu menggunakan moda transportasi KA. Karena ia masih menganggap
cepat untuk waktu tempuhnya itu. Apalagi di sepanjang perjalanan selama disorot kameramen infotainment gosip tersebut, Arumi tidak pernah melepas tatapan matanya ke arah jendela kereta tersebut.

Selasa, 22/06/2010 11:00 WIB :
1.000 Orang Hilang Diterjang Banjir
di Brasil
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Brasilia - Hujan deras terus mengguyur beberapa wilayah di Brasil selama beberapa hari terakhir. Akibatnya banjir pun timbul. Bencana alam itu telah menewaskan setidaknya 38 orang. Bahkan sekitar 1.000 orang lainnya hingga kini belum ditemukan. Mengingat banyaknya jumlah warga yang hilang, korban tewas pun diyakini bakal terus bertambah. "Kami berdoa agar yang hilang ditemukan selamat. Namun kami sangat khawatir karena jasad-jasad mulai bermunculan di pantai-pantai dan tepi sungai," kata Gubernur Alagoas, Teotonio Vilela Filho pada konferensi pers di Brasilia seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (22/6/2010).

Menurut kantor berita Brasil, Estadao, negara bagian Alagoas merupakan daerah yang paling parah diterjang banjir. Di wilayah itu hingga Senin, 21 Juni waktu setempat, setidaknya 26 orang telah ditemukan tewas. Setidaknya 12 korban tewas lainnya dilaporkan di negara bagian Pernambuco. Situasi kian memburuk setelah sebuah bendungan di Pernambuco jebol diterjang banjir. Jebolnya bendungan menyebabkan air sungai Mumbau meluap dan membanjiri beberapa kota.

Saat ini setidaknya 53 kota telah mengumumkan keadaan darurat akibat banjir tersebut. Menurut Estadao, sebagian besar korban hilang dilaporkan di Uniao dos Palmares, sebuah kota di Alagoas. Di kota itu lebih dari 500 orang telah dilaporkan hilang. (ita/nrl) Rita Uli Hutapea - detikNews

Sumber = Situs http://www.detiknews.com/ di :
http://www.detiknews.com/read/2010/06/22/110019/1383551/10/1000-orang-hilang-diterjang-banjir-di-brasil edisi tanggal 22 Juni 2010.

Keterangan :
Dari narasumber siaran berita Headline News di Metro TV pukul. 13.00 WIB pada tanggal 22 Juni 2010 banjir telah menghancurkan bentangan rel KA yang nampaknya memiliki lebar 1435 mm. Rel tersebut terputus seiring longsornya tanah akibat tergerus oleh banjir dan longsor.

Tanggapan saya pribadi :
Bencana alam sulit dielakkan karena sudah takdir Sang Maha Kuasa. Kita sebagai para hamba-Nya hanya mampu terus berdo’a dan melepas segala dosa yang telah kita perbuat di alam dunia ini sebelum nyawa kita terpanggil oleh-Nya.

23 Juni 2010 :
1. KA Masuk Jurang Tewaskan 60 Orang Di Kongo
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Brazzaville, (tvOne) Sebuah kereta api tergelincir dan tercebur ke dalam jurang di Republik Kongo, menewaskan sekitar 60 orang dan melukai ratusan orang di sebuah jalur kereta api mematikan di negara Afrika tengah penghasil minyak itu. Beberapa sumber mengatakan, Selasa, kecelakaan itu terjadi pada Senin jauh tengah malam setelah kereta tersebut meninggalkan kota pantai Pointe-Noire di jalur Chemin de Fer Congo Ocean (CFCO) ke ibukota Brazzaville, jalur yang telah melihat sedikitnya 2 kecelakaan serius dalam beberapa tahun belakangan ini. "Sayang, kereta api itu mengambil sudut yang berubah menjadi fatal,"kata sumber perusahaan kereta api yang menolak untuk disebutkan namanya karena ia tak diberi wewenang untuk berbicara secara terbuka.

4 gerbong terjun ke jurang dekat stasiun Yanga, sekitar 60 Km dari Pointe-Noire, katanya. Sekitar 60 mayat telah ditemukan dari tempat terjadinya kecelakaan pada Selasa tengah malam dan sekitar 450 orang dirawat karena terluka, menurut seorang pejabat rumah sakit di Adolphe Cisse di Pointe-Noire yang minta untuk tidak disebutkan namanya.

Sedikitnya 50 orang tewas di jalur yang sama pada 2001, banyak dari mereka terbakar hingga tewas, ketika 2 kereta api bertabrakan di Mvougounti sekitar 75 Km di timur Pointe-Noire. Pada 1991, sekitar 100 orang tewas ketika sebuah kereta api penumpang membentur kereta api angkutan barang juga di Mvougounti. Kurangnya jalan dan tidak berfungsinya sistim kereta api antara kota - kota penting membuat perjalanan sulit dan menyumbang pada tingginya biaya pangan dan barang impor di ibukota dan di seluruh negara terkurung daratan di sekitarnya

Para insinyur Cina akhir tahun lalu telah memulai pekerjaan pembangunan jalan senilai 500 juta dolar yang menghubungkan pusat minyak Poimte-Noire dengan Brazaville, proyek yang akan melibatkan perlintasan hutan equatorial dan gunung yang curam. Kongo, yang telah lama mengekspor jutaan barel minyak tapi sebagian besar tetap miskin dan menderita karena infrastruktur yang buruk, sedang berusaha untuk memvariasikan ekonominya ketika cadangan minyak menurun.

Sumber = Situs http://internasional.tvone.co.id/berita/ di :
http://internasional.tvone.co.id/berita/view/40889/2010/06/23/ka_masuk_jurang_tewaskan_60_orang_di_kongo/
edisi tanggal 23 Juni 2010.


Keterangan :
Kalau diukur dari pemetaan pada Atlas Dunia, perjalanan antara kota pantai Pointe – Noire dengan ibukota Brazzaville pp hampir = perjalanan Jakarta – Surabaya pp via pantura. Namun, di sini kita membayangkan kelandaian tanah dengan kondisi yang curam dan mungkin saja bantalannya entahlah apa masih kayu atau pun jenis R33. Saya sendiri hehe.... juga belum tahu sih... ^,^

Tanggapan saya pribadi :
Miskin infrastruktur, minimnya pengawasan dan kawasan yang curam menjadikan perjalanan KA sepanjang tahun tidak dinikmati oleh mereka. Apalagi pada umumnya benua Afrika dihuni oleh bangsa yang mayoritas masih primitif. Sungguh miris mengamati perkereta apian di benua hitam ini.

2. PT. Kereta Berniat Gabungkan Tiga Depo di Manggarai
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN
= Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
TEMPO Interaktif, Jakarta – PT. Kereta Api (KA) Daerah Operasi (Daops) I yang beroperasi di wilayah Jakarta berencana memusatkan operasional 3 depo yang ada saat ini ke stasiun Manggarai untuk meminimalisasi tingkat keterlambatan kereta. Kepala PT. KA Daops I Mulianta Sinulingga menjelaskan saat ini terdapat 3 depo di wilayahnya, antara lain stasiun Manggarai kotamadya Jakarta Selatan; stasiun Jatinegara kotamadya Jakarta Timur dan stasiun Jakarta Kota kotamadya Jakarta Barat. "Lokasinya terpisah - pisah. Dibutuhkan waktu lama bagi lokomotif masuk stasiun karena harus mengantre,"kata Mulianta di Jakarta, Selasa (22/6). Hal itu menurut dia berakibat pada keterlambatan keberangkatan. Saat ini rata - rata keterlambatan keberangkatan mencapai 12 - 60 menit.

Sebab itu ketiga depo harus disatukan untuk memperlancar masuknya lokomotif ke stasiun. Stasiun Manggarai dipilih menjadi pusat kegiatan operasional depo. Dengan demikian, diharapkan keterlambatan keberangkatan dapat ditekan. "Target kami pada 2012 semua kereta berangkat tepat waktu,"ujar Mulianto. Selain itu, nantinya di stasiun Manggarai juga akan dibangun penginapan untuk para pegawai seperti masinis, kondektur, pramugari, dan teknisi. Pengembangan dan pembangunan infrastruktur baru bakal dibangun di lokasi tersebut. Pembangunan akan ditenderkan kepada kontraktor.

"Kami akan membuka tender secara transparan. Minimal diikuti 5 kontraktor,"tutur Mulianta. Sayang ia enggan menyebut nilai investasi proyek yang akan dimulai pertengahan 2011. Diharapkan pada awal 2012, seluruh kegiatan lokomotif dan rangkaian gerbong kereta sudah dapat dilakukan di 1 depo.

ADISTI DINI INDRESWARI

Sumber = Situs http://www.tempointeraktif.com/ di :
http://www.tempointeraktif.com/hg/bisnis/2010/06/23/brk,20100623-257674,id.html edisi tgl 23 Juni 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Semoga saja selain tidak hanya sekedar omongan semata, begitu terlaksana pun segalanya berjalan sangat lancar. Tiada lagi perjalanan KA yang telat dengan berbagai macam alasan.

3. 12 Tewas dalam Kecelakaan Kereta Peluru Spanyol
Kamis, 24 Juni 2010 | 10:26 WIB
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah say
a perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Polisi memeriksa korban tewas kecelakaan Kereta Api Super Cepat di stasiun Castelldefels Playa, Spanyol (24/6). AP/Manu Fernandez

TEMPO Interaktif, Barcelona - Sebuah rangkaian kereta api super cepat nyelonong di sebuah stasiun kereta api di Spanyol menabrak sekelompok orang yang tengah menyebrang rel. Sedikitnya 12 orang tewas dan belasan lainnya terluka. Menurut para pejabat perlindungan sipil, kereta peluru tengah dalam perjalanan menuju stasiun Castelldefels Playa, dekat Barcelona, Spanyol saat insiden terjadi, Rabu (23/6) malam waktu setempat (dinihari tadi WIB).

Media - media Spanyol menulis di antara mereka yang tewas dan terluka adalah mayoritas anak muda yang baru tiba dengan kereta api lain. Mereka diyakini hendak menuju ke pantai buat tetirah menyambut festival musim panas. Menurut Kementrian Dalam Negeri Catalonia kecelakaan terjadi sekitar pukul. 23.30 (21.30 GMT). Sedikitnya 13 orang lainnya terluka. Disebutkan bahwa jalur rel itu sebenarnya telah ditutup. Tim Polisi, medis dan pemadam kebakaran dan palang merah langsung sibuk mengevakuasi para korban.

BBC/Reuters/dwi a

Sumber = Situs http://tempointeraktif.com/ di :
http://tempointeraktif.com/hg/eropa/2010/06/24/brk,20100624-258044,id.html edisi tgl 24 Juni 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Berarti ini kecerobohan Kepala Stasiun yang salah mengatur wessel atau karena kecerobohan sang masinis yah yang mungkin saja mengindahkan aspek sinyal masuk tidak aman? Mengerikan sekali KA super cepat yang punya image ternyaman dan tercepat dibandingkan KA lainnya justru menjadi cara tercepat memasuki ajal kita masing – masing.

Kamis, 24/06/2010 17:34 WIB :
PT. INKA Sepi Pesanan
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Angga Aliya – detikFinanceJakarta – PT. Industri Kereta Api (INKA) pesimistis capai target pendapatan sebesar Rp 811miliar,00 hingga akhir 2010. Pasalnya jadwal tender pengadaan kereta api dari PT. Kereta Api (KA) hingga kini belum jelas. Menurut Direktur Utama INKA Roos Diatmoko, Badan Usaha Milik Negara itu hanya bisa mampu mencapai target sebanyak Rp 611miliar,00 saja tahun ini. "Kan jadwalnya (tender pengadaan gerbong) mundur - mundur terus sehingga enggak bisa masuk tahun ini. Paling mungkin masuk tahun depan,"katanya di kantor Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (24/6/2010).

Meski demikian, tidak tercapainya target hingga akhir tahun 2010 itu bukan berarti pendapatannya lebih kecil dari tahun lalu. Tahun lalu, perseroan sudah mencatat pendapatan sebanyak Rp 576miliar,00. Rencananya, PT. KA akan melakukan tender sebanyak 2.400 gerbong untuk mengangkut batubara dalam beberapa tahun ke depan. Jika berjalan sesuai rencana, seharusnya tahun ini INKA bisa menyediakan 170 gerbong. "Itu untuk program multi years, kami belum lihat tendernya. Sekarang masih tahap review. Saya enggak tahu juga kapan,"imbuhnya.

Sampai saat ini, perusahaan plat merah itu
mengaku sudah dapat kontrak penjualan kereta sebanyak 11 unit ke Malaysia dan 20 unit gerbong ke Singapura. Pengirimannya akan dilakukan tahun depan. "Kami menunggu tender di Bangladesh. Sampai sekarang belum dilakukan. Mereka butuh 100 kereta, tapi belum tender,"tambahnya. (ang/dnl)

Sumber = Situs http://www.detikfinance.com/ di :
http://www.detikfinance.com/read/2010/06/24/173450/1385872/4/pt-inka-sepi-pesanan
edisi tgl 24 Juni 2010.


Tanggal 25 Juni 2010 :
1. Kereta Api Kematian di Meksiko
Bagaikan para TKI atau Tenaga Kerja Indonesia yang memilih beremigrasi ke negara – negara yang sekiranya lebih makmur sebagai sumber nafkah mereka, begitu pun yang dialami oleh ribuan para imigran gelap yang saling berdatangan setiap saat ke negara paman Sam. Di negeri adidaya tersebut, mereka mendapatkan penghidupan yang lebih layak ketimbang di Meksiko sebagai tanah air negaranya di mana mereka dilahirkan dan dibesarkan selama sekian tahun lamanya.

Foto di atas hanyalah sekedar cuplikan bagaimana mereka dari para penumpang gelap menyiasati dengan segala cara agar mereka tetap bertahan di rangkaian gerbong KA barang. Sebagian besar mengakalinya dengan cara mengikatkan diri mereka dengan seutas tali yang diikatkan pada bagian sela – sela atap KA barang tersebut dan ada lagi cara yang lebih ekstrim yaitu tetap bertahan di sambungan antar gerbong barang selama berjam – jam.

Kedua negara ini memang terbilang sangat dekat apalagi memiliki perbatasan darat yang sangat luas. Dengan bermodalkan salah satunya mata uang Dollar USA mereka bermigrasi dengan menaiki rangkaian KA barang yang suhunya dapat terbilang sangat ganas, yaitu berkisar 40*C atau pun lebih. Dengan berbekal cara menaiki setiap jengkal gerbong barang di setiap sudut baik di anak tangga maupun di atap gerbong mereka rela bergelantungan selama berjam – jam. Pantas saja kalau rangkaian tersebut bagi mereka dijuluki “train of death”

Sumber = Tayangan Back Story di CNN pada tanggal 25 Juni 2010 pukul. 11.30 WIB.

Keterangan = Untuk selengkapnya silahkan lihat di situs :
http://edition.cnn.com/2010/WORLD/americas/06/23/mexico.train.death/?hpt=C2&fbid=SNK44iiKLh3.

Tanggapan saya pribadi :
Tentu saja saya sangat miris mendengarnya apalagi menyimaknya. Karena sama – sama negara yang mengalami kesusahan dari segi keuangan, para rakyatnya sama – sama menuntut pencarian lahan nafkah yang lebih layak dan mampu menghidupi segenap anggota keluarga masing – masing meski harus mengorbankan nyawa sekalipun itu.

2. KA Gajayana Anjlok di Stasiun Jakarta Kota
Langsung dari ketikan ybs :

Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Jakarta - Sebuah gerbong kereta Gajayana anjlok di stasiun Jakarta Kota. Akibat peristiwa ini perjalanan KRL dari Jakarta – Bogor pp menjadi terhambat. "Anjloknya di stasiun Kota. Gerbong yang anjlok ada di bagian belakang kereta,"kata Nurman, salah seorang petugas operation center PT. KA kepada detikcom, Jum’at (25/6/2010). Gerbong tersebut anjlok di wesel 43 B1 B2 sehingga menghalangi jalur 9, 10 dan 11. Nurman menjelaskan, saat ini petugas masih melakukan proses evakuasi terhadap gerbong yang anjlok tersebut. Sedangkan perjalanan KRL dari Bogor – Kota pp dialihkan ke Tanah Abang. "Masih kita tangani keretanya. Untuk KRL dialihkan rutenya ke Tanah Abang,"katanya. (nal/fay)

Sumber = Situs http://www.detiknews.com/ di :
http://www.detiknews.com/read/2010/06/25/103731/1386261/10/gerbong-ka-gajayana-anjlok-di-stasiun-kota edisi tanggal 25 Juni 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Tiada hari tanpa suatu peristiwa, terlebih ajlokan kereta api. Lemahnya penanganan dari PT. KA menunjukkan kepada publik bahwa peristiwa semacam ini masih ada saja dikala ironisnya bentrok dengan jam – jam sibuk para komuter sedang ingin beraktifitas di tem
pat kerja, sekolah, kampus dan berbagai fasilitas formal lainnya masing – masing.

Tanggal 27 Juni 2010 :
Maut di PJL Kota Kediri, Jawa Timur
Karena mengantuk saat dalam bertugas, sebuah kendaraan angkot dihajar oleh sebuah rangkaian KA yang melintas di sebuah PJL / pos jaga lintasan KA di kota Kediri, Jawa Timur. Tiada laporan jatuhnya korban jiwa dalam kejadian siang yang naas itu. Berdasarkan seorang saksi mata diituturkan bahwa bagian belakang angkot dihantam selepas menyebrangi PJL tersebut. Angkot pun langsung ringsek seketika. Polisi langsung meringkus sang penjaga PJL yang diduga lalai dalam tugasnya tersebut saat sekumuplan warga mendatangi lokasi kejadian.

Sumber = Siaran berita Seputar Indonesia Pagi di RCTI pada tanggal 28 Juni 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Tiada habis – habisnya peristiwa malaeptaka menimpa perkereta apian di mana pun. Tidak cukup dengan ketidak disiplinan pengguna kendaraan bermotor saj
a yang kerap kali menerobos perlintasan KA. Kali ini penjaga PJL pun turut menjadi pelaku ketidak disiplinan dalam menjalani tugasnya. Dengan alasan mengantuk diabaikannya peringatan akan datangnya KA. Yah itu dia... korban pun berjatuhan.

Tanggal 28 Juni 2010 :
1. Trains Lovers Dalam Sorotan Tayangan Hobbies di Metro TV
Miea Kusuma dalam tayangan Hobbies di Metro TV kali ini menyoroti sosok mereka yang menyukai rangkaian KA model dalam berbagai skala kecil beserta bioramanya. Trainz Cafe yang berlokasi di lantai 2 Mal Pondok Indah 1 kali ini menjadi sorotannya. Bersama para pecinta rangkaian KA model miniatur tersebut sang pembawa acara berusaha untuk menyoroti bagaimana wujud kecintaan mereka terhadap rangkaian KA model tersebut bersama bioramanya.

Tidak sedikit dari mereka yang tergolong usia dewasa yang berkumpul dalam suasana penuh kekeluargaan ini. Dihadapan biorama .......................hehe... ma'af kehabisan kata - kata nih...

Sumber = Tayangan Hobbies di Metro TV pada tanggal 28 Juni 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Semoga saja tayangan yang menambah wawasan ilmu dunia perkereta apian dalam wujud miniatru berjalan ini dapat memberi inspirasi dan hiburan tersendiri bagi beberapa kalangan yang tentu sama – sama mencintai KA dan segera ingin mengoleksi segala atribut yang berbau KA di mana pun berada.

2. Bantalan Rel KA di Stasiun Indro Terkini
Sun, June 27, 2010 6:30:32
PM
[keretapi] IDO Terkini
From: edja noezsanto nitijoso edja_n@yahoo.co.id Add to Contacts
To: keretapi@yahoogroups.com
Tadi siang(Minggu, 27 Juni 2010) nyempatkan lihat trek IDO ternyata sudah mulai ganti bantalan, yang kayu lapuk dibongkar diganti beton, kricak juga mulai jalan bisa dilihat ke flickr saya di www.flickr.com/ photos/ nr--sdt

Salam sepur,
Edja N N

Sumber = Postingan rekan Edja Noerzsanto Nitijoso ke milis keretapi@yahoogroups.com pada tanggal 27 Juni 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Entah sejak kapan penggantian bantalan rel menjadi jenis beton tipe R54 ini, yang jelas saya syukuri dengan perkembangannya ini mengingat bantalan kayu seperti tampak pada foto juga sudah semakin rapuh tentunya. Tentu akan mengganggu perjalanan KA kalau masih tetap dengan kayu.

3. Liburan Panjang Calon Penumpang Melonjak, Gapeka Pun Bertambah
Hampir di semua jurusan perjalanan KA di pulau Jawa untuk beberapa hari mendatang semakin bertambah dikarenakan seiring waktunya liburan panjang anak – anak sekolah. Tidak cukup rangkaian KA Argo Lawu saja yang jadwalnya bertambah, tetapi juga beberapa rangkaian KA seperti yang terjadi di stasiun Jember. Humas PT. KA Daops IX Jember Burhan Sulton menuturkan bahwa jumlah para calon penumpang yang biasanya hanya mencapai 5.000 orang per hari, namun saat ini bertambah mencapai 6.000 orang per hari bahkan lebih. Sebut saja itu rangkaian KA Sri Tanjung dengan tujuan Lempuyangan – Jember salah satunya yang sangat diminati warga masyarakat Jember dan sekitarnya untuk berlibur ke arah Yogyakarta dan beberapa kota lainnya.

Sumber = Tayangan Kabar Pasar di TV One pada tanggal 28 Juni 2010.


Tanggapan saya pribadi :
Semoga saja tayangan yang menambah wawasan ilmu dunia perkereta apian dalam wujud miniatru berjalan ini dapat memberi inspirasi dan hiburan tersendiri bagi beberapa kalangan yang tentu sama – sama mencintai KA dan segera ingin mengoleksi segala atribut yang berbau KA di mana pun berada.

Tanggal 29 Juni 2010 :
1. KA Logawa Masuk ke Jurang Sedalam 15 Meter di Caruban, Jawa Timur
Sebuah rangkaian KA Logawa juruan Purwokerto – Jember terjun ke jurang sedalam 15 meter di kawasan Madiun, Jawa Timur. Peristiwa yang terjadi sekitar pukul. 14.00 WIB tersebut setidaknya merenggut korban jiwa sebanyak 6 orang tewas, 73 luka ringan dan sebagian selamat. 2 dari 6 korban yang tewas sulit dievakuasi karena terjepit antara kereta dan hamparan tanah. 3 dari 10 kereta berklas Ekonomi tersebut terhempas ke jurang hingga ketiganya tercerai – berai dalam keadaan miring 90* ke hamparan tanah. Sebagian korban yang selamat dievakuasi ke RS Panti Waluya dan 2 RS lainnya di kota Caruban, Jawa Timur. Kronologi berdasarkan Wakadaops VII Nur Amin baru saja meninggalkan stasiun Madiun menuju ke arah tujuan akhir Jember.

Berdasarkan cerita saksi mata bahwa cuaca pada siang itu berangsur cerah. Soraya Maharani salah satu penumpang yang selamat mengatakan bahwa 15 menit selepas KA berangkat dari stasiun Madiun sudah merasakan guncangan yang sangat keras. Tidak lama kemudian, 3 kereta pada bagian belakang pun terlepas begitu saja. Dirinya sendiri terbentur keras bersamaan dengan anaknya. Namun, tiada satu pun para anaggota keluarganya yang cedera parah.

Polisi langsung mengindikasi pada bantalan rel yang goyah sehingga saat rangkaian KA melintas terhempas begitu saja. Kereta kirow pun didatangkan dari Solo sebagai kereta bantuan. Seketika sejumlah warga masyarakat pada saling berdatangan menyaksikan bangkai kereta, seketika pula sejumlah perjalanan KA dialihkan melalui utara

Sumber = Siaran berita Breaking News di Metro TV pada tanggal 29 Juni 2010
Tanggapan saya pribadi :
Lagi lagi... petaka menghantui perkereta apian... Tidak cukup negeri kita dilanda peristiwa anjlok, tidak cukup pula beberapa negara diterpa pemberitaan musibah KA terjun ke jurang pula, kini giliran duka di petak rel negeri kita menjadi sorotan sore ini (29/6).

2. KA Cirebon Ekspres Menabraki Mobil Yang Tiba – Tiba Melinta
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
ETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

REPUBLIKA.CO.ID,NDRAMAYU--Kecelakaan di perlintasan kereta api (KA) tanpa palang pintu kembali terjadi. Kali ini, kecelakaan dialami penumpang mobil Avanza yang ditabrak KA Cirebon Ekspres (Cireks) di perlintasan tanpa palang pintu di Blok Nomik desa Plosokerep, kecamatan Terisi, kabupaten Indramayu, Selasa (29/6), sekitar pukul. 13.08 WIB. Dalam perist
iwa itu, 2 orang tewas dan 4 lainnya luka berat. Adapun korban tewas bernama Aca dan Adi, keduanya warga kabupaten Bandung. Sedangkan korban luka bernama Devi Hendiyana (32) warga Komplek Padasuka Cimahi, Dadan (29) warga Rancaekek, Medi (27) warga Jl. Raden Fatah No 34, Bandung dan Agus Rohman (28) warga dusun Rengganis desa Haurgombong, kecamatan Pamulihan, kabupaten Sumedang.

Seluruh korban merupakan teknisi sebuah perusahaan telefon seluler. Setelah peristiwa itu terjadi, baik korban tewas maupun korban luka, langsung dievakuasi ke RS Bhayangkara Indramayu. Peristiwa tersebut bermula ketika rombongan teknisi telefon selular tersebut baru selesai memperbaiki salah satu tower instalasi di desa Kedokangabus, kecamatan Gabuswetan, kabupaten Indramayu. Setelah selesai, mereka melaju ke arah kecamatan Terisi dengan mengendarai mobil Toyota Avanza bernomor polisi D 1035 XH. Namun, ketika sampai di perlintasan KA tanpa palang pintu di Blok Nomik, mobil mereka ditabrak KA Cireks dari arah Jakarta menuju Cirebon. Akibat kencangnya tabrakan, mobil Toyota Avanza terlempar hingga beberapa meter ke rel di sebelahnya.

2 penumpang tewas seketika setelah terpelanting ke areal persawahan pinggiran rel. Sementara empat penumpang lainnya, terjebak di dalam mobil. Saat bersamaan, tiba - tiba meluncur sebuah KA barang dari arah Cirebon tepat di rel yang terdapat mobil Avanza. Melihat kondisi itu, seorang warga memberanikan diri memberikan aba - aba kepada masinis KA barang agar menghentikan lajunya. ''Jika KA barang tidak berhenti, maka mobil Avanza akan kembali tertabrak,''tutur seorang warga setempat, Toto (34).

Kapolsek Cikedung AKP Wawan Suhendar menjelaskan peristiwa itu diduga karena pengemudi Toyota Avanza tidak mengetahui adanya KA yang sedang melaju. Padahal, sejumlah saksi mata di lokasi kejadian telah mengingatkan sopir Avanza agar tidak menyeberangi rel. Keterangan : Dari narasumber tulisan berjalan di Metro TV pada tanggal 30 Juni 2010 korban tewas bertambah menjadi 3 orang.

Sumber = Situs http://www.republika.co.id/ di
http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/nusantara/10/06/29/122361-cirebon-express-tabrak-avanza-dua-orang-tewas edisi tanggal 29 Juni 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Lagi lagi... petaka menghantui perkereta apian... Tidak cukup negeri kita dilanda peristiwa anjlok, tidak cukup pula beberapa negara diterpa pemberitaan musibah KA terjun ke jurang pula, kini giliran duka di petak rel negeri kita menjadi sorotan sore ini (29/6).

Tanggal 30 Juni 2010 :
Pasca Tragedi KA Logawa
Hingga pagi hari pun ketiga kereta Logawa yang terhempas ke hamparan tanah belum seutuhnya dievakuasi oleh Kirow yang tiba pada sekitar jam 3-an. Tampak kerumunan warga masyarakat dan beberapa pejabat terkait sedang mencari indikasi banyak kemungkinan terjadinya musibah. Adapun kemungkinan – kemungkinan tersebut terjadi pada kecepatan lokomotif yang melebih ketentuan alias > 80 km/jam dan ada pula yang mengindikasikan bahwa pencurian baut rel yang membuat batangan besi rel menjadi agak miring terlepas dari bantalannya.

Namun, duka para korban sungguh dirasakan oleh sebagian anggota keluarganya masing – masing. 1 di antaranya dialami oleh seorang nenek yang mengaku membesarkan Rahmat Bayu (14 th) sejak kedua orang tuanya wafat sewaktu ia kecil. Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono pun mendatangi RS Panti Waluyo di mana beberapa korban selamat dirawat.

Hingga siang harinya belum ada satu pun rangkaian KA yang dapat melintas sehingga mau tidak mau keterlambatan yang dialami oleh semua rangkaian KA berkisar antara 6 – 7 jam lamanya. Kalau pun dapat dilakukan hanya dibatasi dengan kecepatan maksimum 20 km / jam.

Sumber = Siaran berita Kabar 15 di TV One pada tanggal 30 Juni 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Tentu saja terus terang saya pribadi bangga dengan niatannya itu menggunakan moda transportasi KA. Karena ia masih menganggap cepat untuk waktu tempuhnya itu. Apalagi di sepanjang perjalanan selama disorot kameramen infotainment gosip tersebut, Arumi tidak pernah melepas tatapan matanya ke arah jendela kereta tersebut.

Sedikit Kilasan Out Of Topic / OOT atau diluar topik :
OOT itu berita yang saya rangkum di luar peristiwa perekereta apian namun masih menjadi tanda tanya bagi saya pribadi. Mungkin saja ada kaitannya meski sedikit atau pun banyak keterkaitannya dengan kereta api dalam peristiwa tertentu.

Tanggal 22 Juni 2010 :
Karyawan PT. Kereta Api Divonis Satu Tahun Penjara
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
BANDUNG--MI: Widyasono, karyawan PT. Kereta Api (KA) yang tersangkut kasus gratifikasi dana investasi PT. KA divonis 1 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat, Selasa (22/6). Majelis hakim yang diketuai Sahrul Machfud menyatakan Widyasono terbukti menerima uang gratifikasi senilai Rp 20juta,00 dalam bentuk travel chaque dari PT. OKCM. Selain itu, Widyasono juga diwajibkan membayar denda Rp 50juta,00 subsider 1 bulan kurungan. Vonis tersebut sama dengan tuntutan jaksa pada sidang sebelumnya.

Terdakwa dan jaksa penuntut umum langsung menerima putusan tersebut. Melaui kuasa hukumnya Widyasono mengaku lega dengan berakhirnya masa persidangan. Diperkirakan karyawan PT. KA itu akan bebas pada akhir 2010 karena bulan ini ia genap 7 bulan menjalani masa tahanan. "Sejak awal kami berharap hakim memberikan sanksi secara proporsional. Meskipun klien kami bersalah, ia hanya bawahan yang tidak memiliki kewenangan untuk menentukan keputusan. Ia hanya disuruh oleh atasan,"kata kuasa hukum Widyasono, Marolop Tua Sinaga.

Agenda berikutnya, majelis hakim akan memutuskan hukuman bagi Drektur PT. OKCM Antonius Torang Siahaan yang diduga sebagai penggagas ide pemberian gratifikasi kepada sejumlah oknum pejabat PT. KA senilai Rp 100juta,00. Selain kedua nama di atas, kasus gratifikasi juga menyeret nama Ahmad Kutjoro yang waktu itu menjabat sebagai Direktur Keuangan PT. KA. (EM/OL-01)

Sumber = Situs http://www.mediaindonesia.com/ di :
http://www.mediaindonesia.com/read/2010/06/06/150728/123/101/Karyawan-PT-Kereta-Api-Divonis-Satu-Tahun-Penjara edisi tanggal 22 Juni 2010.

Tanggal 25 Juni 2010 :
1. Para Calon Penumpang di Stasiun Jakarta Kota Didatangi Aa’ Jimi
Siapa yang tidak kenal siluman ustad kondang dari Bumi Priangan yang dikenal dengan kesantunannya itu. Dialah Aa’ Jimi yang seringkali memerankan sosok ustad Aa’ Gym yang sempat sekain tahun malang melintang di jagat hiburan tanah air dalam membawakan siraman rohani agama Islam. Pada kesempatan ini sang Aa’ Jimi mencoba untuk mencari ‘mangsa’ para calon penumpang KA di stasiun Jakarta Kota. Mulai dari anak kecil sampai orang tua pun digaeb atau diajakin untuk dimintai banyak pertanyaan sehubungan dengan topik kali ini mengenai ibadah salat 5 waktu.

Seorang anak kecil didampingi sang ibu disodorin pertanyaan salah Maghrib berapa raka’at. Dengan cekatan sang anak menjawab 4 rakaat. Tentu jawaban yang ngawur tersebut disinggung oleh Aa’ dan seketika pula sang anak mengaku tidak pernah diajari ngaji oleh sang bapak yang berada di sampingnya pula. Begitu pun saat Aa’ menghampiri 3 orang ibu yang mengaku bagian dari staf PT. KA (baca = orang kereta api). Bukannya gerogi disodorin pertanyaan – pertanyaan sang Aa’ justru si Aa’ Jimi dikerubutin oleh mereka yang sekedar ingin berkenalan dengan berjabat tangan dan berfoto.

Sumber = Tayangan Teropong Iman di Trans TV pada tanggal 25 Juni 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Di mana pun tempatnya sudah pasti selalu ingat dan berserah diri kepada Tuhan. Tidak harus kalau didatangi oleh pembesar dadakan seperti Aa’ Jimi saja, namun di waktu kapan pun bahkan saat kita membaca ketikan ini tetap harus konsen dengan ibadah. Apapun agamanya, tentu Tuhan mewajibkan kita untuk beribadah. Dalam hal ini kami sebagai muslim meski musafir di dalam perjalanan dengan KA bukan berarti ibadah dapat ditinggalkan begitu saja.

2. Singapura Kembali Diterjang Banjir
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Rita Uli Hutapea - detikNews
pantauan banjir dari udara (Straits Times)
Singapura - Singapura kembali diterjang banjir. Akibat hujan deras yang mengguyur, banyak daerah di Singapura terendam air pada Jum’at pagi waktu setempat.

Badan Pengelola Air Nasional Singapura PUB menyatakan sekitar 100 mm curah hujan turun mengguyur antara pukul. 08.00 - 09.30 waktu setempat. Jumlah curah hujan tersebut <>

"PUB, Polisi lalu lintas dan perwira SCDF dikerahkan untuk memberikan bantuan di lokasi,"demikian PUB dalam statemennya. Banjir ini terjadi hanya sepekan setelah peristiwa banjir yang menerjang kawasan bisnis terkenal Singapura, Orchard Road. Banjir yang menimbulkan kerugian jutaan dolar itu merupakan yang terparah sejak tahun 1984. (ita/fay)

Sumber = Situs http://www.detiknews.com/ di :
http://www.detiknews.com/read/2010/06/25/132730/1386437/10/singapura-kembali-diterjang-banjir edisi tanggal 25 Juni 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Banjir lagi... lagi – lagi banjir... Tapi sejauh ini enggak ada pemberitaan mengenai terganggu atau tidaknya perjalanan MRT di negara tersebut.

Mungkin ada rekan – rekan yang ingin menambahkan atau meralatnya? Silahkan saja….

Salam,
Dana

Kalau mau japri, silahkan ke dk_aries@yahoo.com saja yah…….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar