Sabtu, 19 Juni 2010

Catatan Bulanan Akhir Bulan Mei 2010

Catatan Bulanan
Akhir Bulan Mei 2010
Dikumpulkan oleh = Saya Sendiri  Dana

Jadi kangen dengan judul bertinda warna hijau. Namun, mau bagaimana lagi... segala peristiwa yang terjadi baik itu dalam lingkungan topik perkereta apian maupun di luar topik perkereta apian begini adanya. Tuntutan, wacana, kekisruhan dan musibah terjadi sepanjang periode akhir bulan ini.


Mohon tanggapannya apabila ingin menanggapi...

Tanggal 23 Mei 2010 :
Tiga Tewas, 70 Cedera Kecelakan KA China
Minggu, 23 Mei 2010 | 18:05 WIB
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

www.xinhuanet.com
DONGXIANG, KOMPAS.com - 3 orang tewas ketika 1 kereta penumpang tergelincir setelah dilanda tanah longsor, pada Minggu (23/5/2010) pagi. KA tersebut sedang dalam perjalanan menuju kota wisata Guilin, Guangxi Zhuang, China selatan, dari Shanghai. "KA tergelincir sekitar pukul. 02:10 waktu setempat di kabupaten Dongxiang, kota Fuzhou di Jiangxi,"kata Kementerian Perkeretaapian dalam siaran persnya. Sekitar 71 penumpang dikabarkan terluka, sementara 11 penumpang dilaporkan mengalami cedera serius.
Wartawan Xinhua yang berada di lokasi kecelakaan melihat lokomotif serta 8 dari 17 gerbong kereta itu dengan kode K859 tergelincir. Bahkan, sebagian gerbong tersebut terbalik dan menimpa gerbong yang lain. "Masing-masing gerbong memiliki 118 kursi. Belum diketahui berapa jumlah penumpang di kereta tersebut,"kata Luo petugas Polisi, yang berasal dari Badan Kereta Api, di Nanchang, ibukota provinsi Jiangxi.

Dilaporkan, pihak berwenang telah menuju lokasi kecelakaan untuk mengidentifikasi korban tewas. "Kemungkinan jumlah korban bisa bertambah karena 4 gerbong yang tergelincir rusak parah dalam kecelakaan itu,"katanya. Petugas SAR dengan menggunakan alat pemotong membuat pintu masuk guna memasuki salah satu gerbong yang tergelincir. 1 lokomotif telah tiba untuk membantu menarik gerbong tersebut. "Ratusan polisi bersenjata, petugas pemadam dan tentara berusaha menyelamatkan mereka yang masih terperangkap di dalam kereta,"kata Yu salah seorang relawan SAR.

Lebih dari selusin ambulans diparkir di sepanjang rel itu. Seluruh perjalanan KA Shanghai - Kunming dihentikan setelah kecelakaan tersebut. Menteri Perkeretaapian Liu Zhijun langsung mengintruksikan untuk menyelamatkan korban dan menyelidiki sebab - sebab kecelakaan.

Sementara itu Gubernur Jiangxi Wu Xinxiong langsung menuju lokasi kecelakaan di Dongxiang, Minggu dinihari untuk memimpin operasi pertolongan. Sebagian besar wilayah Jiangxi, bersama dengan provinsi lain yang bertetangga diguyur hujan lebat dalam beberapa hari belakangan ini.

Sumber = Situs http://internasional.kompas.com/ di :
http://internasional.kompas.com/read/2010/05/23/18054463/Tiga.Tewas..70.Cedera.Kecelakan.KA.China edisi tgl 23 Mei 2010.


Tanggapan saya pribadi :
Koq sekilas hampir mernyerupai kecelakaan KRL di Pasar Minggu pada tanggal 30 Juni 2005 silam yah??? Banyak ambulans yang datang menyevaku
asi para korban dan tentunya menelan banyak korban jiwa juga. Saya turut berduka cita atas musibah ini dan sedikit di luar topik ternyata negara Cina memiliki Menteri Perkereta Apian. Tentu berbeda dengan negara kita yang lebih kepada Menteri Perhubungan yang sepastinya mencakup perhubungan darat, udara dan laut.

Tanggal 24 Mei 2010 :
1. Terima Uang di KA, Kondektur Harus Bayar Rp 1,8 Juta
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kali
mat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Senin, 24 Mei 2010 | 11:27 WIB CIREBON, TRIBUN-Satijan, kondektur Kereta Api Purwojaya terpaksa harus membayar ganti rugi plus denda 100% karena telah menerima uang dari 10 penumpang gelap saat kereta api sudah melaju, tadi pagi. Para penumpang gelap ini naik dari stasiun Jatinegara dengan tujuan Cilacap. Mereka terjaring operasi gabungan yang dilakukan Daops III Cirebon. "Benar, Pak. Saya yang bertanggung jawab,"ujar Satijan sesaat setelah menandatangani surat pernyataan terkait pelanggaran yang dilakukannya. Humas Daops III Cirebon Rudi Effendi mengatakan total yang harus dibayar Sartijan mencapai Rp 1,8 juta,00. "Itu adalah ganti rugi tiket untuk 10 penumpang termasuk denda 100%,"ujarnya.

Sumber = Situs http://www.tribunjabar.co.id/ di :
http://www.tribunjabar.co.id/read/artikel/21981/terima-uang-di-ka-kondektur-harus-bayar-rp-18-juta/ edisi tanggal 24 Mei 2010.


Tanggapan saya pribadi :
Bukan Bonek namanya kalau tidak meresahkan masyarakat. Mulai dari yang tidak berpendidikan hingga yang berpendidikan tinggi seperti almarhum yang tempo lalu jatuh dari atap K3 pula yang ternyata sarjana S1 lulusan suatu fakultas Seni Rupa dan Desain.


2. Liburan Waisak, PT KA Jalankan Argolawu-Senja Solo Tambahan
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat s
ingkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

JAKARTA, BK

Menjelang liburan panjang pada Jum’at (28/5) yang disambung dengan akhir pekan tiket Kereta Apt (KA) dan pesa
wat untuk keberangkatan Kamis (27/5) diburu masyarakat. Bahkan PT. KA (Persero) harus menambah kereta untuk tujuan yang diperkirakan dipadati penumpang. Kepala Humas PT KA Daops I Jakarta Sugeng Priyono Minggu (24/5) mengatakan tiket untuk keberangkatan Kamis (27/5) tujuan Jawa Timur dan Jawa Tengah lintas selatan sudah banyak terjual, seperti Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang dan Madiun. Untuk itu, pada Kamis mendatang pihaknya akan menjalankan KA tambahan, yaitu KA Argolawu Gambir - Solo, KA Senja Solo dan Cirebon Ekspres (Cirek).

Untuk Hari Raya Waisak ini, KA Argo Lawu tambahan akan diberangkatkan dari stasiun Gambir pukul. 21.05 sedangkan Senja Solo diberangkatkan dari stasiun Pasar Senen pukul. 20.50. "Argo Lawu tambahan memiliki kapasitas 400 penumpang, sedangkan Senja Solo tambahan 356 penumpang,"jelasnya. Untuk penambahan KA Cireks dilakukan jika jumlah penumpang regular melonjak tajam. "KA Clreks berkapasitas 512 penumpang,"ujarnya.

Menurut Sugeng, volume harian penumpang pada hari - hari biasa untuk klas komersial biasanya mencapai 10.000 penumpang, sedangkan Klas Ekonomi mencapai 12.000 penumpang. Namun, pada musim liburan seperti akhir pekan ini, klas komersial biasanya mengalami lonjakan mencapai 19.000 penumpang, sedangkan Klas Ekonomi mencapai 15.000 penumpang. Petugas call center PT. KA Irma mengatakan hingga Minggu kemarin pemesanan tiket untuk Kamis dan Jum’at ini sudah penuh. Tiket tersisa tanggal 28 malam. Kebanyakan mereka memesan untuk tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur, untuk tujuan Cirebon masih bisa dipesan, tuturnya.

Sementara itu, pemesanan tiket pesawat juga mengalami lonjakan. Menurut Yuki dari perusahaan pemesanan tiket Kasamas Travel, pemesanan tiket pesawat untuk tujuan Jawa Tengah, Jawa Timur serta Bali banyak dipesan masyarakat. .Harga untuk tanggal 27 tak ada lagi yang dibawah Rp 800.000,00, sekarang sudah Rp 900.000-an,00 hingga Rp 1jutaan,00 semua,"ujar wanita yang membuka toko tiket online di kasamastravcl.multiply.com ini. as

Sumber = Situs http://bataviase.co.id/ di :
http://bataviase.co.id/node/223588 edisi tanggal 24 Mei 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Tiket habis, para calon penumpang pun puas… Namun, tiada kabar dari Argo Parahyangan sama sekali.


Tanggal 25 Mei 2010 :
Proyek Kereta Api Batubara di Kalimantan Tengah Tertunda
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya
perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

JAKARTA. Realisasi proyek rel kereta api khusus pengangkutan batubara di Kalimantan Tengah bakal tertunda. Penyebabnya, 15 investor yang berminat menggarap proyek yang ditawarkan lewat kerjasama pemerintah dan swasta alias public private partnership (PPP) tersebut meminta penundaan pengajuan dokumen pra-kualifikasi. Deputi Sarana dan Prasarana Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Dedi S. Priatna bilang investor minta perpanjangan waktu untuk melengkapi dokumen tender. "Ada beberapa syarat ingin mereka matangkan,"ujar dia kepada KONTAN, Senin (24/5). Sebetulnya, Dedi mengungkapkan, batas akhir pengajuan dokumen pra-kualifikasi untuk proyek rel kereta api sepanjang 185 kilometer itu jatuh pada 21 Mei 2010 lalu. Tapi karena ada permintaan perpanjangan waktu, pengajuan dokumen mundur menjadi 4 Juni 2010 nanti.

Menurut Direktur Pengembangan Kemitraan Pemerintah dan Swasta Bappenas Bastary Pandji Indra penundaan terpaksa dilakukan lantaran ada 2 syarat utama yang belum dilengkapi investor agar bisa lolos ke tahap pra kualifikasi. Syarat pertama, investor harus memiliki kas sedikitnya US$ 2 juta. Kedua, investor harus memiliki total aset mencapai US$ 10 juta. Nah, untuk memenuhi syarat tersebut, ke-15 investor tersebut berusaha membentuk konsorsium dengan perusahaan lainnya. "Kalau mereka sendirian tidak akan bisa memenuhi dua syarat tersebut,"imbuh Bastary. Ke-15 investor tersebut adalah : - Vestindo Primaland, Itochu Corporation. - PT. Jasapower Indonesia, IL & FS Transportation Network Limited. - Soma-Ircon-Avantika Consortium. - China Communications Construction Company. - PT. MAP Resources Consortiums. - PT. Darshanaa Consortium. - PT. Bakrie Indo Infrastructure. - PT. Mega Guna Ganda Semesta. - PT. Industri Keretaapi. - PT. Barito Pacific Group. - PT. Mandira Sani Pratama. - PT. Trans Kutai Kencana. - PT. Sarida Utama.

Program Manajemen Spesialis Bappenas Lukas Hutagalung menjelaskan nilai investasi proyek rel keretaapi Purukcahu - Bangkuang itu ternyata juga membengkak. Semula ditaksir cuma US$ 1,5 miliar saja, tapi kini menjadi US$ 2,2 miliar. Soalnya, "Belum memasukkan biaya untuk perbaikan pelabuhan dan angkutan sungai di sekitar proyek,"ungkap dia. Dengan penundaan ini, Lukas memperkirakan paling cepat pembangunan proyek rel keretaapi tersebut baru bisa dimulai pada pertengahan 2011. "Proses pembebasan lahan pun sudah tidak bermasalah, hanya tengah menjalani proses di Kementerian Kehutanan,"ujarnya.

Sumber = Situs http://www.kontan.co.id/ di :
http://www.kontan.co.id/index.php/nasional/news/37265/Proyek-Kereta-Api-Batubara-di-Kalimantan-Tengah-Tertunda edisi tanggal 25 Mei 2010.


Tanggal 26 Mei 2010 :
PT Kereta Api Ingin Jadi Perusahaan Kelas Dunia
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Kereta api
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Menjadi perusahaan kelas dunia atau world class company memang tidak mudah. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) harus banyak berbenah diri untuk mencapainya. Direktur Utama PT. Kereta Api Indonesia (PT KA) Ignasius Jonan mengaku telah menyusun road map business baru agar bisa menjadi BUMN kelas dunia. Ia akan melakukan konsolidasi bisnis, peningkatan kapabilitas dan berinovasi untuk mencapai kenyamanan prima sebagai perusahaan kelas dunia. ''Kita fokus perbaiki kelemahan internal, termasuk memperbaiki sarana dan pra sarana. Ditambah lagi, meningkatkan kualitas pelayanan dan penataan SDM. Sedangkan, untuk menuju perusahaan kelas dunia maka kita terlebih dahulu harus menguasai pasar,''jelas Jonan dalam seminar bertajuk 'Mapping Anatomi BUMN Menuju World Class Company', di Jakarta, Rabu (26/5).

Dengan adanya road map baru, PT. KA pada tahun 2013 mendatang menargetkan pendapatan Rp 13,8 triliun. Jonan juga menargetkan laba bersih Rp 2,7 triliun. Proyeksi tersebut jauh lebih besar dibandingkan realisasi akhir tahun lalu di mana pendapatan Rp 6 triliun dan laba bersih Rp 0,2 triliun.

Sumber = Situs http://www.republika.co.id/ di :
http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/ekonomi/10/05/26/117323-pt-kereta-api-ingin-jadi-perusahaan-kelas-dunia edisi tanggal 26 Mei 2010.


Tanggal 27 Mei 2010 :

Libur Panjang, Tiket KA di Tegal Ludes
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma
(,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

INILAH.COM, Tegal - Libur panjang Waisak dimanfaatkan warga untuk bepergian ke luar kota. Akibatnya tingkat penjualan tiket Kereta Api di stasiun kota Tegal, Jawa Tengah melonjak tajam. Bahkan, terhitung sejak Rabu (26/5) kemarin, seluruh tiket KA Eksekutif dari Tegal untuk tujuan Jakarta, Semarang dan Yogyakarta sudah habis terjual. Penumpang dari Tegal yang akan naik KA eksekutif Argo Muria, Argo Sindoro, Senja Bisnis, Fajar Bisnis dan Cirebon Ekspres tak akan dilayani karena sudah sejak Rabu (26/5) tiketnya sudah habis terjual. Yang masih memungkinkan adalah naik kereta Ekonomi.

Seorang calon penumpang yang datang ke stasiun KA Tegal mengaku kecewa karena tak dapat membeli tiket KA Eksekutif. "Wah terpaksa saya harus naik bus, karena tiket KA Eksektif sudah habis semua. Kalau naik kereta Ekonomi saya nggak sanggup soal penuh banget,"ujar Syaefuddin calon penumpang yang akan ke Jakarta.

Untuk mengantisipasi ledakan penumpang, pihak PT. KA menyediakan untuk penumpang berdiri di KA Eksekutif. "Tapi jumlahnya tidak banyak agar tidak terlalu mengganggu penumpang yang sudah punya tiket,"ujar Joko Mardi Gutomo, kepala stasiun KA kota Tegal. Kamis siang sudah terlihat lonjakan penumpang di stasiun KA Tegal. Mereka antara lain akan menuju Jakarta, Semarang dan Yogyakarta. [wdh]

Sumber = Situs http://surabaya.detik.com/ di :
http://surabaya.detik.com/read/2010/05/14/135118/1357005/475/suporter-persib-lempari-warga-lamongan-4-orang-terluka?y991102465 edisi tanggal 27 Mei 2010.


Pemberitaan serupa silahkan lihat di situs :
- http://jaringradio.suarasurab
aya.net/?id=dd522d351a4c14f661cd827e4540f1dc201077163
- http://gresnews.com/ch/National/cl/Waisak/id/1170992/Libur+Waisak+Tiket+Kereta+Api+di+Semarang+Ludes
- http://gresnews.com/ch/National/cl/Waisak/id/1170237
/Jelang+Libur+Waisak+PT+KA+DIY+Siapkan+Kereta+Tambahan
- http://www.indosiar.com/fokus/86060/tiket-kereta-api-habis


Tanggapan saya pribadi :
Siapa dulu dialah yang dapat. Semakin memperbolehkan para penumpanhg berdiri di Klas Eksekutif sama j
uga merusak kenyamanan perjalanan para penumpang yang notabene memiliki tempat duduk sesuai nomor kursi masing – masing. Nampaknya sudah saatnya Daops III Cirebon benar – benar meluncurkan armada KA ke dan dari Cirebon tidak hanya rute Jakarta – Cirebon pp saja apalagi Jakarta – Tegal pp saja.

Tanggal 28 Mei 2010 :

1. Kecelakaan KA di India, 30 Tewas
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat si
ngkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

rferl.org
Dibaca : 11 kali | Komentar: 0

Kolkata, Jumat SEDIKITNYA 30 orang tewas ketika sebuah kereta api ekspres yang penuh penumpang yang sedang tidur tergelincir di India timur, Jum’at (28/5) pagi. "30 orang telah tewas,"kata dokter E. Mitra yang tiba untuk menolong para penumpang yang luka kepada jaringan televisi NDTV. Belum jelas apa yang menyebabkan terjadinya kecelakaan itu dan tindakan pertolongan segera dilakukan setelah terjadinya kecelakaan tersebut.

Seorang pejabat mengatakan kereta api ekspres itu diserang oleh pemberontak Maois dan sedikitnya 30 orang tewas ketika kereta tersebut tergelincir keluar rel. Tetapi jumlah korban tewas dikhawatirkan terus bertambah setelah kereta api dengan 13 gerbong tujuan Mumbai itu keluar dari rel di negara bagian barat Benggala dan bertabrakkan dengan kereta barang dari arah berlawanan. Laporan - laporan awal mengisyaratkan tergelincirnya kereta tersebut mungkin disebabkan oleh tindakan sabotase dan para pejabat menunjuk pemberontak Maois yang memang aktif di wilayah India timur itu.

Angka resmi korban dinyatakan 15, namun seorang dokter yang merawat para korban luka di tempat kejadian mengatakan kepada jaringan televisi NDTV bahwa sedikitnya 30 orang tewas. Menteri urusan Bantuan Benggala Barat, Mortaja Hussain mengatakan ratusan orang belum ditolong dari dalam kereta itu yang akan menuju pusat keuangan India Mumbai dari ibu kota negara bagian Bengali Barat, Kolkata. Menteri Kereta Api Mamata Bannerjee yang segera ke tempat kejadian mengatakan semula kecelakaan kereta api itu disebabkan oleh satu ledakan di rel kereta tersebut. Namun kemudian, beberapa pejabat kereta api mengatakan kecelakaan mungkin disebabkan sebagian rel telah dipindahkan.

"Ada kekhawatiran bahwa ini adalah serangan Maois,"kata Bannerjee kepada para wartawan. "Sebab kereta api adalah target mudah. Kereta terus berada pada jalurnya ... yang juga diserang Maois di masa lalu dan, tampaknya juga kini,"katanya menambahkan. Kecelakaan itu terjadi pada sekitar pukul. 01.30 waktu setempat Jum’at di distrik Midnapore barat - kubu pertahanan Maois yang terletak pada jarak sekitar 135 kilometer di barat Kolkata. Kelompok Maois melakukan pemberontakan berdarah dan bertanggung jawab pada beberapa kali kecelakaan kereta api di India timur dalam beberapa bulan terakhir ini. (Ant/apr)

Sumber = Situs http://www.wartakota.co.id/ di :
http://www.wartakota.co.id/detil/berita/25431/Kecelakaan-KA-di-India-30-Tewas edisi tanggal 27 Mei 2010.


Tanggapan saya pribadi :
Sungguh perbuatan biadab mengorbankan nyawa masyarakat yang tidak bersalah. Pertumpahan darah dengan jalan seperti itu hanyalah dilakukan oleh para pecundang yang tidak ingin berhadapan langsung dengan yang bersangkutan dalam hal ini bisa saja kalau perlu dengan pihak militer atau pun juga kepolisian.


2. Masinis di Perancis Menuntut Lamanya Batasan Waktu Pensiun, Para Calon Penumpang Pun Terlantar
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,
), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Headline News / Internasional / Jumat, 28 Mei 2010 08:14 WIB
Metrotvnews.com, Paris: Perancis dilanda mogok massal. Sejumlah masinis kereta api mogok kerja. Jumlah perjalanan kereta api terbatas. Akibatnya, banyak penumpang telantar di stasiun kereta. Mogok kerja tidak hanya dilakukan masinis. Puluhan ribu karyawan di seluruh penjuru Perancis melakukan hal serupa. Selain perjalanan kereta api, mogok kerja karyawan juga mengganggu penerbangan dan sekolah. Mogok kerja yang dilakukan ribuan karyawan itu merupakan bentuk protes atas rencana pemerintah yang akan menaikkan usia pensiun. Rencana ini merupakan bagian dari prioritas utama Pemerintahan Preside
n Nicolas Sarkozy yang bertekad melakukan reformasi sistem pensiun.

Sarkozy menganggap sistem pensiun selama ini telah banyak menelan biaya. Ia akan menaikkan batas usia pensiun menjadi 60 tahun. Rencana itulah yang ditentang warga. (DOR)

Sumber = Situs http://www.metrotvnews.com/ di :
http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/newsvideo/2010/05/28/106112/Pekerja-di-Prancis-Mogok-Massal edisi tanggal 27 Mei 2010.


Tanggapan saya pribadi :
Waduh… usia pensiun ingin terus dinaikkan? Seharusnya pemerintah memikirkan nasib kebanyakan tenaga rakyat di negaranya sendiri seberapa kemampuannya mampu menjalani roda usaha seperti angkutan massal. Apalagi masalah penggajian yang tidak kunjung beres. Negara maju dan makmur, namun dalam sistem penggajian rupanya masih terus dipermasalahkan yah… Sama jug
a dengan negara kita Indonesia.

3. Kereta 'Dikontrak' Aremania, Penumpang KA Matarmaja Tergusur
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Kediri - Puluhan penumpang KA Matarmaja jurusan Malang - Jakarta via Kediri terpaksa gigit jari. Mereka terpaksa dialihkan menggunakan kereta lain. Pasalnya, seluruh gerbong KA Matarmaja telah 'dikontrak' Aremania, ratusan suporter fanatik Arema Indonesia. Ratusan Aremania direncanakan akan melakukan perjalanan ke Jakarta pada Jum’at (28/5/2010) sore menuju Jakarta untuk menyaksikan laga terakhir tim kesayangannya melawan Persija Jakarta. Puluhan calon penumpang di stasiun Kediri Kota dengan jurusan sama direncanakan akan dialihkan ke KA Senja Kediri dan KA Ekonomi Brantas.

"Ini keputusan Daops VII Madiun dan kami hanya menjalankan perintah. Aremania memang sejak jauh hari sudah membooking KA Matarmaja untuk melakukan perjalanan ke Jakarta,"terang Wakil Kepala Stasiun Kediri Kota Eko Bekti Utomo saat ditemui wartawan di tempat kerjanya. Menurut Eko pengalihan calon penumpang KA Matarmaja ke KA Senja Kediri dilakukan sore nanti sekitar pukul. 17.00 WIB. Sementara, ratusan Aremania akan diberangkatkan dari stasiun Kediri selang 30 menit berikutnya. "Untuk KA Matarmaja yang ditumpangi Aremania akan menggunakan jalur utara dari stasiun Kediri lanjut Kertosono, Madiun, Semarang, Cirebon dan berakhir di Pasar Senen, Jakarta,"imbuhnya.

Guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya kericuhan, Stasiun Kediri Kota telah berkoordinasi dengan kepolisian dengan penempatan 20 personel. Jumlah tersebut bisa dilakukan penambahan jika kondisinya dianggap mengkhawatirkan. "Intinya kepolisian juga tidak menginginkan adanya kerusuhan. Sementara ditempatkan 20 personel, tapi jika dianggap perlu akan ditambah,"jelas Eko.

Keberangkatan Aremania ke Jakarta ini tak lepas dari status juara ISL musim 2009 / 2010 yang sudah diraih Arema Indonesia pasca menahan imbang PSPS Pekanbaru 2 hari lalu. Pertandingan terakhir melawan Persija Jakarta, meski sudah tidak berpengaruh direncanakan sebagai ajang penyerahan piala bergilir oleh PSSI.

Sumber = Situs http://surabaya.detik.com/ di :
http://surabaya.detik.com/read/2010/05/28/154343/1365666/475/kereta-dikontrak-aremania-penumpang-
ka-matarmaja-tergusur?y991102465 edisi tanggal 28 Mei 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Waduh… bagaimana nih PSSI? Koq bisa cuma Persebaya yang dilarang bepergian ke luar kota di luar tim kandang mereka??? Ingin merugikan PT. KA berapa milyar lagi nih?? Lagian koq PT. KA Daops VIII Surabaya mau saja menaiki mereka ke rangkaian KA penumpang???


4. CC 201 56 kembali normal

Fri, May 28, 2010 6:54:25 AM

[keretapi] CC20156 kembali normal

From:

Arya Nugraha arya_nug@yahoo.co.id Add to Contacts

To:

KA keretapi@yahoogroups.com

CC20156 sehabis PA di BYYK kembali normal. Dicegat di KT, DT dengan CC20168(r) membawa 12 K3 Logawa tujuan JR.

Di FB juga sudah ramai kemarin waktu temen2 fotoin yg di LPN.


Salam,

L.C. Arya Nugraha


Tanggal 30 Mei 2010 :
Tawuran Jakmania di Stasiun Rawa Buntu, Serpong, Banten dan Pejompongan, Jakarta
Tidak pernah mengenal kata malu dan pecundang. Dengan mempersenjatakan senjata tajam, sekelompok pemuda pendukung kesebelasan Persija atau dikenal Jakmania berusaha melawan Polisi di petak rel dekat stasiun Rawa Buntu. Merasa tidak semuanya dapat terangkut ke stadion Gelora Bung Karno untuk mendukung tim kesayangan mereka melawan Arema Malang yang berakhir dengan kemenangan Arema Malang 5 – 1 tersebut, mereka melawan Polisi dan merusak sarana Kepolisian seperti beberapa unit mobil Polisi. Meski beberapa Polisi sudah menodongkan pistol ke hadapan mereka, namun aksi kebrutalan mereka tetap tidak terelakkan. Namun, sejauh ini tidak dilaporkan terjadinya gangguan perjalanan KA di petak rel tersebut.

Sebagian dari mereka dibekuk oleh warga yang ikut membantu Polisi atas kejenuhan ulah mereka itu ke Mapolres Serpong. Hasilnya, sejumlah senjata tajam pun disita. Namun, tawuran kembali berlanjut di malam harinya. Tidak cukup dirazia di dalam bus Mayasari Bakti P6 jurusan Kampung Rambutan – Grogol saja, Aremania pun tidak kalah parahnya dengan Jakmania. Berlokasi di petak rel KA juga yang malam harinya di kawasan Pejompongan sebagai petak rel Serpong – Tanah Abang, mereka merasa diejek oleh Jakmania sebagai tim lawan mereka. Tentu saja dengan ulah kebrutalan mereka membuat sejumlah pengguna kendaraan bermotor berlaju tidak karuan mencari jalan alternatif menghindari aksi anarkisme mereka di sebuah PJL / pos jaga lintasan di kolong jembatan layang Pejompongan tersebut. Namun, aksi tersebut dapat diredakan tidak lama kemudian begitu sejumlah Kepolisian dikerahkan.

Sumber :
- Siaran berita Kabar Petang di TV One pada tanggal 30 Mei 2010.

- Siaran berita Kabar Pagi di TV One pada tanggal 31 Mei 2010.


Tanggapan saya pribadi :
Tidak kenal malu dan tidak punya sportifitas yang tinggi hanya bermodalkan kenekadan nyali sebagai premanisme yang tidak lain biang kerusuhan atau pun kejahatan. Merusak fasilitas umum sudah perbuatan tercela apalagi oknum aparat dihajar tanpa alasan yang jelas… Datang ke Jakarta pun sudah pasti menjadi pendatang gelap alias pendatang yang tidak diinginkan oleh warga masyarakat ibukota negara kita yang tercinta ini.


Tanggal 31 Mei 2010 :

1. KA Brantas ‘Aremania’ Diserang Para Pemuda Cirebon
Bagian 1
Merasa tidak terima dengan perlakuan para suporter sepak bola kesebelasan Arema Malang atau dikenal Aremania dengan menganggap tak ubahnya para Bonek, sekelompok pemuda remaja tanggung menyerang rangkaian KA Brantas yang melintas secara membabi – buta. Aksi ini mereka lakukan saat KA Klas Ekonomi rute Jakarta – Kediri tersebut melintas di kota Cirebon pada malam hari. Tidak tampak 1 aparat puin yang diterjunkan pada malam yang naas itu bagi pengguna jasa KA Brantas melainkan hanyalah sekelompok warga masyarakat yang nampaknya juga mendukung aksi anarkisme sekelompok pemuda tersebut.

Meski kejadian tersebut berlangsung secara singkat, namun tidak terlihat kerusakkan yang fatal dari rangkaian K3 tersebut apalagi dengan para penumpang di dalamnya tidak satu pun dilaporkan terluka karena saat melintas KA tersebut berlaju dengan kecepatan penuh. Sebelumnya, pihak stasiun Tanah Abang menghimbau agar kaca jendela kereta ditutup rapat – rapat untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan tentunya.

Sumber = Siaran berita Lintas Pagi di TPI pada tanggal 1 Juni 2010.

Dari narasumber yang lain :
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Cirebon - Puluhan Penumpang Kereta Api (KA) Ekonomi Gaya Baru Malam Selatan terluka akibat diserang bom molotov oleh ratusan warga di sekitar stasiun Cikampek dan stasiun Haurgeulis Indramayu, Senin (31/05/2010). Di antara para penumpang yang sebagian besar Aremania, pendukung kesebelasan Klub Arema Malang harus dilarikan ke rumah sakit di Kota Cirebon. Mereka menderita luka bakar dan luka memar akibat lemparan batu.

Penyerangan diduga dilakukan oleh warga yang merupakan pendukung kesebelasan musuh mereka. Karena di antara para penyerang diketahui mengenakan pakaian klub sepakbola tertentu.
"Ada yang pakai kaos Viking Persib. Kami dilempari batu dan bom molotov hingga nyaris membakar gerbong kereta api tersebut. Penumpang yang terluka banyak."ujar Bayu, korban luka yang ditemui detikcom di RS Pelabuhan, Senin (31/05/2010) malam. Penyerangan diduga dipicu kekesalan salah satu pendukung klub sepakbola karena Arema berhasil menjuarai Liga Super Indonesia setelah mengalahkan Persija Jakarta di Gelora Bung Karno kemarin.

Sementara itu, seorang Masinis KA dikabarkan harus mendapatkan perawatan di RS Haurgeulis Indramayu karena menderita luka akibat terlempar batu. Polisi pun masih melakukan pencarian terhadap para pelaku penyerangan tersebut.

Sumber = Situs http://www.detiknews.com/ di :
http://www.detiknews.com/read/2010/06/01/004325/1367076/10/ka-diserang-bom-molotov-puluhan-aremania-terluka?991101605 edisi tanggal 1 Juni 2010.


Tanggapan saya pribadi :
Mau berkata apalagi kita? Sejumlah warga masyarakat sudah mempersepsikan bahwa Aremania tak ubahnya ulah suporter Bonek. Namun, di lokasi di mana kesebelasan kesayangan mereka berlagak justru terbukti menuai aksi anarkisme dengan melakukan tawuran di ruas jalan kawasan Pejompongan.Tergantung anda yang menilai tentunya. Namun, sedikit yang saya herankan koq Aremania yang notabene bermukim di Malang justru malah menaiki KA Brantas yah???


2. Tiba di Purwokerto, KA Brantas ‘Aremania’ Terbakar
Bagian 2
Tidak luput dari penyerangan sejumlah massa di kawasan Cirebon, rangkaian K3 pengangkut suporter Aremania pun juga diisukan berita terbakarnya salah satu keretanya. Spontan saja semua penumpang saling berhamburan keluar ke emplasemen stasiun Purwokerto di antaranya dengan memecahkan kaca jendela. Setelah dicek tiada yang terbakar, rangkaian KA pun dapat dilanjutkan kembali perjalanannya.

Sumber = Siaran berita Lintas Pagi di TPI pada tanggal 1 Juni 2010.


Tanggapan saya pribadi :
Yang saya heranin koq KA Brantas melewati Purwokerto yah? Bagaimana ini laporan yang benar??


Sedikit Kilasan Out Of Topic / OOT atau diluar topik :
OOT itu berita yang saya rangkum di luar peristiwa perekereta apian namun masih menjadi tanda tanya bagi saya pribadi. Mungkin saja ada kaitannya meski sedikit atau pun banyak keterkaitannya dengan kereta api dalam peristiwa tertentu.

Tanggal 26 Mei 2010 :

JERMAN BANTU BOGOR KEMBANGKAN ANGKUTAN MASSAL
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Bogor, 25/5 (Antara/FINROLL News) - Jerman melalui "German Technical Cooperation" akan membantu kota Bogor melalui kerja sama meliputi pengembangan angkutan massal, kata Kasubag Humas dan Protokol Pemerintah Kota Bogor Eddy Rusjadi. Ia menjelaskan rencana tersebut disampaikan perwakilan "German Technical Cooperation" (GTZ) di Indonesia Dino Teddyputra pada pengarahan di Balai Kota Bogor, Jawa Barat (Ja-Bar), Selasa. Dalam kesempatan itu katanya Dino menjelaskan kerja sama itu meliputi pengembangan rencana induk transportasi, pengembangan angkutan umum Trans Pakuan, kendali dampak transportasi, transportasi bukan kendaraan bermotor dan penggunaan gas alam terkompresi. "Jadi, pada dasarnya diharapkan ada peralihan dari penggunaan angkutan umum ke bentuk transportasi yang lebih massal, misalnya di Yogyakarta dengan Trans Jogja dan di Bogor yang sudah memiliki Trans Pakuan,"katanya.

Menurut Eddy Rusjadi, secara teknis pihak GTZ akan memberikan pelatihan selama 3 hari dengan menghadirkan narasumber Richard Meakin orang yang telah berpengalaman selama lebih dari 40 tahun dalam menangani masalah transportasi di beberapa kota besar dunia seperti Hong Kong dan Singapura. Mengutip Meakin, disampaikan bahwa masalah transportasi umum yang ditemui di Bogor hampir sama dengan negara - negara lain sehingga bisa dijadikan pembelajaran bagaimana negara - negara maju tersebut berhasil mereformasi angkutan umum. Hanya saja, utuk kelancaran pelaksanaan proyek tersebut kata Meakin diperlukan regulasi nasional tentang kebijakan angkutan umum perkotaan yang menyediakan kerangka kerja bagi kebijakan kota. Selain itu, katanya, pemerintah daerah seharusnya dapat menciptakan kondisi yang menarik bagi investor swasta untuk mengelola sistem transportasi tersebut. "Sebaiknya pemerintah tidak berperan sebagai pengelola sehingga ada kompetisi yang menjadi insentif bagi pihak yang akan mengelola"kata Meakin.

Eddy Rusjadi menambahkan, GTZ menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Bogor melalui asistensi yang berkenaan dengan pengembangan angkutan umum. Kota Bogor kata dia adalah satu 1 dari beberapa kota di Indonesia seperti Yogyakarta, Solo, Semarang dan Palembang yang dipilih untuk memperoleh bantuan teknis lewat "Sustainable Urban Transport Improvement Project" (SUTIP) yang bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan. Ia mengatakan, tujuan dari proyek GTZ ini adalah agar kota - kota di Indonesia khususnya Bogor dapat membuat perencanaan dan mengimplementasikan skema transportasi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Proyek tersebut mulai dikembangkan sejak tahun 2009 dan direncanakan akan berakhir pada tahun 2012.

T.KR-LR

Sumber = Situs http://news.id.finroll.com/ di :
http://news.id.finroll.com/home/archive/270777-jerman-bantu-bogor-kembangkan-angkutan-massal.html edisi tgl 26 Mei 2010.


Tanggapan saya pribadi :
Awal saya ketahui pada tulisan berjalan di Metro TV hari ini juga, akan tetapi saya sungguh mendukung saja proyek seperti ini. Meski terkait atau tidaknya dengan kereta api, setidaknya kota Bogor yang dahulu dikenal sebagai kota hujan dan kini disemarakkan dengan slogan “Kota Sejuta Angkot” itu pun dalam waktu dekat semoga saja berubah menjadi lebih tertata rapih.


3. Argo Willis Anjlok di St. Semut
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Surabaya - Kereta Api (KA) Argo Wilis anjlok di areal stasiun Semut. KA jurusan Surabaya - Bandung itu anjlok saat berpindah jalur rel dari jalur rel E3 ke E2 saat berangkat dari stasiun Semut menuju stasiun Gubeng. Saat kejadian KA itu hanya membawa beberapa orang penumpang. "Kejadiannya pukul 07.13 WIB," kata petugas rumah sinyal Muali kepada wartawan di rumah sinyal stasiun Semut Jl. Stasiun Kota, Senin (31/5/2010).

KA Argo Wilis yang anjlok itu membawa 7 rangkaian gerbong yang terdiri dari 5 gerbong penumpang, 1 gerbong kereta pembangkit dan 1 gerbong kereta makan. Sedangkan, gerbong yang anjlok adalah gerbong kereta makan dan sebuah gerbong penumpang yang terletak pada rangkaian nomor 5 dan nomor 6. Saat langsir, KA Argo Wilis sempat menabrak bagian belakang KA Gayabaru Malam Selatan yang sedang dicuci di jalur rel E3. Akibatnya bagian tengah kereta makan rusak, penyok dan berlubang. KA Gayabaru Malam Selatan mengalami kerusakan pada gerbong penumpang. Petugas pun berusaha memisahkan gerbong yang anjlok dari rangkaiannya.

Sumber = Detiksurabaya.

Tanggapan saya pribadi :
Teledor…


Tanggal 31 Mei 2010 :
Dua Balita Diculik PRT
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

WARGA Perumahan Bintang Metropol, Kelurahan Perwira, Kecamatan Berkasi Utara, Senin (31/5) pagi kemarin gempar. Pasalnya, dua bocah yang tinggal di Blok A 12, diculik seorang pembantu rumah tangga (PRT). Kedua balita itu bernama Amar Fadil 3,5 dan adiknya Nazma Nailall Husna yang masih berusia 6 bulan. Dua bocah anak pasangan suami - istri (pasutri) Chairul Anwar (33) dan Dahlia (31) itu diculik Wiji Astuti alias Dwi Susanti (20) PRT yang baru bekerja selama seminggu di rumah tersebut. Pelaku membawa kabur kedua anak majikannya itu pagi ketika kedua orangtua bocah itu tengah bekerja.

Kecurigaan terjadinya penculikan itu bermula saat Chairul berusaha menelpon rumahnya pukul. 09.00 pagi. Ternyata tidak ada jawaban sama sekali. Saat itu. Chairul menelepon ke rumahnya lantaran memiliki firasat tidak enak terhadap kedua anaknya. Tidak berhasil menghubungi rumahnya, dia lantas menghubungi tetangganya yang menyatakan kalau rumah dia dalam keadaan sepi. Selain itu, kedua anaknya juga tidak ada di dalam rumah. Mendapat kabar itu, Chairul langsung panik dan pulang. Sesampainya, di rumah pria itu lemas. Lantaran kedua anaknya dibawa kabur oleh pembantu yang baru bekerja di rumahnya. Dari rumah itu Wiji juga membawa beberapa barang berharga.

Selanjutnya, dia melaporkan peristiwa penculikan itu ke Markas Polres Metro Bekasi. Menurut Syahril (30) salah satu tetangga korban melihat Wiji saat keluar rumah pukul. 07.00. Saat itu, Wiji membawa kedua anak Chairul dengan menumpang becak keluar dari perumahan. "Saya tidak menyangka kalau anak itu akan dibawa kabur,"katanya. Namun, sial dialami Wiji. Setelah berhasil membawa kabur 2 anak majikannya, dia berhasil ditangkap oleh rekan - rekan suaminya yang sebelumnya sudah mengejar dari Jakarta. Wanita itu ditangkap di stasiun Tawang, Semarang Jawa Tengah pada pukul. 17.00. Sampai berita ini diturunkan belum ada keterangan sama sekali dari jajaran Polres Metro Bekasi yang menangani kasus penculikan tersebut, (dny)

Sumber = Situs http://bataviase.co.id/ di :
http://bataviase.co.id/node/232709 edisi tanggal 1 Juni 2010.


Tanggapan saya pribadi :
Sualu pelajaran yang sangat berharga pada kita bahwa suatu benda berharta apapun itu bentuknya baiknya makhluk hidup maupun benda mati sekalipun harep tetap dijaga dan untuk itu perlu orang – orang kepercayaan yang sudah kita percaya 100%.


Mungkin ada rekan – rekan yang ingin menambahkan atau meralatnya? Silahkan saja….

Salam,
Dana

Kalau mau japri, silahkan ke dk_aries@yahoo.com saja yah…….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar