Kamis, 11 Maret 2010

Catatan Bulanan Akhir Bulan Febuari 2010

Catatan Bulanan
Bulan Ini Akhir Bulan Febuari 2010
Dikumpulkan oleh = Saya Sendiri  Dana

Bukan untuk mendramatisir, namun saya hanya menyarankan agar sebelum membacanya anak – anak perlu didampingin oleh orang tua atau pun wali karena berikut ini peristiwa – peristiwa yang terjadi selama kurun waktu awal bulan ini ada suatu peristiwa yang tidak kita inginkan, yaitu berita kecelakaan pastinya.

Ada perkembangan ada penyurutan.... Sepanjang akhir bulan ini peristiwa terus bergulir. Bencana alam sulit kita hindari karena sudah takdir dari-Nya. Namun, jika bencana itu kita yang perbuat sendiri, maka malapetaka kecerobohan lha yang menjadi penyesalan dalam kehidupan si pelaku dan si korban bahkan kerabat mereka. Wacana terus bergulir seperti bulan - bulan yang lalu....

Untuk selengkapnya kita dapat membaca dan melihat ketikan saya berikut di bawah ini...

Tanggal 20 Febuari 2010 :
Acara Tanya – Jawab Para Pengguna Jasa KRL Jabodetabek Dengan Staf PT. KA dan Kawan – kawannya di Stasiun Jakarta Kota
Pagi jelang siang ini meski sedikit terundur atau ngaret karena beberapa rombongan belum hadir, acara sesi penuh tanya – jawab antara masyarakat pengguna jasa KRL Jabodetabek dengan para staf dari beberapa perusahaan yang mengayomi perkereta apian berlangsung dengan hangat dan santai. Semula acara diawali pada jam 9 pagi, namun beberapa masih dalam perjalanan dari arah Bogor, Depok dan Citayam dengan menggunakan rangkaian KRL Ekonomi menuju stasiun akhir Jakarta Kota di mana acara berlangsung. Begitu menginjak jam 10 pagi jelang siang, acara pun dimulai.

Sebelumnya para penonton dan beberapa staf dari beberapa perusahaan yang mengayomi perkereta apian tersebut disuguhi oleh sedikit hiburan dari grup musik yang membawakan lagu – lagu tembang lawan era tahun 1960-an dan tahun 1980-an. Sebut saja itu yang pernah diabadikan oleh Everly Brothers, .... dan.... Tidak terkecuali saya sendiri menjadi salah satu peserta yang hadir dan beruntung bisa bertemu kembali secara langsung dengan pak Akhmad Sujudi yang kini menjabat sebagai staf di stasiun khusus peti kemas Gede Bage yang sudah masuk kepada wilayah Daops II Bandung.

Acara dibuka oleh penampilan Setyo yang membacakan sebuah puisi yang mengetengahkan kemelut para pengguna jasa KRL Jabodetabek yang kerap kali mendapatkan kendala berupa keterlembatan perjalanan KRL yang mereka tumpangi, penuh sesaknya di setiap jengkal kereta yang mereka tumpangi, banyaknya para pelaku vandalisme dan masih banyak lagi. Berlanjut kepada sesi perkenalan antara para staf yang menaungi perkereta apian di tanah air khususnya di wilayah Daops I Jakarta. Sebut saja mereka terdiri dari Agus yang mewakili komunitas dari KRL Mania, ibu Hadi mewakili Dirjen Kereta Api yang urung hadir, pak Azril mewakili Dirjen Perhubungan Darat dan bapak Hendro sebagai moderator yang juga konon sebagai wartawan senior dari harian Kompas. Masing – masing dari mereka yang berada di atas panggung mengutarakan kiat – kiat yang akan dilakukan ke depan bagi kemajuan perkereta apian di Indonesia khususnya di wilayah Daops I Jakarta agar lebih optimal dan tidak memiliki banyak kendala dari berbagai faktor meski diakui mereka masing – masing masih memiliki beberapa kendala.

Beberapa pengguna jasa KRL tidak terkecuali juga KRD banyak yang berinteraksi langsung saat sesi tanya – jawab. Salah satunya yang diutarakan oleh ibu berjilbab yang berasal dari Tambun. Ia mengutarakan bagaimana penuh sesaknya setiap kali menaiki rangkaian KD3 Odong – odong setiap pagi kerap kali ingin pergi kerja. Banyak yang terinjak dengan kondisi yang memprihatinkan. Masih mampu beridri saja bisa senang, namun ada suatu ketika seorang ibu hamil terpaksa mengalami pendarahan karena kendala tersebut. Memang ke depan dikatakan oleh ibu Hadi kalau petak rel antara stasiun Bekasi dengan stasiun Cikarang akan dielektrifikasi dengan kata lain juga dilalui rangkaian KRL. Tapi disambung oleh pak Azril bahwa semua itu perlu proses dan akan memakan waktu yang cukup lama. Maka dari itu, ia meminta sang ibu bersabar terlebih dulu pada intinya.

Sumber = Saya sendiri yang ikut hadir dalam acara tersebut di stasiun Jakarta Kota tanggal 11 Febuari 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Sering – sering saja dilakukan acara seperti ini demi memajukan perkereta apian komuter di beberapa kota besar di Indonesia. Dengan dilakukan tanya – jawab seperti ini, maka para staf terkait akan mengetahui sejauh mana keluhan para warga masyarakat pengguna jasa KA komuter terlebih bila ada beberapa kemajuan yang dirasakan para warga masyarakat tersebut. Saya pribadi salut dengan diadakannya acara penuh keramah – tamahan ini meski pada beberapa sesi tanya – jawab berlangsung dengan kritis.

Tanggal 21 Febuari 2010 :
3 Peristiwa Dalam 2 Hari, Yaitu 2 Lok Cianjuran Mogok di Tagog Apu, Longsor di Petak Rel Cipatat – Tagog Apu dan Rencana Penggantian Bantalan Rel KA Lampegan – Ciranjang Jadi R54
Langsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Dari: fastha Rea rea.fastha@yahoo. com
Kepada: keretapi@yahoogroup s.com
Terkirim: Sen, 22 Februari, 2010 19:40:08
Judul: [keretapi] BB30141
Kemarin Minggu 21-02-2010 BB 301 41 Memulai Aktifitas'a sebagai Lokes ke Cianjur untuk membawa lok BB 301 24 yg mogok d cianjur, tetapi pas perjalanan Pulang BB 301 41'a ikutan mogok d Tagog Apu al hasil Kemarin Cianjuran d batalkan . . .

Sumber = Kesaksian rekan Fastha Rea saat Cianjuran pada tanggal 17 Febuari 2010.

Tambahan dari rekan Asep Suherman :
Langsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Nambahin, BB 301 41 hari Sabtu bisa hidup jam 17.30-an dengan di cas baterai BB 301 17 (rekan2 BD dan YK bantu), tapi karena sudah lama tidak hidup terjadi kebocoran di sana - sini (pakking). besoknya KS stasiun Ciroyom (kebetulan saya ada di sana) mengumumkan Cianjuran batal hari itu karena ada gangguan. Siangnya ketika lagi menghadiri resepsi pernikahan Aditya Tirta, kang Anto nelpon lagi keluar dipo mau ke CJ jadi lokpen. ketika sampai di Ciranjang gardan lepas. Memasuki malem, kru memperbaikinya dan Alhamdulilah lok BB 301 41 sekarang sudah So (baca = es o). hanya sayang dia dan BB 301 24 ndak bisa balik ke Bandung karena ada longsoran dan rel menggantung di ruas Tagogapu – Cipatat dan diperkirakan 3 hari baru kelar. Jadi, kedua lok tersebut kini stabling di dipo CJ. Nah... hari ini pak Dirjen dengan KAIS-nya mau meluncur ke TKP mau liat longsoran.

Tambahan, mulai bulan April akan ada revitalisasi yani pergantian rel dan bantalan ruas Ciranjang - Lampegan. Seluruh bantalan diganti dengan beton dan rel di ganti dengan R54.

Demikian info dari saya.
http://www.youtube.com/watch?v=WAatMnTDpnM

Sumber = Kesaksian rekan Asep Suherman saat Cianjuran pada tanggal 17 Febuari 2010.

Tanggal 22 Febuari 2010 :
1. Lufthansa dan British Airways Terpuruk, KA Eurostar Kembali Urung Berlaju Karena Cuaca Buruk
Pekan ini, para pilot maskapai penerbangan terbesar Eropa asal Jerman, Lufthansa, mogok kerja selama empat hari. Baru 24 jam beraksi, mereka memutuskan kembali bekerja hingga 9 Maret mendatang setelah muncul kesepakatan antara pihak manajemen dan serikat pilot untuk kembali berunding mengenai masalah kenaikan gaji dan perpanjangan kontrak kerja.

Berbeda dengan tuntutan para pilot Lufthansa, para pekerja di Perancis memprotes rencana Uni Eropa dalam mengintegrasikan sistem pengendali lalu lintas penerbangan melalui sebuah inisiatif bernama "Single European Sky." Para pekerja di Perancis khawatir bahwa integrasi itu bakal mengurangi jumlah staf dan tunjangan khusus pegawai negeri bisa - bisa tidak akan lagi mereka nikmati.

Sementara itu, di Inggris suatu serikat yang mewakili lebih dari 12.000 awak kabin maskapai British Airways Senin lalu sepakat akan menggelar aksi mogok kerja. Mereka memprotes kebijakan manajemen akhir tahun lalu yang mengubah kontrak kerja dan mengusulkan pembekuan gaji selama dua tahun. Namun tanggal aksi belum ditentukan. ap, afp, rtr Akibat aksi tersebut, sejumlah calon penumpang dianjurkan untuk beralih ke KA.

Catatan :
Dengan protes sejumlah perusahaan penerbangan dikabarkan sejumlah para calon penumpang pesawat dianjurkan untuk beralih ke armada KA. Namun, armada KA sendiri juga lumpuh total seiring faktor cuaca yang buruk pasca permasalahan di terowongan Selat Channel yang menghubungkan antara negara Inggris dengan negara Perancis itu. Tidak hanya KA Eurostar, namun hampir semua perjalanan KA lintas Eropa terhambat. Eurostar hari Minggu pagi waktu setempat atau sore hari waktu Indonesia dikabarkan mengangkut 700 para penumpangnya.

Passengers had to be brought to London's St. Pancras station on another train and arrived at about 2:30 a.m. local time, she said. They had left Paris, France at 8:43 p.m. and the breakdown occurred at about 10:45 p.m., after the train had passed through the Channel Tunnel linking France and England. They arrived four hours and 30 minutes late, the Eurostar representative said. Passengers were offered a refund for the affected journey plus a free round trip ticket on the high-speed train, she added. There were still delays on the line from London to Paris Monday due to fallout from the Sunday night failure, Criqui said. Eurostar came in for intense criticism from passengers in December when several trains broke down and it canceled all services for several days due to bad weather. Its high-speed service between London and Brussels, Belgium, has been disrupted by a crash in Belgium last week by another company's trains. Eurostar is taking passengers between Brussels and Lille, France, by bus, and completing the journey by train.

Sumber :
- Siaran berita di CNN pukul. 22.00 WIB pada tanggal 22 Febuari 2010.
- Situs http://www.surabayapost.co.id update tanggal 24 Febuari 2010 di :
http://www.surabayapost.co.id/?mnu=berita&act=view&id=1b246c2b83b7f322480a19abdd2ceff6&jenis=b706835de79a2b4e80506f582af3676a
- Situs http://www.cnn.com update tanggal 22 Febuari 2010 10.42 a.m. Eastern time atau sekitar jam 4 sore WIB. Selengkapnya di http://www.cnn.com/2010/WORLD/europe/02/22/eurostar.uk.france/index.html?iref=allsearch.

Tanggapan saya pribadi :
Sudah jatuh tertimpa tangga pula. Begitulah ungkapan yang dirasakan oleh sejumlah para calon penumpang di beberapa negara di benua Eropa. Pasalnya sejumlah penerbangan yang biasa menggunakan penerbangan Lufthansa dan British Airways bermasalah. Dengan menggunakan KA pun juga bermasalah karena cuaca buruk berupa badai salju yang kian parah.

2. KA Anjlok karena Ada Batu di Rel
Langsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
SURABAYA, KOMPAS.com — Anjloknya 2 gerbong kereta api (KA) barang dan KA pembangkit di perlintasan KA Dupak ketika akan keluar dari stasiun Pasar Turi karena adanya batu di rel. "Penyebabnya adalah batu yang ada di rel. Akibat adanya batu di rel itu, rel yang mengarah ke Sidotopo tak bisa menutup rapat. Akibatnya anjlok,"ujar Sugijanto salah satu petugas PT. KA Daops VIII di lokasi, Senin (22/2/2010). Petugas PT. KA pun masih menyelidiki siapa orang yang sengaja menaruh batu di rel. Petugas pun menduga ada seseorang yang ingin melakukan sabotase KA dengan menaruh batu di rel. Hingga kini pihaknnya pun masih berupaya menarik loko CC 201 108 yang anjlok di perlintasan Jl. Dupak.

Sementara 1 dari 3 gerbong berhasil dievakuasi. Sementara loko masih berada di lokasi menunggu ditarik dengan gerbong penolong Depo Lok SBI.

Sumber = Situs Kompas.com edisi tanggal 15 Febuari 2010.

Berita susulan :
Re: [keretapi] KA Anjlok karena Ada Batu di Rel
Mon, February 22, 2010 1:53:48 PM
From: Shindu B Raditya gue.shindu@gmail.com Add to Contacts
To: keretapi@yahoogroups.com
Dua gerbong barang dan satu kereta pembangkit tersebut anjlok karena lidah wesel 32 terganjal batu sehingga wesel tidak tertutup dengan sempurna.

Tanggapan saya pribadi :
Lok yang sering saya lihat kalau sewaktu – wkatu narik KD3 Langsam dari dan ke Rangkas Bitung tuh…

3. PT. KA Investasikan Rp 800 Miliar untuk Sarana
Senin, 22 Februari 2010 | 20:23 WIB
Kompas.com/Josephus Primus
Langsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Lokomotif bermesin GE jenis CC 203 ini banderolnya per buah sekitar Rp 20 miliar,00. Di Indonesia, lokomotif jenis ini biasanya dipakai untuk menarik sekitar 11 gerbong. Cuma, "kekuatan" itu diukur juga dari panjang pendeknya emplasemen stasiun berikut landai curamnya lajur rel kereta api yang dilewati.

TERKAIT :
BANDUNG, KOMPAS – PT. Kereta Api menganggarkan dana sekitar Rp 800 miliar,00 untuk pengadaan sarana angkutan pada 2010. Rencana investasi terdiri dari pembelian 30 unit lokomotif, 120 gerbong peti kemas, 2 set KRDE dan 170 gerbong batu bara. Direktur Operasi PT. KA Bambang Irawan, Senin (22/2/2010) di Bandung mengemukakan pengadaan sarana angkutan tersebut untuk menunjang peningkatan pelayanan perusahaan baik terhadap angkutan penumpang maupun barang. "Pengadaan ini juga untuk mendukung keinginan pasar melalui grafik perjalanan KA (Gapeka) baru yang akan berlaku mulai 1 Maret 2010,"katanya.

Pengembangan infrastruktur perkereta apian yang dilakukan pemerintah menyebabkan penambahan pemberangkatan KA pada Gapeka 2010 menjadi 1.223 KA, atau bertambah 31 KA dibandingkan Gapeka 2008 sebanyak 1.192 KA. Penambahan perjalanan KA tersebut juga didukung penambahan jalur ganda yang pada 2009 bertambah 54,67 Kilometer, terdiri dari 29,37 km lintas Larangan - Petarukan (Jawa Tengah) di jalur utara serta 24,3 km lintas Purwokerto V- Patuguran (Jawa Tengah) di jalur selatan.

Selain itu, lanjutnya, peremajaan lokomotif yang dilakukan PT. KA memicu perubahan pembatasan kecepatan sehingga secara keseluruhan terjadi percepatan waktu tempuh 12 - 41 menit untuk semua jenis angkutan. PT. KA berharap pembangunan jalur ganda di seluruh lintas utara bisa selesai sesuai rencana pada 2014. Sementara pembangunan jalur ganda Yogyakarta – Kroya – Purwokerto bisa dimulai pada 2011.

Dia mengemukakan, pada Gapeka 2010, juga ada pembatalan beberapa rute, seperti KA Cantik (Jember - Surabaya), Malang Ekspress (Malang - Surabaya) dan Parahyangan (Bandung - Jakarta). Sementara penambahan KA penumpang terjadi pada beberapa rute, seperti KA Senja Kediri (Kediri - Jakarta) , KA Bangunkarta (Jakarta - Jombang) dan KA Surokerto (Surabaya - Mojokerto). (Gregorius Magnus Finesso)

Sumber = Situs Kompas.com edisi tanggal 22 Febuari 2010.

4. Karyawan PT. KA Langgar Aturan Keselamatan
Senin, 22 Pebruari 2010 13:32 WIB | Ekonomi & Bisnis | Makro | Dibaca 423 kali
Langsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Jakarta (ANTARA News) - Ratusan karyawan PT. Kereta Api (KA) melanggar aturan keselamatan dengan memaksakan diri turun dari rangkaian AC dari arah Bogor dan Depok melalui kabin masinis yang berhenti di petak persinyalan sebelum stasiun Manggarai. "Ada seratusan karyawan PT. KA Balai Yasa Traksi Manggarai. Mereka turun dan loncat dari kabin masinis. Ini kan secara tidak langsung mengancam keselamatan diri sendiri sebab bisa saja dia tersambar kereta dari arah berlawanan,"kata Direktur Keselamatan dan Teknik Sarana, Ditjen Perkeretapian Kemhub Hermanto Dwiatmoko kepada pers disela inspeksi mendadak (sidak) di lokasi persinyalan sebelum stasiun Manggarai Jakarta, Senin. Menurut Herman Dwiatmoko, apa yang dilakukan oleh karyawan PT. KA tersebut adalah contoh yang tidak baik bagi masyarakat karena sebagai karyawan PT. KA mereka seharusnya memberikan ketauladanan yang pas dan cocok bagi penumpang lainnya.

"Memang secara regulasi yakni UU No. 23/2007 tentang Perkeretaapian, hal itu tidak secara langsung melanggar, tetapi secara moral hal ini tidak tepat dan bisa mengancam keselamatan diri dan orang lain,"katanya. Hermanto menduga, aksi nekat yang biasa dilakukan pada jam - jam pagi dan padat sekitar pukul. 06.00 - 07.00 WIB ini sudah terbiasa dilakukan baik ketika persinyalannya merah atau hijau sekali pun. "Tidak hanya sinyal merah dan kereta berhenti. Tadi saya juga melihat, sinyal hijau, tetapi kereta dipaksa berhenti untuk memberikan kesempatan karyawan PT. KA turun. Ini kan berbahaya dan bisa terjadi tabrakan dari belakang oleh kereta lainnya,"katanya.

Selain itu, aturan operasional kereta api menyebutkan penumpang harus diturunkan di tempat yang telah disediakan yakni di peron stasiun. "Toh jarak stasiun Manggarai dengan persinyalan yang kebetulan dekat dengan Balai Yasa hanya sekitar 800 - 900 meter,"katanya. Oleh karena itu, pihaknya segera menegur keras karyawan PT. KA tersebut, melalui Kepala PT. KA Balai Yasa Traksi Manggarai Joko Hardiyanto. Joko saat ditemui Hermanto bersama sejumlah wartawan di ruangannya, menyatakan kesediaannya untuk melakukan penertiban dan pengawasan terhadap karyawannya juga melakukan pelanggaran tersebut.(E008/ A024)

Sumber = Situs http://antaranews. com/ di http://antaranews. com/berita/ 1266820371/ karyawan- pt-kai-langgar- aturan-keselamat an edisi tanggal 22 Febuari 2010.

Tanggal 23 Febuari 2010 :
1. Naik Kereta, Kapal Laut dan Bus Cukup dengan 1 Karcis
Cuplikan dari situs http://www.detikfin ance.com/ read/2010/ 02/24/065508/ 1305517/4/ naik-kereta- kapal-laut- dan-bus-cukup- dengan-1- karcis
Langsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Jakarta – PT. Kereta Api (PT. KA) menjadi inisiator dalam pengembangan Sistem Tiket Terpadu Antar Moda (TITAM). Dengan diberlakukannya sistem ini, maka masyarakat yang hendak bepergian dengan menggunakan beberapa moda transportasi seperti kereta, bus dan kapal laut tinggal membeli 1 karcis saja. "Jadi enggak perlu repot begitu mau pindah angkutan harus ngantri beli karcis. Nanti ganti angkutan lagi, ngantre lagi,"kata Direktur Utama PT. KA Ignasius Jonan di kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (23/2/2010).

Selain lebih efisien, menurut Jonan harga tiket yang dibeli calon penumpang juga lebih hemat. Penghematannya bisa mencapai 7% – 10% dari harga keseluruhan jika dibeli secara terpisah. "Intinya efisiensi untuk para penumpang. Contoh penumpang mau naik dari Bandung - Jakarta_ Batam, dia enggal perlu ngantri buat beli tiket Damri dan Pelni lagi. Kalau pake tiket biasa Rp 1.050.000, kalau single tiket Rp 950.000, jadi bisa 1 tiket untuk terusan,"imbuhnya. Dalam mematangkan program tersebut PT. KA menggandeng PT. Pelni, Perum Damri dan PT. Indonesia Ferry ASDP. Sementara, untuk jaringan tiket secara online terintegrasi, keempatnya sudah melakukan penanda tangan kerjasama dengan PT. Telkom Indonesia Tbk (TLKM).

Ia mengatakan, dalam bidang angkutan penumpang dan barang antar moda tersebut akan terdapat beberapa titik simpul transportasi, yaitu di Terminal pelabuhan, stasiun kereta api dan terminal penumpang di pelabuhan dan penyebarangan. Di tempat – tempat, lanjut Jonan tersedia fasilitas bagi layanan angkutan penumpang antar moda dan atau barang. Selain itu, terdapat pula penyedian pra sarana, sarana, sistim operasi dan sumber daya manusia (SDM) dari masing - masing operator transportasi. Sementara, dalam bidang pemasaran bersama akan dibuat pusat informasi layanan angkutan penumpang antar moda yaitu counter bersama guna memberikan informasi kepada para penguna jasa tentang angkutan dan barang antar moda di masing-masing stasiun, pelabuhan dan terminal.

(ang/qom)

Sumber = Situs www.detikfin ance.com pada tanggal 24 Febuari 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Kalau begitu apa salahnya kita sambut wacana ini dengan postifi dan penuh optimis?

2. Ibu dan Anak Tewas Ditabrak KA Surokerto
Langsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
SIDOARJO, KOMPAS.com — Seorang ibu pengendara sepeda motor bersama anaknya tewas ditabrak KRD Arek Surokerto jurusan Mojokerto - Surabaya, Selasa (23/2/2010). Saat melintasi pelintasan tanpa palang pintu di Km 29+3 antara Sepanjang - Bohar, Sidoarjo, tiba - tiba muncul kereta api dan menabrak pengendara sepeda motor itu. "Memang benar ada kecelakaan di Km 29 + 3 Sepanjang - Bohar. Korban tewas saat melintas di perlintasan sekitar pukul. 09.20 WIB,"ujar Humas PT. KA Daops VIII Heri Winarno saat dimintai konfirmasi, Selasa.

Dia mengatakan, hingga kini identitas korban masih belum diketahui. Namun, kini kedua korban telah dievakuasi dan dibawa ambulans ke Rumah Sakit Anwar Medika, Krian, Sidoarjo. "Keduanya mengalami luka berat di bagian kepala. Si ibu yang memakai babby doll warna merah muda dan bercelana biru, kepalanya tidak terbentuk lagi. Sedangkan, anaknya yang diperkirakan berusia 5 tahun mengenakan kaus warna kuning juga mengalami luka di bagian kepala,"kata Heri Winarno.

Sumber = Situs Kompas.com edisi tanggal 23 Febuari 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Tanpa lihat kiri dan kanan kalau menyeberangi petak rel KA, maka resikonya akan demikian adanya. Hantaman tubuh kita terhadap benda besar nan berbahaya jika mendekati kita dengan kecepatan yang penuh akan beresiko maut berupa kematian.

3. PT. KA Siap Ngutang Demi Dapat Proyek Kereta Bandara
Langsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Jakarta – PT. Kereta Api Indonesia (KA) siap ambil bagian dalam tender kereta bandara. Bahkan, perusahaan pelat merah itu juga berniat mencari utang demi kelancaran proyek tersebut. "Kita pasti ikut tender. Nantinya harus patungan dengan swasta juga enggak apa - apa, sendiri juga oke,"kata Direktur Utama PT. KA Ignasius Jonan usai penanda tanganan kerjasama dengan PT. Telkom Indonesia, Tbk di kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (23/2/2010). Ia mengatakan, PT. KA juga berniat mencairkan utang untuk proyek tersebut jika nanti terpilih sebagai pemenang tender. Namun sayang, Jonan enggan menyebutkan nilai pinjaman yang akan dicari begitu juga porsi kas internal yang dianggarkan. Ia hanya mengatakan, saat ini kemampuan meminjam perusahaan pelat itu sebanyak 3x dari ekuitas. Saat ini aset perseroan diperkirakan mencapai Rp 4 triliun,00. "Ya dihitung sendiri saja," pungkasnya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan akan mengkaji ulang nilai investasi proyek kereta bandara Soekarno-Hatta. Nilai investasi akan disesuaikan dengan angka inflasi selama dua tahun terakhir. Pengkajian itu dilakukan agar menyesuaikan dengan perkembangan komponen investasi seperti harga baja, fluktuasi nilai tukar dollar, dan perkembangan nilai inflasi. Nilai investasi awal diperkirakan Rp 4,6 triliun,00. Jonan mengaku pihaknya belum bisa melakukan perhitungan dana yang disiapkan. Pihaknya masih menunggu revisi nilai proyek tersebut dari pemerintah. "Kita belum bisa hitung. Kita tunggu pemerintah dululah,"ujarnya. Kementerian Perhubungan juga mencatat pihak yang berniat mengikuti tender kereta bandara sebanyak 3 perusahaan yaitu Railink, Mitsui (Jepang), dan China Harbour (China).

Sumber = Angga Aliya ZRF - detikFinance dapat dilihat di situs http://www.detikfin ance.com/ read/2010/ 02/23/201029/ 1305422/4/ kai-siap- ngutang-demi- dapat-proyek- kereta-bandara edisi tgl 23 Febuari 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Masih wacana, belum terlaksana dan siap berhutang… Saya koq dengernya agak pesimis???

Tanggal 24 Febuari 2010 :
Seorang Penumpang Gelap Jatuh dari Atap KRL di Latuharhari, Jakarta
Entah apa sebab – mushabab dan kronologinya yang terjadi pada saat itu sorang penumpang gelap terjatuh dari atap rangkaian KRL kemungkinan Ekonomi di wilayah Jl. Latuharhari yang berlokasi di petak rel antara stasiun Tanah Abang dengan stasiun stasiun Manggarai. Perilaku ceroboh dan cenderung membahayakan keselamatan jiwa dan raga itu terjadi kemungkinan di siang hari. Pasalnya jarak antara atap KRL dengan kolong jembatan layang setempat cukup dekat dengan bentangan kabel listrik aliran atas / LAA untuk KRL. Namun, tidak diberitakan apakah menghambat perjalanan KA lainnya ataukah juga menjadi tontotan warga setempat yang cenderung memacetkan arus lalu lintas kendaraan bermotor tidaknya.

Sumber = Siaran berita Jakarta Petang di Jak TV pada tanggal 24 Febuari 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Saya sendiri kebetulan siang itu sekitar jam 11 melintasi wilayah setempat dengan rangkaian KRL Ekonomi AC Ciliwung. Siang itu saat saya melintas tiada sama sekali kejadian yang dimaksud. Itu berarti ada kemungkinanbesar terjadi di sore hari bertepatan dengan waktu pulang kantor karena saat siaran berita berlangsung di jam 7-an malam sudah masuk ke dalam tayangan berita meski baru sebatas tulisan berjalan.

Tanggal 25 Febuari 2010 :
Liburan Maulid Nabi, Stasiun Gambir Pun Penuh Para Calon Penumpang
Tidak disangkal kebiasaan warga masyarakat tanah air memanfaatkan hari libur panjang dengan berlibur ke luar kota. Stasiun Gambir salah satunya yang menjadi pusat perhatian para calon pemudik yang cukup banyak mengantri di setiap peron yang tersedia. Tujuan mereka mayoritas ke arah kota Cirebon, Yogyakarta dan Malang. Seperti yang dituturkan pula oleh Manajer Humas PT. KA Sugeng Prasetyo bahwa jumlah kereta pun akan ditambah menjadi 4 kereta untuk tiap rangkaian KA dengan tujuan tertentu. Tiada alasan yang menonjol berkaitan dengan Maulidan melainkan sekedar menikmati liburan panjang saja ke 3 kota tersebut.

Di jasa transportasi lainnya perusahaan Cipaganti menerima banyak pesanan dari para calon pemudik yang berasal dari Jakarta hendak berlibur ke Bandung.

Tim peliput SCTV Aji Prasetyo dan Sona San Simamartha

Sumber = Siaran berita Liputan 6 Sore di SCTV tanggal 25 Febuari 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Itulah gunanya jasa transportasi kereta api yang kita dambakan berhak melayani para penumpang dengan sepenuh hati. Sejum;ah kereta berklas ditambahkan guna memberi pelayanan yang maksimal sehubungan dengan kebiasaan kita sebagai rakyat Indonesia untuk meluangkan waktu senggang dengan berlibur bersama keluarga.

Tanggal 26 Febuari 2010 :
1. Pasca Mudik Liburan Panjang Maulid Nabi
Suasana setiap jengkal di stasiun Gambir masih penuh antrian para calon penumpang yang umumnya bertujuan masih ke Yogyakarta, Solo dan Cirebon. Mereka tetap mengaku sekedar ingin berlibur ke kampung halaman dan menengok istri yang menetap di kampung halaman selama sang suami mencari nafkah di Jabodetabek. Tidak hanya di stasiun Gambir, namun kepadatan para calon penumpang juga terjadi di stasiun Surabaya di mana maoyritas mereka hendak ingin menyeberang ke Bali dengan menaiki rangkaian KA Mutiara Timur dari stasiun Surabaya Gubeng. Wakil Kepala Stasiun Gambir Muhammad Basyir menuuturkan bahwa rangkaian KA akan ditambahkan keretanya untuk sejumlah tujuan perjalanan yang padat.

Beberapa maskapai penerbangan juga mengaku kebanjiran para calon penumpang. Oleh karena banyaknya para calon penumpang yang memesan tiket klas Ekonomi, maka sisanya para calon penumpang mesti merelakan uang mereka untuk memesan tiket klas – klas yang lebih tinggi. Tujuan mereka pun tidak lain hampir sama dengan rute perjalanan KA.

Sumber = Siaran berita Kabar Pasar di TV One pada tanggal 26 Febuari 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Agak sedikit saya sesalkan karena tidak menyinggung soal perkereta apian sedikit pun. Padahal yang beliau naiki itu sarana merakyat sebagaimana paling diidam – idamkan bagi warga masyarakat Indonesia, terutama yang menetap di pulau Jawa dan beberapa propinsi di pulau Sumatera. Kalau saja sang reporter menyukai kereta api, saya pribadi yakin akan bertanya tentang kenyamanan yang ia dapatin dari perjalanan dengan KLB yang dinaikinnya itu.

2. Lagi - lagi KA dilempari
Langsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Kemarin (26 Febuari 2010) KA 149 Pasundan d daerah ciamis sebelum jembatan cirahong dilempari masa tak dikenal, trus pas masuk stasiun Awipari juga terjadi hal yang sama, ada 3 org korban luka dan beberapa lainnya mengalami shock pelemparan. Belum selesai mau masuk stasiun Ciawi juga terjadi pelemparan lagi malahan KA Srayu 171 yang berada d belakangnya menjadi korban, dalam insiden ini. PT.KA menderita kerugian 20JT insiden dpicu karena masa mengira ada suporter PERSIS Solo d dalam Kereta yg hendak mendukung timnya k Bandung, Ujar KS Sta . Tasikmalaya . . .

Lagi" masalah suporter . . .

Sumber = Postingan dari rekan fastha Rea ke milis keretapi@yahoogroups.com tanggal 27 Febuari 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Bosen banget dengernya saya pribadi….!

Tanggal 27 Febuari 2010 :
Gempa Bumi 8,8 SR Melanda Negara Chili
Memang berita perkereta apian tidak begitu menonjol di negara yang berlokasi di benua Amerika ini. Namun, dampak dari kekuatan gempa Bumi yang terjadi pada tanggal 27 Febuari 2010 pukul. 3.30 waktu lokal setempat atau sekitar pukul. 17.30 WIB di waktu yang sama ini sungguh luar biasa. Kekuatan yang melebihi gempa Bumi di negara Haiti pada awal bulan Januari 2010 kemarin telah menghancurkan banyak fasilitas publik dan pribadi di beberapa kota di ibukota Santiago dan beberapa kota lainnya. Sebut saja itu yang paling menonjol seperti bangunan rumah sakit, apartemen yang salah satunya ditempatin finalis American Idol 2010 dan ruas jalan tol. Tampak pada foto terdapat bentangan rel ganda KA yang tampaknya memiliki lebar / gauge 1435 tersebut. Bandara internasional di ibukota Santiago pun ditutup selama 24 jam ke depan.
Gempa Bumi tersebut awalnya menewaskan 76 penduduk, berlanjut 78 penduduk di malam hari waktu Indonesia. Sampai memasuki malam hari waktu lokal setempat di tanggal yang sama atau pagi hari waktu Indonesia keesokkan harinya total korban yang meninggal mencapai 128 orang. Jumlah tersebut masih akan bertambah mengingat dampak kerusakkan total yang menimbunkan banyak korban yang terperangkap di dalamnya. Peringatan ancaman terjadinya tsunami mengancam beberapa negara seperti Taiwan, Jepang, Australia dan Filipina.

Sumber = Tayangan Breaking News di CNN pada tanggal 27 – 28 Febuari 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Indonesia dilanda duka korban longsor di wilayah Ciwidey, Jawa Barat. Justru di negara yang berada di perairan samudera Pasifik terancam isu terjadinya hantaman tusnami akibat dampak dari gempa Bumi yang luar biasa itu.

Tanggal 28 Febuari 2010 :
1. Ricuh Para Calon Penumpang KA Tegal Arum di Stasiun Brebes
Liburan akhir pekan telah berakhir. Saatnya besok menyongsong kembali aktifitas mencari nafkah di Jakarta. Sejumlah para calon penumpang mengantri di luar loket stasiun Brebes untuk mendapatkan karcis KA Tegal Arum yang membawa mereka kembali ke ibukota Jakarta. Namun, ada saja tingkah laku sejumlah para calon penumpang yang meresahkan dengan budaya ketidak sabaran. Mereka yang merasa sudah mengantri pun tersinggung dengan memaki mereka yang tidak sabaran.

Tidak cukup itu saja, setibanya rangkaian KA Tegal Arum dari arah Tegal, mereka pun memadati peron stasiun Brebes untuk lekas masuk ke dalam kereta. Jumlah rangkaian K3 yang mencapai 10 kereta rupanya tidak mampu menampung sejumlah para calon penumpang. Mereka pun berjejal hingga ke bordes, sambungan dan berdiri di dalam kereta. Di antara mereka mengaku akan duduk di kereta Makan karena merasa kesulitan berjejal di kereta K3 yang tersedia.

Sumber = Siaran berita Seputar Indonesia Siang di RCTI pada tanggal 28 Febuari 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Kalau di dalam beberapa rangkaian KRL Ekonomi AC, KRL Ekonomi dan bus – bus Trans Jakarta bisa mempersilahkan mereka yang tergolong orang tua, anak – anak dan orang – orang cacat untuk duduk, kenyataannya di rangkaian K3 luar kota jarak jauh sulit. Ini semata karena membeludaknya para calon penumpang yang tergolong masyarakat ekonomi menengah ke bawah yang lebih banyak mendominasi negeri ini. Suatu kewajaran yang menjadi nyata kita lihat setiap kali datang liburan yang selalu dimanfaatin sejumlah warga masyarakat kota – kota besar untuk berlibur.

2. Mesin Mobil Mati di PJL Liar di Kedaung Kali Angke, KRL Hantam 3 Penumpang Di Dalamnya
Tak diayal sebuah mesin mobil mati di petak rel perlintasan KA tak berpalang di kawasan Kedaung Kali Angke, Jakarta Barat. Di saat yang bersamaan datang rangkaian KRL dengan kecepatan penuh. Entah yang melintas itu KRL AC Benteng Ekspres atau pun KRL Ekonomi mengingat perlintasan tersebut tidak terlalu jauh dari stasiun Kembangan, namun mobil yang terisi 3 orang penumpang yang masih tergolong 1 keluarga itu dihantam oleh KRL yang melintas. Mobil sedang dengan plat nopol B sekian itu pun hancur. Satkalantas dari Kepolisian setempat langsung mengevakuasi mobil yang naas tersebut dengan mobil derek.

Ketiga korban langsung dievakuasi ke RS Hermina yang berlokasi di Jl. Jatinegara Timur, Jakarta Timur. Mendengar peristiwa naas tersebut, seorang anggota keluarga tampak shock menangisi korban yang bersimbah darah dengan luka yang cukup parah tersebut.

Sumber = Siaran berita Seputar Indonesia Sore di RCTI pada tanggal 28 Febuari 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Hindari sesegera mungkin perlintasan KA yang tak berpalang resmi jika tidak diawasi oleh warga setempat. Kalau perlu, dampingin 1 orang yang menjadi penumpang mobil yang kita kemudiin itu. Sebab bahaya tersambar rangkaian KA akan mengancam jiwa dan raga kita meski petak rel tersebut jarang dilaluin KA. Sekalinya KA melintas, maka kecepatannya akan mampu mencapai batas maksimal yang berlaku para petak rel KA tertentu itu.

3. KA Mutiara Timur Anjlok di Jember
Langsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Jember - Kereta Api Mutiara Timur dari arah Banyuwangi ke Surabaya anjlok antara Kalisat - stasiun Kotok, Jember. KA itu membawa 9 rangkaian gerbong. 7 kereta anjlok, 1 kereta anjlok separuh dan 1 kereta tidak anjlok atau masih berada di atas rel. Kejadian itu terjadi pada pukul. 11.29 WIB, Minggu (28/2/2010). "Benar ada kereta anjlok. Kita menerima informasinya pada pukul. 11.34 WIB,"kata Plh Humas Daops IX Gatot Sukiatmoko saat dikonfirmasi detiksurabaya.com. Menurut Gatut untuk sementara mereka tidak mendapat laporan adanya korban jiwa. Kereta darurat saat ini meluncur ke lokasi untuk mengevakuasi penumpang. "Kita belum dapatkan informasi adanya penumpang yang terluka,"ungkapnya.

(wln/wln)

Sumber = Situs http://surabaya.detik.com di :
http://surabaya.detik.com/read/2010/02/28/125525/1307846/475/ka-mutiara-timur-anjlok-di-jember pada tanggal 28 Febuari 2010.


Tanggapan saya pribadi :
Lagi – lagi PT. KA membawa image buruk terhadap para konsumennya mengingat sebagian para penumpang di dalamnya khususnya Klas Eksekutif seingat saya terdahap cukup banyak para turis asing dalam hal ini baru meninggalkan pulau “Dewata” Bali. Saya yakin semata bukan karena rel tua melainkan tangan – tangan jahil para pelaku kriminal yang mungkin saja menggergaji batangan rel tersebut.

Sedikit Kilasan Out Of Topic / OOT atau diluar topik :
OOT itu berita yang saya rangkum di luar peristiwa perekereta apian namun masih menjadi tanda tanya bagi saya pribadi. Mungkin saja ada kaitannya meski sedikit atau pun banyak keterkaitannya dengan kereta api dalam peristiwa tertentu.

Tanggal 23 Febuari 2010 :
Pasca Ketidak Beroperasinya Selain 3 Armada Taksi di Stasiun Gambir
Keterangan : Saya kasih tanda warna oranye karena meski belum tentu ada kaitannya dengan kereta api, namun saya pribadi turut prihatin akibat musibah bencana alam yang satu ini.
Lagi – lagi hubungan sesama sopir taksi di luar pelataran stasiun Gambir tidak harmonis. Pasca ketidak bolehan pengoperasian sejumlah armada taksi di lahan peparkiran stasiun Gambir sejumlah sopir taksi tampak hanya sekedar duduk – duduk termenung dengan sekedar menikmati kopi tanpa kepastian. Pasalnya mereka diperlakukan secara tidak adil oleh pihak Daops I Jakarta dalam hal ini pihak stasiun Gambir. Mencari makan saja susah, apalagi menghidupi para anggota keluarga mereka. Seraya sejumlah rekan – rekan seprofesinya itu ikut mendukung dalam keadaan terpaksa untuk menuntut keadilan yang selama ini hanya diberlakukan kepada 3 armada perusahaan taksi saja.

Ditemui di tempat yang berbeda sejumlah sopir taksi Blue Bird yang diperbolehkan menempati lahan parkir stasiun Gambir hanya sedikit tersenyum saja. Mereka juga mengakui sama – sama mencari makan (baca = nafkah) dan sama – sama ikut prihatin. Namun, mesti bagaimana lagi? Sudah bersyukur ditempati di perusahaan sebesar Blue Bird diperbolehkan parkir di lahan parkir stasiun terbesar di kota Jakarta ini.

Kecurigaan datang kepada anggota Komisi V DPR RI Saleh Husni. Ia mencurigai akan adanya permainan tak – tik untuk sekedar mencari keuntungan. Ia mengatakan kalau memang semata untuk mendapatkan ‘vi’, namun ‘vi’ atau kentungan tersebut akan diberikan kepada siapa? Tim peliput Rabirtu Herdy dari Jak TV.

Sumber = Siaran berita Jakarta Pagi di Jak TV pada tanggal 23 Febuari 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Saya pribadi sependapat dengan beberapa rekan sesama sopir taksi yang terpuruk bahwa ketidak adilan tumbuh subur di lingkungan Daops I Jakarta. Niat baik anggota Komisi V DPR RI semoga terlaksana.

Peristiwa – peristiwa Yang Kami Alami Sendiri :
1. Tanggal 22 Febuari 2010 :
Peristiwa Yang Rekan NUW Alami….
Penghargaan Pooling Terfavorit Tentang KA di Buket Koffee + Jazz Semarang
Langsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Hari Senin (22/2) menjadi hari yang surprise bagi saya, karena saya nggak nyangka kalau materi Bercerita KA yang pernah saya sampaikan di muka pengunjung Buket Koffee + Jazz Semarang bulan Desember 2009 silam, menjadi materi terfavorit berdasarkan pooling pengunjung. Dalam peringatan Setahun acara Senin Bercerita, terdapat 12 pembicara (pencerita) yang dipilih 80 pengunjung. Materi Bercerita KA meraih 16 suara setelah dilakukan perhitungan suara. Terima kasih untuk Buket Koffee + Jazz Semarang yang telah memberi saya kesempatan sebagai pembicara (pencerita) sekaligus menularkan virus cinta KA kepada pengunjung yang sebagian besar kalangan mahasiswa dan pelajar.

Sumber = Kesaksian dari rekan Nugroho Wahyu Utomo yang berada di dalam KRD-I Banyu Biru Semarang – Yogyakarta pp pada tanggal 26 Febuari 2010.

2. Tanggal 26 Febuari 2010 :
Peristiwa Yang Rekan Hares Alami….
Problem KRDI Banyubiru
Langsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Kmren ikt testrun KRDI Banyubiru SMC - YK PP. Wakktu brgkat (kalo baliknya ke SMC Lancar2 saja) sempat ada problem kecil saat lwt emplasemen st. Kalioso dan mau masuk Ceper. Kalo gak salah dengar MBS atau apa yah anjlok gt shingga mesin hrus di-restart??? apa itu manometernya KRD-I tekanannya turun sehingga mesin harus reset supaya kompresor bisa nyedot udara lg??? Apa ada kebocoran di distributor valve/silinder brakenya???

Satu lg KRD ini pernah dibatalkan keberangkatan karena waterbox rusak, alat ini fungsinya apa yah?? Apa sebagai pndinginan mesin (intercooler)??? Apa krna alat ini jg yg prnah mnyebabkan slah satu komponen terbakar di Salem???

Mgkin rekan ada yg bsa mnjelaskan??? Rencana launching nanti dan seterusnya akan jln SMC - YK PP 2x. Saya agak ragu apakah mampu utk diforsir sperti itu setelah kita lihat sering problem (mogok, bodi sempal, dll) waktu jln di rute lawas SMC - Sragen PP walaupun sepertinya sudah byk dipoles sperti kyk baru lg.

Salam,
Hares

Sumber = Kesaksian dari rekan Martuhares yang berada di dalam KRD-I Banyu Biru Semarang – Yogyakarta pp pada tanggal 26 Febuari 2010.

3. Tanggal 26 Febuari 2010 :
Peristiwa Yang Rekan Wulan Kusuma Wardhani Alami….
Gangguan di Stasiun Manggarai Akibat Petir
Dikarenakan wesel di manggarai mengalami gangguan akibat tersambar petir,maka sampai saat ini perjalanan KRL dari Bogor hanya sampai stasiun pasar minggu.

Sumber = Kesaksian dari rekan Wulan Kusuma Wardhani yang berada di dalam KRL Ekonomi dari Bogor tujuan Jakarta pada tanggal 28 Febuari 2010.

Berita global / Out Of Topic :
Tanggal Sepanjang Akhir Febuari 2010 :
Belakangan ini planet Bumi yang kita cintai menghadapi situasi yang cukup rawan bagi kelangsungan hidup umat manusia. Hal ini diperkaya akan sumber daya alam yang sudah tidak terjamin lagi keutuhannya demi menjaga kelestariannya sebagai kebutuhan hidup umat manusia. Terjadinya longsor di Ciwidey propinsi Jawa Barat, gempa Bumi di 2 tempat di Indonesia, yakni Ujung Kulon dan Gorontalo, gempa Bumi di 2 tempat sekaligus, yakni di Okinawa, Jepang dan gempa Bumi 8,8 SR di negara Chili mewarnai bencana alam yang luar biasa.

Dari segi infrastruktur memang sudah meyakinkan kita untuk takjub dengan keganasan alam di antara angkara murka sejumlah umat manusia yang tidak lagi memandang siapa gerangan. Jutaan umat manusia terancam keselamatan jiwa dan raga mereka. Korban pun berjatuhan di sehgala pelosok planet kita ini yang tidak terhitung pula kerugian dari segi materi dan nyawa. Beberapa siaran berita luar negeri lebih sering fokus kepada tsunami yang terjadi di propinsi Naggroe Aceh Darussalam pada akhir tahun 2004 silam di mana kekuatan tsunami yang dashyat hampir meluluh lantahkan segala sendi kehidupan di perairan Samudera Hindia kala itu.

Mungkin ada rekan – rekan yang ingin menambahkan atau meralatnya? Silahkan saja….

Salam,
Dana

Kalau mau japri, silahkan ke dk_aries@yahoo.com saja yah…….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar