Selasa, 09 Maret 2010

Catatan Bulanan Awal Bulan Febuari 2010

Catatan Bulanan
Awal Bulan Febuari 2010
Dikumpulkan oleh = Saya Sendiri  Dana

Bukan untuk mendramatisir, namun saya hanya menyarankan agar sebelum membacanya anak – anak perlu didampingin oleh orang tua atau pun wali karena berikut ini peristiwa – peristiwa yang terjadi selama kurun waktu awal bulan ini ada suatu peristiwa yang tidak kita inginkan, yaitu berita kecelakaan pastinya.

Banyak sekali yah kejadian yang memprihatinkan pada periode awal bulan ini? Tidak itu kedepresian seseorang, mogoknya KA, tingkah laku para warga masyarakat yang meresahkan dan masih banyak lagi. Di samping itu, ada beberapa wacana yang tentunya patut kita optimiskan ke depan akan terlaksana. Terlebih pemberitaan sebagian pejabat negara kita merelakan waktunya untuk menempuh perjalanan dengan KA. Suatu kebanggaan bagi kita tentunya.

Untuk selengkapnya dapat dilihat di bawah berikut ini....

Tanggal 1 Febuari 2010 :
1. Rel Patah, Ribuan Penumpang KA Rangkas Bitung Telantar
Senin, 1 Februari 2010 | 08:19 WIB
Langsung dari tulisan ybs :

Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

RANGKAS BITUNG, KOMPAS.com — Ribuan penumpang kereta api jurusan Rangkas Bitung - Jakarta di stasiun Rangkas Bitung, Kabupaten Lebak, Senin (1/2/2010) pagi, telantar akibat rel kereta api patah sepanjang 70 cm, tepatnya di Km 74 / 900. "Saat ini penumpang me - madati stasiun sambil menunggu perbaikan rel kereta api itu,"kata petugas perjalanan kereta api (PPKA) stasiun Rangkasbitung, Yudi. Yudi mengatakan, hingga kini sebanyak 6 lokomotif kereta api yang melayani jurusan Rangkasbitung - Jakarta terpaksa tidak bisa dioperasikan karena kerusakan jalan rel cukup parah. Keenam lokomotif tersebut di antaranya KA 871, KA 873, KA 875, KA 181 Rangkas Jaya dan KA pengangkut batu bara.

Petugas jalan dan bangunan KA kini sedang memperbaiki jalan tersebut, tetapi sampai pukul.
07.10 WIB belum selesai. "Kami belum bisa menentukan keberangkatan kereta api karena kerusakan rel sangat parah,"katanya. Menurut Yudi, kerusakan jalan itu diketahui oleh petugas penilik jalan rel kereta api bernama Gandi sekitar pukul. 00.15, tepatnya di Jembatan Tutul KM 74 / 900 yang menghubungkan stasiun Rangkas Bitung - Citeras. Setelah itu, Yudi melaporkan ke petugas PPKA Rangkas Bitung dan semua kereta api yang melayani jurusan Rangkas Bitung - Jakarta yang diberangkatkan mulai pukul. 04.15 tidak dioperasikan.

"Kami patut bersyukur, rel KA yang patah itu diketahui petugas dan jika tidak diketahui dipastikan sangat memb
ahayakan penumpang karena lokasinya berada di jembatan,"katanya. Seorang penumpang KA Stasiun Rangkas Bitung, Mamit (45) mengaku masih menunggu KA hingga kini karena hari Senin kembali bekerja. "Saya tetap menunggu perbaikan KA karena hari ini banyak pekerjaan di kantor di Jakarta," katanya.

Saat ini penumpang memadati stasiun sambil menunggu perbaikan rel kereta api itu.

Sumber = Situs http://megapolitan.kompas.com di bagian :
http://megapolitan.kompas.com/read/2010/02/01/08191716/Rel.Patah..Ribuan.Penumpang.KA.Rangkas.Bitung.Telantar. pada tanggal 1 Febuari 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Meski disyukuri tidak terjadi korban jiwa karena diketahui juru penlik rel, tapi saya yakin akan ada penumpkkan para calon penumpang KA yang sangat signifikan karena rangkaian KD3 yang seharusnya melayani warga berkarcis Rp 2.000,00-an terpaksa menaiki rangkaian KR
L Ekonomi dan Ekonomi AC yang tersedia.

2. Bonek Meminta Ma’af ke KS Lempuyangan
Metro Sports / Olahraga / Senin, 1 Februari 2010 23:57 WIB
Langsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Metrotvnews.com, Yogyakarta : Seakan menyesali aksi brutalnya beberapa saat lalu, sejumlah anggota bondo nekat (Bonek) datang ke Yogyakarta, Senin (1/2), untuk meminta ma’af. Kedatangan perwakilan Bonek dimediasi suporter klub PSIM, Brajamusti. Brajamusti memang punya hubungan baik dengan Bonek. Brajamusti mengusahakan upaya mediasi agar tercipta suasana yang akrab antarsuporter. Sebelumnya, Bonek berbuat brutal saat dalam perjalanan dari Surabaya, Jatim, ke Bandung, Jawa Barat. Sepanjang perjalanan mereka melakukan pelemparan batu dan merusak stasiun kereta. Mereka ke Kota Kembang untuk mendukung Persebaya kontra Persib, 23 Januari silam.

Saat melakukan audisi dengan Kepala Stadiun Lempuyangan Agus Wijayanto, perwakilan bonek mengakui ada kelemahan koordinasi. Mereka juga meminta maaf atas kejadian itu. (*)

Sumber = http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/newsvideo/2010/02/01/98925/Bonek-Minta-Maaf atau tayangan Metro Soprt di Metro TV pada tanggal 1 Febuari 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Saya masih belum sangat puas dengan hanya meminta ma’af saja. Kerugian materiil, mental dan beban tanggungan berupa fisik yang dicederai mereka sangatlah banyak. Hanya meminta ma’af tanpa mengganti kerugian kepada para pihak terkait yang dirugikan sama juga pecundang atau bukanlah berjiwa ksatria.

Tanggal 2 Febuari 2010 :
1. Sehabis Membunuh, Pelaku Terlindas KA Serayu di Garut, Jawa Barat
Langsung dari tulisan ybs :

Tata bahasanya sudah say
a perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

SOREANG, (PRLM).- Asep Mulyana (30), warga kec. Samarang kab. Garut tewas mengenaskan setelah menabrakan diri ke kereta api di Jl. Cicalengka Lama, kp. Cikurutuk, desa Cicalengka Wetan, kec. Cicalengka, Selasa (2/2), sekitar pukul. 13.30 WIB. Korban diduga merupakan pelaku pembunuhan terhadap Ny. Nani (38) yang sebelumnya ditemukan tewas di kamar No 5 Penginapan Anjung Tirta kel. Pesanggrahan, kec. Sumedang Selatan, kab. Sumedang, Selasa (2/2).

Jasad Nani ditemukan oleh
pegawai penginapan sekitar pukul. 13.00 WIB, dengan kondisi leher yang nyaris putus. Berdasarkan kesaksian pegawai penginapan Mamah Halimah, Nani sebelumnya menginap bersama seorang pria bernama Asep Mulyana. Kapolres Sumedang Ajun Komisaris Besar (AKBP) H. Nurullah ketika dihubungi "PRLM" Selasa (2/2) sore memastikan bahwa identitas orang yang tertabrak dengan pria yang bersama dengan Nani di Kab. Sumedang adalah orang yang sama. "Sudah dipastikan bahwa yang bersangkutan sebelumnya bersama dengan Nani di penginapan karena saat check in menggunakan identitas bernama Asep Mulyana. Dia (Asep, red.) diduga menabrakkan dirinya ke kereta api yang sedang melaju,"kata Nurullah.
Kapolres Bandung AKBP Imran Yunus melalui Kapolsek Cicalengka AKP Somantri B. Ori mengatakan dari keterangan saksi didapatkan kesimpulan bahwa korban melakukan bunuh diri. "Sudah ada beberapa orang yang berteriak memanggil korban, namun korban tetap berjalan ke arah kereta yang sedang melaju kencang," ucapnya. (A-91/A-175/A-50)***

Catatan : Dari pemberitaan di Trans TV berdasarkan wawancara dengan saksi mata bahwa korban tertabrak rangkaian KA Serayu (Jakarta – Kroya pp) yang sedang melintas. Jasad kedua korban langsung divisum di RS Hasin Sadikin kota Bandung.

Sumber : - Siaran berita Reportase Pagi di Trans TV pada tanggal 3 Febuari 2010. - Harian Pikiran Rakyat edisi tanggal 2 Febuari 2010 melalui situs http://www.pikiran-rakyat.com/index.php?mib=news.detail&id=125411.
Tanggapan saya pribadi :
Senjata makan tuan…. Akibat membunuh seseorang, maka harus berakhir dengan lawan imbuhannya, yaitu ‘dibunuh’ yang tiada lain oleh rangkaian KA Serayu. Bukanlah KA namanya kalau tidak menjadi senjata angkutan massal yang dicap sebagai ‘pembunuh’ apabila warga sekitar tetap mengindahkan datangnya laju kereta api meski taspat atau kecepatan si kereta api tersebut sangatlah kecil.

2. Bom Meledak di Petak Rel KA Kota Petesburg, Belarusia
Keterangan = Bagi rekan2 yang punya beritanya yang akurat silahkan dishare / dipublikasiin yah… segera.


Sumber = Tulisan berjalan saat siaran berita Kabar Petang di TV One tanggal 2 Febuari 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Tiada komentar apa – apa dari saya pribadi karena sekedar tulusan berjalan saja. Keakuratan beritanya masih kurang bahkan sampai dicari ke situs – situs di internet sekali pun.

Tanggal 3 Febuari 2010 :
1. Truk Trailer Nyangkut di Viaduk Gembong, Lalin Terganggu
Langsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Surabaya - Sebuah truk tersangkut di viaduk Jalan Gembong pada lajur menuju ke Jalan Kusuma Bangsa. Akibatn
ya arus lalu lintas di Jalan Gembong 2 jalur mengalami kepadatan lalu lintas yang luar biasa. Truk trailer bernopol L 8506 N ini tersangkut pada body muatannya karena ketinggian muatan lebih tinggi daripada batas ketinggian viaduk sehingga truk itu tersangkut dan tidak bisa bergerak mundur atau pun maju.

Kasat Lantas Polres Surabaya Timur AKP Budi Idayati mengatakan truk trailer itu tersangkut sekitar pukul. 06.00 WIB. Pengemudi diduga tidak memperhitungkan ketinggian muatan sehingga truk tersangkut. "Truk itu saat ini sudah siap akan ditarik ke belakang. Agar lalu lintas kembali normal,"katanya kepada detik
surabaya. com via telepon selulernya, Rabu (3/2/2010). Hingga kini belum diketahui apa muatan dalam truk ukuran besar itu. Begitu juga dengan identitas sopir juga tidak diketahui karena masih menjalani pemeriksaan di Polsek Genteng. (stv/wln)

Sumber = Steven Lenakoly – detikSurabaya edisi tanggal 3 Febuari 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Seperti yang dituturkan rekan Luky Triyahya di milis keretapi@yahoogroups.com saya setuju kalau diberikan portal agar lintas KA Semarang – Surabaya pp tidak mengalami PLH atau peristiwa luar biasa hebat.

2. ‘Kearoganan’ Petugas Stasiun Pasar Minggu Berbuah Serangan Brutal Para Penumpang Gelap di Atap KRL Ekonomi
Langsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat s
ingkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
By Eko Priliawito, Sandy Adam Mahaputra - Rabu, 3 Februari VIVAnews - Ratusan penumpang kereta yang melakukan penyerangan terhadap petugas di stasiun Pasar Minggu juga sempat membajak kereta dan menyandra masinis KA 257 jurusan Bogor - Tanah Abang. Aksi penyerangan ini diduga kuat karena penumpang merasa kesal dengan sekitar 50 petugas pengamanan stasiun yang melakukan imbauan kepada penumpang untuk turun dari atap kereta dengan cara yang kurang baik. "Penumpang yang di atap kesal karena sempat dipukuli sama petugas. Mereka kemudian menyerang petugas,"ujar Wardoyo pedagang di stasiun Pasar Minggu, Rabu 3 Febuari 2010.

Kereta yang sudah terlajur jalan bahkan terpaksa berhenti karena sejumlah penumpang masuk ke ruang kemudi dan meminta masinis menghentikan kereta. Ratusan penumpang yang berada di atap kereta secara serentak turun dan menyerang 50 petugas dan merusak 2 loket kereta di stasiun itu. "Mereka nekat dan tiba - tiba menyerang,"ujar Komandan Pengaman Khusus KRL Jabodetabek Levis Arianto. Karena jumlahnya sedikit, petugas keamanan stasiun dan sebagian staf di kantor stasiun Pasar Minggu terpaksa meninggalkan stasiun karena takut menjadi korban.

Setelah puas merusak 2 loket di stasiun, ratusan penumpang kembali naik ke kereta dan meminta masinis untuk menjalankan lagi keretanya. Akibat penyerangan ini, 2 petugas bernama Ali Murtapo dan Jajang mengalami luka - luka akibat terkena lemparan batu. 1 penumpang bernama Muhamad kardi b
ahkan mengalami luka serius pada bagian mata kirinya. Meski keadaan di stasiun Pasar Minggu mulai normal, puluhan petugas keamanan stasiun masih terlihat melakukan penjagaan.

Sementara itu, Kepala Humas Daops I PT. KA Sugeng Riyono menyampaikan, cara persuasif dilakukan untuk penumpang yang ada di atap untuk turun karena beberapa hari ke depan akan dilakukan operasi yustisi.

Sumber :
- Tulisan berjalan di tayangan Global Petang di Global TV pada tanggal 3 Febuari 2010.
- Situs VIVAnews pada tanggal 3 Febuari 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Koq tiba – tiba aja ada kejadian kayak gini yah?

3. Stasiun Sudir
man Akan Diresmikan Bulan Ini
Langsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
VIVAnews – Stasiun Sudirman (Dukuh Atas) di Jakarta Pusat rencananya diresmikan oleh Departemen Perhubungan pada Februari 2010. Stasiun ini telah mengalami perluasan dan penambahan fasilitas agar para penumpang menjadi lebih nyaman. “Nanti yang meresmikan kemungkinan Menteri Perhubungan atau Direktorat Jenderal,” kata Humas PT. KA Martono Rabu 3 Februari 2010. Martono mengatakan stasiun Sudirman akan menjadi stasiun terpadu. Salah satu kelebihannya, yakni penumpang yang baru turun di sana bisa langsun
g dapat akses ke halte bus Trans Jakarta. Begitu juga sebaliknya, penumpang bus Trans Jakarta tidak perlu beputar untuk mencapai stasiun melainkan mereka tinggal lewat jalur khusus yang telah disediakan.

Selain jalur khusus itu, selama masa perbaikan kemarin, PT. KA Commuter Jabodetabek meningkatkan berbagai fasilitas lainnya bagi penumpang. Di antaranya pembangunan tangga eskalator. Martono menambahkan peningkatan fasilitas stasiun ini akan terus dilakukan. Karena stasiun ini juga sedang dirancang dapat terkoneksi ke bandara Soekarno - Hatta.

Stasiun yang berada di bawah Daops I Jakarta ini tidak melayani rute ke luar kota melainkan hanya diperuntukan bagi KRL
Jabodetabek. Situs Wikipedia menyebutkan dalam rencana pembangunan jalur transportasi massal di Jakarta, stasiun Sudirman direncanakan menjadi stasiun pusat dan awal menuju terminal Lebak Bulus. Stasiun ini juga direncanakan menjadi stasiun interkoneksi monorail dan antarmoda bagi seluruh jenis angkutan di DKI Jakarta.

Sumber = Situs VIVAnews pada tanggal 3 Febuari 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Tetap sengaja saya kasih warna oranye tebal dulu karena saya berpikir masih bentuk wacana semata. Mungkin stasiun Sudirman akan benar – benar diresmikan sesuai wakktunya. Namun, saya meragukan keberadaan stasiun Sudirman yang digembar – gemborkan menjadi inter koneksi armada angkutan umum.

Tanggal 5 Febuari 2010 :
1. Penertiban PKL Pasar Anyar Demi Kelancaran Lalu Lintas
Kepolisian Tangerang mebertibkan sejumlah para PKL / pedagang kaki lima yang menyita ruas jalan raya yang
sudah semakin tidak tertata lagi. Sejauh pemantauan, mereka menyayangkan ditertibkan tanpa dialokasikan ke tempat yang layak. Namun, dalam aksi penggusuran tersebut berjalan dengan lancar tanpa ada perlawanan.

Sumber = Siaran berita Jakarta Petang di Jak TV pada tanggal 5 Febuari 2010.

Catatan :
Mungkin yang dimaksud ruas jalan tersebut tiada lain Jl. Jenderal Ahmad Yani kota Tangerang, Banten. Karena dari layar TV tampak sebuah palang pintu perlintasan KA terlihat dikelilingin lapak PKL yang siap digusur itu.

Tanggapan saya pribadi :
Memang harus demikian karena mencari uang bukan berarti harus menyita bahu jalan raya bukan? Apalagi itu rel KA meski terkenal jarang dilaluin KRL Jabodetabek dengan rute Tangerang – Jakarta pp.

2. Pemerintah Masih Ngutang Rp 1,4 Triliun ke PT. KA
Langsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Jakarta - Pemerintah masih mempunyai utang ke PT. Kereta Api Indonesia (PT. KA) sebesar Rp 1,4triliun,00. Utang tersebut merupakan dana public service obligation (PSO) dan Infrastructure Maintenance and Operation (IMO) yang belum lunas. Angka tersebut didapat setelah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan audit terhadap laporan kinerja perusahaan pelat merah tersebut tahun lalu. "Dari hasil audit BPK, pemerintah punya sisa kewajiban PSO dan IMO sebesar Rp 1,4 triliun kepada PT KA,"kata Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) M Said Didu di kantornya, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (5/2/2010).

Said mengatakan, nantinya pembayaran sisa dana PSO dan IMO tersebut diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah. Dananya bisa melalui anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) maupun dari alokasi dana lainnya. "Nanti kebijakan pemerintah apakah dari APBN atau dari tempat lain,"ujarnya. Ia menambahkan, setiap tahunnya PT. KA menerima PSO dan IMO dari pemerintah untuk kegiatan opersionalnya. Dana tambahan itu digunakan BUMN transportasi itu untuk subsidi kereta ekonomi karena selama ini harga tiketnya ditetapkan oleh pemerintah. Sementara dana IMO digunakan untuk membiayai perawatan dan pengoperasian prasarana kereta api.

Said mengatakan, tahun ini PT. KA bakal dapat PSO dan IMO kembali dari pemerintah. Namun mengenai jumlahnya saat ini masih dihitung oleh pemerintah. "Tahun ini juga dapat. Selama pemerintah masih mengatur harga kereta ekonomi pasti dia dapat,"jelasnya.

(ang/dnl)
Sumber = Angga Aliya ZRF - detikFinance pada tanggal 5 Febuari 2010.
Tanggal 8 Febuari 2010 :
1. KA Semarang-Yogyakarta Buka 1 Maret
Langsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Monday, 08 February 2010

SEMARANG(SI) – Alternatif pilihan angkutan umum yang melayani rute Semarang – Yogya bertambah. PT. Kereta Api (KA) Daop IV Semarang siap membuka rute baru Semarang – Yogyakarta mulai 1 Maret mendatang untuk mengakomodasi kebutuhan transportasi masyarakat menuju Yogyakarta. Junior Manager Public Relation PT. KA Daops IV Semarang Sapto Hartoyo menuturkan kereta api ya
ng diberi nama Joglosemar ini merupakan pengganti rangkaian kereta Banyubiru jurusan Semarang – Solo – Sragen yang kurang diminati masyarakat dan akan segera dibekukan operasinya. Sejak mulai beroperasi, kereta api Banyubiru tidak produktif karena tingkat okupansi penumpangnya rata - rata hanya 30% dari 4 kereta yang tersedia dalam satu rangkaiannya. "Mulai 1 Maret nanti rute kereta api Banyubiru kami bekukan dan diganti dengan kereta api Joglosemar. Sedangkan untuk mengakomodasi penumpang yang hendak ke Sragen, Joglosemar akan berhenti di Stasiun Salam,"ungkapnya kemarin.

Sapto menambahkan, tujuan beroperasinya kereta api Joglosemar nanti, salah satunya untuk mengakomodasi penumpang dari Solo yang tidak terangkut kereta api Prambanan Ekspres (Prameks) jurusan Solo – Yogyakarta. Apa
lagi jam pemberangkatan kereta Joglosemar dari Solo selisih waktunya dengan kereta api Prameks relatif lama dan dinilai cukup potensial menjaring penumpang. Nantinya kereta api Joglosemar dalam sehari akan berangkat sekali dari Semarang dan sekali dari Yogyakarta. Dengan adanya penambahan rute ini, maka akan dilakukan penambahan 1 rangkaian kereta api lagi. Sedangkan, 1 rangkaian lainnya akan menggunakan bekas rangkaian kereta api Banyubiru. "Rencananya akan ada penambahan satu rangkaian kereta api lagi untuk Joglosemar yang merupakan bantuan dari pemerintah dengan jumlah gerbong dalam 1 rangkaian sebanyak 4 gerbong kapasitas 60 orang penumpang per gerbong,"papar Sapto. Dengan kereta api Joglosemar, PT. KA berharap mampu memperpendek waktu perjalanan penumpang dari Semarang – Yogyakarta. Rute Semarang – Solo – Yogyakarta dengan naik "kereta besi" ini bisa ditempuh hanya dalam waktu 3 jam tanpa kekhawatiran kemacetan arus lalu lintas seperti jika memakai angkutan umum lainnya.

Selain itu, kereta ini diharapkan mampu memuat penumpang minimal rata - rata 75% dari kapasitas yang tersedia dalam setiap harinya. Hanya, saat ditanya berapa tarif tiket kereta api Joglosemar dan jam keberangkatannya, Sapto menyatakan belum mengetahui dengan pasti. Alasannya, Daops IV masih menunggu keputusan dari manajemen PT. KA pusat. Saat dikonfirmasi terpisah, Humas Daops VI Yogyakarta Eko Budiyanto mengungkapkan pihaknya sudah mendengar rencana akan dioperasikan KA rute Semarang – Solo – Yogyakarta tersebut. Masalahnya, sampai saat ini pihaknya belum menerima surat resmi dari Daops IV Semarang atau PT. KA pusat. "Kami masih menunggu teleks (surat resmi),"ucapnya kemarin. Eko menambahkan, pihaknya menyambut baik rencana itu dengan catatan kereta yang digunakan bisa diandalkan seperti ketepatan waktu dan lainnya. Apalagi rute tersebut merupakan rute gembuk atau potensial. "Sehingga ketepatan waktu harus menjadi hal yang penting,"kata dia. K
ereta yang ditawarkan juga harus lebih bagus dengan moda transportasi lain seperti bus, terutama yang berkaitan dengan durasi tempuh. Jika jarak Semarang – Yogyakarta dengan naik bus butuh waktu 3,5 jam, maka dengan kereta tersebut maksimal hanya 3 jam saja.

"Seperti Kereta Prameks jarak Yogyakarta – Solo hanya 52 menit, sedangkan kalau naik bus butuh waktu sekitar 2 jam,"ungkapnya. Pengamat transportasi dari Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang Joko Setijowarno mengungkapkan pembukaan rute perjalanan baru Semarang – Yogyakarta dengan waktu tempuh 3 jam cukup baik. Sebab, kereta api Banyubiru selama ini memang tidak efektif karena waktu tempuh ke Solo saja hingga 3 jam lebih lama dari memakai bus. PT. KA diharapkan memberikan fasilitas memadai seperti AC dan tarif yang terjangkau, yaitu maksimal Rp 30.000,00 – Rp 35.000,00 untuk Semarang – Yogyakarta dan Rp 20.000,00 Semarang – Solo.

"Pangsa pasar Joglosemar nanti saya kira bagus.Hanya saja PT. KA harus berinovasi misalnya kondekturnya semua perempuan yang cantik-cantik, "kata dia. Joko menambahkan, jam operasi Joglosemar diharapkan pukul 07.00, baik dari Semarang maupun dari Yogyakarta atau lebih pagi lagi. Hal ini dimaksudkan untuk membidik segmen warga yang pada jam tersebut berangkat kerja dan akan mengadakan kegiatan bisnis.

"Akan lebih baik lagi kalau bisa beroperasi empat kali perjalanan dalam sehari, dan terutama untuk dioperasikan pada malam hari," tandasnya. (m abduh/ridwan anshori)
Sumber = Harian Seputar Indonesia edisi tanggal 9 Febuari 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Idem juga deh…….

Tanggal 9 Febuari 2010 :

1. Pemuda Cirebon Tewas Tersambar KA di Palmeriam, Jakarta Timur
Sekelompok warga siang itu dikejutkan penemuan jasada seorang pria yang diduga tewas tersambar KA dengan tubuh yang mengenaskan di mana kaki kanannya patah. Pemuda yang saat diidentifikasi melalui tanda pengenalnya (mungkin KTP) berusia 27 tahun warga asal kota Cirebon itu menurut saksi mata yang bernama Nanang diduga tidak melihat datangnya rangkaian KA dari arah timur atau stasiun Jatinegara menuju arah barat atau stasiun Manggarai. Meski ia menuturkan rangkaian KA yang datang itu tiada lain Argo Muria, namun dapat dipastikan bahwa rangkaian tersebut terangkai dengan kereta seluruhnya Klas Eksekutif. Korban langsung dirujuk ke RS Cipto Mangunkusumo guna pemvisuman lebih lanjut. Kasus pun ditangani oleh Polsek Palmeriam. Tiada yang mengetahui sebab–mushabab pemuda itu tersambar KA termasuk Rosid seorang saksi mata lainnya karena kejadian berlangsung dengan cepat.

Sumber = Siaran berita Reportase Pagi
di Trans TV pada tanggal 10 Febuari 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Bukan bermaksud menyesali atas kecerobohan korban, tetapi hanya menghimbau sebuah peringatan bahwa tetap berhati – hati selagi melintasi rel KA, terlebih berjalan di atas rel yang kebetulan di lintasan tersebut berupa tikungan sehingga tidak diketahui asal – usul datangnya rangkaian KA mengingat di lokasi kejadian dikelilingi oleh perumahan semi permanen / liar warga tidak mampu / miskoin kota. Appalagi terkadang ada saja rangkaian KA yang berlaju di sepur / rel yang salah.

2. Banyubiru Mogok, Karcis Pun Terpaksa Dikembalikan di Stasiun Semarang Tawang
Langsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.

KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
S
elasa, 9 Februari 2010, KRD Banyubiru terpaksa tidak bisa beroperasi untuk menjalankan tugasnya dari Semarang Poncol - Solo Balapan-Sragen pp sehingga para penumpang yang telah menunggu sebelum jam keberangkatan di Semarang Poncol yaitu pukul. 06.30 WIB akhirnya mengembalikan tiket dan meminta uang pembayaran via loket. Setelah saya konfirmasi pihak depo lok Semarang Poncol menyebutkan bahwa gangguan tersebut telah muncul sehari sebelumnya saat pulang dari Solo Balapan. Kerusakan terjadi pada water box yang berfungsi menaikkan air pendingin pada mesin itu sendiri (maaf saya sebagai penulis bukan ahli mesin, tetapi ahli di bidang prasarana KA karena lulusan Teknik Sipil).

Sementara itu wacana dari Daops IV dan VI PT. KA (Persero) telah mengagendakan bahwa KRD Banyubiru mulai tanggal 1 Maret akan melayani trayek Semarang Poncol - Solo Balapan -Yogya Tugu pp. Perubahan trayek itu karena selama ini okupansi penumpang untuk trayek ke Sragen masih minim. Sedangkan jumlah penumpang Prameks semakin meningkat seiring dengan melonjaknya harga tiket bis Solo - Yogya pp sehingga animo masyarakat di Solo dan Yogya akhirnya beralih lagi ke KA yaitu KRDE Prameks. Karena banyak penumpang yang nggak tertampung, maka KRDI Banyubiru akan berfungsi sebagai KA Joglosemar, menampung penumpang Prameks yang tidak terangkut dan mencoba mengulang sukses KA Pandanaran yang pernah berjaya di tahun 1970-an dan 1980-an.

Sebelum Banyubiru, KRD Pandanwangi juga pernah melayani trayek Semarang Poncol - Solo Balapan - Tugu sejak tahun 2002. Nam
un, karena kalah bersaing dengan Prameks saat itu, maka operasional Pandanwangi ke Yogyakarta hanya sampai bulan Agustus 2004, yaitu sampai Solo Purwosari. Terakhir hanya sampai Solo Balapan. Dengan bergulirnya rencana Banyubiru disulap sebagai Joglosemar, saya meminta pendapat rekan2 anggota : apakah mampu Banyubiru dengan kondisi yang sakit2an berlari sampai ke Tugu (Yogyakarta)? Bila perlu berikan solusinya.

Terima kasih.

Sumber = Rekan NWU saat posting ke situs Facebook.com pada tanggal 9 Febuari 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Mengenai Banyubiru yg sering sakit – sakitan saya sedikit cemas akan pengoperasian yang terus digeber atas secara kasarannya dipaksa untuk
terus berlaju ke kawasan yang jauh dan dilandaikan dengan banyaknya tanjakan dan turunan mengingat seingat saya kawasan tersebut dilalui pegunungan. Tapi, kita lihat saja hasilnya bagaimana…

3. 2 Ibu Negara Naik KLB Dalam Acara Batik di Cirebon, Jawa Barat
Langsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
[keretapi] First Lady menggunakan KLB lagi ke Cirebon
Thu, February 11, 2010 12:33:59 PM
From: Zudi Susanto zudi.susanto@gmail.com Add to Contacts
To: keretapi@yahoogroups.com
Gak ada 2 minggu ya sejak KLB RI 1 ke Cirebon kemarin meresmikan tol Pejagan, Selasa kemarin dijalankan lagi KLB RI ke Cirebon tapi yg naik bukan pak SBY, tapi istrinya dan istri Wapres dalam rangka kegiatan aktifitas perbatikan di Cirebon.

Keduanya RF ya sepertinya... Tidak sang suami tidak pula sang istri :)

semalam di salah satu stasiun TV swasta disiarkan acara bincang - bincang beliau di atas KA wisata ini dalam perjalanannya ke Cirebon. Tampak kellhiatan enjoy dan menikmati sekali menggunakan kereta api.

Foto di atas ini hasil jepretan dari rekan kita Rizky di kawasan Bekasi, Jawa Barat.

Ya... dengan makin seringnya "orang penting" naik spoor mudah - mudahan per sepuran di Indonesia semakin diperhatikan.

Sumber = Postingan dari rekan Zudi Susanto ke milis keretapi@yahoogroups.com tanggal 11 Febuari 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Suatu kebanggan bagi kita rakyat Indonesia bahwa petinggi negara sekaliber istri para Presiden dan Wapres menaiki rangkaian KA dalam kunjungan non formalnya dalam hal ini mengunjungi sebuah tempat bersejarah sebagai warisan budaya leluhur kita dalam kerajinan tangan.

Peristiwa – peristiwa Yang Kami Alami Sendiri :
Tanggal 5 Febuari 2010 :
Peristiwa Yang Saya Alami….
K2 di Stasiun Rel Layang Jakarta dan KA BBM di BY Manggarai
Pemandangan yang langka pagi ini di sama 1 rangkaian K2 berada di petak rel antara stasiun Jakarta Kota – stasiun Manggarai via stasiun Gambir. Kalau rangkaian K2 digandeng dengan K1 itu sudah biasa. Itu berarti kalau tidak KA Parahyangan yah KA Cirebon Ekspres. Atau paling tidak KA Gumarang. Tapi pemandangan yang berbeda justru rangkaian K2 ini jumlahnya sebanyak 11 kereta tanpa Kereta Pembangkit / BP. Kalau memang ini KA Parahyangan semisal non K1 mengapa jumlahnya sampai 11 K2? Kalau memang Gumarang, koq tumben K2 semuanya?

Tapi kalau saja ini rangkaian KA Senja Utama entah dari Semarang, Solo atau pun juga Yogyakarta, ada apa dengan petak rel antara stasiun Pasar Senen – stasiun Jatinegara? Apakah ini semata Senja Kediri ataukah KLB yang tidak saya ketahui yah?

Sumber = Saya sendiri (Dana) saat berada di dalam KRL AC Pakuan pada tanggal 5 Febuari 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Suatu kewajaran kalau ternyata semisal ada anjlokan di petak rel antara stasiun Pasar Senen – stasiun Jatinegara. Tapi kalau saja itu ternyata rangkaian K2 Senja Utama dari arah Solo, koq baru tiba di Jakarta sekitar jam ½ 8-an pagi? Berarti telat berapa jam tuh? Itu juga kalau benar Senja Utama dari Solo lho…

Mungkin ada rekan – rekan yang ingin menambahkan atau meralatnya? Silahkan saja….

Salam,
Dana

Kalau mau japri, silahkan ke dk_aries@yahoo.com saja yah…….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar