Sabtu, 11 April 2009

Catatan Bulanan Bulan April 2009 Awal

Catatan Bulanan
Bulan Ini Bulan April 2009
Dikumpulkan oleh = Saya Sendiri à Dana

Bukan untuk mendramatisir, namun saya hanya menyarankan agar sebelum membacanya anak – anak perlu didampingin oleh orang tua atau pun wali karena berikut ini peristiwa – peristiwa yang terjadi selama kurun waktu awal bulan ini ada suatu peristiwa yang tidak kita inginkan, yaitu berita kecelakaan pastinya.

Sedikit permintaan ma’af saya...

Mohon ma’af apabila selama saya memposting agenda bulanan di sepanjang tahun kemarin dan awal tahun ini ada beberapa foto yang tidak bahkan kurang berkenan, seperti foto – foto (ma’af) jenazah korban PLH / peristiwa luar biasa hebat atau pun juga PL / peristiwa luar biasa. Mulai bulan ini dan seterusnya, saya selalu lebih hati – hati dalam memposting berita. Mungkin apabila yang ditampilin itu foto korban yang telah (ma’af nih...) di dalam peti jenazah atau pun keranda, maka sudah layak tayang. Kecuali kalau melalui japri atau jalur pribadi.

Mohon tanggapannya apabila ingin menanggapi.......

Tanggal 2 April 2009 :
[keretapi] Shortcut Cibungur-Tanjungrasa
Kang Bas
AddThursday, April 2, 2009 12:03:25 PM
To:Milist Keretapi
keretapi@yahoogroups.com
Langsung dari ketikan Kang Bas :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Salam
Tadi pagi baca sekilas running text di TV, tentang rencana pembangunan jalur pintas / shortcut Cibungur - Tanjungrasa. Cari - cari info, nampaknya sudah direncanakan lama sejak awal 2000an. Kalau memang jadi dibuat, cukup lumyan tuh. Kereta lintas CN - BD tidak perlu ritual puter lok di CKP, ngirit jarak dan waktu. Saya bikin jalur kayalan rencana shortcut tersebut. Ada yang punya info lebih detil?

KB

Menyusul pada tanggal 3 April-nya dari ketikan Nurcahyo :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Rekan - rekan yth,
Kali ini kita boleh optimis.
Pada waktu kami bertemu pak Mateta (waktu itu Kahumasda di Daop 2) untuk memepersiapkan KA Nostalgia telah dibicarakan bahwa shortcut akan direncanakan dibangun dan rangkaian pekerjaannya (Tender, Amdal, dsb) mulai tahun 2008. Diharapkan tahun 2010 sudah beroperasi (berarti mulur lagi).

Keberadaan shortcut sangat penting, karena :
(1) Mendukung rencana KA Batubara CN-BD yang diintegrasikan dengan pembangunan pelabuhan ke arah Losari (maaf lupa namanya), dan stockpile di Cicalengka dan/atau jalur KA Batubara Rancaekek – Majalaya.
(2) Memperlancar perjalanan KA Harina.
(3) Akan ada KA Eks-Bis lintas CN-BD untuk memanfaatkan rolling stock eks KA Parahyangan yang idle gara2 kalah bersaing dg tol Cipularang.

Item (1) sangat mendesak diselesaikan dan pada saat kami bertemu dengan Kadaop II yng baru hal ini juga dibicarakan lebih nyata. Angkutan Batubara ini kemungkinan akan mengambil model seperti KA Batubara Cigading, bukan seperti KA Babaranjang. Pemda Jabar telah mengajak Daop II untuk berbicara serius.

Saat ini setiap hari ada 300 truk Batubara yang mondar-mandir Cirebon-Bandung. Mereka melewati jalur CADAS PANGERAN yang didesain khusus setelah terjadinya longsoran hebat. Jalan ini menggunakan struktur cantilever yang ditancapkan vertikal ke tebing. Pada saat truk - truk itu berisi penuh dari arah Cirebon, mereka membebani ujung cantilever. Pada saat kosong, mereka lewat di pangkalnya. Ujung-ujung nya bisa kita rasakan kalau kita lewat daerah Cadas Pengeran akhir-akhir ini. Jalan terlihat mengelami deformasi, terlihat bergelombang besar (bukan seperti aspal yang bergelombang, tapi seluruh stuktur jalan membentuk gelombang).

Karena itu, pengalihan angkutan Batubara ke kereta api telah disadari kepentingannya.

Sumber = Media Indonesia yang diposting oleh rekan Widyoko ke milis keretapi@yahoogroups.com pada tanggal 1 Maret 2009.

Tanggapan saya pribadi :
Wacana tetap wacana sih.... Cape' deh...

Tanggal 3 April 2009 :
Pencurian Sinyal di Dekat Stasiun Universitas Indonesia

Sejumlah perjalanan KRL rute Jakarta – Bogor pp terganggu pada pagi itu dengan aksi pencurian kabel sinyal KA di petak dekat stasiun UI Depok. Akibat peristiwa tersebut sejumlah perjalanan KRL baik di stasiun Depok (entah Lama atau Baru) maupun di stasiun Bogor menjadi terganggung. Sejumlah calon penumpang tampak gelisah karena perbaikan mesti diatas selama -+ 3 jam.

Sumber = Siaran berita Reoprtase Pagi di Trans TV pada tanggal 4 April 2009.

Tanggapan saya pribadi :
Mau bagaimana lagi… Tidak cukup di petak stasiun Manggarai dan di sepanjang rel KA di Bintaro saja yang seringkali terjadi, bahkan hingga kepada petak rel penghubung antara Jakarta hingga Bogor pp. Meski dengan KA inspeksi sekali pun, bisa–bisa malah si Inspeksi yang anjlok.


Tanggal 4 April 2009 :
Kerusuhan Menentang Aksi NATO di Kota Strasbourg di Perancis

Sejumlah pengunjuk rasa melakukan aksi unjuk rasa yang semula damai menjadi brutal akibat dihadang oleh sejumlah aparat keamanan setempat dalam menjalani aksi penentangan terhadap aksi tentara NATO / North Atlantic Organization di kota Strasbourg di negara Perancis. Aksi perusakan berupa pembakaran beberapa fasilitas umum tampak menyelimuti seantero kota tersebut.

Negara yang sempat dikenal sebagai fashion-nya dunia atau tata busana berklas ini seketika menjadi mencekam. Apalagi pas adegan pembakaran hotel Ibis hingga tidak bersisa oleh kepulan asap yang menebar luas. Sejumlah pengunjuk rasa dikejar oleh para aparat keamanan hingga kepada rel kereta api. Tiada laporan apakah mengganggu perjalanan KA di kota setempat atau tidak. Sebab, negara Perancis dikenal sebagai salah satu negara tersibuk di benua Eropa oleh kedatangan para pendatang dari negara – negara tetangga.

Sumber = Siaran berita Seputar Indonesia Pagi di RCTI pada tanggal 5 April 2009.

Tanggapan saya pribadi :
Setahu saya negara Perancis memiliki jaringan kereta api salah satu yang tersibuk di Eropa terutama menyinggung soal musibah dan kendala dalam manajemen transportasi. Beberaopa serikat buruh pekerja transportasi seringkali menyandera rangkaian KA khususnya TGV sebagai salah satu angkutan massal antar negara di sekitar Perancis. Apakah demikian di kota yang sempat dilanda kerusuhan ini menjadi lumpuh yah?

Tanggal 6 April 2009 :
[keretapi] TELAH LAHIR LOK GRESS CC20415

Langsung dari ketikan rekan Krsnah Arel :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Saya dapat info dari teman - teman bahwasannya lahir lagi dari INKA MN, yaitu sebuah lok CC 204 15. Rencananya hari ini keluar dan digandeng dengan Sancaka (ditarik dingin) menuju ke SLO. Terus dai SLO paginya akan narik Lodaya pagi menuju BD.. Demikian info terbaru.. Monggo kalo yg mau nyegat di saerah masing2...

SS

Sumber = Dari rekan Krisnah Arel yang posting ke milis keretapi@yahoogroups.com dan irps@yahoogroups.com pada tanggal 6 April 2009.

Tanggapan saya pribadi :
Bukan bermaksud berburuk sangka. Namun, seperti yang dialami om saya dalam menempuh perjalanan ke Jakarta dari Bandung dengan KA Argo Gede bulan Maret yang lalu sempat mengalami mogok. Kemungkinan ditarik oleh lok CC 204 entah keluaran terbaru dari INKA Madiun pada bulan Maret yang lalu atau tidak, yang jelas setahu saya untuk sekaliber lok CC 203 belum ada catatan bermasalah di sepanjang koridor Jakarta – Bandung pp. Semoga saja bila benar demikian tidak mengalami peristiwa mogok lagi.

Tanggal 8 April 2009 :
Stasiun Gambir dan Pasar Senen Diserbu Penumpang Liburan Panjang

Stasiun Gambir dan Pasar Senen sebagai stasiun induk dari perjalanan KA jarak jauh dilaporkan diserbu oleh banyaknya para calon penumpang yang rata – rata ingin melakukan liburan panjang di tengah masa – masa Pemilihan Umum untuk menentukan caleg atau calon legislatif pada tanggal 9 April-nya dan hari besar Kenaikan Isa Almasih tanggal 10 April-nya. Umumnya mereka bertujuan ke kota Semarang dan tidak sedikit pula yang mengaku ingin ke kota Solo. Umumnya mereka mengaku tidak ingin melakukan penyontrengan saat pemilihan umum caleg keesokkan harinya nanti.

Beberapa rangkaian KA seperti Argo Dwipangga ditambah jumlah kereta atau gerbongnya menjadi 4 saat arus mudik berlangsung.

Sumber = Tulisan berjalan di Metro TV pada tanggal 5 Maret 2009 sekitar jam 5-an sore.

Tanggapan saya pribadi :
Sungguh disayangkan apabila liburan panjang tidak dimanfaatkan untuk penyontrengan saat pemilihan umum caleg berlangsung di tanggal 9 April-nya. Meski saya sendiri agak males untuk melakukan penyontrengan, namun setidaknya pemilu yang sekiranya dilakukan dengan cara luber atau langsung umum bebas rahasia tersebut bermanfaat bagi masa depan bangsa kita ini sebesar negara Indonesia. Meski di kemudian hari menuai kritikan tajam dari semua insan Nusantara atau umat manusia dari Sabang hingga Merauke pastinya.

10 April 2009 :
Lokomotif KA Semen Anjlok di Cilacap
Penumpang KA Purwojaya Terpaksa Turun
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

CILACAP, KOMPAS.com - Lokomotif kereta api CC 201 143R penarik 11 gerbong pengangkut semen anjlok tak jauh dari Stasiun Gumilir, Kabupaten Cilacap, Jumat (10/4) sekitar pukul. 12.25. Kejadian itu mengakibatkan KA Purwojaya yang akan masuk ke Stasiun Cilacap pada pukul 13.45 berhenti dan terpaksa menurunkan ratusan penumpangnya di Stasiun Gumilir.

Toni Pujo, masinis KA pengangkut semen mengaku kereta yang dimasinisinya baru saja mengangkut semen dari PT. Holcim untuk dibawa ke Semarang. Tetapi, baru saja berjalan sejauh 200 meter, roda lokomotifnya keluar dari rel hingga anjlok. "Gerbong pengangkut semen langsung ditarik kembali ke PT. Holcim," katanya.

Hingga Jumat sore, lokomotif kereta pengangkut semen itu belum bisa diangkut karena cukup berat sehingga menghambat perjalanan KA Purwojaya dari Jakarta yang akan masuk ke Stasiun Cilacap. Kepala Daerah Operasional V PT. Kereta Api Purwokerto Nur Hamidi mengakui kejadian itu mengakibatkan perjalanan penumpang KA Purwojaya menjadi tak nyaman. "Karena itu kami mohon maaf kepada penumpang, karena mereka harus turun di stasiun Gumilir, bukan di Stasiun Cilacap sesuai jadwal," katanya.

Begitu juga untuk penumpang KA Purwojaya Cilacap - Jakarta yang berangkat pada Jumat malam pukul 18.45, katanya juga tak bisa berangkat dari stasiun Cilacap karena jalur rel masih dihadang oleh lokomotif kereta semen yang anjlok. Penumpang terpaksa harus naik kereta dari Stasiun Gumilir. "Untuk itu, kami sudah menyiapkan kendaraan untuk mengangkut penumpang," kata Hamidi.

Menurut Hamidi, jarak dari Stasiun Cilacap ke Stasiun Gumilir hanya berkisar 3 KM. "Karena itu, penumpang tidak mengalami kesulitan harus turun maupun naik kereta di Stasiun Gumilir. Lagipula stasiun Gumilir ini sudah di tengah kota," katanya. Hamidi mengaku masih belum bisa memastikan mulai kapan kereta bisa berangkat maupun sampai di stasiun Cilacap. Hal itu karena pihaknya perlu memperbaiki permukaan rel yang rusak akibat benturan lokomotif penarik kereta semen yang anjlok."Memperbaiki rel itu kan juga butuh waktu sehingga bisa aman lagi dilalui kereta," katanya.

Sumber :
- Kompas. Jumat, 10 April 2009 20:09 WIB yang diposting oleh rekan Kang Bas tanggal 10 April 2009.
- Tulisan berjalan di TV One pada tanggal 10 April 2009.

Tanggapan saya pribadi :
Untungnya jalur Cilacap hanya dilalui oleh rangkaia KA penumpang seperti Purwojaya. Selebihnya oleh beberapa KA barang seperti KA kricak, KA BBM Maos – Tegal dan lain – lain. Meski demikian, peringatan buat kita semua khususnya PT. KA Daops V Purwokerto kalau ‘bahaya laten’ anjlok dan musibah KA lainnya akan mengincar kita sehubungan dengan ‘mungkin yah….’ Pelaksanaan Pemilu.

n BERSAMBUNG ...


Mungkin ada rekan – rekan yang ingin menambahkan atau meralatnya? Silahkan saja….

Salam,
Dana

Kalau mau japri, silahkan ke dk_aries@yahoo.com saja yah…….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar