Rabu, 04 Mei 2011

Catatan Bulanan Seri Acak Bulan Mei 2011

KA Semarang-Surabaya Anjlok di Blora, Masinis Kabur

BLORA - Dua rangkaian Kereta Api Rajawali jurusan Semarang-Surabaya Pasarturi anjlok di dekat Stasiun Randublatung, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Rabu (4/5/2011) petang. 2 rangkaian tersebut meliputi lokomotif dan gerbong pertama. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini, namun masinis kereta dengan loko bernomor CC - 20121 ini diduga melarikan diri. Pihak Kepolisian yang hendak mencari sang masinis pun sempat bersitegang dengan pihak PT. Kereta Api Indonesia (KAI) karena dianggap berbelit-belit dalam memberikan keterangan.

Kasat Reskrim Polres Blora AKP Guntur mengatakan hingga malam ini evakuasi masih terus dilakukan, sementara penumpang yang berada di 6 gerbong lainnya masih menunggu pemulihan jalur. Belum ada keterangan resmi dari Kepolisian maupun PT KAI mengenai penyebab anjloknya kereta ini.

(Ranin Agung/RCTI/ded)

Sumber = http://news.okezone.com/read/2011/05/04/340/453416/ka-semarang-surabaya-anjlok-di-blora-masinis-kabur

Saya ketik pada tanggal 5 Mei 2011. ::)

Tanggapan saya pribadi :

Apakah ini semata karena kecerobohan para oknum masyarakat yang sengaja membuat celaka KA demi kepentingan nafsu pribadinya karena alasan materi? Apakah para masinis sudah jera dikambing hitamkan sehingga yang ini harus melarikan diri dari Polisi?

------------------------------

Jasa Marga Tawarkan Koridornya Untuk Transportasi Massal

Rabu, 11 Mei 2011 15:42 WIB | 410 Views

Jakarta (ANTARA News) - PT Jasa Marga Tbk, Rabu, menawarkan koridornya di Jabotabek untuk lokasi transportasi massal mulai dari busway hingga kereta rel listrik (KRL). "Tol kami selalu penuh di ruas-ruas Jabotabek, tetapi macet, membuat kami juga tidak bahagia. Kami tidak ingin menikmati pendapatan di atas penderitaan orang lain," kata Dirut PT Jasa Marga Frans S. Sunito saat dihubungi di Jakarta, Rabu.


Frans mengaku telah berkirim surat kepada Kementerian Perhubungan untuk mengurangi kemacetan di kawasan ini, termasuk di dalam tol. "Maksud kami, ketika kami membebaskan lahan di sekitar Serpong untuk perluasan tol W2 dan JORR dua serta di sekitar bandara, kalau sekalian diperuntukkan juga bagi jalur kereta kan enak. Jadi, kami bisa berdampingan secara damai," katanya. Frans tidak menolak pernyataan bahwa persoalan kemacetan di Jabotabek, termasuk di dalam tol yang dikelola Jasa Marga, tidak akan pernah tuntas jika pertumbuhan kendaraan tidak diimbangi dengan pertumbuhan infrastruktur jalan, termasuk tol. "Selama tidak seimbang, ya kemacetan dan ketidaknyamanan di jalan akan sulit dihindari," katanya.


Frans memberikan contoh, kanan atau kiri koridor tol Bogor Jakarta via Tol Jagorawi bisa dimanfaatkan untuk jalur kereta. "Kan cakep tuh," katanya. Jasa Marga telah mengalokasikan sedikitnya Rp260 miliar untuk pelebaran Tol Jagorawi, khususnya sekitar 20 km di ruas tol TMII hingga Cibinong dari 2 x 3 lajur menjadi 2 x 4 lajur guna meningkatkan pelayanan pada pengguna jalan.


"Saat ini hingga Juli-Agustus pelebaran akan dilakukan. Untuk itu, selama ada pekerjaan tersebut diharapkan pengertian para pengguna jalan tol untuk bersabar karena yang pasti ini berdampak seperti kemacetan yang tak bisa dihindari," kata Frans.(*)

E008/A027

Editor: Jafar M Sidik

Sumber = http://www.antaranews.com/berita/258122/jasa-marga-tawarkan-koridornya-untuk-transportasi-massal

Saya ketik pada tanggal 11 Mei 2011. ::)

------------------

Selasa, 10/05/2011 07:27 WIB
Penertiban Penumpang KRL di Stasiun Pasar Minggu Ricuh
Ramadhian Fadillah - detikNews

Jakarta - Pagi ini PT. KAI melakukan razia pada penumpang yang berada di atap KRL Jabodetabek. Namun razia yang digelar di stasiun Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini berlangsung ricuh. Sempat terjadi aksi lempar batu antara penumpang KRL dengan petugas keamanan. "Tadi sekitar pukul 06.30 WIB, KRL dari Bogor tujuan Jakarta penuh. Di stasiun Pasar Minggu kereta dihentikan. Orang-orang yang naik di atap KRL disuruh turun petugas," ujar Deni, seorang penumpang KRL kepada detikcom, Selasa (10/5/2011).

Deni menjelaskan para penumpang yang berada di atap tidak mau turun. Mereka beralasan, di dalam kereta sudah penuh sesak. Tapi petugas keamanan terus memaksa mereka turun. "Yang di atas akhirnya marah. Pada turun terus ambil batu dan melempari petugas," kisah pria yang bekerja di kawasan Jl Warung Buncit ini. Aksi lempar-lemparan batu ini berlangsung sekitar 5 menit. Mereka kemudian kembali naik ke atap KRL saat kereta melanjutkan perjalanan. Informasi serupa disampaikan Ani, penumpang KRL lainnya. "Stasiun Pasar Minggu rusuh, ada razia penumpang di atap kereta," tulis Ani lewat infoanda detikcom.

(rdf/lia)

Sumber =

http://www.detiknews.com/read/2011/05/10/072718/1636052/10/penertiban-penumpang-krl-di-stasiun-pasar-minggu-ricuh

Saya ketik pada tanggal 15 Mei 2011. :)

Mon, May 16, 2011 8:56:00 AM

[keretapi] KRL Heboh - Harpitnas

From:

ROSES-Man

Add to Contacts

To:

keretapi@yahoogroups.com

Hehehe, hari ini para pengguna KRL heboh.......


pertama, krl ekonomi panas yang jadwal pagi beroperasi hanya 1 set...... alias 4 gerbong.
Coba kl sekarang diadakan razia ataper? silahkan deh...... emosi masa sedang memuncak. karena para pengguna krl ekonomi ini tidak mendapatkan jatah cuti bersama yang diumumkan oleh bapak2 pejabat, sehingga mereka harus tetap ke tempat kerja.

kedua, para pengguna ekspress pun panik.... karena hari senin ini cuti bersama, dengan tiba2 PT. KA / KCJ memberlakukan jadwal weekend di mana beberapa jadwal ekspress tidak beroperasi, terutama ke stasiun sudirman baik dari depok/bogor, serpong, maupun bekasi. pengumumannya hanya melalui sms ke beberapa orang anggota krlmania saja, begitu ada kawan tanya ke KS... jawaban mereka baru dapat info hari minggu. yang jadi pertanyaan adalah, PT. KA / KCJ kan bukan PNS? selain itu mereka itu juga perusahaan jasa transport, masa masih mo ikutan cuti bersama.... hehehehe. ya gitu deh jabotabek........ so buat temen2 yg nyaranin "gebukin" para ataper.... hehehe, silahkan menikmati dulu fasilitas krl jabotabek baru nanti bisa komen deh....

Sumber = Rekan kita ROSES-Man di keretapi@yahoogroups.com pada tanggal 16 Mei 2011.

Tanggapan saya pribadi :

Asal mengoperasikan rangkaian KRL dg 4 unit / 4 kereta dan asal menghentikan penoperasian KRL AC / Ekspres. Mungkin mrk PT. KA gak tau kalau banyak PNS yang tetap pergi kerja. Wong saya aja... ngantor pp padet di jalan raya alias macet dan penuh sesak di bus Trans Jakarta koq...!

Saya ketik pada tanggal 17 Mei 2011. :)

Surat Pembaca

PT KAI

Pelayanan Publik KAI yang Mengecewakan

RABU, 11 MEI 2011 | 12:06 WIB

Saya sangat kecewa dengan pelayanan dari KAI khususnya di stasiun KA Tawang Semarang. Saya memang berniat untuk memesan tiket dan tertarik dengan program promo dari KAI yaitu KA eksekutif tujuan Jakarta menjadi Rp. 50.000.

ebenarnya sudah beberapa kali saya mencoba untuk mencari tiket promo ini, akan tetapi tidak pernah berhasil/kehabisan, tidak tahu apa karena memang kurang cepat, kurang beruntung atau memang tiket itu ngga pernah ada/tidak di jual bebas/ada main. Tapi semoga hal buruk itu hanya pikiran saya saja.

Pada hari Rabu tanggal 11 Mei 2011, saya dan istri datang ke stasiun KA Tawang untuk melakukan pemesanan tiket. Pertama kami masuk ke bagian informasi, untuk mencoba menanyakan jadwal atau kesedian tiket promo. K

etika kami menanyakan kesedian tiket tersebutdia berkata (dengan wajah yang kurang ramah) "wah lama harus di cek satu!", dalam hati saya bukannya memang itulah tugas dari bagian informasi yaitu memberikan informasi kepada customer. Kemudian dia memberikan informasi cuman ada di tanggal 25 Mei 2011.

Kemudian saya menanyakan untuk tanggal 10 Juni 2011 tapi dia menjawab bahwa belum bisa diinformasikan. Saya bilang bukannya pemesanan sudah bisa dilakukan 30 hari sebelum. Dia bilang tidak tahu dan kalau mau protes ke Bandung saja sana. Waduh, dalam hati begini kah sikap dari seorang pelayan jasa informasi. Dari pada ribut saya akhirnya meninggalkan bagian informasi dan mencoba langsung ke loket pemesanan tiket.

Saya coba untuk memesan tanggal 10 Juni 2011 untuk tujuan Jakarta. Tapi bagian tiket berkata belum bisa dipesan, dengan jawaban yang tidak jelas dan pelayanan yang tidak ramah sama sekali.

Saya coba berargumen kira-kira kepastiannya kapan, kemudian ada petugas bernama Totok Supriyanto dengan gaya sombong, ketus, dan tidak sopan menjawab kami cuma operator tidak tahu apa2. Kami pun jadi sedikit emosi dan jadi berdebat. Kemudian saya coba tanya namanya,

dengan sombong dia berkata catat nama saya "Totok Supriyanto". Setelah itu kamipun meninggalkan tempat tersebut. Dan dengan tidak sopannya mereka tertawa keras-keras seperti menghina kami berdua.

Bayangkan kami ditertawakan di lihat oleh orang-orang yang lain. Saya heran, KAI yang bergerak dibidang jasa tapi SDM-SDM mereka tidak customer oriented, tidak memiliki rasa melayani. Apa sebenarnya yang ada dalam pikiran mereka yang seharusnya tahu apa arti melayani? Dan apa mereka tidak tahu bahwa kami rakyat melalui pajak yang memberikan dana yang besar bagi KAI?

Tidak bisa dibayangkan perusahaan setingkat KAI, yang sudah berdiri lama sekali (mungkin paling lama dibandingkan BUMN2 yang lain) tapi pelayanan yang diberikan jauh sekali dari kata profesional.

Sebenarnya banyak sekali hal yang membuat saya sedikit kecewa dengan pelayanan KAI, seperti pemesanan tiket yang masih ribet, coba dibandingkan dengan pemesan tiket Pesawat, bisa dilakukan via internet, bisa dibeli dimana-mana (agen) dan mudah sekali. Saya orang awam yang berpikiran bukannya lebih susah operasional moda transportasi udara dibandingkan kereta api.

Dan keunggulan yang diberikan oleh KAI juga tidak ada dibandingkan moda transportasi yang lain :

1. Keamanan : sepertinya ini belum dapat diandalkan oleh KAI.

2. Ketepatan waktu : apalagi ini, masih sering sekali terjadi keterlambatan.

3. Kenyamanan : Hal Ini mungkin masih jauh untuk dapat diharapkan. Kami pun sering komplain via Call center, tapi hal tersebut pun tidak berhasi, tidak ada respon. Mungkin call center ada sebagai formalitas saja.

Semoga KAI mau untuk evaluasi dan berbenah karena seharusnya bisa berada paling atas dibanding perusahaan bagus lainnya yang baru saja berdiri.

Lucky Recarwijaya

Majapahit
Semarang

Sumber = http://www1.kompas.com/suratpembaca/read/23078

Saya ketik pada tanggal 17 Mei 2011. :)

Korban Kebakaran di Pademangan Menunggu Bantuan

Tribun Jakarta - Selasa, 17 Mei 2011 13:31 WIB

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Si jago merah mengamuk dan menghanguskan kawsan padat penduduk di Jl Pademangan VIII, RT 08/10, Kebon Pisang, Jakarta Utara, Selasa (17/5). Beruntung dalam kebakaran tersebut tidak menelan korban jiwa. Hanya saja, kerugian akibat peristiwa kebakaran ini ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 07.00. Kobaran api berasal dari dapur milik Nani, yang belakangan diketahui lalai karena meninggalkan masakannya. Api pun dengan cepat membesar dan membakar bangunan lainnya.

Saat ini, korban kebakaran mengungsi di pinggir rel kereta api (KA) Stasiun Ancol dan masih menunggu bantuan dari para dermawan. Di lokasi pengungusian, terlihat hanya petugas PMI saja yang tengah melayani kebutuhan logistik bagi para korban kebakaran.

Siswanto, Petugas Sudin Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar dan PB) Jakarta Utara menuturkan, sebanyak 25 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan kobaran api. Kobaran api akhirnya berhasil dipadamkan dalam kurun waktu dua jam kemudian atau pada pukul 08.55.

"Dua jam kemudian api berhasil dipadamkan. Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran ini," Siswanto.

Penulis : yoni

Editor : yoni

Sumber =

http://jakarta.tribunnews.com/2011/05/17/korban-kebakaran-di-pademangan-menunggu-bantuan

Saya ketik pada tanggal 19 Mei 2011. :)

Rabu, 18/05/2011 14:22 WIB
Naik di Atap KRL, Siswa SMP Tewas Terjatuh di Pasar Minggu
Nala Edwin - detikNews

Jakarta - Mungkin belum cukup upaya PT KAI mencegah penumpang naik ke atap gerbong KRL. Di Poltangan, Pasar Minggu, seorang penumpang di atap gerbong KRL Bogor-Jakarta tewas akibat terjatuh. "Benar memang ada laporan masuk ada siswa SMP yang jatuh di sekitar Poltangan," kata Kahumas Daops I PT KAI Mateta Rizalulhaq kepada detikcom, Rabu (18/5/2011) pukul 14.00 WIB. Mateta mengatakan, kecelakaan itu terjadi pada pukul 12.50 WIB. Saat itu siswa SMP tersebut menaiki atap KRL Ekonomi Bogor-Jakarta. "Untuk identitas lengkapnya saya belum dapat, karena baru dapat laporan awal," katanya.

Mateta menjelaskan PT KAI sudah menjaring 108 orang penumpang yang nekat naik di atas gerbong KRL. Menurutnya para penumpang ini biasanya dikenakan denda beberapa kali lipat harga tiket KRL. "Pada hari pertama kita sudah tindak 47 orang, hari kedua 25 orang, hari ketiga 26 orang dan hari keempat 10 orang," katanya.


(nal/fay)

Sumber =

http://www.detiknews.com/read/2011/05/18/142240/1641688/10/naik-di-atap-krl-siswa-smp-tewas-terjatuh-di-pasar-minggu

Saya ketik pada tanggal 20 Mei 2011. :)

Pemotongan Jalur KA di Purwakarta Siap Dilakukan

Kamis, 19 Mei 2011 - 14:17 WIB

PURWAKARTA (Pos Kota) – Wakil Menteri Perhubungan RI Bambang Susantonomeninjau kesiapan pemberlakuan shot cut (pemotongan lintasan jalur KA) Cibungur-Tanjungrasa ke Stasiun Cibungur, Kab Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (19/5) siang. Kunjungan orang nomor dua di Kantor Kemenhub itu didampingi Dirjen Perkeretaapian Indonesia Tundjung Inderawan dan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat serta Kahumas PT KAI Daop 2 Bandung Bambang SP.

Menurut Kahumas Daop 2 Bandung, Bambang SP kunjungan Wakil Menteri Perhubungan dan Dirjen Perkeretaapian ke Stasiun Cibungur, Purwakarta untuk melihat dari dekat kesiapan sarana dan prasarana menjelang pemberlakuan shortcut Cibungur-Tanjungrasa (Subang) yang berjarak -+ 15 km, pada tahun 2012 mendatang. ” shortcut ini berfungsi menyambungkan track kereta api dari arah Bandung menuju Semarang. KA tak lagi masuk ke stasiun Cikampek dan langsung memotong lintasan melalui shortcut Cibungur-Tanjungrasa,” jelas Bambang kepada Pos Kota, Kamis siang.

Diagendakan, usai meninjau kesiapan di Stasiun Cibungur, Purwakarta, rombongan Wamenhub RI diteruskan meninjau kesiapan di Stasiun Tanjungrasa, di Kab Subang, menumpangi Kereta Api Khusus Wijaya Kusuma. (dadan)

Sumber = http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2011/05/19/pemotongan-jalur-ka-di-purwakarta-siap-dilakukan

Aku ketik pada tanggal 22 Mei 2011. :)

Jelang Batavia Union Vs Persebaya 1927

KA Pasundan Batal Berangkat, Puluhan Bonek Ngamuk

Sabtu, 21 Mei 2011 17:29:59 WIB

Reporter : Ragil Priyonggo

Surabaya (beritajatim.com) - Puluhan pendukung Persebaya 1927 alias Bonekmania kembali berulah. Hal ini dipicu akibat PT. KAI yang membatalkan keberangkatan kereta api Ekonomi Pasundan Jurusan Surabaya-Bandung, Sabtu (21/5/2011) pagi dari stasiun Gubeng. Keinginan puluhan bonek untuk menumpang kereta api Pasundan ialah untuk memberikan dukung kepada tim kesayangannya yang akan bertanding melawan Batavia Union di ajang Liga Primer Indonesia, Minggu (22/5/2011).

Akibat tidak bisa berangkat, puluhan bonek tersebut emosi sehingga melempari gerbong kereta. Untungnya, pihak keamanan stasiun yang dibantu petugas Sabara Polrestabes Surabaya, berhasil membubarkan ratusan bonek di area Stasiun Gubeng sampai di Jalan Nias.Bahkan, petugas juga mengamankan dua bonek yang tertangkap tangan melakukan pelemparan. Yakni Anwari dan Efendi, warga Pencidilan sehingga langsung dibawa pos keamanan stasiun dan diserahkan ke Polsek Gubeng. "Sekarang sudah dipulangkan setelah dijemput orang tuanya. Mereka masih di bawah umur dan ikut melakukan pelemparan karena ikut-ikutan teman-temannya yang lain," terang Kanit Reskrim Polsek Gubeng AKP Winarno kepada beritajatim.com.

Sementara itu, Manager Humas Daop VIII Sri Winarto saat dikonfirmasi mengakui jika ratusan Bonek sudah berada di Stasiun Gubeng sejak pagi. "Memang bonek sudah ada di Stasiun Gubeng sejak pagi, namun karena mereka melakukan penghentian Kereta Api di Jalan Nias, maka kreta Ekonomi Pasundan dibatalkan berangkat," jelas Winarto. Namun, lanjutnya, untuk jadwal kereta lainnya masih berjalan seperti biasa. Setelah pembatalan, PT KAI melakukan penyisiran hingga Krian untuk mengantisipasi bonek. [kun]

-----------------

Sumber = http://www.beritajatim.com/detailnews.php/5/Olahraga/2011-05-21/101413/

Tanggapan dari saya pribadi :

Ada keanarkisan, ada pula kebrutalan. Kedua kata ini saling sepupuan... Gairah muda telah menumbangkan masa depan yang cerah berkat didikan dan arahan yang salah berkat fenomena keisengan di depan mata mereka. Makanya wajar jika banyak anak - anak muda yang telah dicuci otaknya dengan beragam ilmu. Mulai dari terorisme yang mengats namakan ibadah hingga kepada permafiaan tingkat internasional. Suporter sepak bola, bagi saya hanyalah sebagian kecil dari banyak orang yang mengerti akan dukungan dengan cara yang salah.

Saya ketik pada tanggal 22 Mei 2011. :)

Jumat, 20/05/2011 16:22 WIB
Tabrakan Kereta di Afrika Selatan, 857 Orang Terluka
Rita Uli Hutapea – detikNews

Johannesburg - Tabrakan 2 kereta api terjadi di Afrika Selatan. Sekitar 857 orang terluka dalam insiden itu. Dua di antara korban luka dalam kondisi kritis. Kecelakaan itu terjadi di Meadowlands, Soweto, Johannesburg. Operator KA Afrika Selatan, Metrorail menyatakan, tak ada yang tewas dalam insiden itu. "Kami mendapatkan sekitar 857 orang yang terluka, ujar manajer regional Metrorail Douglas Chauke kepada kantor berita AFP, Jumat (20/5/2011).


Insiden itu terjadi sekitar pukul 18.00 Kamis, 19 Mei waktu setempat. "Dari 857 yang terluka, hanya dua yang mengalami luka kritis, sisanya luka-luka ringan," ujar Chauke. Kecelakaan itu terjadi ketika sebuah kereta penumpang menabrak kereta lain saat jam sibuk.


Kecelakaan kereta komuter kerap terjadi di Afrika Selatan. Pada tahun 2009 hampir 200 orang terluka dalam dua kecelakaan kereta terpisah yang terjadi hanya dalam selisih waktu beberapa jam.

(ita/nrl)

Sumber = http://www.detiknews.com/read/2011/05/20/162254/1643498/1148/tabrakan-kereta-di-afrika-selatan-857-orang-terluka

Metro Pagi / Internasional / Sabtu, 21 Mei 2011 04:31 WIB

Metrotvnews.com, Soweto: Dua kereta api bertabrakan di jalur persimpangan di Kota Soweto, Afrika Selatan, Jumat (20/5) malam. Lebih dari 600 orang terluka. Kecelakaan terjadi pada jam sibuk di kota tersebut. Menurut Direktur Metrorail Service, Mosengwa Mofi, kereta pertama tengah diam ketika ditabrak dari belakang oleh kereta lain. Ratusan penumpang kedua kereta terluka. Kebanyakan korban mengalami luka memar maupun patah tulang.


Selain dengan ambulans, pemerintah setempat juga mengerahkan helikopter darurat untuk mengangkut korban yang terluka parah.(RAS)

Sumber = http://www.metrotvnews.com/read/newsvideo/2011/05/21/128649/Kecelakaan-KA-di-Soweto-Ratusan-Orang-Terluka








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar