Jumat, 19 November 2010

Catatan Bulanan Pertengahan Bulan Oktober 2010

Catatan Bulanan
Pertengahan Bulan Oktober 2010
Dikumpulkan oleh = Saya Sendiri  Dana

Ada kemajuan ada pula bencana. Dari sekian banyak peristiwa mungkin sebuah anjlokan yang kembali terjadi ini yang menjadi sorotan tajam sepasang mata kita masing - masing. Sedikit kemajuan dari perkereta apian kita bahwasannya telah diuji coba sebuah lok di petak rel KA lintas selatan pulau Jawa. Menyikapi demokrasi sebuah negara dikenal romantikanya sungguh ironi bahwa aksi pembakaran dan pengrusakan terjadi tak ubahnya massa di negara kita ini.

Untuk selengkapnya silahkan simak apa yang telah saya rangkum di sepanjang awal bulan ini sefakta dan seakurat mungkin...

Mohon tanggapannya apabila ingin menanggapi...

Tanggal 12 Oktober 2010 :
1. Bus Dihajar Rangkaian KA Penumpang di Ukraina
Sebuah bus yang sarat dengan penumpang komuter dihantam dahsyat oleh sebuah rangkaian KA penumpang di sebuah kota di negara Ukraina. 43 orang dilaporkan tewas seketika mengingat kerusakkan pada badan bus yang luar biasa. Para korban selamat langsung dievakuasi oleh regu tim penolong, sementara mereka yang telah meninggal sempat tergeletak berjejer di pinggir rel KA. Kejadian tersebut berada di perlintasan KA liar atau tak berpalang di mana sang sopir tidak mengetahui datangnya rangkaian kereta penumpang yang ditarik oleh lokomotif listrik tersebut.

Presiden Ukraina Victoria Nukovic langsung menyatakan berkabung atas kejadian tersebut. Setiap korban diberikan santunan sebesar $ 12.000.

Sumber :
- Siaran berita World Report di Channel News Asia pukul. 22.00 WIB pada tanggal 12 Oktober 2010.
- Siaran berita Kabar Pagi di TV One pada tanggal 13 Oktober 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Ceroboh... sudah pasti. Namun, perlu diteliti kembali apakah sebegitu parahnyakah perlintasan tak berpalang tersebut mengingat vdari layar TV tampaknya perlintasan tersebut berada di petak rel KA yang lurus dan berada di jalanan dengan aspal yang cukup baik. Namun, pagi atau pun siang itu tampak timbunan salju di sekelilingnya.

2. PT. KA Ajukan Klaim Kerusakan Kereta ke BLI dan PT. PBB
Selasa, 12/10/2010 15:09 WIB
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Bandung – PT. KA Daops II Bandung akan mengajukan klaim kerusakan kereta ke Badan Liga Indonesia (BLI) dan PT. Persib Bandung Bermartabat (PBB). Total kerugian yang diderita PT. KA mencapai Rp 179.415.000,00. "Kami akan mengajukan klaim kerusakan ke BLI dan PT. PBB atas kerusakan 4 kereta api setelah pertandingan Persib melawan Deltras di Sidoardjo beberapa waktu lalu,"ujar Kepala Humas Stasiun Kereta Api Daops II Bandung Bambang S Prayitno saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (12/10/2010). Bambang mengatakan, pengajuan kerugian akan disampaikan secepatnya. "Kami akan ajukan dalam waktu dekat,"jelasnya.

Sementara, klaim kerugian sebelumnya hingga kini belum mendapat tanggapan serius dari BLI dan PT. PBB. Dari 22 Januari hingga 17 Mei 2010, total kerugian PT. KA mencapai Rp 264.134.250,00. Jumlah tersebut sudah diajukan tapi tak ditanggapi. "Sampai sekarang, pengajuan yang pertama belum ditanggapi. Padahal surat sudah disampaikan dengan tembusan kepada Gubernur Jabar, Kapolda Jabar dan bobotoh,"terangnya.

Sementara, total kereta yang rusak selama periode Januari hingga Mei mencapai 7 rangkaian kereta. Kemudian kasus terakhir di Solo beberapa waktu lalu merusak 4 rangkaian kereta.

(ors/avi)

Oris Riswan Budiana – detikBandung

Sumber dari = http://bandung.detik.com/ di :
http://bandung.detik.com/read/2010/10/12/150954/1462464/486/pt-ka-ajukan-klaim-kerusakan-kereta-ke-bli-dan-pt-pbb?881104485 pada tanggal 12 Oktober 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Yang namanya kejahatan harus diberantas dan harus dituntaskan pula kasusnya. Begitu pun yang dihadapin oleh para pendukung tim sepak bola yang anarkis tetaplah harus diberi pelajaran. Meski sulit karena bukan yang berwenang memberi penjeraan kepada mereka, setidaknya PT. KA sebagai pemfasilitas / fasilitator yang menderita kerugian materi dapat melakukan tuntutan tindak kejahatan mereka yah dengan nuntut ganti rugi tentunya.

3. Kebakaran di Penjaringan Mengganggu Perjalanan KA
Akibat sebuah kebakaran di sebuah rumah milik pria berusia 51 tahun, petugas Pemadam Kebakaran dengan terpaksa harus menghentikan perjalanan KA di kawasan Bandengan Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara. Sulitnya proses pemadaman akibat terjadinya di lahan padat penduduk di pinggir rel KA pula itu memaksakan Rukiyat salah seorang Kasi Sektor 6 dari Dinas PMK Penjaringan untuk melapor kepada pihak terkait dalam hal ini PT. KA Daops I Jakarta agar perjalanan KA dihentikan sementara waktu. Kebakaran yang terjadi sekitar jam ½ 1 siang itu membuat para warga di sekitar tempat tinggal korban untuk mengungsikan barang – barang perabotan yang dapat diselamatkan dengan sangat tergesa – gesa. Meski banyak yang sudah hangus terbakar, namun para warga tetap berusaha mencari puing – puing yang bisa saja masih tersia yang utuh bagi mereka.

Kejadian tersebut tidak merenggut korban jiwa, namun selain menghambat laju perjalanan KA kebakaran tersebut tentu memberi kerugian bagi para penghuninya karena harta benda mereka masing – masing telah terbakar.

Keterangan :
Di sekitar jam 4 sore kala itu saya berada di dalam bus Trans Jakarta saya saksikan dari atas jembatan layang Roxy kalau rangkaian KRL Ekonomi AC Ciliwung sudah melintas sedang mengarah ke stasiun Duri. Nampaknya jalr KA tersebut sudah dibuka kembali beberapa jam begitu api telah padam dan para warga setempat sudah mengevakuasi segala perabotan masing – masing dengan selamat ke rumah mereka masing – masing.

Sumber = Siaran berita Metro Sore di Metro TV pada tanggal 12 Oktober 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Padahal tempoe lalu dikala Kahumas Daops I Jakarta masih dijabat oleh pak Akhmad Sujudi (kini di Daops II Bandung dalam jabatannya di bagian peti kemas Gede Bage) sejumlah rumah di sepanjang rel KA mana pun dibongkar. Namun, kini nampaknya jabatan itu sirna dan perumahan liar pun dibiarkan dibangun kembali tanpa adanya pembongkaran kembali.

Tanggal 13 Oktober 2010 :
1. Test Run Lokomotif CC 204 18
Fri, October 15, 2010 9:12:37 AM
[keretapi] Test Run CC20418
From: deden suprayitno deden_suprayitno@yahoo.com Add to Contacts
To: keretaapi keretapi@yahoogroups.com
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Hari Rabu kemarin 13/10/2010 jam 10.00 wib dilakukan Test Run CC 204 18 diikuti oleh beberapa pejabat Kantor Pusat, Daops 2 dan bbrp kru GE dan INKA. Test run dengan route Bandung – Cipendeuy – Bandung dengan formasi CC 204 18 + 1 BP + 4 K1 + 1 KM1 + 6 K1 di mana rangkaian yang dipakai adalah rangkaian turangga dan tambahan 3 K1 Gopar. Senang banget ikut rangkaian ini soalnya seperti naik Turangga siang AC hidup kecuali TV aja yang mati. Dilakukan di jam segitu karena arah ke timur bebas dr lantas KA. test yang dilakukan selama itu adalah Test Rem Darurat. Test beban dengan berhenti ditanjakan petak Cicalengka – Nagrek. Emergency break dead man pedal, dll. ada sedikit masalah di sinyal masuk Bumi Waluyo arah Cipendeuy, lok mati karena fuel pumpnya tidak berfungsi karena kabelnya terbakar dan diperbaiki oleh teknisi GE. Berikut keterangan foto2nya :
1. KLB diberangkatkan dr jalur 5 st BD.
2. ditikungan leles back riding.
4. Lok berhenti total di sinyal muka Bumi Waluyo arah Cipendeuy menunggu Lokpen dtng yang kebetulan KA serayu dr timur sudah di Cipendeuy dan kebetulan lg double traksi. Jd loknya dilepas untuk membatu KLB ini dan rangkaian didorong mundur kembali ke st BMW untung sepur beloknya cukup buat 2 lok dan 12 kereta.
5. Idem dengan no. 3.
6. perbaikan singkat karena ada kabel sensor fuel pump terbakar. setelah diganti lokpun siap beraksi kembali.
7. nyampe di st Cipendeuy. orang2 bilang " Panjang pisan Kareta teh..."
8. menunggu S40 kembali ke Bandung sekarang CC 204 18 sudah sehat kembali dan Cc20306 di belakang Idle dan ternyata Cc20418 perkasa juga dia bisa berlari kencang membawa rangkaian yg panjang. sungguh pemandangan langka bisa lihat rangkaian sepanjang itu di DAOP 2.
9. mereka pun akhirnya kembali ke dipo untuk beristirahat.

Deden Suprayitno

Sumber = Postingan rekan Deden Suprayitno ke milis keretapi@yahoogroups.com pada tanggal 15 Oktober 2010.

Tanggapan saya pribadi :

Syukurlah dengan dilakukannya test run lokomotif CC 204 seri 18. Meski ada saja rintangan yang mogok segala dan lain sebagainya, tapi seenggaknya lok ini bisa menjadi lokomotif koleksi milik PT. KA dalam hal ini Daops II Bandung sebagai lokomotif berjenis diesel elektrik.

2. Polres Lebak Kejar Dua Pelaku Pembakar KA
Rabu, 13 Oktober 2010 23:19 WIB | Peristiwa | Hukum/Kriminal | Dibaca 755 kali
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Lebak (ANTARA News) - Kepolisian Resor Lebak, Provinsi Banten, mengejar 2 pelaku yang diduga aktor pembakaran gerbong kereta api yang tengah parkir di stasiun Rangkasbitung. "Kami hingga kini masih mengejar kedua tersangka pembakaran gerbong kereta api (KA)," kata Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Lebak Ajun Komisaris Besar Widoni Fedri, Rabu. Widoni mengatakan kedua tersangka tersebut diduga sebagai aktor pembakaran puluhan gerbong kereta api seperti hasil pemeriksaan teman pelaku berinisial EK yang terlebih dahulu ditangkap petugas. Pelaku kini menjalani pemeriksaan untuk mengungkap kasus kebakaran tersebut.

Foto dari siaran berita Seputar Indonesia di RCTI pada tanggal 13 Oktober 2010.

Selama ini, katanya, Polisi belum mengetahui motif pembakaran gerbong - gerbong kereta api yang di parkir di stasiun Rangkasbitung. Menurut dia pelaku yang belum tertangkap, yakni RO dan DP terus diburu petugas. Namun, pelaku yang sudah ditangkap EK kini terus mengelak. Kebakaran gerbong kereta api itu sengaja dibakar karena hasil laporan Puslabfor Mabes Polri teridentifikasikan ada 3 titik api, yaitu di jalur 3, 4, 6, serta ditemukan arang dan bahan bakar bensin, sedangkan pada jalur 5 tidak ditemukan titik api. "Dari aksi pembakaran itu tercatat 24 gerbong hangus terbakar dan kondisinya rusak total,"katanya.

Dia menyebutkan, pemeriksaan saksi yang dimintai keterangan sebanyak 19 orang dan akhirnya polisi menetapkan 3 pelaku. Ketiga pelaku, yakni EK, RO dan DP, namun EK berhasil ditangkap tadi malam, sementara RO dan DP masih buron. "Mudah-mudahan kedua tersangka segera bisa tertangkap. Semua tersangka adalah warga Rangkasbitung dan belum diketahui motif pembakaran,"katanya. Para pelaku pembakaran kereta beraktifitas sehari - hari di stasiun Rangkasbitung dan di antaranya ada tersangka berprofesi sebagai pencopet. "Saya minta kedua pelaku itu sebaiknya menyerahkan diri kepada pihak berwajib,"katanya.(*)

(U.KR-MSR/B015/R009)

Sumber dari = http://www.antaranews.com/ di :
http://www.antaranews.com/berita/1286986742/polres-lebak-kejar-dua-pelaku-pembakar-ka pada tanggal 13 Oktober 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Kejahatan akan selalu kalah di tangan kebaikan. Segala daya upaya apapun yang dilakukan Polisi pasti akan terus membuahkan hasil tertangkapnya para pelaku kejahatan. Di balik motif itu semua sungguh keterlaluan sarana transportasi darat merakyat ini dibakar sia – sia. Padahal para pembakar tersebut pastinya amat memerlukan transportasi cepat dan murah meriah ini. Saya yakin ada oknum tertentu yang membelakangi ini dengan memanfaatkan orang – orang kelas teri macam mereka yang membakari rangkaian kereta yang tersedia.

Tanggal 14 Oktober 2010 :
1. Pembongkaran Bangunan Liar di Pinggir Rel KA di Indro Sempat Dilanda Sedikit Kericuhan
PT. KA Daops VIII Madiun tidak ingin laju perjalanan KA di kawasan Indro – Gresik mengalami gangguan hanya karena dikelilingi oleh pemukiman liar. Untuk itu dipilih langkah pembongkaran secara serentak baik itu pemukiman liar maupun juga perkantoran yang persis berada di pinggir rel KA. Namun, dalam pembongkaran tersebut ada 1 warganya yang memberontak dengan alasan karena dirinya baru saja mendirikan bangunan. Namun, aksi nenek yang seorang diri tersebut dapat terelakkan, para petugas pun tetap terus melakukan pembongkaran.

Sumber = Siaran berita Kabar Petang di TV One pada tanggal 14 Oktober 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Sudah tahu mengganggu laju perjalanan KA dan di lahan milik PT. KA pula, kenapa mesti ada pemberontakkan segala sih yah? Dasar orang – orang aneh…

2. Perkuat Independensi, KNKT Bertanggungjawab Langsung ke Presiden
Kamis, 14/10/2010 19:59 WIB

Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Jakarta - Pemerintah memutuskan untuk merevisi Keppres No 105/1999 tentang Struktur dan Lingkup Tugas Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Nantinya KNKT tidak lagi bertanggung jawab kepada Kementerian Perhubungan melainkan langsung kepada Presiden. "Tadi diputuskan untuk diubah strukturnya langsung bertanggung jawab kepada Presiden. Ini untuk memperkuat independensi KNKT,"kata Juru Bicara Wakil Presiden Yopie Hidayat saat menyampaikan 1 dari 8 keputusan rapat mengenai keselamatan transportasi udara dan laut di Kantor Wapres, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis(14/10/2010). Rapat yang dipimpin oleh Wapres Boediono itu dihadiri oleh Menteri BUMN Mustafa Abubakar, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, pejabat terkait di Kementerian Perhubungan, serta perwakilan PT Angkasa Pura I dan II.

Menurut Yopie, KNKT memang melakukan penyelidikan tidak untuk mencari siapa yang salah melainkan penyebab dari terjadinya suatu kecelakaan alat transportasi. Namun begitu, KNKT tetap memerlukan independensi dalam bekerja. Ia menambahkan, restrukturisasi KNKT juga bertujuan untuk membuat organisasi tersebut mengalami empowerment dan bebas ketergantungan dari Kemenhub. Namun, bukan berarti perubahan tersebut membuat struktur KNKT menjadi lebih gemuk. "Ini akan dikerjakan oleh kantor Menko Ekonomi dan tenggat waktunya pada akhir tahun ini akan selesai. Disebutkan bahwa restrukturisasi ini tidak membuat organisasinya menjadi besar atau strukturnya jadi tambah orangnya dan sebagainya, tapi tetap dengan efisien,"jelas Yopie.

Masih terkait dengan KNKT, rapat juga memutuskan untuk memperketat pengawasan pelaksanaan rekomendasi yang dikeluarkan oleh KNKT. Selama 2 tahun ini, rekomendasi KNKT memang sudah cukup membuahkan hasil. Sebagai contoh diperbolehkannya pesawat Garuda Indonesia untuk terbang kembali ke eropa. Namun, KNKT tidak cuma berkaitan dengan keselamatan penerbangan saja, melainkan seluruh moda transportasi. "Dan juga akan memperketat sanksi kepada seluruh pelanggar peraturan keselamatan transportasi. Bisa menyangkut perusahaan, bandara, maupun nanti pelabuhan yang tidak memenuhi ketentuan standar operasi yang berkaitan dengan keselamatan. Sanksi termasuk pelanggaran individual,"tutupnya.

(irw/ayu)

Irwan Nugroho - detikNews

Sumber = http://www.detiknews.com/ di :
http://www.detiknews.com/read/2010/10/14/195907/1465390/10/perkuat-independensi-knkt-bertanggungjawab-langsung-ke-presiden?991102605 pada tanggal 15 Oktober 2010.

Tanggal 15 Oktober 2010 :
1. Seorang Penumpang Tersetrum di Atap KRL Ekonomi
Tidak jeranya umat manusia komuter Jabodetabek yang melanggar aturan keselamatan dalam bertransportasi. Kali ini kembali lagi seorang penumpang tersengat listrik dengan tegangan listrik sebesar ribuan Voltase dari sebuah pantograf di atap sebuah KRL Ekonomi. Si korban tersebut tersambar seketika KRL Ekonomi yang menuju ke Jakarta tersebut berada di stasiun Universitas Indonesia pada pagi hari. Seketika pula mengganggu perjalanan KRL di belakangnya.
Akibat peristiwa tersebut perjalanan KRL dari segala arah terganggu selama 3 jam. Ini dikarenakan dari pihak stasiun mematikan aliran listrik sehingga perjalanan KRL sempat terhenti total. Seperti yang dituturkan Mamat salah seorang saksi mata bahwa korban yang berseragam sekolah itu naik dari stasiun Depok.

Sumber = Rekan – rekan KRLMania di situs Facebook.com pada tanggal 15 Oktober 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Berlanjut dari ketikan di atas bahwa ada saja kecerobohan dari umat manusia sebgala lapisan. Entah itu terkait petugas dinas perjalanan KA, entah itu mereka yang justru konsumen KA. Maut menimpa mereka, waktu pun terbuang begitu saja yang dirasakan oleh segenap para penumpang KA tentunya.

2. Terowongan KA Terpanjang di Dunia Segera Rampung
Jumat, 15 Oktober 2010, 14:51 WIB
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
REPUBLIKA.CO.ID,SWISS -- Terowongan rel kereta api terpanjang di dunia yang menghubungkan Swiss dan Italia sebentar lagi selesai dikerjakan. Sebuah mesin bor raksasa tinggal sedikit lagi menerobos bebatuan untuk menuntaskan pekerjaan besar tersebut. Penyelesaian terowongan sepanjang 56,6 kilometer itu dinilai sebagai pencapaian yang belum pernah diraih manusia sebelumnya. Megaproyek senilai US$ 10miliar ini menembus pegunungan Alpen. Terowongan itu menembus melalui Gotthard termasuk Vatgira yang memiliki ketinggian 8.200 kaki hingga mencapai Italia.

Terowongan itu dibuat untuk mengalihkan pengangkutan barang dari truk di jalan raya ke kereta api lantaran truk - truk besar dikhawatirkan merusak kemurnian lanskap pegunungan Alpen di Swiss. Pemilih Swiss yang mesti ikut membiayai proyek ini sebesar US$1.300 per orang, menyetujui pembangunan terowongan raksasa ini melalui serangkaian referendum hampir 20 tahun lalu. Namun, penduduk Swiss masih perlu menunggu beberapa saat lagi untuk dapat menggunakan jalur kereta itu.

Terowongan kereta api di Swiss Kalangan pendukung konservasi mengatakan, uang yang dikeluarkan untuk membiayai proyek itu tak seimbang jika waktu yang dihemat untuk perjalanan dari Eropa Utara ke Italia hanya sejam. ''Swiss mencintai pegunungan mereka,''kata Thomas Brolli seorang mantan wartawan yang menjadi juru kampanye kelompok Inisiative Alpen. ''Setiap orang Swiss terkait dengan Alpen, apakah mereka lahir di sana atau sekadar pergi berlibur ke sana.'' Sekitar 1,2 juta truk melintasi pedesaan di pegunungan Alpen di Swiss setiap tahunnya. Truk - truk itu merusak tanaman langka dan mengganggu hewan-hewan. Alat transportasi itu juga menambah erosi, musuh terbesar di Alpen. Namun, Swiss tidak memutuskan untuk menghentikan truk - truk asing itu untuk melintasi negaranya. Demi menjaga pegunungan yang mereka cintai agar tak sedikit demi sedikit tergerus, Swiss memilih untuk membuat terowongan raksasa tersebut. Rencana megaproyek ini sebenarnya telah disusun sejak 60 tahun lalu.

Terowongan yang diberi nama Gotthard Base Tunnel ini rencananya akan dibuka untuk lalu lintas pada 2017. Terowongan ini akan mengalahkan Japan Seikan Tunnel yang sepanjang 52,8 kilometer. Melalui terowongan ini, Swiss mengharapkan lebih banyak barang yang bisa diangkut dan lebih cepat dengan kereta api.

Sumber = http://www.republika.co.id/ di :
http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/internasional/10/10/15/140445-menembus-pegunungan-alpen-terowongan-terpanjang-di-dunia-segera-selesai pada tanggal 15 Oktober 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Meski lama pembangunannya dan memberi kesan merusak habitat alamiah pada pegunungan Alpen, namun laju truk – truk ini sudah tidak bisa dibiarkan lagi. Apalagi truk – truk tersebut berasal dari negara bukan Swiss. Tentu saja amat sangat mengganggu habitat alamiah dan warga penduduk sekitar beberapa kawasan di pegunungan Alpen. Semoga saja pembangunannya terus berjalan lancar karena mengingatkan kita pada ruas tol Cipularang yang justru membelah perbukitan.

Tanggal 21 Oktober 2010 :
KA Harina Anjlok di Jatiluhur
Kamis, 21 Oktober 2010 | 08:30 WIB
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
JATILUHUR, KOMPAS.com — Kereta Api Harina jurusan Semarang - Bandung anjlok di Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (21/10/2010) pagi. Diduga, kereta api tersebut anjlok setelah dihantam material longsoran di desa Mekargalih, kecamatan Jatiluhur sekitar pukul. 05.00. Tidak ada korban akibat kejadian itu, tetapi sejumlah kereta terhambat karena gerbong dan lokomotif melintang di 2 jalur. Hingga pukul 08.00 WIB, para pekerja masih berupaya membersihkan jalur. Mereka mengeruk dan membuang tanah dan batu cadas yang longsor di sisi timur titik tersebut.

Menurut sejumlah warga, lokasi itu merupakan daerah rawan longsor. Pada Rabu malam hujan mengguyur kawasan itu, tetapi hanya berlangsung sekitar 1 jam. "Terdengar suara keras yang ternyata berasal dari lokomotif dan gerbong yang keluar dari rel,"kata Uman warga setempat. Kereta membawa 4 gerbong Eksekutif, 1 gerbong Bisnis dan 1 gerbong Makan. Semua penumpang diangkut menuju Bandung dengan menggunakan bus akibat kejadian itu.

Laporan wartawan KOMPAS Mukhamad Kurniawan

Keterangan = Lokomotif yang sengsara tersebut diketahui CC 201 69 dipo SDT / Sidotopo.

Sumber = http://www.republika.co.id/ di :
http://regional.kompas.com/read/2010/10/21/0830287/KA.Harina.Anjlok.di.Jatiluhur tanggal 21 Oktober 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Hmmm…. Mau komen apa yah??? Sudah terlalu banyak tinta oranye / kuning nih… Semata – mata apakah keteledoran JPJ / juru penilik jalan rel kah atau memang gejala alam yang sulit kita prediksi bahkan JPJ sekalipun?

Tanggal 21 Oktober 2010 :
KA Barang Nyaris Ludes Terbakar di Bojonegoro
Kamis, 21/10/2010 12:49 WIB
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Bojonegoro - Sebuah gerbong Kereta Api (KA) barang 52 jurusan Jakarta - Surabaya nyaris hangus terbakar saat melintas di desa Prayungan, kecamatan Sumberrejo, Bojonegoro pukul. 10.45 WIB, Kamis (21/10/2010). Diduga penyebab insiden kereta berloko CC 203 27 ini karena kampas kerusakan pada kampas rem. Beruntung api yang menjilat - jilat di bagian bawah gerbong kelima dari 8 rangkaian itu segera bisa dipadamkan sehingga tidak sampai menjalar ke gerbong. Informasi yang dihimpun, bau gosong sudah menyengat sejak kereta melaju dari Semarang, Jawa Tengah. Bau terbakar itu makin tercium saat kereta melintas di Cepu ketika berpapasan dengan KA Argo Bromo Anggrek dari arah Surabaya menuju Jakarta.

"Sejak dari Semarang sudah tercium bau kebakaran dan bau tersebut semakin menyengat ketika kereta melintas di Cepu,"kata Agus salah satu penumpang yang mengawal barang paketan dari PT. Herona Ekspres, Jakarta. Sesampai di desa Prayungan, kecamatan Sumberrejo, Bojonegoro, KA barang yang dimasinisi Sudarman (38) warga Jl. Lamongan, Surabaya langsung berhenti setelah mendengar teriakan warga. "Mendengar banyak warga berteriak kebakaran dan melihat banyak kepulan asap dari gerbong kereta. Begitu masinis menghentikan kereta, semua orang yang ada di dalam kereta langsung turun,"kata Joko warga Prayungan. Setelah berhenti terlihat bahwa kebakaran terjadi di gerbong nomor B 09505. Muaranya adalah roda belakang kanan gerbong. "Setelah berhenti, masinis dan semua kru KA berusaha memadamkan api dengan air bercampur lumpur yang diambil dari sawah,"ungkap Joko.

1 jam kemudian api berhasil dipadamkan. KA barang kemudian melanjutkan ke stasiun Sumberrejo yang berjarak sekitar 3 km untuk dilakukan perbaikan. "Sekitar 1 jam KA berhenti untuk memadamkan api dan pendinginan,"tambahnya. Kapolsek Sumberrejo AKP Fandik tidak bersedia berkomentar banyak. Ia hanya membenarkan peristiwa tersebut dan saat ini kereta telah dibawa ke stasiun Sumberrejo untuk dilakukan perbaikan.

(fat/fat)

Riza A - detikSurabaya

Sumber = http://surabaya.detik.com/ di :
http://surabaya.detik.com/read/2010/10/21/124913/1471170/475/ka-barang-nyaris-ludes-terbakar-di-bojonegoro pada tanggal 21 Oktober 2010.

Peristiwa – peristiwa Yang Kami Alami Sendiri :

Tanggal 15 Oktober 2010 :
1. KA Gumarang Mogok di Stasiun Kranji, Bekasi
Entah apa yang terjadi pada lokomotif penarik rangkaian KA Klas Bisnis +Eksekutif Surabaya – Jakarta tersebut. Dalam perjalanannya selepas stasiun Bekasi menuju stasiun akhir di Jakarta Kota justru mengalami mogok di stasiun Bekasi. Serentak perjalanan KA di belakangnya mengalami gangguan. Padahal petak rel yang dilaluinya menjadi rute perjalanan KA yang padat atau sarat dengan penumpang yang hendak beraktifitas di sekitaran Jakarta.

Sumber = Rekan – rekan KRLMania di situs Facebook.com pada tanggal 15 Oktober 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Belum kemarin terganggu banjir dan pohon tumbang, kali ini mogoknya lokomotif mengganggu perjalanan KA di petak rel yang padat sekali di jam – jam sibuk.

2. Gangguan Sinyal di Stasiun Kebayoran
Aktifitas para pengguna jasa KRL Serpong – Jakarta dan KD3 Langsam Rangkas Bitung – Jakarta di pagi hari mengalami gangguan. Ini karena sinyal di stasiun Kebayoran mengalami gangguan.

Sumber = Rekan – rekan KRLMania di situs Facebook.com pada tanggal 15 Oktober 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Peristiwa gangguan perjalanan KA terjadi berturut – turut di pagi hari ini di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Ada apa sebetulnya ini dengan wilayah Daops I Jakarta? Apakah semata karena kasus pasca musibah KA Argo Bromo Anggrek dengan KA Senja Utama atau memang ada unsur sabotase terkait pembakaran rangkaian KA Klas Ekononi di stasiun Rangkas Bitung beberapa hari yang lalu? Sungguh ironis PT. KA Daops I Jakarta hari ini.

Sedikit Kilasan Out Of Topic / OOT atau diluar topik :
OOT itu berita yang saya rangkum di luar peristiwa perekereta apian namun masih menjadi tanda tanya bagi saya pribadi. Mungkin saja ada kaitannya meski sedikit atau pun banyak keterkaitannya dengan kereta api dalam peristiwa tertentu.

Tanggal 15 Oktober 2010 :
Klanting Dipuja Para Penggemar di Stasiun Kalibata
Saat syuting film untuk mengangkat nama besar personel grup band jalanan semacam Klanting ini, sejumlah warga masyarakat yang berada di peron stasiun Kalibata sebagai lokasi syuting mereka sempat memuji kelima pria jebolan Indonesia Mencari Bakat di Trasn TV tersebut. Kelima pria Arek – arek Suroboyo yang tergabung dalam band jalanan tersebut kini sudah mencapai 2 besar dan tinggal beberapa jengkal saja mencapai kejayaan sebagai yang paling diidolakan warga masyarakat se-Indonesia melalui polling SMS.

Meski siang itu diterpa hujan yang cukup deras, tidak sedikit warga masyarakat yang simpatik terutama kaum hawa dengan ikut berfose bersama dengan para idola baru di kancah keartisan tersebut. Klanting yang berada di peron 1 stasiun Kalibata tersebut juga sempat disambangi oleh seorang ibu yang sedang hamil. Sang ibu dari calon bayi yang sedang dikandunginya itu sempat mengelus – elus wajah di antara mereka berlima dengan alasan ngidam agar sang bayi dapat rejeki yang enggak kalah baiknya dari mereka.

Sumber = Siaran infotainment Insert Investigasi di Trans TV pada tanggal 15 Oktober 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Pemilihan stasiun Kalibata sungguh baik tentunya bagi kami terutama pengguna jasa KRL Jabodetabek. Lagi, sebuah perkereta apian diangkat sekilas segimana mereka merasakan masa lalu penuh suka dan duka sebagai anak jalanan. Tidak terkecuali di belantara ibukota semacam Surabaya dan Jakarta. Terlebih di stasiun – stasiun kecil KA.

Sepanjang Pertengahan Bulan Oktober 2010 :

1. Topan Filipina

2. Perancis Menuntut Perpanjangan Usia Pensiun
Bagian 1 :
Protes Nasional di Perancis Berlanjut
Headline News / Internasional / Minggu, 17 Oktober 2010 08:10 WIB
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Metrotvnews.com, Paris: Unjuk rasa dan mogok massl terus bergulir di seantero Prancis. Tak jarang aksi diwarnai bentrokan antara polisi dan demonstran. Massa menentang rencana reformasi Undang - Undang Pensiun yang digulirkan Presiden Nicolas Sarkozy. Aksi berlangsung panas tampak saat sekitar 825ribu orang turun ke jalan, pagi waktu Perancis. Pengunjuk rasa berlari - lari sepanjang jalan dan berteriak sambil melemparkan kaleng - kaleng bekas minuman. Beberapa di antaranya ditangkap Polisi berpakaian sipil. Aksi unjuk rasa massal ini telah terjadi untuk kelima kalinya dalam 1 bulan terakhir untuk memprotes rencana perpanjangan usia pensiun dari usia 60 tahun menjadi 62 tahun.

Aksi pemogokan massal juga mengganggu sistem transportasi di Perancis, khususnya kereta api dan pesawat terbang. Demikian juga sekolah dan pelabuhan harus tutup. Kementrian Dalam Negeri memperkirakan di berbagai kota di Perancis kecuali Paris aksi unjuk rasa diikuti sekitar 340ribu orang. Mereka mulai melakukan aksinya sejak tengah hari. Aksi unjuk rasa akan terus digelar hingga Selasa (18/10) mendatang atau sehari sebelum senat melakukan pemungutan suara untuk menyetujui Reformasi Undang - Undang Pensiun.(RIE)

Sumber = Situs http://www.metrotvnews.com/ di :
http://www.metrotvnews.com/metromain/newsvideo/2010/10/17/115173/Protes-Nasional-di-Prancis-Berlanjut

Bagian 2 :
Unjuk Rasa di Paris Berlangsung Chaos
Metro Pagi / Internasional / Senin, 18 Oktober 2010 05:36 WIB
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Metrotvnews.com, Paris: Bentrokan terjadi di kota Paris, Perancis, Ahad (17/10). Ribuan pemuda merusak pertokoan serta fasilitas umum karena menolak perubahaan undang - undang tentang pensiun. Para pengunjuk rasa ini melempari polisi dengan batu dan dan bom molotov. Bahkan, selain merusak pertokoan dan fasilitas umum, mereka juga melukai sejumlah orang.

Aparat kepolisian setempat berusaha meredam aksi anarkis. Polisi mencoba membubarkan para demonstran dengan menggunakan gas air mata dan tameng. Unjuk rasa serupa terjadi hampir di sejumlah kota di Perancis. Ratusan bangunan termasuk sekolah dirusak. Pengunjuk rasa yang umumnya pemuda ini menentang rencana pemerintah Perancis yang akan menaikan usia pensiun dari 60 tahun menjadi 62 tahun. Mereka khawatir perpanjangan usia pensiun akan menyebabkan tingkat pengangguran di usia produktif semakin meningkat.(RIZ)

Sumber = Situs http://www.metrotvnews.com/ di :
http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/newsvideo/2010/10/18/115220/Unjuk-Rasa-di-Paris-Berlangsung-Chaos

Bagian 3 :
Aksi Menentang RUU Pensiun Prancis Terus Bergulir
Metro Pagi / Internasional / Rabu, 20 Oktober 2010 05:01 WIB
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Metrotvnews.com, Paris: Bentrokan antara kelompok pemuda dan Polisi kembali pecah di berbagai daerah di kota Paris, Perancis, Selasa (19/10). Demonstran menentang rencana pemerintah menaikkan usia pensiun dari 60 menjadi 62 tahun. Di pinggir Paris, tepatnya di wilayah Nanterre, ratusan pemuda melempari Polisi dengan batu. Polisi membalasnya dengan menembakkan gas air mata. Di Place de La Republique, massa melempari polisi dengan batu dan sampah.

Kemarin merupakan hari keenam aksi pemogokan di Paris guna menentang rencana reformasi undang - undang pensiun. Perdebatan soal masalah itu alot sejak awal September. Pemimpin Serikat Pekerja akan terus berdemonstrasi hingga RUU itu dibatalkan. Unjuk rasa berujung bentrok juga terjadi di kota Lyon. Polisi anti huru - hara Perancis menangkap para pemuda setelah memecahkan jendela dan melempari gedung saat berunjuk rasa. Polisi menembakkan gas air mata untuk membubarkan demonstran. Para pemuda membakar mobil dan tempat sampah. Mereka menggunakan kursi kafe untuk memecahkan jendela toko dan bank. Lalu, toko - toko tersebut dijarah.

Pengunjuk rasa menyatakan datang dengan aksi damai. Namun, tindakan Polisi membuat mereka melakukan aksi anarkis. Aksi protes menentang perpanjangan usia pensiun itu menjamur di seluruh Prancis. Pekerja pabrik, staf bandara, masinis, guru, pekerja pos dan sopir truk bergabung dengan pemuda dan mahasiswa dalam aksi mogok nasional.

(RAS)

Sumber = Situs http://www.metrotvnews.com/ di :
http://www.metrotvnews.com/metromain/newsvideo/2010/10/20/115356/Aksi-Menentang-RUU-Pensiun-Prancis-Terus-Bergulir

Tanggapan saya pribadi :
Mungkin Perancis meniru demokrasi ala Indonesia yah? Menuntut usia pensiun terlalu lama saja di berbagai sektor transportasi memicu amarah para warga terutama para mahasiswa/i dengan cara yang anarkis. Perancis lumpuh dan tidak terkesan lagi dengan keromatisannya.

Mungkin ada rekan – rekan yang ingin menambahkan atau meralatnya? Silahkan saja….

Salam,
Dana

Kalau mau japri, silahkan ke dk_aries@yahoo.com saja yah…….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar