Sabtu, 20 November 2010

Catatan Bulanan Akhir Bulan Oktober 2010

Catatan Bulanan
Akhir Bulan Oktober 2010
Dikumpulkan oleh = Saya Sendiri  Dana

Dari negara kita cuma sekedar pemberitaan bencana alam. Tiada longsor dalam hari - hari, bencana letusan dari sebuah obyek yang kini semakin muram menanti saat - saat dentumannya dan masih ada pula pemberitaan anjlokan. Perkembangan kemajuan dalam perkereta apian hanya sekedar sebuah terisolirnya sejumlah masyarakat penduduk pinggir rel KA saja.

Semua terangkum dalam catatan bulanan untuk
periode akhir pada bulan ini. Silahkan disimak tentunya.

Mohon tanggapannya apabila ingin menanggapi...


Tanggal 22 Oktober 2010 :

1. Kebakaran di Kampung Duri Menghambat Perjalanan KA

Lagi... kebakaran besar melanda sejumlah pemukiman kumuh di pinggir rel KA lintas stasiun Duri – stasiun Tanah Abang. Kejadian yang terjadi sekitar jam 6 pagi tersebu
t berasal dari sebuah prabik kecil persis di pinggir rel KA. Karena letaknya berdempetan dengan pemukiman kumuh, maka perumahan di sekitarnya pun juga tidak luput dari kobaran api, bahkan juga mengganggu sejumlah perjalanan KA yang biasa melintasi petak rel KA tersebut.

Lokasi kejadian persis berada tidak jauh dari perlintasan KA Jl. KH. Hasyim Ashari, Jakarta Pusat. Akibat kejadian tersebut, kebakaran yang menimpa sejumlah perumahan liar tersebut ditaksir menderita kerugian sekitar Rp 450juta,00. Dalam kebakaran tersebut dilaporkan tidak terjadi korban jiwa.

Sumber = Siaran berita Kabar Pasar di TV One pada tanggal 22 Oktober 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Sekali kumuh tetaplah perumahan kumuh. Sudah pasti tanah milik PT. KA itu pun tetaplah tidak layak betrada di pinggir rel KA. Apalagi rumah berbahan triplek, kayu dan sebagian beton itu pun kebakaran sehingga amat sangat mengganggu perjalanan KA meski minim.


2. Lagi, Seorang Penyeberang Rel Terhantam KA di Pesing, Jakarta
Seperti yang dituturkan oleh Warso salah seorang saksi mata bahwa korban nekad menerobos palang pintu KA yang telah menutup. Akibat ulah sembrononya itu, sang pengendara motor yang seorang pria itu pun dihantam kedahsyatan laju KRL Tangerang – Jakarta di perlintasan Jl. Daan Mogot, Jakarta. Korban yang tampak terburu – buru itu pun langsung dievakuasi oleh mobil pick up dari Kepolisian dan lekas dibawa ke RS Cipto Mangunkusumo untuk divisum. Akibat kejadian tersebut arus lalu lintas kendaraan bermotor pun sempat dilanda kemacetan sesaat.

Beberapa hari yang lalu pun seorang pengendara motor juga diterpa oleh laju kencangnya sebuah rangkaian KRL Ekonomi di kawasan Pesing yang tidak terlalu jauh dari lokasi kejadian hari ini. Namun, korban yang ternyata seorang tuna rungu itu pun juga langsung tewas ditempat.

Sumber =
Siaran berita Global Petang di Global TV pada tanggal 22 Oktober 2010.


Tanggapan saya pribadi :
Tetap saja dinamakan ceroboh... Sebab biar bagaimana pun petugas PJL sudah memberi peringatan dengan menutup pa;lang pintu perlintasan. Namun, sang korban tidak menggubrisnya dengan tetap melajukan motornya yang amat sangat beresiko tinggi dihantam perjalanan KA.


3. Penomoran Lokomotif Baru
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Fri, October 22, 2010 8:45:19 AM
[keretapi] Penomoran Lokomotif Baru
From: Gege Nugroho gegenugroho@yahoo.com Add to Contacts
To: Milis Kereta Api keretapi@yahoogroups.com

Dear Railfans...

Ada info penomoran lokomotif baru dengan penambahan Masa Mulai Dinas 2 digit, jadi CC 201 83 70 Lima digit pertama jenis lokomotif 2 digit berikutnya masa mulai aktif berdinas 2 digit berikutnya no urut. Apakah benar demikian (seperti tercantum di attachment)? Lalu ada info juga bahwa ada perubahan penomoran pada semua kereta? kalau benar, seperti apakah???

Terima kasih

*masih sedikit bingung dengan pembacaan nomor seri kereta*

Regards,
Gege Nugroho

Sumber = Postingan rekan Gege Nugroho di milis keretapi@yahoogroups.com tanggal 22 Oktober 2010.

Balasannya :

Fri, October 22, 2010 8:50:51 AM
Re: [keretapi] Penomoran Lokomotif Baru
From: iki iki ikiiki23@yahoo.com Add to Contacts
To: keretapi@yahoogroups.com
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

bener mas,


kemarin ada lok kluar BY YK yaitu CC 201 7723 dirangkai dengan KA 150 Pasundan.. menurut saya sih untuk mempermudah konsentrasi perawatan..sehingga dapat cepat tau pengawas chek di dipo terhadap lokomotif yang "berumur" dan melakukan check "lebih".. :D

rizky

Sumber = Postingan rekan iki iki ke milis keretapi@yahoogroups.com pada tanggal 15 Oktober 2010.

Fri, October 22, 2010 9:16:45 AM
Re: [keretapi] Penomoran Lokomotif Baru
From: iki iki ikiiki23@yahoo.com Add to Contacts
To: keretapi@yahoogroups.com
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

perubahan penomeran kode lokomotif ini berdasarkan keputusan Menteri Perhubungan No. 45 Tahun 2010...

Sumber = Postingan rekan iki iki ke milis keretapi@yahoogroups.com pada tanggal 15 Oktober 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Wah... penomoran yang sekilas aneh yah? Karena lok CC 201 saja sebetulnya mungkin masih bisa menambah serinya menjadi 3 digit. Yang ini koq malah double digit yah dengan masing – masing ada 2 digit? Jadinya CC 201 xx xx.


Tanggal 26 Oktober 2010 :
1. China Operasikan KA Berkecepatan Tinggi
Selasa, 26 Oktober 2010 | 14:30 WIB
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung
seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

BEIJING, KOMPAS.com - China secara resmi membuka jalur kereta api berkecepatan tinggi sepanjang 202 kilometer antara Shanghai dan Hangzhou, Selasa. Itu merupakan konstruksi kereta api terkini yang dimiliki negara itu. Kereta berkecepatan tinggi di delta sungai Yangtze itu dapat menempuh jarak 350 kilometer per jam mempersingkat waktu tempuh di antara kedua kota itu menjadi 45 menit dari biasanya 78 menit menurut laporan media negara. Jalur baru tersebut menjadikan jaringan kereta api berkecepatan tinggi China kini mencapai panjang 7.431 kilometer, terpanjang di dunia dan lebih dari 3x lipat dibanding Jepang.

China merencanakan akan membangun 13.000 kilometer jalur kereta kecepatan tinggi pada tahun 2012. Menurut rencana pemerintah China, tahun 2020 jaringan kereta api itu akan melayani lebih dari 90 persen penduduk dalam proyek senilai 300 miliar dollar AS.

Sumber = http://internasional.kompas.com/ di :
http://internasional.kompas.com/read/2010/10/26/14301917/China.Operasikan.KA.Berkecepatan.Tinggi pada tanggal 15 Oktober 2010.

Tanggapan saya pribadi :
YA IYALAH…!!! Dibandingkan Jepang tentu tidak sebanding kalau Cina terus memajukan perkereta apiannya karena luas negara Cina dapat dibilang -+ 10x lipat lebih besar daripada Jepang. Yang penting segimana pelayanannya, medannya mengingat kondisi cuaca di masing – masing negara dan kondisi sarana – pra sarana yang dimiliki oleh masing – masing perusahaan perkereta apian di masing – masing antara kedua negara tersebut.


2. Pembongkaran Bangunan Liar di Pinggir Rel KA di Indro Sempat Dilanda Sedikit Kericuhan
Tue, October 26, 2010 5:41:00 PM
[keretapi] petak Maswati Sasaksaat longsor..
From: iki iki ikiiki23@yahoo.com Add to Contacts
To: keretapi@yahoogroups.com

Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

dapet info dari masinis temen saya yang dines KA 24a argoparahyangan yang keberangkatan gambir jam 11.30 masi tertahan di stasiun maswati entah rendeh karena ada longsoran baru petak maswati-sasaksaat.perka bandung jakarta kembali lumpuh..

rizky

Sumber = Postingan rekan iki iki di milis keretapi@yahoogroups.com pada tanggal 26 Oktober 2010.

Info kelanjutannya :

Tue, October 26, 2010 6:05:04 PM
Re: [keretapi] petak Maswati Sasaksaat longsor..
From: iki iki ikiiki23@yahoo.com Add to Contacts
To: keretapi@yahoogroups.com

Langsung dari ketikan ybs :

Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata den
gan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

longsoran terjadi di km 149,jembatan bergeser tergerus air..Trus di terowongan ada genangan air sgt dalam

Sumber = Postingan rekan iki iki di milis keretapi@yahoogroups.com pada tanggal 26 Oktober 2010.
Keterangan : Waktu yang tercatat di atas pukul. 5.41 pm mengikuti wilayah GMT atau Green Meridien Time.

Tanggapan saya pribadi :
Rupanya alam memang belum bersahabat untuk petak rel KA antara stasiun Purwakarta dengan stasiun Padalarang. Semakin hari semakin terjadi bencana longsor yang sulit kita prediksi kejadiannya. Bahkan yang dilakukan oleh para petugas JPJ / juru penilik jalan rel KA sekalipun.


3. Longsor, Jalur KA Lintas Selatan Lumpuh
Jumat, 15 Oktober 2010, 14:51 WIB
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Liputan6.com, Purwakarta: Hujan deras yang mengguyur wilayah kabupaten Purwakarta sepanjang Senin (25/10) siang hingga sore menyebabkan sebuah tebing longsor dan menutupi jalur kereta api di kampung Pasir Ipis, kecamatan Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat. Timbunan material tanah dan batu ini berasal dari tebing yang runtuh. Akibatnya jalur kereta api lintas selatan yang menghubungkan Jakarta - Bandung dan sebaliknya lumpuh total.

Beruntung Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini karena bencana longsor terjadi beberapa saat setelah kereta api melintas. Namun, sedikitnya 3 kereta api jurusan Jakarta - Bandung sempat tertahan di stasiun Purwakarta dan para penumpang terpaksa melanjutkan perjalanan dengan bus. Longsor di lokasi ini merupakan yang kedua kalinya dalam 1 pekan terakhir. Pada 21 Oktober lalu KA Harina jurusan Semarang – Purwakarta – Bandung anjlok setelah menghantam longsoran tanah.(IAN)

Sumber = http://berita.liputan6.com/ di :
http://berita.liputan6.com/daerah/201010/303225/Longsor.Jalur.KA.Lintas.Selatan.Lumpuh tangga
l 26 Oktober 2010.

Keterangan :
Ingat di ketikan tertulis kejadian hujan di tanggal 25 Oktober, namun longsornya baru terjadi di tanggal 26 Oktober-nya.

Tanggapan saya pribadi :
Memang gejala alam sulit kita prediksi. Kita mampu mencegahnya dengan batas kemampuan yang kita miliki entah cukup dengan mengandalkan para petugas JPJ / juru penilik jalan rel KA yang pasti juga punya keterbatasan tenaga pula.


4. Hujan Abu Merapi Ganggu Sistem Wesel KA
Rabu, 27 Oktober 2010 16:00 WIB | Peristiwa | Umum | Dibaca 466 kali
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Purwokerto (ANTARA News) - Hujan abu akibat letusan gunung Merapi menyebabkan terganggunya sistem wesel di 5 stasiun wilayah PT. Kereta Api Daerah Operasi V Purwokerto pada Selasa (26/10) malam. "Gangguan sistem wesel atau alat pengubah arah jalur KA ini terjadi di stasiun Sumpiuh, Tambak, Ijo, Sruweng dan Soka,"kata Kepala Humas Daop V Purwokerto Surono di Purwokerto, Rabu. Menurut Surono, gangguan wesel mulai terjadi pada Selasa malam pukul. 23.00 WIB. Dalam hal ini kata dia abu vulkanik dari gunung Merapi menempel pada lidah wesel dan membuat motor penggerak tidak kuat membalik wesel. "Petugas kami segera mengatasi gangguan tersebut setelah wesel dibersihkan dari abu,"katanya.

Menurut dia, seluruh perbaikan terhadap gangguan sistem wesel tersebut dapat diselesaikan pada Rabu pagi, sekitar pukul. 06.00 WIB. Kendati terjadi gangguan pada sistem wesel, dia mengatakan peristiwa tersebut tidak mengganggu perjalanan KA. "Alhamdulillah seluruh perjalanan KA lancar meskipun tadi malam ada gangguan pada wesel,"katanya.

(SMT/B010)

Sumber = http://www.antaranews.com/ di :
http://www.antaranews.com/berita/1288170057/hujan-abu-merapi-ganggu-sistem-wesel-ka tanggal 27 Oktober 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Sampai sejauh itukah kejadian debu vulkanik?


5. KERETA API PEDULI BENCANA MERAPI

Mulai dari tanggal 26 Oktober – 5 November 2010
Wednesday, 03 November 2010 10:33
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Meletusnya Gunung Merapi 26/10 yang melulunhlantahkan Pemukiman dis ekitar kaki gunung tersebut membawa korban yang tidak sedikit. Setidaknya kurang lebih 34 warga sekitar Tewas akibat semburan awan panas Merapi termasuk Juru Kunci Mbah Maridjan. Akibat kejadian ini membuat keprihatinan berbagai instasi dan kalangan masyarakat.

Kota Yogyakarta sontak selama sepekan menjadi perhatian nasional maupun dunia. Semua terpaku pada peristiwa erupsinya Gunung teraktif di dunia yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dengan DIY ini. Bantuan logistik dan kesehatan secara cepat datang beruntun ke tempat lokasi pengungsian. Dalam aksi kemanusiaan ini PT Kereta Api Indonesia turut berpartisipasi dengan mengirimkan tenaga kesehatan dan bantuan untuk penanggulangan derita yang ditanggung korban pengungsi.

Posko kesehatan PT. Kereta Api Indonesia didirikan di SD Kiaran 1, Kecamatan Cangkringan. Direncanakan posko ini akan beroperasi jumat 29/10 s/d 5/11 dan melayani selama 24 jam. Masyarakat menyambut baik dan senang atas perhatian dari PT KAI (Persero) ini. Rekan-rekan UUK Daop 6 Yogyakarta dikerahkan untuk menjadi relawan. Bantuan tenaga medis juga datang dari Daop 2 Bandung dr. Rudy Hermayandi, Asmen UUK Daop 2 Bandung Inain, dan Daop 7 Madiun Surono serta Suparno. Posko ini difasilitasi dengan ambulance yang dibawa dari bandung serta berbagai macam obat-obatan untuk korban. Selain itu kegiatan pembagian masker gratis di kawasan pengungsian juga terus dilakukan untuk para pengungsi supaya dapat menghindar dari abu vulkanik yang terus keluar dari merapi. Sementara kegiatan yang sama yakni pembagian masker juga dilakukan di Stasiun Tugu Yogyakarta karena kebanyakan penumpang yang turun di Yogyakarta melalui stasiun Tugu kurang persiapan.
Rudy Hermayandi menyatakan kebanyakan korban merata dari anak-anak sampai orang tua serta penyakit yang diderita hampir sama yaitu menderita gangunan infeksi saluran pernafasan yang disebabkan abu vulkanik hasil semburan merapi. Selain itu korban pengungsian juga menderita diare, hal ini dikarenakan karena pola makan yang tidak teratur. Menurut salah seorang korban pengungsi Supono (84) warga Cangkringan “Obat yang diberikan oleh Posko Kesehatan Kereta Api sangat bagus kemarin saya berat untuk mengambil nafas tetapi setelah saya berobat kesini menjadi enak dan saat ini saya rasa saya sudah sembuh” ujarnya.

SPKA Berikan Bantuan Ke Cangkringan
Minggu 31/10, DPD SPKA Daerah Operasi 6 yogyakarta yang dipimpin oleh Sutrisno dan didampingi anggotanya Sri widodo, Adso Astrivianto, Dwi Pujiastuti, Manager Sintel berserta keluarga memberikan bantuan kepada korban Merapi di Posko SD Kiaran 1 kecamatan Cangkringan Umburharjo Sleman Yogyakarta. Selain itu turut pula Totok perwakilan dari balai Yasa Yogyakarta. Setibanya di lokasi rombongan disambut oleh Tim Relawan baik dari PMI, Tni, maupun Tim SAR.

Pada kesempatan ini SPKA memberikan bantuan berupa sembako, susu dan peralatan mandi untuk para korban. Tim juga membantu menjadi relawan di Posko tersebut. Bantuan diserahkan oleh Ketua DPD SPKA Sutrisno kepada tentara penanggungjawab posko bencana merapi. Dengan adanya kegiatan ini PT Kereta Api secara sigap peduli akan bencana yang terjadi di Indonesia. (Humaska)

Sumber = http://www.kereta-api.co.id/ di :
http://www.kereta-api.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=301:kereta-api-peduli-bencana-merapi&catid=6:berita-ka&Itemid=80 pada tanggal 3 November 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Suatu langkah pengantisipasian yang bagus… Melalui perjalanan KA barang – barang kebutuhan untuk para pengungsi dapat tersalurkan dengan baik mengingat jalur udara sudah sulit dilaluin.


Tanggal 27 Oktober 2010 :
Aksi Satpol PP Menggusur Pemukiman Liar di Indro, Gresik, Ja-Tim
Tue, November 2, 2010 3:26:47 PM
[keretapi] KLB Gusuran pemukiman Liar di Indro Gresik
From: yusuf crian ucup_argowilis@yahoo.co.id Add to Contacts
To: GRUP PECINTA KA keretapi@yahoogroups.com

Kepada Senior2 dan Rekan2 milis anggota terhormat berikut laporan kegiatan KLB Gusuran Pemukiman Liar di Indro Gresik tanggal 27 Okt 2010 kemarin....Monggo dinikmati ole-olenya... keterangan gambar :
1. Rangkaian KLB yang dipakai BB301 09+1 K3+6TTW
2. KLB perjalanan ke Indro lepas Kandangan
3. Menikung ke kiri
4. Pohon dan bangunan yg di gusur
5. KLB tiba di Indro kemudian Lok-nya di langsir...
6. Alat berat yg digunakan utk menggusur, Si BB pun ikut jadi eksekutor
7. Jeritan warga yg digusur, sengaja sy coret krn bertuliskan umpatan...
8. Sang BB beraksi...pakai kawat baja, bangunan ditarik sama si BB
9. BB lagi action...
10. 3 foto atas pegawai yg ikut KLB, 3 foto bawah , tim reporter Mbladhuzt Tv, hehehe..kompak selalu...

sekian reportnya, trims..monggo dinikmati....

yusuf_crian
Sepure Ucup PJL 64
upin_ipin69

Sumber = Rekan Yusuf Crian di milis keretapi@yahoogroups.com pada tanggal 2 November 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Takjub saya melihat mereka melakukan aksi yang tergolong baik demi kelancaran laju perjalanan KA. Meski ditulis oleh ucapan yang tidak mengenakkan untuk PT. KA, namun langkah mas Yusuf Crian ini sudah bagus dengan menyensorkan isi dari tulisan yang sekiranya dapat menyulut amarah sejumlah orang terutama dari komunitas pecinta KA. Jelas mereka berdiri di tanah milik PT. KA yang memang masih aktif.


Tanggal 29 Oktober 2010 :
Jembatan Batutulis Ditabrak Kontainer, KRD Bogor - Sukabumi Terganggu
Jumat, 29/10/2010 10:30 WIB
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Jakarta - Sebuah truk kontainer nyangkut di kolong jembatan kereta api (KA) Batutulis, Bogor, Jawa Barat. Kecelakaan tersebut disebabkan muatan kontainer yang terlalu tinggi. "Penyangga jembatannya penyok, akibatnya perjalanan kereta Bogor - Sukabumi dibatalkan,"kata Kahumas Daops I PT. KA Mateta Rizalulhaq kepada detikcom, Jum’at (29/10/2010). Mateta menjelaskan lokasi kecelakaan terjadi antara stasiun KA Bogor dan stasiun KA Batutulis, Jum’at 28 Oktober sekitar pukul. 23.00 WIB.

"Kontainernya melaju kencang, jadi cukup parah kerusakannya,"katanya. Mateta menyatakan, petugas kepolisian telah mengamankan pengemudi kontainer itu. Truk itu juga sudah diderek dari lokasi kecelakaan. "Kita sekarang masih mencoba memperbaiki jembatan itu," katanya.

(nal/djo)

Nala Edwin - detikNews

Sumber = http://www.detiknews.com/ di :
http://www.detiknews.com/read/2010/10/29/103059/1478475/10/jembatan-batutulis-ditabrak-kontainer-ka-bogor-sukabumi-terganggu pada tanggal 29 Oktober 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Kecerobohan yang sangat luar biasa. Nampaknya si sopir entah masih tergolong sopir yang baru atau bisa jadi karena terlalu lelah mengemudinya.

Tanggal 30 Oktober 2010 :

Iklan Indomie Perdana di Kereta Api
Meski agak di luar topik, namun pagi ini sebuah stasiun TV swasta (lupa kalau enggak Trans TV yah SCTV) menayangkan sebuah perjalanan seorang gadis yang berdomisili di sebuah kota yang hendak kembali ke kampung halamannya di Jakarta dengan kereta api. Sambil melepas kejenuhan, sang penumpang klas Bisnis itu pun mengerjakan tugasnya di laptop sambil menyantap semangkok Indomie rebus.

Iklan sebuah produk Indomie tersebut mengajak kita bahwa di balik kejenuhan rutinitas pekerjaan sehari – hari dapat disegarkan oleh kenikmatan Indomie.

Sumber = Beberapa siaran TV pada tanggal 30 Oktober 2010 dan http://www.youtube.com/watch?v=trxjIjirYPA

Keterangan : Namun, sayangnya iklan tersebut kalah pamornya dengan versi yang para pekerja kantoran di sebuah gedung bertingkat di mana sang pekerja kantor yang terlarut dalam pekerjaannya hingga malam hari terpaksa melanjutkan pekerjaannya itu di kantornya dengan menyantap Indomie.

Tanggapan saya pribadi :
Bagus sekali dengan pemutaran iklan tersebut.


Tanggal 31 Oktober 2010 :

KA Anjlok di Pematang Siantar, Sum – Ut
Liputan6.com, Pematang Siantar: Sebuah gerbong kereta api penumpang jurusan kota Pematang Siantar, Sumatra Utara, Ahad (31/10) sore anjlok di lintasan kereta di Simpang Rambung Merah. Diduga roda kereta api dengan nomor lokomotif BB 302 03 ini lepas dan keluar dari rel sehingga pernya copot dan terseret sejauh 100 meter. Kejadian ini sempat membuat panik penumpang. Mereka akhirnya dipindahkan ke gerbong di depannya untuk melanjutkan perjalanan.

Lantaran gerbong yang anjlok dan melintang di atas rel belum dievakuasi, PT. KA menutup seluruh perjalanan kereta api jurusan Medan-Pematangsiantar. Akibatnya ratusan penumpang kereta tujuan Medan terlantar dan harus menelan kekecewaan karena seluruh keberangkatan kereta api ditiadakan.(IAN)

Sumber = http://berita.liputan6.com/ di :
http://berita.liputan6.com/daerah/201011/304267/Gerbong.KA.Anjlok.Penumpang.Panik tanggal 31 Oktober 2010.

Tanggapan saya pribadi :

Akhir persuaan di bulan Oktober...


Sedikit Kilasan Out Of Topic / OOT atau diluar topik :
OOT itu berita yang saya rangkum di luar peristiwa perekereta apian namun masih menjadi tanda tanya bagi saya pribadi. Mungkin saja ada kaitannya meski sedikit atau pun banyak keterkaitannya dengan kereta api dalam peristiwa tertentu.

Tanggal 26 Oktober 2010 :

Gunung Merapi Meletus
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Liputan6.com, Yogyakarta: Gunung Merapi meletus dengan mengeluarkan awan panas, Selasa (26/10). Letusan terjadi sejak pukul. 17.02 WIB. "Sejak 17.02 WIB hingga 17.34 WIB terjadi empat 4x awan panas dan sampai sekarang awan panas terus muncul susul - menyusul tidak berhenti,"kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi Surono di Yogyakarta. Menurut Surono munculnya awan panas tersebut menjadi tanda sebagai erupsi gunung Merapi. Awan panas pertama yang muncul pada pukul. 17.02 WIB tersebut mengarah ke barat. Namun awan panas berikutnya tidak dapat terpantau dengan baik karena kondisi cuaca di puncak Merapi cukup gelap dan hujan.


Sirine bahaya di Kaliurang, Sleman berbunyi pada pukul. 17.57 WIB. Pada pukul. 18.05 WIB, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta menarik semua petugas dari pos pengamatan. "Pada 2006 awan panas terjadi selama 7 menit, namun pada tahun ini awan panas sudah terjadi lebih dari 20 menit,"kata Surono. Lamanya awan panas tersebut menunjukkan energi yang cukup besar. Pada pukul. 18.00 WIB terdengar letusan sebanyak 3x yang terdengar dari pos Jrakah dan pos Selo yang disusul dengan asap membumbung setinggi 1,5 km mengarah ke selatan. "Tipe letusan Merapi sudah dipastikan eksplosif,"kata Surono.

(ULF/Ant)


Sumber = http://berita.liputan6.com/ di :
http://berita.liputan6.com/daerah/201010/303350/Merapi.Meletus pada tanggal 26 Oktober 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Selain prihatin atas jatuhnya banyak korban yang terbakar awan panas, saya pribadi amat sangat memprihatinkan beberapa petak rel KA yang bisa saja mengganggu perjalanan KA. Sebut saja itu wilayah Pangandaran dengan rangkaian KRD Bumi Geulis, kabupaten Ciamis di propinsi Jawa Barat dengan petak rel Bandung – Kroya – Yogyakarta dan kabupaten Ambarawa dengan petak rel KA wisatanya. Namun, semoga saja tidak mengganggu kesemuanya itu meskipun jalur penerbangan Jakarta – Yogyakarta pp dikabarkan dialihkan.

Tanggal 30 Oktober 2010 :

Laporan kunjungan tali kasih pak Slamet di Purworejo
Mon, November 1, 2010 9:10:41 AM
[keretapi] Laporan kunjungan tali kasih pak Slamet di Purworejo
From: Zudi Susanto zudi.susanto@gmail.com Add to Contacts
To: keretapi keretapi@yahoogroups.com
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Dear teman semua,

Langsung saja saya laporkan brief report tentang penyerahan amanat dari teman teman kepada mbah Slamet. Saya datang di Jogja Jum’at Sore. Sabtu paginya berangkat dari Jogja ke Purworejo. Penyerahan ini berlangsung pada hari Sabtu 30 Oktober 2010 bertempat di kediaman pak Slamet. Kebetulan saya ditemani Luki Triyahya, Agung Wicaksono dan sebagai tuan rumah RF Pwr mas Ndaru ( Ashari Setyandaru ) dan istri.

Oya hasil total pengumpulan dana tali kasih adalah Rp 8.683.639 (diakhir session penutupan masih ada yg transper sebesar Rp 120.001,00 ) plus RM 100, lalu saya bulatkan menjadi Rp 8.700.000,00. Jadi, yg diserahkan ke pak Slamet sebesar Rp 8.700.000,00 plus RM 100.

Berangkat dari Yk jam 07.00 sampai di Kutoarjo jam 09.00, lalu ketemu mas Ndaru dan kita cari sarapan dulu, eh disuguhin kuliner local di sana, yaitu Soto stasiun Purworejo. Terima kasih mas Ndaru atas sajian kuliner sotonya, unik dan beda emang meski porsinya kecil tapi bener - bener membuat lidah “tersenyum” :d. Di stasiun pula kita rembukan kecil gimana teknis di sana. Akhirnya disepakati membeli modal dagangan lalu ke rumah ya untuk melihat kondisi rumah dan atap yg bocor, lalu itung - itung berapa kira kira bahan bangunan yg akan dibeli, dsb.
................................
Setelah membeli barang - barang lalu kita menuju tempat pak Slamet. Di sana sekitar 40 menitan , beliau banyak bercerita tentang Ketidak adilan yg diterimanya semasa menjadi pegawai Perumka. Kisahnya di RS di odong gagang pistol oleh penyidik untuk mengakui kesalahan. Cerita bagaimana hatinya luluh - lantak laksana kena awan panas Merapi saat mendengar istrinya direbut oleh temannya sendiri pas keluar dari penjara, ketidak adilan menerima surat pemberhentian tidak hormat yg langsung di ttd oleh Men Hub kala itu Hardjanto Danoetirto ( pak Slamet mempertanyakan kenapa harus sampai menteri yg menanda tanganinya, bukannya pejabat kereta api sudah cukup ) .

Kalo di sini dirunut - runut yg paling salah kenapa pak Slamet gak mendapat hak pensiun karena MenHub yg setuju meneken surat pemecatannya, setahu saya sih Harjanto D ini menteri Perhubungan yg concern banget kepada kereta api, peduli kepada kereta api, kuatir nya saat meneken surat pemecatan itu, dibisiki informan dan info yg “miring” tentang pak Slamet, ahir nya setuju aja di teken ini surat pemecatan tidak hormat.

Masih ingatnya detail demi detail cerita di masa lalu meski beliau sudah sepuh menandakan potret masa lalu nya yg buram yg akan terus dikenang nya hingga ahir hayat nya.
Pak Slamet masih berharap menerima hak pensiun nya, cuman kalo liat cerita di atas, mustahil dan jauh bara dari arang nya, laksana pungguk merindukan bulan, Di rumah nya yg sangat sederhana namun bersahaja , kami menghitung hitung kira kira material dan bahan bangunan yg akan di belikan untuk merenovasi atap rumah nya karena besar juga area genteng yg harus diperbaiki. Beruntung lah saya kenal mas Ndaru yg sangat peduli dengan pak Slamet ini , bersama istri nya juga sama membantu mengumpulkan bantuan untuk pak Slamet, Istri nya sendiri akan membelikan ternak ayam dari hasil sumbangan dengan teman teman nya.

Dari hasil rembukan, lalu sisa dana total saya berikan kepada mas Ndaru sebesar Rp 7.794.500 plus Rm 100 untuk dibelikan bahan bangunan dan material nya, dan kebetulan Lurah setempat adalah kerabat istri nya mas Ndaru, akan mencoba melobi supaya penduduk setempat gotong royong membantu perbaikan atap rumah nya pak Slamet , jadi ga perlu tenaga tukang lagi.

Oiya detail dan penggunaan “amanah” dari teman teman akan di laporkan juga oleh mas Ndaru di milist ini jika sudah ada progress.
Sukur sukur masih sisa dana nya, nanti akan dibuatkan rekening atas nama pak Slamet oleh mas Ndaru ini, nanti nya jika dikemudian hari akan ada yg membantu bisa langsung ke rekening nya pak Slamet ini. Demikian laporan tali kasih pak Slamet ini , semoga menjadi bahan renungan bagi kita semua bahwa human error bukan nya mutlak kesalahan seseorang, pasti ada sistem yg lebih besar yg gak becus mengurusi nya sehingga terjadi kesalahan tersebut. Lunas juga beban saya menjadi koordinator tali kasih ini , ada suka duka nya , yg seru karena ini menyangkut aliran dana orang banyak jadi harus transparan banget, ada beberapa rekan yg transper tapi gak sms , waduh hampir aja kecolongan saya, untung lah kedua rekening saya check secara berkala dengan internet banking. Pas Saya terima aliran dana dari RF lumayan gede jumlah nya, lalu saya SMS orang nya, “ kok gak sms kalo udah transper “ , dijawab nya “ ya sambil ngetest kamu “ gubraakkkk....

Sekali lagi Terima kasih tak terhingga buat donatur yg sudah meluangkan waktu dan dana nya untuk membantu pak Slamet ini, semoga rejeki nya dilipat gandakan oleh Tuhan YME, Amien. teman teman yg sudah menemani saya kemarin , special buat mas Ndaru dan Istri yg sangat welcome dan helpful , Luki yg udah jauh jauh dari Surabaya dan menjadi estimator dadakan di bidang pertukangan :d, Agung Wicaksono jauh jauh dari Salatiga subuh subuh berangkat meski kondisi Jogja sedang hujan debu lumayan parah , dan rekan rekan milist atas perhatian nya. Oya saking sibuk nya dan terpana akan cerita pak Slamet jadi lupa poto poto, untung ada kangmas Luki yg jepret jepret pake “termos nya” :d

salam ijo ijo ~ spoor,
zudi susanto

Sumber = Postingan rekan Zudi Susanto ke milis keretapi@yahoogroups.com pada tanggal 1 November 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Patutkita syukuri atas kepedulian kita kepada orang yang amat sangat membutuhkan uluran tangan seperti pak Slamet Suradio ini. Namun, alangkah lebih mulianya lagi kelak total uang sekian Rupiah akan lebih berharga lagi kalau pak Slamet dan keluarga dinafkahi secara lahir – batin. Minimal membiayai anak – cucunya ke jenjang yang lebih baik bagi masa depan mereka. Itu sekedar harapan dari saya pribadi.


Mungkin ada rekan – rekan yang ingin menambahkan atau meralatnya? Silahkan saja….

Salam,
Dana

Kalau mau japri, silahkan ke dk_aries@yahoo.com saja yah…….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar