Jumat, 11 Juni 2010

Catatan Bulanan Awal Bulan Mei 2010

Catatan Bulanan
Awal Bulan Mei 2010
Dikumpulkan oleh = Saya Sendiri  Dana

Bukan untuk mendramatisir, namun saya hanya menyarankan agar sebelum membacanya anak – anak perlu didampingin oleh orang tua atau pun wali karena berikut ini peristiwa – peristiwa yang terjadi selama kurun waktu awal bulan ini ada suatu peristiwa yang tidak kita inginkan, yaitu berita kecelakaan pastinya.


Kejadian lagi.... kejadian lagi... Lagi – lagi banyak peristiwa wacana yang didramatisir dan juga ada pula malapetaka yang hampir merenggut sebagian nyawa orang, termasuk kalau perlu nyawa aku pribadi. Pejabat negara menaiki naik KA, semata hanya menghindari suhu politik di negara tersebut. Bahkan peristiwa terenggutnya beberapa nyawa dalam 1 hari hanyalah mewakili peristiwa duka yang sama yang belakangan ini dapat kita jumpai di luar topik perkereta apian pula. Apa sih yang mendasari terjadinya semua ini? Problem apa saja yang terjadi belakangan ini?

Mohon tanggapannya apabila ingin menanggapi...

Tanggal 1 Mei 2010 :
1. 2 Bobotoh Tewas Terjatuh dari Atap KD3 di Cimahi
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.

KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Laga panas 2 tim elite Liga Indonesia yakni Persib dan Persipura mulai memakan korban. Tercatat 2 orang Bobotoh Persib tewas terjatuh dari atas kereta. Bobotoh berusia sekitar 16 tahun terjatuh dari atap gerbong Kereta Rel Disel (KRD) Padalarang - Cicalengk
a. Korban jatuh pukul. 14.00 WIB di kawasan Cibubur Tengah. Korban kedua bernama Martha (18 tahun) warga Jatisari, Karawang. Korban naik KA dari stasiun Karawang untuk menyaksikan laga tim kesayangannya menjamu Persipura Jayapura di stadion Siliwangi, Bandung, mulai pukul. 19.00 WIB.
Sedikitnya 8 orang juga terluka saat kereta api Serayu jurusan Jakarta Kota - Kroya melintasi jembatan viaduk Pasir Kaliki, Bandung. Menurut Humas PT. KA Daops II Bambang S. Prayitno, korban tersangkut jembatan sehingga jatuh. Kebanyakan korban mengenakan baju Persib dan suporter Viking. Korban semuanya dibawa ke RS Santosa Bandung. Selain itu, banyak KA dilempari masyarakat karena membawa bobotoh. Salah satunya KA yang melintasi Purwakarta dan Plered ikut dilempari masyarakat.

KA Malabar yang melintasi Cicalengka juga dilempari batu oleh masyarakat sekitar. Selain itu, banyak bobotoh yang tidak membeli tiket naik kereta. Menurut laporan PT. KA, dari 8 gerbong hanya 200 orang yang membeli tiket dari Purwakarta. Rata - rata kereta dipenuhi oleh bobotoh.

(VIVAnews.com)
Sumber = Situs http://olahraga.tvone.co.id/ di :
http://olahraga.tvone.co.id/berita/view/38079/2010/05/02/dua_bobotoh_persib_tewas_jatuh_dari_ka/ edisi tanggal 2 Mei 2010.

Tanggapan saya pribadi :

Baru saja membuka persuaan di awal bulan Mei ini tiba – tiba tersiar kabar kembali yang tidak mengenakkan berupa musibah kecil yang menelan korban jiwa akibat kecerobohan mereka sendiri.


2. KA Tabrak Bus Tewaskan Empat Orang di Jateng
Langsung dari ketikan ybs :Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Semarang (ANTARA News) - 4 orang tewas dalam kecelakaan antara KA Bangunkarta jurusan Malang (mungkin maksudnya Jombang) - Jakarta yang menabrak bus Langsung Jaya dengan nomor polisi AD 1528 AF di perlintasan Palur, Karanganyar, Jawa Tengah Minggu malam. Kepala Kepolisian Resort Karanganyar Ajun Komisaris Besar Polisi Edi Suroso mengatakan 3 dari 4 korban tewas merupakan pengendara sepeda motor yang tersenggol badan bus, setelah tertabrak kereta. "Sementara satu korban lainnya diduga kondektur bus Langsung Jaya,"katanya.

Kronoligis kejadian, lanjut dia, Langsung Jaya yang dikemudikan Harsono (56) melaju dari arah barat, sementara Bangunkarta melaju dari arah timur dalam kondisi cuaca hujan deras. Saat bus melewati perlintasan menurut dia palang pintu perlintasan belum ditutup oleh petugas jaga. Bagian belakang bus yang belum sempat melewati pintu perlintasan kereta api tersambar Bangunkarta yang melaju dari arah timur. Nahas, sepeda motor dari arah barat tersenggol badan bus yang tertabrak KA Bangunkarta. "Pengendara sepeda motor yang terdiri dari bapak, ibu dan seorang anaknya belum teridentifikasi,"katanya.

Sementara korban tewas yang diduga kondektur bus, lanjut dia teridentifikasi bernama Sukarno (60), warga Jebres, Solo. Saat ini, kata dia, Polisi sedang meminta keterangan petugas p
enjaga perlintasan dan sopir bus Langsung Jaya yang juga terluka akibat kecelakaan tersebut. Adapun keempat korban tewas telah dievakuasi ke Pusat Laboratorium Forensik Universitas Sebelas Maret Surakarta untuk menjalani autopsi. Sementara itu, Yopi Yuliadi Prayogo, petugas penjaga perlintasan Palur, Karanganyar mengakui palang pintu perlintasan tidak tertutup saat bus Langsung Jaya melintas. Menurut dia, dirinya belum sempat menutup pintu perlintasan karena sinyal pemberitahuan dari stasiun Kemiri Sragen disampaikan terlambat. "Pintu pelintasan belum sempat ditutup, tetapi kereta sudah lebih dahulu lewat,"katanya.(Ant/R009)

COPYRIGHT © 2010

Sumber = Situs http://www.antaranews.com/ di :
http://www.antaranews.com/berita/1272813971/ka-tabrak-bus-tewaskan-empat-orang-di-jateng
edisi tanggal 2 Mei 2010.

Kabar kelanjutannya :
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Muchus Budi R. - detikNews
Karanganyar - Hingga saat ini, tercatat 4 orang tewas dan 3 orang luka akibat kecelakaan KA vs Bus dan beberapa kendaraan di Perlintasan Palur, Karanganyar, Minggu (2/5/2010) malam. Dari 4 korban tewas, 2 orang telah terindentifikasi. Mereka adalah Sukarno (60 tahun, awak bus / kenek) asal Petoran RT 4 RW 6, Jebres, Solo. 1 orang lainnya adalah Puri Hartanti (30 tahun) asal kampung RT 2 RW 8, Demakan, Mojolaban, Sukoharjo. 2 orang meninggal yang belum teridentifikasi adalah seorang anak usia sekitar 3 tahun dan seorang lelaki usia sekitar 30 tahun.


Sedangkan 3 korban luka adalah Suratmo (48 tahun / kondektur bus) asal Songgorunggi RT 2 RW 5, Dagen, Karanganyar dan Wiranto (30 tahun) asal Kalipelang RT 3 RW 7, Mojolaban, Sukoharjo. Keduanya dirawat di RS Dr Oen, Solo. 1 korban lainnya adalah Harsono (56 tahun) asal Karangwunbi Wetan, Ceper, Klaten. Dia adalah sopir bus PO Langsung Jaya yang naas tersebut. Dia mengalami luka di bagian kaki, kepala dan tangan dan sempat mendapat perawatan di RS Dr Moewardi, Solo.

Namun menurut petugas rumah sakit, Harsono saat ini telah meninggalkan rumah sakit. Tidak diketahui pasti apakah dia pulang ke rumah, pindah rumah sakit, atau dibawa polisi.


(mbr/lrn)

Sumber = Situs http://www.detiknews.com/ di :
http://www.detiknews.com/read/2010/05/02/233353/1349711/10/nama-nama-korban-kecelakaan-ka-vs-bus-di-karanganyar?n991103605 edisi tanggal 2 Mei 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Kenapa bisa sinyal pemberitahuan akan datangnya rangkaian KA bisa telat sampai ke PJL / pos jaga lintasan yang sepastinya itu terkenal padat arus lalu lintas kendaraan bermotor?

3. Proyek Jalur KA Bandara-Manggarai Ditender Ulang
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung sep
erti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek pembangunan jalur kereta api dari stasiun Manggarai menuju bandara Soekarno - Hatta memasuki babak baru. Pemerintah akhirnya berniat melakukan tender ulang atas proyek yang mangkrak tersebut. Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Tundjung Inderawan mengatakan tender ulang dilakukan karena kondisi arus lalu lintas darat dari dan menuju bandara sudah banyak berubah dibandingkan saat berlangsungnya tender awal. "Jalan tol dulu hanya 2 lajur dan sekarang sudah 4 lajur. Ini berpotensi mengurangi jumlah penumpang kereta bandara. Karena itu, dokumen prakualifikasi harus diperbaharui,"kata Tundjung.


Tundjung berharap 3 perusahaan yang sudah lolos tahap prakualifikasi tender sebelumnya bakal kembali mengikuti tender ulang ini. Ketiga perusahaan tersebut adalah PT. Railink, anak perusahaan PT. Kereta Api dan PT. Angkasa Pura II, Mitsui Corporation dari Jepang dan China Harbour. Sebelumnya, ketiga perusahaan ini memang meminta dukungan yang berbeda - beda dari pemerintah. Dukungan tersebut di luar permintaan tanah untuk keperluan konstruksi yang disediakan pemerintah.
Kini, tenaga ahli Badan Perencanaan Pembangunan Nasional tengah melakukan proses pembaharuan dokumen prakualifikasi dengan memakai dana bantuan Bank Pembangunan Asia (ADB). Tundjung memperkirakan, paling cepat Agustus nanti revisi dokumen prakualifikasi itu akan selesai, sehingga tender ulang bisa dilakukan. Adapun untuk rute, pemerintah telah menetapkan kereta akan melintasi Stasiun Manggarai - Dukuh Atas - Tanah Abang – Duri – Angke – Pluit - bandara. Pemerintah memang menganggap jalur kereta sangat dibutuhkan sebagai altern
atif bagi penumpang. Nantinya, dana pembebasan lahan akan berasal dari pinjaman lunak berbagai lembaga pembiayaan. Adapun penyediaan kereta akan diserahkan kepada swasta dengan mekanisme kerjasama pemerintah dengan swasta alias public private partnership (PPP).
Sayangnya, Masjraul Hidayat, Direktur Utama Railink belum bisa dimintai komentar mengenai tender ulang proyek ini. Proyek rel bandara Soekarno - Hatta memiliki panjang 30,3 KM. Proyek ini diperkirakan menelan dana hingga Rp 4,6 triliun,00. Proyek ini sejatinya digarap sejak 2007 lalu. Semula, pemerintah menargetkan kereta dari stasiun Manggarai menuju Soekarno - Hatta sudah bisa beroperasi tahun lalu. Namun, realisasinya beberapa kali tertunda. (Gentur Putro Jati/KO
NTAN)

Editor: ksp

Sumber = Situs http://properti.kompas.com/ di :
http://properti.kompas.com/read/xml/2010/05/02/22430450/Proyek.Jalur.KA.Bandara-Manggarai.Ditender.Ulang edisi tanggal 2 Mei 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Oyoyoyoy…..!! Bapak – bapak yang terhormat di meja dan kursi panas dengan kondisi ruangan ber-AC sana… justru kita – kita menanti keberangkatan ke bandara tuh yang dingin, nyaman, cepat sampai dan tentunya tidak menguras keuangan karena keperluan bahan bakar kendaraan bermotor kami masing – masing atuhhhh…. Dengan KA, tentu kami cukup memarkir kendaraan pribadi kami di stasiun terdekat untuk menghindari kemacetan ruas jalan raya yang tentu akan macet di ruas Cawang – Slipi pada sore harinya dan Jembatan Tiga – Slipi pada pagi harinya. Apa sih yang mendasari ancaman akan tetap sepi penumpang buat KA?

Minggu, 2 Mei 2010 | 19:32 WIB

PT. KA Operasikan Jalur Baru di Padang

PADANG, KOMPAS.com - PT Kereta (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat akan menjalankan sejumlah jalur baru dan mengaktifkan kembali sebagian jalur yang selama ini tidak dioperasikan. Anggota Dewan Komisaris PT KA Yahya Ombara, Minggu (2/5/2010) mengatakan hal itu merupakan bagian dari program revitalisasi jalur kereta api di Sumbar.

Deputi Vice President PT KA Divisi Regional II Sumbar Puspawarman mengatakan terdapat sejumlah jalur aktif yang akan diperbaiki operasionalnya karena terputus akibat bencana gempa dan tanah longsor. Selain itu, ada pula jalur-jalur yang akan direvitalisasi sebagai bagian dari pengembangan bisnis PT KA.

Sumber = Situs http://regional.kompas.com/ di :

http://regional.kompas.com/read/2010/05/02/19322088/PTKA.Operasikan.Jalur.Baru.di.Padang edisi tanggal 2 Mei 2010.


Tanggal 3 Mei 2010 :
Razia Para Penumpang KD3 Padalarang - Cicalengka

Baru saja rangkaian KD3 dari arah Padalarang tiba di stasiun Bandung. Sejumlah Polsuska / Polisi Khusus Kereta Api merazia sejumlah para penumpang yang kedapatan tidak berkarcis dan berada di lokomotif, atap kereta, sambungan kereta dan kabin masinis lok CC 203. Razia ini digencarkan guna menghapus mereka yang terbiasa menaiki rangkaian KA tidak berkarcis dan tidak disiplin dalam memenuhi keselamatan perjalanan. Mereka terdiri dari sekitar 300 penumpang langsung disidak atau sidang mendadak di stasiun dengan dikenakan dengana sejumlah uang.


Ternyata tidak hanya para penumpang, KA, seorang kondektur pun juga tertangkap basah dengan tuduhan kerap kali menerima uang pelicin atau penerimaan uang secara ilegal dari kebanyakan oknum penumpang agar beralasan naik KA lebih murah. Entah diberi sanksi apa yang bersangkutan, yang jelas hukuman tetap harus diterimanya. Dalam kejadian ini, suasana sempat ramai apalagi beberapa penumpang yang di atap kereta berusaha untuk kabur dari sergapan para petugas.

Sumber = Siaran berita Seputar Indonesia Siang di RCTI pada tanggal 3 Mei 2010.
Berita yang sama :
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.

KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Bandung - Kementerian Perhubungan Dirjen Perkeretaapian bekerjasama dengan PT. KA Daops II Bandung menggelar sweeping bagi penumpang KA ke berbagai jurusan di stasiun Kiaracondong, Senin (3/5/2010). Sweeping dimulai sejak pukul. 06.00 WIB. Penumpang yang ditertibkan adalah penumpang tanpa tiket dan yang berada di kabin kereta. Para penumpang yang terbukti melanggar langsung digiring oleh petugas untuk selanjutnya didata. Acara ini juga melibatkan Kejaksaan Negeri Bandung, Pengadilan Negeri Bandung, Polsek Kiara Condong dengan jumlah personil gabungan sebanyak 65 personel.

Penertiban dipimpin Direktur Keselamatan dan Teknik Sarana Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Hermanto Dwiatmoko. Menurutnya, kegiatan ini bertujuan meningkatkan keselamatan dan ketertiban perjalanan KA. Selain itu juga wujud pelaksa
naan UU No. 23 Tahun 2007 tentang perkeretaapian terutama pasal 207. "Kami menggelar penertiban ini untuk menegakan keselamatan bagi para penumpang kereta api. Selain itu bertujuan menimbulkan efek jera bagi penumpang. Agar tidak lagi menempati tempat yang bukan peruntukannya,"tutur Hermanto di sela-sela sweeping. Hermanto menambahkan, sweeping dilakukan utamanya untuk penumpang di kabin masinis, lokomotif, atap kereta dan gerbong barang.

"Penertiban dan sidang di tempat akan dilakukan secara rutin setiap 2 minggu sekali di berbagai jalur kereta api," imbuhnya.(dip/ema)

Sumber = Situs http://bandung.detik.com/ di :

http://bandung.detik.com/read/2010/05/03/085630/1349820/486/penumpang-ka-di-stasiun-kircon-disweeping?g991103485 edisi tanggal 2 Mei 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Sulit sekali diberantas dan memang sudah menjadi kebiasaan warga masyarakat yang seolah – olah sudah diwarisi oleh nenek moyang mereka yang terbiasa berbudaya ketidak tertiban dalam segala hal.

Tanggal 5 Mei 2010 :

1. 2 Insan Berbunuh Diri di Petak Rel Antara Stasiun Pondok Cina dengan Stasiun Depok Baru
Langsung dari ketikan ybs :

Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
(dari milis KRL-mania) Pagi ini, southline arah Depok menimbulkan kehebohan di s
t. Depok Lama. Dikarenakan di bagian depan KRL tersebut membawa sepotong kaki. Dari rangkaian 211 diamati bahwa tubuh korban masih ada di sekitaran Pondok Cina – Depok Baru dan belum diungsikan. Inallilahi wa inallilahi rojiun.

Ada yg mengetahui detailnya?

Sumber = Postingan Solidaritas Jabodetabek Untuk KRL Yang Lebih Baik di situs Facebook.com tgl 5 Mei 2010.

Fakta yang saya dapati :
KRL Ekonomi AC dengan No. KA 211 yang menjadi korbannya.

Kabar yang sama :
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.

KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Menurut informasi st. Pondok Cina ada seorang laki - laki dan seorang perempuan yang mencoba bunuh diri dengan cara tiduran...kejadian jam 05.30 pagi...
Sumber = Postingan Farizi Agamsyah di situs Facebook.com pada tanggal 5 Mei 2010.

Fakta yang saya dapati :Keduanya mencoba untuk bunuh diri.

2. Pemimpin Korea Utara Kim Jong – il Menggunakan KA Dalam Lawatannya ke Negara Cina
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.

KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-il yang telah bepergian ke China secara diam - diam dan mengundang kritik Korea Selatan dilaporkan telah meninggalkan Beijing menggunakan kereta api seusai bertemu para pemimpin China. Kim tiba di Beijing untuk pembicaraan yang diperkirakan berfokus kepada penanganan ekonomi Kor-Ut yang hancur. Beijing juga diperkirakan telah mendesak Kim untuk kembali ke perundingan pelucutan senjata nuklir yang ditinggalkan Kor-Ut tahun lalu. Pengamanan telah diperketat di beberapa hotel di kota Dandong di perbatasan Cina yang dipisahkan dengan Korea Utara oleh sungai Yalu. Ini menandakan Kim mungkin memilih langsung pulang daripada mengunjungi bagian Cina lainnya. Lawatan Kim ke Cina telah mengecewakan Kor-Sel. Menurut Seoul, sambutan Beijing untuk Kim terjadi pada saat hubungan Kor-Sel – Kor-Ut sedang kurang baik. Dalam insiden terakhir, sebuah kapal militer Kor-Sel meledak yang mungkin diakibatkan torpedo Kor-Ut. (*/AP/I-1)
Sumber = Situs http://www.mediaindonesia.com/ di :
http://www.mediaindonesia.com/read/2010/05/07/141109/75/19/Kim-Jong-il-Kembali-ke-Korut edisi tanggal 7 Mei 2010.

Tanggal 6 Mei 2010 :
1. Kereta Anjlok di Manggarai
Terjadi Antrean, KRL Beroperasi Normal Lagi Pkl 18.00 WIB
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Jakarta - Penyebab anjloknya 2 gerbong KRL yang menabrak tiang listrik masih diselidiki. Jalur KRL lumpuh dan diprediksi beroperasi normal lagi pukul. 18.00 WIB. "Sementara ini lumpuh. Prediksi saya sampai pukul. 16.00 WIB ada jalur lagi. Karena, kita nanti mau pasang aliran listrik dari atas. Cuma masalahnya tidak bisa cepat seperti biasa. Yang biasanya 2 jalur jadi 1 jalur,"kata Kahumas Daops I PT. KA Sugeng Priyono di stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (6/5/2010).

Sugeng mengatakan akan terjadi antrean KRL. "Jadi pelan - pelan. Yang penting bisa melayani penumpang dulu. Normal total di atas pukul. 18.00 WIB karena proses mengangkatnya butuh waktu lama,"ujar Sugeng. Dikatakan dia, insiden itu berawal saat KRL dari arah stasiun Jakarta Kota hendak menuju dipo Bukit Duri. KRL itu tidak mengangkut penumpang karena hanya untuk pemeriksaan harian. Lalu, terjadilah kecelakaan. Menurut dia, penyebabnya masih diselidiki. "Ada 8 rangkaian gerbong. Gerbong 7 tiba - tiba melintang lalu menabrak tiang listrik. Kabelnya putus. Gerbong 8 anjlok satu As dan akhirnya terpisah dengan rangkaian depannya,"papar Sugeng.

(aan/fay)
Rachmadin Ismail - detikNews
Sumber = Situs http://www.detiknews.com/ di :http://www.detiknews.com/read/2010/05/06/153450/1352481/10/terjadi-antrean-krl-beroperasi-normal-lagi-pkl-1800-wib edisi tanggal 2 Mei 2010.

2. Pemerintah Akan Borong 50 Lokomotif

Kamis, 6 Mei 2010 | 13:08 WIB

Laporan wartawan KOMPAS Gregorius Magnus Finesso

KOMPAS/WISNU WIDIANTORO

Langsung dari ketikan ybs :

Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.

KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

BANDUNG, KOMPAS.com — Pemerintah akan meremajakan sejumlah lokomotif kereta api Klas Ekonomi dengan membeli 50 unit lokomotif baru yang akan dioperasikan di jalur Jawa dan Sumatera. "Kementerian Perhubungan sudah mengajukan pembelian 50 unit lokomotif baru untuk mengganti lokomotif KA ekonomi yang saat ini sudah berusia tua. Ajuannya sudah masuk di Bappenas,"kata Direktur Keselamatan dan Teknik Sarana Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Hermanto Dwiatmoko di Bandung, Rabu (5/5/2010) malam.

Menurut Hermanto, rencananya 50 lokomotif itu akan menggantikan lokomotif tua yang saat ini masih bertugas menarik beberapa rangkaian KA Ekonomi. Jumlah tersebut kata Hermanto di luar rencana pembelian 150 lokomotif yang diajukan oleh PT. KA yang ditargetkan dilakukan dalam 4 tahun ke depan. "Rencana pembelian 50 unit lokomotif oleh pemerintah di luar yang akan dibeli PT. BKA. Lokomotif itu khusus untuk menggantikan lokomotif KA ekonomi di beberapa jurusan,"kata Hermanto.

Tidak disebutkan perusahaan pembuat lokomotif yang akan menjadi mitra pengadaan sarana KA itu, tetapi ia menyebutkan harga lokomotif tersebut berkisar Rp 20miliar,00 per unit. Dengan harga seperti itu, kemungkinan lokomotif tersebut tipe CC produksi General Electric, seperti yang banyak dioperasikan saat ini. Namun, Hermanto belum bersedia menyebutkan jenis lokomotif itu dengan dalih masih dalam pengkajian. "Lokomotif sangat vital dalam bisnis perkeretaapian karena akan menentukan pelayanan di lapangan, terutama waktu tempuh KA,"kata Hermanto.

Selain itu, pemerintah juga akan melakukan pembelian sebanyak 20 set AC untuk sejumlah KA ekonomi. Rencananya, pengadaan AC untuk KA kelas ekonomi itu bekerja sama dengan PT INKA, anak perusahaan PTKA.

Sumber = Situs http://bisniskeuangan.kompas.com/ di :

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2010/05/06/13083396/Pemerintah.akan.Borong.50.Lokomotif edisi tanggal 6 Mei 2010.


Tanggal 7 Mei 2010 :
KA Mutiara Timur Anjlok di Lumajang
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.

KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...Lumajang (ANTARA News) - Kereta Api (KA) Mutiara Timur yang merupakan rangkaian Klas Eksekutif dan Bisnis (Surabaya - Banyuwangi) anjlok di kecamatan Randuagung, kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jum’at. Humas PT. KA Daerah Operasi (Daop) IX Jember Burhani Sulthon mengatakan bahwa KA Mutiara Timur itu anjlok sekitar pukul. 12.00 WIB karena salah satu roda gerbong pertama (belakang lokomotif keluar) dari jalur rel. "Alhamdulillah tidak ada penumpang yang terluka, semuanya selamat karena saat anjlok laju KA tidak terlalu cepat,"katanya.

KA Mutiara Timur yang anjlok tersebut membawa 279 penumpang dari stasiun Kota Surabaya menuju ke stasiun Banyuwangi. "Rangkaian KA Mutiara Timur yang anjlok terdiri atas 2 kereta Klas Eksekutif, 4 kereta Klas Bisnis, dan 1 kereta Makan,"paparnya. Saat ini, petugas KA menyiapkan rangkaian KA Mutiara Timur yang lain dari stasiun Banyuwangi untuk mengevakuasi ratusan penumpang di lokasi anjloknya kereta di Lumajang. "Seluruh penumpang sudah dievakuasi dengan rangkaian KA Mutiara Timur lain sekitar pukul. 15.00 WIB, sehingga penumpang yang menggunakan jasa KA Mutiara Timur diprediksi mengalami keterlambatan sekitar 3 jam dari jadwal yang ada,"ujarnya.

Petugas KA kini sedang mengevakuasi kereta yang anjlok dan diprediksi evakuasi kereta akan selesai sekitar pukul. 17.00 WIB. "Tidak ada perjalanan KA yang terganggu akibat anjloknya KA Mutiara Timur ini,"ucapnya.
(C004/B/E011/P003)

COPYRIGHT © 2010

Sumber = Situs http://www.antaranews.com/ di :
http://www.antaranews.com/berita/1273222023/ka-mutiara-timur-anjlok-di-lumajang edisi tanggal 7 Mei 2010.

Kabar yang sama :Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Lumajang - Kereta Api (KA) Mutiara Timur jurusan Surabaya-Banyuwangi anjlok di desa Leduk Tempuro kecamatan Randuagung, Lumajang. Anjloknya KA Mutiara Timur ini terjadi sekitar pukul. 12.00 WIB, Jum’at (7/5/2010) di kereta pertama tepat belakang lokomotif. Anjloknya KA yang dimasinisi Kusnan bermula saat melintasi kawasan berbelok di desa Leduk Tempuro. Saat itulah KA yang membawa 206 penumpang dan 6 kereta itu melambatkan lajunya dan tiba - tiba anjlok. Menurut salah satu penumpang, Grena (27) asal Banyuwangi mengaku kaget saat mendengar suara grek..grek di dalam KA. Saat itu penumpang panik dan mengira jika KA anjlok. Rupanya benar adanya, KA anjlok di tengah - tengah kebun tebu. "Tadi memang mendengar suara grek-grek seperti anjlok dan ternyata benar," kata Grena yang mengaku pulang ke Banyuwangi kepada detiksurabaya.com di sela - sela dievakuasi pihak KA.

Namun para penumpang tidak perlu menunggu lama untuk dievakuasi. Setelah menunggu 2,5 jam, sekitar pukul. 14.30 WIB, ke-206 penumpang dievakuasi dengan KA Mutiara Timur lainnya. Hingga pukul. 14.40 WIB, 6 gerbong KA masih di lokasi menunggu perbaikan. (fat/fat)
Sumber = Situs http://surabaya.detik.com/ di :
http://surabaya.detik.com/read/2010/05/07/144756/1353123/475/ka-mutiara-timur-anjlok-di-lumajang edisi tanggal 7 Mei 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Memang benar demikian harus dibongkar daripada semakin menjamur, salah – salah akan mengganggu perjalanan KA yang melintas. Tanggapan saya pribadi : Ampun dha…!!! Lagi – lagi ada yang anjlok…!!

Sedikit Kilasan Out Of Topic / OOT atau diluar topik :OOT itu berita yang saya rangkum di luar peristiwa perekereta apian namun masih menjadi tanda tanya bagi saya pribadi. Mungkin saja ada kaitannya meski sedikit atau pun banyak keterkaitannya dengan kereta api dalam peristiwa tertentu.

Tanggal 5 Mei 2010 :
Kerusuhan Menerpa Ibukota Athena, Yunani
Sejumlah pengunjuk rasa melakukan tindakan anarkis di depan gedung pemerintahan Yunani di ibukota Athena. Akibat peristiwa tersebur, sejumlah pihak Kepolisian terus berusaha mencegah terjadi bentrokan yang semakin meluas hingga mengakibatkan 3 orang tewas dan 4 orang hilang akibat gedung bank terbakar. 2 gedung publik lainnya juga ikut terbakar akibat aksi mereka yang terus mempersenjatakan batu dan botol molotov. Para guru dan dokter termasuk yang ikut unjuk rasa bersamaan dengan lebih dari 25.000 pekerja lainnya sebagai buntut dari peringatan hari Buruh Internasional atau May Day pada tanggal 1 Mei kemarin. Tampak sekali jalur trem ditutup oleh amukan massa yang semakin beringas yang tidak hanya membakar fasilitas publik berupa gedung – gedung niaga melainkan juga beberapa bus yang tampaknya milik pemerintah.

Sumber = Siaran berita World Report pukul. 19.00 WIB di CNN pada tanggal 5 Mei 2010.

Keterangan :
Sebelumnya juga diliput oleh siaran berita yang sama dalam siaran berita World Report dan Breaking News sepanjang tanggal 5 Mei 2010 WIB.

Tanggapan saya pribadi :
Semoga saja tidak melanda perkereta apian di negara setempat meski pastinya akan mengganggu jadwal perjalanan KA diakibatkan kerusuhan yang tampak semakin menjalar yang sekiranya melebihi massa pra Thaksin di negara Thailand. Namun, tampaknya tidak satu pun trem beroperasi siang itu waktu setempat karena semakin beringasnya massa.

Mungkin ada rekan – rekan yang ingin menambahkan atau meralatnya? Silahkan saja….

Salam
Dana

Kalau mau japri, silahkan ke dk_aries@yahoo.com saja yah…….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar