Senin, 10 Mei 2010

Catatan Bulanan Pertengahan April 2010

Catatan Bulanan
Pertengahan Bulan April 2010
Dikumpulkan oleh = Saya Sendiri  Dana

Bukan untuk mendramatisir, namun saya hanya menyarankan agar sebelum membacanya anak – anak perlu didampingin oleh orang tua atau pun wali karena berikut ini peristiwa – peristiwa yang terjadi selama kurun waktu awal bulan ini ada suatu peristiwa yang tidak kita inginkan, yaitu berita kecelakaan pastinya.

Kekisruhan mewarnai pertengahan bulan ini. Mulai dari pemberitaan luar topik dari perkereta apian hingga kepada pemberitaan menyangkut peristiwa yang terjadi pada kereta api. Tak ayal kita tersentak dengan ulah marabahaya yang siap terjadi di hadapan kita. Anjlok, rusuh, longsor dan likuidasi atau apapun namanya terjadi sepanjangan pertengahan bulan ini. Tak bisa kita cegah dan tentu menjadi catatan pilu dengan tinta oranye atau pun juga kuning.

Mohon tanggapannya apabila ingin menanggapi...

Tanggal 10 April 2010 :
Demonstrasi Anarkis di Bangkok, Aktifitas KA Lumpuh Total
Tidak mencapai kata damai, sejumlah pro Mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra terus melakukan demonstrasi besar – besaran. Dengan seragam warna merah yang mereka kenakan sejumlah ruas jalan raya dibuat menjadi lumpuh total. Perekonomian menurun dan sektor pariwisata lumpuh total. Merah pada bendera kebangsaan Thailand konon melambangkan rakyat, sedangkan warna putih itu pemerintah dan biru tua melambangkan biksu. Sebab mayoritas penduduk negeri gajah putih tersebut beragama Budha.

Tak ayal demonstrasi berlangsung dengan sangat anarkis. Sejumlah warga ibukota Bangkok berbondong – bondong melawan aparat Kepolisian yang tampaknya didukung juga oleh pihak militer. Tampak sekali sebuah stasiun kereta monorail atau yang biasa dinamakan BTS / Bangkok Train System lumpuh total. Sejumlah perjalanan KA pun juga lumpuh total terutama di sebuah stasiun pusat ibukota. Yang saya ketahui stasiun tersebut bernama Hua Lamphong yang menjadi Beos-nya ibukota Bangkok.

Asal perlu diketahui saja, aksi para demonstran tidak hanya mereka lakukan seperti parahnya di Indonesia, namun aksi cap darah yang mereka ambil dari beberapa jari tangan mereka pun ditempel di beberapa bentangan spanduk berwarna putih. Tongkat berbentuk hati dan telapan kaki yang mereka buat berwarna putih dan merah. Entah sama dengan lambang pada bendera mereka, apabila benar demikian, maka warna mereka mungkin menaruh simpatik kepada pemerintah agar memiliki hati yang jernih terhadap rakyatnya dan sejumlah demonstran yang mewakili rakyat negara Thailand harus bersatu menghadapi kemelut pemerintahan yang selama ini dipimpin oleh Perdana Menteri Abhisit.

Catatan = Apabila ketikan saya banyak yang salah mohon diralat. Sebab beberapa ketikan di atas berasal dari pengalaman saya sendiri yang pernah berwisata ke ibukota Bangkok dalam rangka studi wisata.

Sumber = Beberapa kali pada siaran berita di TV One pada tanggal 10 April 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Mengacuh pada demonstrasi anarkis yang berkali – kali terjadi di Indonesia, rupanya Thailand juga sama saja anarkisnya. Tiada pihak yang benar dari siapa itu yang jelas sejumlah nyawa pun melayang sia – sia begitu saja. Tidak hanya melumpuhkan perjalanan KA yang ada, akan tetapi sektor pariwisata yang paling besar disoroti ikut terkendala.

Tanggal 11 April 2010 :
1. Pasca Kerusuhan di Ibukota Bangkok, KA Kembali Beroperasi

Demonstrasi anarkis telah berakhir. Sejumlah nyawa pun ikut melayang bersama iring – iringan peti jenazah yang siap membawa mereka ke peristirahatan terakhir di alam dunia ini. Saatnya warga ibukota Bangkok pun kembali beraktifitas dengan cukup tenang. Sekilas dilaporkan pula sejumlah perjalanan KA mulai kembali normal ke sedia kala.

Sumber = Beberapa kali pada siaran berita di TV One pada tanggal 11 April 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Sayangnya saya lupa apa nama stasiun KA tersebut. Siapa tahu saja saya masih ingat lokasinya di mananya mumpung saya pernah berkunjung ke ibukota Bangkok 4 tahun yang lalu dan pernah menaiki BTS tersebut ke beberapa stasiun persinggahan.

2. KA Babaranjang Anjlok di Lampung
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Metrotvnews.com Lampung Tengah: Kereta api pengangkut batu bara terguling di stasiun Rengas, Lampung Tengah, Lampung, Minggu (11/4) malam. Akibatnya jalur kereta api dari Lampung menuju Sumatera Selatan dan sebaliknya terputus. Sebanyak 18 gerbong kereta barang rangkaian panjang (Babaranjang) ini, terguling di Kilometer 45 tidak jauh dari stasiun Rengas, Lampung Tengah. Belasan gerbong terguling melintang di jalur rel kereta api. Akibatnya PT. Kereta Api menunda keberangkatan kereta penumpang Rajabasa Ekspres dan Limex Sriwijaya.

Akibat terputusnya jalur, aktifitas angkutan batu bara dan bubur kertas yang biasa menggunakan jalur ini juga dihentikan. Hingga tadi malam, puluhan petugas PT. KA terus berusaha mengevakuasi gerbong kereta bermuatan batu bara ini. Petugas terpaksa memotong gerbong agar mudah dievakuasi.(RIZ)

Sumber = Siaran berita Metro Pagi di Metro TV pada tanggal 12 April 2010.
Dapat dilihat pula di situs Metro TV di internet, yaitu :
http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/newsvideo/2010/04/12/103250/Kereta-Batu-Bara-Terguling-di-Lampung-Tengah.


Tanggapan saya pribadi :
Cukup lama tidak terdengar pemberitaan anjlokan, kali ini terjadi kembali. Padahal belum lama terjadi peristiwa miris di mana para suporter Bonek Mania menghancurkan stasiun Mojokertp tanpa alasan yang jelas. Rangkaian KA Babaranjang sendiri memiliki jumlah gerbong yang konon bisa mencapai 1 km. Bagaiaman para petugas tidak begitu kesulitan mencapai keseluruhan evakuasi gerbong yang bermasalah yah???

3. PT. KA Daops VIII Inventaris Kerusakan Kebrutalan Bonek
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho... Surabaya - Pasca kebrutalan suporter Persebaya alias bonek mania yang melakukan aksi pelemparan 2 kereta api (KA) saat berhenti di Stasiun Krian dan Stasiun Mojokerto, PT. KA melakukan inventaris kerusakan. Untuk hasil inventaris sementara akibat lemparan yang dilakukan bonek menjelang laga Persebaya melawan Pelita Jaya, terdapat 5 kaca pecah dan 10 kaca retak. ""Kita belum memperkirakan berapa kerugiannya, karena kita masih melakukan inventaris," kata Plh Humas PT. KA Daops VIII, Herry Winarno saat dihubungi detiksurabaya.com, Senin (12/4/2010).

Namun, kata Herry selain merusak kaca jendela KA, bonek juga melakukan aksi pengrusakan pintu perlintasan kereta api dan melempari kaca pos perlintasan di Ngagel. Tercatat juga ada 5 pintu perlintasan di Sepanjang dan Krian rusak. Akibatnya, PT. KA mengalami kerugian materiil yang masih dalam penghitungan.

Sebelumnya, menjelang laga lanjutan Indonesia Super League (ISL) antara Persebaya menjamu Pelita Jaya di Stadion Gelora 10 November, Tambaksari, bonek kembali berulah dengan melempari 2 KA. Yakni, KA Sri Tanjung jurusan Surabaya – Yogyakarta (maksudnya pasti Jember – Purwokerto) dan KA Gaya Baru jurusan Surabaya – Yogyakarta (maksudnya mungkin Surabaya – Jakarta). Akibat lemparan tersebut 6 penumpang KA menjadi korban.

(ze/fat)

Sumber = Situs http://surabaya.detik.com/ di :
http://surabaya.detik.com/read/2010/04/12/084340/1336302/466/pt-ka-daops-viii-inventaris-kerusakan-kebrutalan-bonek pada tanggal 11 April 2010.

Dari narasumber yang lain :
Memang tidak hanya seorang bocah berusia 10 tahun yang terkena serangan kebrutalan Bonek, tetapi juga seorang ibu penumpang KA Sri Tanjung yang mesti mengalami luka jahitan di kepalanya dan seorang bapak penumpang KA dari salah satu yang menjadi sasaran Bonek tersebut. Lahuti harus mengalami luka di bagian pipi kanannya sehingga harus diberi kapas. KA Gayabaru Malam Selatan pun juga menjadi 2 dari KA Klas Ekonomi yang berada di stasiun lintas selatan tersebut.

Sumber = Siaran berita Seputar Indonesia Pagi di RCTI pada tanggal 12 April 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Di mana pun Bonek berada pasti ada kerusuhan. Suasana damai seketika menjadi rusuh dan selalu menimbulkan kerugian materiil dan nyawa setiap orang yang luar biasa.

Tanggal 12 April 2010 :
Kecelakaan KA di Kota Bolzano, Italia
Sedikitnya 9 orang penumpang tewas dan 28 lainnya mengalami luka – luka akibat kecelakaan KA yang terjadi di dekat kota Bolzano negara Italia. Kecelakaan tersebut diakibatkan oleh longsoran tanah yang terjadi secara tiba – tiba. Akibat longsoran tersebut, rangkaian KA langsung tercerai – berai menuju ke jurang yang cukup dalam.

Longsoran tanah terjadi akibat kebocoran pada saluran pipa air. Sejumlah tim investigasi dan regu penolong langsung terjun ke lokasi kejadian untuk segera mengevakuasi para korban. Para korban langsung dievakuasi dengan menggunakan helikopter Tidak diketahui apakah dari kejadian yang terjadi pada waktu siang hari waktu setempat itu mengganggu sejumlah perjalanan KA ataukah pula

Sumber :
- Tulisan berjalan saat tayangan Kabar 9 di TV One pada tanggal 12 April 2010.

- Situs http://tv.detik.com/ pada :
http://tv.detik.com/index.php?fa=content.main&k=061009681&id=TVRBd05ERXpNREExSXpJd01UQXZNRFF2 tanggal 12 April 2010.

Dari pemberitaan yang lain :
Langsung dari ketikan ybs : Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Tim petugas penolong bergegas mengamankan kereta dan mencari korban. Tanah longsor menyebabkan rangkaian kereta tergelincir dari rel di Italia utara dan menelan sedikitnya 9 korban jiwa. Kecelakaan ini terjadi di suatu lembah gunung tak jauh dari kota pusat olahraga musim dingin Italia, Merano, tak jauh dari perbatasan dengan Austria.

Pepohonan di dekat jalur rel menahan kereta api tersebut sehingga rangkaian gerbang dan lokomotif tidak sampai terjerumus ke dalam sungai. Petugas PMK dilaporkan menggunakan tambang baja untuk mengamankan gerbong. Aparat Italia mengatakan tanah longsor itu mungkin disebabkan oleh pipa air yang bocor di lereng bukit di atasnya. Investigasi tengah berlangsung untuk menentukan penyebab pasti kecelakaan.

Kecelakaan ini terjadi Senin sekitar pukul. 09.00 waktu setempat (13.00 WIB) di jalur KA dari Castelbello ke Laces, tidak jauh dari kota Bolzano. Aparat setempat mengatakan air, lumpur dan batu tercurah tiba - tiba dan menimbun rangkaian kereta yang tengah melintasi lembah, lapor Wartawan BBC Bethany Bell dari lokasi kecelakaan. Korban tewas semulanya dilaporkan 11, namun kemudian diralat menjadi 9 orang akibat "kesalahan hitung"kata Gubernur setempat. Masinis KA diyakini adalah salah seorang korban tewas. Korban yang mengalami cedera berat dievakuasi dengan helikopter.

Sumber = Situs http://www.bbc.co.uk/ di :
http://www.bbc.co.uk/indonesia/dunia/2010/04/100413_italiantrain.shtml pada tanggal 13 April 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Mungkin saja petak rel KA tersebut amat sangat dilalui oleh perjalanan KA. Makanya lepas dari pantauan perusahaan perkereta apian negara setempat. Apalagi di lokasi tersebut terdapat saluran pipa air yang sepastinya dipergunakan bagi orang banyak dalam hal ini warga penduduk di pegunungan tersebut.

Selasa, 13/04/2010 08:25 WIB

Dilempari Bonek, PT KA Daops VIII Rugi Rp 150 Juta

Imam Wahyudiyanta – detikSurabaya

File: detiksurabaya.com

Langsung dari ketikan ybs :

Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.

KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Surabaya - PT KA Daops VIII belum bisa merinci secara tepat berapa kerugian yang diderita akibat ulah bonek yang melempari 2 kereta. Pihak Daops VIII masih akan merinci dan menghitung kerugian itu. Namun diperkirakan kerugian mencapai angka di atas Rp 100 juta,00.

"Jumlah kerugian pastinya belum tahu, perkiraan sekitar Rp 100-150 juta,00,"kata Plh Humas PT. KA Daops VIII Herry Winarno saat dihubungi detiksurabaya.com, Selasa (13/4/2010). Kerugian itu, kata Herry, meliputi retak dan pecahnya 23 kaca kereta dan kerusakan peralatan dan bangunan pada pos pintu perlintasan kereta. Selain itu rusaknya badan kereta akibat pelemparan juga menjadi hitungan kerugian yang akan didata.

Tetapi untuk biaya pengobatan 7 korban yang terluka, Herry mengaku bahwa itu adalah tanggung jawab pihak asuransi. "Itu tanggung jawab pihak asuransi meski kami yang nalangi dulu,"tandas Herry. Seperti diketahui, 2 kereta api yakni KA Sri Tanjung dan KA Gaya Baru menjadi sasaran lempar para bonek saat berhenti dan melaju dari Stasiun Krian dan Stasiun Mojokerto. Akibat ulah bonek yang brutal itu, 7 orang mengalami luka dan harus mendapat perawatan. (iwd/wln)

Sumber = Situs http://surabaya.detik.com/ di :

http://surabaya.detik.com/read/2010/04/13/082530/1337080/466/dilempari-bonek-pt-ka-daops-viii-rugi-rp-150-juta pada tanggal 13 April 2010.

Tanggapan saya pribadi :

Asuransi akan membuat mereka para Bonekers semakin manja. Tercedera karena lemparan benda – benda tajam akan membuat mereka berserah diri sama yang namanya asuransi. Sesungguhnya itu sangat tidak perlu dilakukan karena akan semakin banyak para Bonekers yang merasa dibentengi oleh yang namanya asuransi nantinya.

Tanggal 14 April 2010 :

Truk Trailer Kandas di Perlintasan KA Jl. KH Mas Mansyur Kota Pekalongan

Langsung dari ketikan ybs :

Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.

KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

TRUK KANDAS: Truk trailer B-9937-HH pengangkut komponen PLTU Tanjung Jati B kandas, Rabu (14/4) siang pukul 14.30 WIB di perlintasan Kereta Api Jl KH Mas Mansyur Kota Pekalongan. Akibat kejadian ini, beberapa perjalanan kereta sempat terhambat beberapa saat.

(SM CyberNews/Makhjudin Zein)

Sumber = Postingan rekan Kang Bas baskoro@yahoo.com di milis keretapi@yahoogroups.com pada tanggal 15 April 2010.

Keterangan :

Ma’af kalau saya kesulitan mencari cuplikan berita ini di sebuah situs internet atau pun media massa lainnya. Tetapi berdasarkan rekan kita Kang Bas diambil dari cuplikan koran SM (mungkin Suara Merdeka yah kang?).

Tanggapan saya pribadi :

Tetap saja biar bagaimana pun salah sang pengemudi karena tidak jelih melihat datang KA. Meski jarang dilalui KA, namun sekalinya melintas, maka seperti inilah kejadiannya…. Petaka pun terjadi.

Tanggal 15 April 2010 :
1. Investor Swasta Dilibatkan dalam Pembangunan Jembatan Selat Sunda
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) terus bergulir. Pemerintah optimistis dalam waktu 4 tahun ke depan pengerjaan jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatra itu bisa dimulai. Karena itu, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto membentuk sebuah kelompok kerja untuk mengkaji lebih dalam pembangunan jembatan Selat Sunda. "Dilihat dari segi pendanaan, dari segi ekonominya, lingkungannya, semua harus kita detailkan,"ujar Djoko usai pembukaan Asia Pasific Infrastructure Conference, Kamis (15/4). Namun demikian, Djoko enggan memastikan apakah proses kajian mendalam itu bisa segera selesai dalam tahun ini.

Cuma, Djoko menargetkan paling tidak selama masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah bisa dilakukan ground breaking alias peletakkan batu pertama. Selain itu, kata Djoko, pemerintah juga mengutamakan bahan baku pembuatan jembatan itu lebih banyak dari dalam negeri, termasuk para insinyur juga datang dari Indonesia. Selain itu, Djoko menambahkan pemerintah juga membuka kesempatan kepada pihak swasta baik lokal maupun asing untuk terlibat aktif dalam pembangunan jembatan Selat Sunda, baik itu dari sisi pendanaan maupun konstruksi.

Direktur Utama PT Bangungraha Sejahtera Mulia (BSM) Agung Prabowo mengatakan hingga saat ada sejumlah investor dari Timur Tengah, Korea, Jepang, Perancis dan Cina yang berminat terlibat dalam proyek jembatan Selat Sunda. Cuma, kata Agung hanya investor asal Cina yang nampaknya serius ingin terlibat. Karena itu, kini BSM menggelar komunikasi intensif dengan lembaga keuangan Cina yaitu China Development Bank dan China Harbour Engineering, perusahaan konstruksi asal China yang sudah memiliki reputasi internasional. "Mereka tertarik dan menyatakan minatnya,"kata Agung. PT. BSM bersama Pemerintah Provinsi Lampung dan Banten menyerahkan hasil pra feasibility studies kepada pemerintah pada 13 Agustus 2009 lalu. Hasil studi itu menyebutkan butuh sekitar Rp 100 triliun untuk membiayai pembangunan jembatan Selat Sunda.

(Hans Henricus/KONTAN)


Sumber : - Tulisan berjalan saat tayangan Apa Kabar Indonesia Malam di TV One pada tanggal 16 April 2010. - Situs http://properti.kompas.com/ pada :
http://properti.kompas.com/read/xml/2010/04/15/20561568/Investor.Swasta.Dilibatkan.dalam.Pembangunan.Jembatan.Selat.Sunda.-12 tanggal 12 April 2010.


Keterangan : Untuk yang kangen dengan visualisasinya seperti apa silahkna buka situs :
http://www.youtube.com/watch?v=1YONEWOEM1k.


Tanggapan saya pribadi :
Semoga tidak sekedar wacana terus – terusan…

2. Bus Terseret 4 Meter Oleh KA Feeder Punakawan

Langsung dari ketikan ybs :

Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.

KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

TABRAK BUS: Sejumlah warga mencoba mengevakuasi bus Damar Sasongko yang terseret empat meter usai ditabrak KA Feeder jurusan Solo - Wonogiri di perlintasan kereta tanpa palang Songgorunggi, Nguter, Kamis (15/4) siang. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun beberapa penumpang bus mengalami luka terkena serpihan kaca. (SM CyberNews/Heru Susilo)

Sumber = Postingan rekan Kang Bas baskoro@yahoo.com di milis keretapi@yahoogroups.com pada tanggal 15 April 2010.

Keterangan :

Ma’af kalau saya kesulitan mencari cuplikan berita ini di sebuah situs internet atau pun media massa lainnya. Tetapi berdasarkan rekan kita Kang Bas diambil dari cuplikan koran SM (mungkin Suara Merdeka yah kang?).

Tanggapan saya pribadi :

Tetap saja biar bagaimana pun salah sang pengemudi karena tidak jelih melihat datang KA. Meski jarang dilalui KA, namun sekalinya melintas, maka seperti inilah kejadiannya…. Petaka pun terjadi.


Tanggal 16 April 2010 :
1. PT. KA Luncurkan Kereta Malabar Jurusan Bandung - Malang
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Bandung - Sejak 30 April 2010, warga Bandung yang akan pergi ke Malang bisa langsung menggunakan kereta api Malabar singkatan dari Malang - Bandung Raya. Sementara, untuk jurursan Malang ke Bandung akan mulai dibuka 1 Mei 2010. Hal itu disampaikan Vice President Pemasaran Angkutan Penumpang PT. KA Husein Nurroni dalam jumpa pers dalam kantor PT. KA Daop II Jl. Stasiun Timur, Jumat(16/4/2010).

Kereta ini, nantinya akan melewati beberapa stasiun pemberhentian seperti Kiaracondong, Cipeundeuy, Tasikmalaya, Banjar, Gombong, Kebumen, Kutoharjo, Wates, Yogyakarta, Klaten, Solo, Balapan, Alur, Madiun, Nganjuk, Kertosono Kediri, Tulung Agung, Blitar dan Kepajen. "Kita melakukan okupansi pasar dan kita melihat potensi pasar ke Bandung ini cukup bagus,"ujarnya. KA Malabar ini mempunyai berbagai Klas dari mulai Eksekutif, Bisnis, Ekonomi dan kereta barang. "Pelayanannya cukup unik ada Klas Eksekutif, Bisnis, Ekonomi dan kereta barang,"ujarnya.

Dari keterangan Husein, tarif KA Malabar untuk Klas Eksekutif seharga Rp 220ribu,00, Klas Bisnis Rp 150ribu,00 dan Klas Ekonomi Plus Rp 90 ribu,00. Disebut Husein, Klas Ekonomi menjadi Ekonomi Pus karena tidak seperti kereta Ekonomi lainnya. Kereta Ekonomi tersebut berlaku seperti kereta api komersil. "Kereta ekonomi bisa berhenti di setiap stasiun. Kalau ini pemberhentian lebih sedikit, security juga ditambah yang biasanya 2 orang jadi 3 orang,"pungkas Husein.

(ema/dip)

Sumber = Avitia NurmataridetikBandung pada tanggal 16 April 2010 pukul. 12:10 WIB di situs http://bandung.detik.com/ pada :
http://bandung.detik.com/read/2010/04/16/121003/1339590/486/pt-ka-luncurkan-kereta-malabar-jurusan-bandung-malang.

Tanggapan saya pribadi :
Unik sekali seperti konon di pulau Sumatera. Namun, kalau memang digabung dengan Klas Ekonomi, apakah dapat menjamin tiada para penumpang gelap yang notabene berperilaku meresahkan seperti berpenampilan kumel, membawa banyak barang seperti bakul isi sayuran, karung beras dan lain sebagainya? Jangan sampai rangkaian KA Malabar terkesan atau image KA Klas Ekonomi menengah ke bawah. Mengenai pengamanan dari 2 menjadi 3 orang petugas keamanan apakah dapat menjamin ketiadaan para penumpang gratisan yang notabene lebih banyak didominasi oleh oknum - oknum yang mengatas namakan aparat tertentu?

2. PT. KA Hapus Kereta Parahyangan
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
BANDUNG, KOMPAS.com — PT. Kereta Api Indonesia akan menghapus semua jadwal perjalanan KA Parahyangan jurusan Bandung - Jakarta mulai 27 April 2010. Sebagai gantinya, PT. KA hanya akan mengoperasikan KA Argo Gede. Vice President Pemasaran Angkutan Penumpang Husein Nurroni di Bandung, Jawa Barat, Jumat (16/4/2010) mengatakan keputusan penghapusan semua jadwal perjalanan KA Parahyangan itu dilakukan setelah melakukan kajian cukup lama dan telah dicoba dengan diskon tarif. Namun, hasilnya, okupansi penumpang masih rendah, yakni di bawah 50%.

Rendahnya okupansi KA Parahyangan itu berlaku baik untuk pemberangkatan Bandung maupun Jakarta. KA itu hanya penuh pada weekend. Dalam koridor jarak pendek Bandung - Jakarta memang waktu tempuh KA lebih lama daripada Jalan Tol Cipularang meskipun pada jam - jam sibuk tentu waktu tempuh KA masih unggul. "Untuk perubahan jadwal itu, PT. KA akan melakukan rescheduling untuk KA Argo Gede, bila perlu dengan diskon tarif pada jam - jam tertentu. Argo Gede akan melayani penumpang di Cimahi, Padalarang, Purwakarta, Bekasi, dan Jatinegara,"katanya.

Ia menyebutkan ke depan, setelah melakukan rescheduling akan dilakukan penambahan rangkaian kereta Bisnis pada jam - jam tertentu untuk mengakomodasi penumpang Klas Bisnis di KA Parahyangan. Sementara itu, rangkaian KA Parahyangan itu akan dipakai untuk melakukan ekpansi dengan mengoperasikan KA Malabar jurusan Bandung - Malang PP mulai 30 April 2010 untuk memenuhi kebutuhan konsumen di jalur itu. "Jalur Bandung - Malang cukup unik karena satu rangkaian terdiri atas Klas lengkap, yakni KA Eksekutif, Bisnis. Ekonomi Plus dan kereta barang,"kata Nurroni.

KA Malabar yang terdiri atas 2 Klas Eksekutif, 3 Bisnis, 2 Ekonomi Plus dan 1 KA barang rencananya diberangkatkan dari stasiun Bandung pukul. 15.30 dan tiba di stasiun Malang pukul. 08.11. Sementara KA Malabar pemberangkatan dari Stasiun Malang pukul. 13.30 dan tiba di Stasiun Bandung pukul. 08.37.

Sumber = Situs http://bisniskeuangan.kompas.com/ di :
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2010/04/16/11371736/PTKA.Hapus.Kereta.Parahyangan-4 pada tanggal 16 April 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Susunan rangkaian KA penumpang yang unik. Namun, beberapa yang menjadi pertanyaan saya :
- Apakah tidak akan kekurangan kereta untuk Klas Ekonomi? Mengingat mayoritas warga masyarakat sepastinya lebih memenuhi kereta Klas Ekonomi.
- Sebetulnya gerbong barang meski hanya 1 untuk apa yah? Adakah kaitannya dengan transportasi angkutan barang semacam Parcel mungkin?
- Kalau memang untuk angkutan barang seperti Parcel, mengapa tidak sekalian digandeng dengan rangkaian KA barang yang notabene ke dan dari stasiun Gedebage saja?
- Di manakah letak kereta Pembangkit dan kereta Makan? Apakah di setiap kereta sudah terpasang setidaknya generatornya masing – masing?

Tanggal 18 April 2010 :
1. Gas Metan Lumpur Sidoarjo Semakin Meresahkan
Tiada yang menginginkan bencana alam yang diakibatkan kecerobohan manusia itu berkepanjangan. Namun, bencana lumpur Sidoarjo ini semakin memprihatinkan warga masyarakat pengguna jasa KA dan jalan raya penghubung antara Surabaya dengan Malang dan Banyuwangi. Pasalnya kedua ruas jalan penghubung tersebut semakin tergerus oleh ganasnya gas metan yang semakin bermunculan dari sebuah jalan raya yang bersebelahan dengan petak rel KA penghubung antara Surabaya dengan Malang dan Bayuwangi tersebut.

Sejumlah warga masyarakat melarang para warga yang melintas menyalakan api terlebih korek api dan pihak Kepolisian pun memberi garis batas pita Polisi agar semburan gas metan tidak semakin merembet. Dengan terpaksa aspal jalan raya yang tergerus gas metan tersebut dibongkar oleh para tim ahli yang terkait dalam penanganan lumpur Sidoarjo. Akibat kejadian tersebut, sepanjang jalan raya tersebut dilanda sedikit kemacetan. Namun, tiada laporan sama sekali apakah terganggu atau tidaknya perjalanan KA.

Sumber = Siaran berita Headline News di Metro TV jam 1 siang WIB pada tanggal 18 April 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Kenapa di saat para warga korban Sidoarjo sang pemilik pabrik yang bertanggung jawab atas kebocoran zat kimia yang menyebabkan semburan lumpur tersebut merendam sejumlah rumah warga justru menikmati kemegahan pesta perkawinan yang serasa tiada ujungnya yah? Lebih – lebih sang menantu ulang tahun dilangsungnya juga tidak kalah mewahnya. Ada apa gerangan dengan para orang kaya di negeri ini yah?

2. Penggusuran Rumah Warga Yang Tidak Konsisten
Siapa yang ingin rumahnya digusur oleh sejumlah aparat keamanan? Terlebih para warga masyarakat yang berstatus menengah ke bawah yang hanya bermodalkan rumah tinggal berbahan kayu, asbes, bambu dan benda – benda lainnya yang tidak layak. Namun, hal ini dilakukan oleh sejumlah aparat keamanan dalam menertibkan perumahan liar yang berdiri di samping petak rel KA yang menghubungkan antara Surabaya dengan Sidoarjo di kota Surabaya. Keberadaan mereka sudah sangat mengganggu perjalanan KA meski tidak semuanya dibongkar karena ketidak konsistenan berbagai pihak juga mungkin dalam hal ini PT. KA Daops VIII Surabaya.

Sumber = Siaran berita Pojok Kampung di JTV jam 10 malam WIB pada tanggal 18 April 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Koq jadi teringat sama Tanah Abang yah?? Dahulu di tahun 2008 hanya beberapa rumah liar saja yakni sebatas petak rel yang diperuntukkan bagi dipo KA penumpang tiada lain KA Brantas, Bengawan dan Kutoarjo Utara.

3. Bonek Berulah, Stasiun Sidoarjo Kritis
Pasukan ‘bala’ Bonek kembali melakukan ulah tidak menyenangkan di sebuah tempat umum yang tiada lain stasiun KA. Kali ini stasiun Sidoarjo di mana lokasinya tidak terlalu jauh dari kampung halaman kesebelasan mereka menjadi sasaran amuk massa mereka. Tidak tanggung – tanggung beberapa rangkaian KA seperti Susi diamuk mereka dengan cara melempari batu. Akibat peristiwa anarkis tersebut, sejumlah Polisi mengawal mereka yang siap menempuh perjalanan dengan KA Penataran dari arah Blitar menuju Surabaya. Tampak sekali beberapa jendela kereta Klas Ekonomi terserbut mengalami kerusakkan tiada lain kaca – kaca pecah.

Sumber = Siaran berita Kabar Pagi di TV One pada tanggal 19 April 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Di kandang sendiri mereka berulah…. Bagaimana berlaga di kandang lawan? Bagus sekali PSSI telah cukup lama melarang mereka untuk tampil mendukung tim kesebelasan mereka di kandang lawan alias di mana tim kesebelasan mereka bertanding di kota lain. Akan mengalami kerusakkan yang sangat fatal pastinya kalau sampai kembali terjadi demikian.

19 April 2010 | 21:18 wib | Daerah

PT. KA Luncurkan Eksekutif Kaligung

Langsung dari ketikan ybs :

Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.

KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Semarang, CyberNews. PT. Kereta Api Daerah operasi (Daops) IV meluncurkan kereta api Eksekutif Kaligung dengan rute Semarang - Tegal. Kereta Kaligung yang dulunya hanya menyediakan gerbong Ekonomi dan Bisnis, sejak akhir pekan sudah mengoperasikan klas Eksekutif untuk penumpang yang menginginkan kenyamanan.

Namun, gerbong Eksekutif tersebut tidak sepenuhnya baru. 2 gerbong Eksekutif yang dirangkai dengan 4 gerbong Bisnis diambil dari kereta dan Fajar Eksekutif Kamandanu yang kini sudah tidak beroprasi lagi. Kini kereta Kaligung tidak hanya berhenti sampai stasiun Poncol, namun sampai stasiun Tawang.

Kepala Humas Daerah operasi (Daops) IV Septa Trio Ramadin mengatakan tujuan dari pengadaan gerbong Eksekutif untuk menarik penumpang yang menginginkan kenyamanan saat perjalanan. Untuk tahap awal kereta hanya akan melakukan 2x perjalanan pulang pergi Semarang - Tegal. Yaitu berangkat pukul. 04.40 dan 13.30 dari Tegal. Sedangkan, dari Semarang akan berangkat pukul. 08.25 dan 16.45 dari Semarang.

"Rute ke arah barat merupakan jalur gemuk dan banyak penumpangnya. Kami menganggap itu merupakan peluang yang baik dengan meluncurkan kereta Eksekutif Kaligung. Fasilitas yang ditawarkan sama dengan kereta Eksekutif lainnya seperti AC dan TV,"kata Septa T Ramadin. Dia menambahkan, untuk harga tiket di bandrol dengan harga Rp 50ribu,00 untuk dewasa dan anak - anak Rp 20ribu,00, sedangkan untuk Bisnis masih seperti semula yaitu Rp 30ribu,00. Untuk sementara kapasitas penumpang Eksekutif hanya menampung 100 penumpang yang terbagi menjadi 2 gerbong.

Kepala Stasiun Tawang Nurhadi menambahkan dengan adanya tambahan Kaligung Eksekutif ini diharapkan dapat memfasilitasi penumpang yang memiliki jadwal padat dan ingin segera sampai di tempat tujuan. Eksekutif Kaligung menjadi salah satu alternatif pilihan selain kereta api yang lain. "Sejalan dengan itu stasiun Tawang juga akan meningkatkan pelayanan kepada para penumpang kereta api. Ini adalah bagian dari peningkatan 4 pilar PT. KA. Yaitu, keselamatan, ketepatan waktu, pelayanan, dan kenyaman,"tandasnya.

Sumber = Postingan Kang Bas baskoro@yahoo.com Ke milis keretapi@yahoogroups.com tgl 20 April 2010.

Tanggapan saya pribadi :

Kalau memang jalur gemuk, ternyata masih disayangin yah hanya membatasi maksimal 100 penumpang saja untuk yang Klas Eksekutif. Yang terpenting juga fokus kepada stasiun Semarang Tawang yang selalu saja dibanjiri dengan rob.

Tanggal 20 April 2010 :
PT. KA Operasikan KA Kontainer dari Stasiun Cibungur
Langsung dari ketikan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Bandung (ANTARA News) – PT. Kereta Api (PT. KA) Daops II Bandung akan mengoperasikan KA kontainer dari stasiun Cibungur, Purwakarta ke stasiun Pasoso, Tanjung Priok, Jakarta Utara mulai Selasa (20/4). "Mulai besok KA kontainer dari stasiun Cibungur mulai dioperasikan, "kata Kepala PT. KA Daops II Bandung, Slamet Suseno di Bandung, Senin. Pengoperasikan KA kontainer tersebut sebagai upaya optimalisasi pengangkutan kontainer dengan menggunakan rangkaian KA yang tengah digenjot oleh BUMN angkutan massal itu dalam beberapa tahun ke depan.

Sebelumnya, PT. KA telah mengoperasikan 1 rangkaian kereta kontainer dari stasiun terminal peti kemas Gedebage kota Badung ke stasiun Pasoso. Namun, selama ini KA barang dari Bandung itu belum bisa mengangkut kontainer jumbo karena terkendala di terowongan Sasaksaat Cikalong Wetan kabupaten Bandung Barat. "Berbeda dengan KA dari Bandung, KA yang dioperasikan dari stasiun peti kemas Cibungur bisa mengangkut kontainer ukuran besar sehingga diharapkan bisa meningkatkan volume pengangkutan kontainer melalui KA,"kata Slamet Suceno.

Berdasarkan data pengangkutan barang - barang ekspor dari wilayah industri di Jawa Barat, khususnya Bandung Raya dan Purwakarta rata - rata 300 unit kontainer per hari. Namun, sebagian besar kontainer itu dikirimkan menggunakan truk. PT. KA menargetkan mampu meningkatkan volume pengangkutan lebih banyak lagi. "Saat ini beban jalan raya menuju Tanjung Priok makin padat sehingga sering terjebak kemacetan, namun dengan KA bisa mengatasi kepadatan arus lalu lintas di sana,"kata Slamet. Layanan pengiriman barang juga akan dipermudah dengan sistem pengurusan dokumen ekspor secara "online" di stasiun peti kemas Gedebage Kota Bandung.

Sedikit Kilasan Out Of Topic / OOT atau di luar topik :
OOT itu berita yang saya rangkum di luar peristiwa perekereta apian namun masih menjadi tanda tanya bagi saya pribadi. Mungkin saja ada kaitannya meski sedikit atau pun banyak keterkaitannya dengan kereta api dalam peristiwa tertentu.

Tanggal 14 April 2010 :
Kerusuhan Berdarah di Koja, Tanjung Priok, Jakarta Utara
Awalnya hanya berupa teguran dari Satpol PP kalau makam sesepuh pendiri kawasan Tanjung Priok yang dijuluki Mbah Priok ingin diperkecil. Namun, masyarakat entah salah menanggapi atau memang benar adanya kalau makam tersebut sepenuhnya akan dibongkar. Merasa masih memiliki historis dengan sejarah ke-Islaman di Jakarta ini, warga masyarakat berbondong – bondong mencegah sejumlah aparat dari Satpol PP dengan mempersenjatai berbagai macam senjata tajam. Merasa terpojoki dan dihajar oleh para aparat tersebut, sejumlah warga masyarakat sekitar pun berang.

Kerusuhan terjadi bak Tragedi bulan Mei 1998 silam di kawasan yang menjadi industri peti kemas di pelabuhan laut Tanjung Priok. Seketika seharian itu suasana mencekam tanpa mengenal belas kasih. Sejumlah aparaat dari Kepolisian pun juga secara perlahan menarik mundur pasukannya. Berbagai fasilitas yang berhubungan dengan aparat seperti mobil dinas Satpol PP dibakar massa yang berang. Intinya, mereka tidak menginginkan makam tersebut dibongkar meskipun pemberitaan lain mengatakan hanya sedikit ingin dipugar.

Dalam aksi yang menewaskan 2 orang anggota Satpol PP akibat tebasan senjata tajam warga masyakarat yang berang itu pun berangsur sempat pulih meski memacetkan arus kendaraan bermotor di seputar kawasan Koja. Tiada laporan sama sekali apakah tertunda atau tidaknya aktifitas bongkar muat barang di dermaga Tanjung Priok tersebut mengingat kerusuhan terjadi di akses pintu keluar – masuk dermaga. Apalagi aktifitas perjalanan KA barang kontainer yang menghubungkan antara pelabuhan Tanjung Priok dengan terminal peti kemas Gede Bage dan sebaliknya. Begitu pun dengan KA barang kontainer melayani rute perjalanan antara pelabuhan Tanjung Priok dengan pelabuhan Tanjung Mas di Kota Semarang. Begitu pun sebaliknya

Sumber = Semua siaran berita baik nasional maupun lokal di Jakarta dan sekitarnya pada tanggal 14 April 2010.

Keterangan :
- Kalau ingin melihat bagaimana proses evakuasi jenazah salah seorang korban Satpol PP yang meninggal dari dalam sebuah anjungan silahkan lihat siaran berita di TV One edisi tanggal 15 April 2010.
- Kalau ingin bagaimana Satpol PP melampiaskan amarah kepada salah satu warga yang kebetulan masih berusia belasan tahun bahkan bisa jadi di bawah 15 tahun dengan cara menghajar, menendang dan memakinya silahkan lihat siaran berita di SCTV edisi tanggal 14 April 2010.
- Kalau ingin bagaimana para keluarga beserta warga masyarakat yang ikut melayati salah seorang korban dari Satpol PP yang melinggal saat berada di rumah duka, silahkan lihat siaran berita di RCTI edisi tanggal 15 April 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Sebetulnya kita jangan menyalahkan masyarakat juga, apalagi aparat keamanan. Sebab, kita tidak mengetahui permasalahan yang sebenarnya sebab kita bukanlah warga setempat dan tidak mengetahui bagaimana kesalnya umat beragama dalam hal ini Islam khususnya kawasan setempat. Namun, melihat berbagai tayangan di TV pada hari ini (pas hari penayangan) kalau masyarakat anarkis dengan merusak berbagai fasilitas umum.

Tanggal 15 April 2010 :
Letusan Dahsyat Gunung Berapi di Negara Eslandia
Letupan awan panas disertai gemuruh yang kencang melanda gunung berapi di negara Eslandia. Beberapa negara terkena dampaknya di mana ketinggian awan panas yang mencapai 500 kaki itu terasa mengganggu penerbangan. Pasalnya ketinggian pesawat yang terbang hanya mencapai maksimal sekitar 300 kaki dari permukaan tanah. Kejadian yang berlangsung sejak siang hari waktu Eropa atau malam hari waktu Indonesia juga dikabarkan mengganggu jadwal perjalanan KA yang menghubungkan antara ibukota Paris dengan bandara internasional Charles de Goule. Tidak di negara Perancis saja, dampak yang sangat besar terasa terjadi pada bandara internasional Heatrow di ibukota London, Inggris. Sejumlah maskapai penerbangan baik domestik maupun mancanegara di kedua negara tersebut menunda sejumlah perjalanan mereka ke berbagai tujuan.

Sumber = Siaran berita Breaking News sekitar malam hari WIB di CNN pada tanggal 15 April 2010.

Mungkin ada rekan – rekan yang ingin menambahkan atau meralatnya? Silahkan saja….

Salam,
Dana

Kalau mau japri, silahkan ke dk_aries@yahoo.com saja yah…….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar