Senin, 19 April 2010

Catatan Bulanan Akhir Bulan Maret 2010

Catatan Bulanan
Akhir Bulan Maret 2010
Dikumpulkan oleh = Saya Sendiri  Dana

Bukan untuk mendramatisir, namun saya hanya menyarankan agar sebelum membacanya anak – anak perlu didampingin oleh orang tua atau pun wali karena berikut ini peristiwa – peristiwa yang terjadi selama kurun waktu awal bulan ini ada suatu peristiwa yang tidak kita inginkan, yaitu berita kecelakaan pastinya.

Tidak kita duga kalau sepanjang akhir bulan ini negara kita kembali diterpa peristiwa perkereta apian yang cukup mengganggu pelayanan publik, tidak terkecuali pelayanan angkutan barang. Mulai dari bencana yang sederhana seperti KA mogok hingga yang sangat dramatis berupa terenggutnya nyawa banyak orang tidak bersalah karena perbuatan keji sebagian umat manusia yang tidak mengerti berartinya pahala yang kita jalani di dunia sebagai amal perbuatan kita yang abadi di alam sana nanti. Semuanya harus kita terima dengan lapang dada meski sulit untuk kita sadari kalau itu semua sudah menjadi takdir dari Sang Maha Pencipta.

Kita renungkan dan kita sadari terus... Di balik peristiwa itu semua, bangsa kita dihadapi bencana alam seperti banjir dan longsor dikala sebagian wilayah Indonesia dilanda hujan yang deras. Ujian Nasional untuk tingkat SMA dan sederajat hingga SMP dilakukan dengan banyak cara. Meski ini di luar topik kita dalam hal ini perkereta apian, namun harus kita sadari sarana transportasi menjadi moda penting untuk membawa mereka ke sejumlah sekolah. Namun, apalah jadwal perjalanan KA cukup banyak yang terganggu.

Untuk selengkapnya dapat dilihat di bawah berikut ini... Mohon tanggapannya apabila ingin menanggapi...

Tanggal 22 Maret 2010 :
1. Pria Melamun Terlindas KA di Cipinang, Jak-Tim
Seorang pria ditemukan tewas bersimbah darah dengan anggota tubuh yang hampir tercerai – berai di petak rel Cipinang kotamadya Jakarta Timur pada malam hari. Saat ditemukan, beberapa orang saksi mata mengatakan pria tersebut sedang berjalan melamun nampaknya menuju ke arah Buaran. Tidak disebutkan rangkaian apa dan dari mana datangnya yang melindas pria naas tersebut pada malam hari. Yang jelas, saat ditemukan beberapa barang bukti hanya ditemukan secarik kertas yang bertuliskan bahasa Sunda. Sayangnya, KTP, SIM atau pun tanda pengenal pribadi lainnya tidak ditemukan.

Akibat kejadian tersebut, Polisi Metro Jatinegara lekas mengevakuasi pria tersebut ke RS Cipto Mangunkusumo untuk diautopsi. Kejadian tersebut berlangsung pada tengah malam ini.

Sumber = Siaran berita Seputar Indonesia Pagi di RCTI pada tanggal 22 Maret 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Apabila ditelusuri dari penanggalan pada siaran berita tersebut ada kemungkinan pria tersebut dihajar rangkaian KA Senja Utama dari Semarang atau pun juga KA Progo dari Yogyakarta. Sebab siaran berita tersebut tayang pukul. 04.30 WIB. Prosedur peliputan di lapangan akan sampai ke kantor berita dapat memakan waktu sekian menit apabila diasumsikan ruas jalan pada tengah malam lancar. Lanjut masuk ke redaksi melalui editor. Belum lagi pemberitaan disusun. Jadi, apabila yang menabrak itu rangkaian KA yang tiba di Jakarta di atas jam 3, maka kemungkinan kecil sudah masuk ke RCTI sebagai stasiun TV yang menyiarkan berita tersebut dan kecil sekali apabila ada rangkaian KA penumnpang yang baru berangkat dari Jakarta pada tengah malam kalau bukan karena alasan gangguan perjalanan.

2. Level polusi udara Hong Kong lampaui 300
Langsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
HONG KONG (Bloomberg): Polusi udara Hong Kong di salah satu ruas jalan di tepi stasiun serta satu stasiun umum telah mencapai level ‘parah’ di atas 300. Hal ini membuat pemerintah setempat memperingatkan masyarakat untuk mengurangi aktifitasnya di luar ruangan. Pada pukul 7 a.m waktu setempat, Indeks Polusi Udara di ruas jalan Mong Kok yang berlokasi di tepi stasiun berada di level 302 dan tercatat di posisi 318 untuk stasiun umum Kwun Tong ungkap Departemen Perlindungan Lingkungan dalam situs Web-nya. Pemeritnah telah memprediksikan level tersebut dapat naik menjadi 330.
Polusi yang parah telah memicu munculnya peringatan bagi masyarakat agar menghindari kontak terlalu lama dengan daerah padat lalu lintas serta mengurangi aktifitas fisik serta kegiatan di luar ruangan. Sementara itu, 2 jalan raya yang berlokasi di tepi stasiun serta 5 stasiun umum hari ini mencapai tingkat polusi udara di atas 200.

Dalam beberapa hari terakhir indeks Polusi Udara Hong Kong telah melampaui 100 yang merupakan level yang sangat tinggi yang mengarah kepada peringatan bagi orang berpenyakit jantung atau pernafasan untuk mengurangi latihan fisik dan aktifitas di luar ruangan.(t01/er) Oleh: Bloomberg.

Sumber = Situs http://web.bisnis.com/ pada :http://web.bisnis.com/senggang/kesehatan/1id169721.html tanggal 22 Maret 2010 pukul. 11.15.58 WIB.

Tanggapan saya pribadi :
Terbukti kalau warga kota Hong Kong banyak sekali yang menggunakan moda trandportasi darat kereta api sebagai moda transportasi darat yang paling utama. Tidak itu saja, Hong Kong juga mempunyai banyak trem dan taksi tidak terkecuali juga bus kota. Namun, dari pemberitaan di atas nampaknya kereta apilah yang paling disoroti keberadaannya.

Tanggal 23 Maret 2010 :
1. KRL Ekonomi Bogor Anjlok di Diponya, KRL Bekasi Pun Mogok
[keretapi] Berita KRL
Tue, March 23, 2010 6:24:09 PM
From: ROSES-Man rosesmilis@gmail.com
Add to Contacts
To: keretapi@yahoogroups.comLangsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Pagi ini, ada KRL anjlok di stasiun Bogor ketika akan langsir. Beberapa perjalanan KRL pagi terpaksa dibatalkan karena KRL di dalam dipo tidak dapat dikeluarkan. Penyebab belum diketahui. Sore ini, banyak terjadi gangguan perka. salah satunya KRL Ekonomi Bekasi mogok di sinyal masuk MRI, kemudian didorong oleh KRL Pakuan Ekspres. Karena tidak kuat, akhirnya terjadi korsleting di rangkaian KRL sampai mengeluarkan asap. kemungkinan yang terkena motor penggeraknya. KRL Pakuan akhirnya diturunkan di MRI kemudian ditarik ke BDI.
Penumpangnya ya cuma dapat permintaan maaf aja....... hehehe...... ..

Sumber = Postingan rekan ROSES Man ke milis keretapi@yahoogroups.com pada tanggal 23 Maret 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Tak lain pasti amat sangat mengganggu para calon penumpang yang hendak bepergian aktifitas bekerja di pagi harinya dan di sore harinya hendak pulang bekerja. Tentu menjadi alasan klasik sepanjang hari di lingkungan PT. KA Daops I Jakarta.

2. Langsiran KA Argo Muria Macet
Langsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
SEMARANG TIMUR - Rangkaian kereta KA Argo Muria yang sedang dilangsir macet di perlintasan Ronggowarsito, Senin (22/3). Rangkaian 10 kereta yang ditarik oleh loko CC 201 144R dari dipo Poncol tersebut macet hingga 1 jam sejak pukul. 14.00. Akibatnya, kendaraan bermotor yang akan melintasi jalan tersebut harus berhenti cukup lama sehingga menimbulkan kemacetan dari arah utara dan selatan perlintasan. Para pengendara motor dan mobil terus membunyikan klakson tanpa henti. Hingga ½ jam, kereta tak juga bergerak. Sejumlah pengendara pun memilih berbalik arah dan mencari jalur alternatif.

Meski sebagian berbalik arah, sejumlah mobil dan truk tetap menunggu. Sementara kendaraan yang berasal dari arah selatan terus masuk ke Jl. Ronggowarsito karena tidak mengetahui kemacetan yang terjadi. Hadi salah seorang pengendara mobil mengatakan dia terpaksa menunggu sampai kereta bisa berjalan kembali. Sebab kalau harus memutar, jaraknya cukup jauh.
Lagipula separuh ruas jalan tersebut tergenang rob. "Mau balik lagi malas kena rob,"kata dia.

Setelah menunggu beberapa lama, petugas KA membuka salah satu pintu kereta yang sengaja dibuka untuk dilalui para pejalan kaki.

Akan Dicuci
Menurut Kepala Stasiun Tawang Tri Suwarno, kereta yang berhenti di tengah perlintasan Jl. Ronggowarsito adalah KA Argo Muria jurusan Semarang - Jakarta yang sedang langsir. Kereta tersebut sedianya akan dilangsir dari jalur 1 ke jalur 2 untuk dicuci dan dibersihkan sebelum diberangkatkan pada pukul. 16.00 menuju Jakarta. Dijelaskan, untuk menjalani proses langsir atau perpindahan jalur, ujung kereta harus mencapai pas ujung wesel yang ada di timur perlintasan Ronggowarsito dan menunggu perputaran wesel. Jika tidak, kereta bisa terguling. Karena rangkaian kereta tersebut panjang terdiri atas 8 kereta penumpang, 1 kereta makan dan 1 kereta pembangkit, maka rangkaiannya mencapai perlintasan. "Sejauh ini belum ada laporan yang masuk kenapa kereta bisa berhenti lama. Setahu kami kereta tersebut sedang dilangsir seperti biasa,"ujarnya. (K7,J8-87)

Sumber = Harian SUARA MERDEKA edisi tanggal 23 Maret 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Suatu kelalaian atau semata kejadian mistis? Koq bisa tidak diketahui tiba – tiba macet? Seharusnya penanganan PJL atau pun pihak stasiun Poncol haruslah aktif dalam mengatur arus lalu lintas kendaraan bermotor yang hendak melintasi perlintasan KA selagi pihak Kepolisian kurang bahkan dapat dibilang tidak sigap mengatur arus lalu lintas kendaraan bermotor agar tidak terjadi penumpukkan berlanjut.

3. Percepatan Pembangunan Shortcut Cibungur-Tanjungrasa
[keretapi] Percepatan Pembangunan Shortcut Cibungur-Tanjungrasa
Thu, March 25, 2010 12:34:53 AM
From: nurcahyoms nurcahyoms@gmail.com
Add to Contacts
To: keretapi@yahoogroups.com
Ini berita dari Kompas, 23 Maret 2010

Jalur KA Ringankan Cadas Pangeran Jalan Pintas Cibungur-Tanjungrasa Dipercepat
Langsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Selasa, 23 Maret 2010 | 16:51 WIB BANDUNG, KOMPAS - Proyek reaktivasi jalur kereta api Bandung - Cirebon ditargetkan bisa menjadi jalur alternatif bagi Cadas Pangeran yang kondisi tebingnya rawan longsor dan penyangga betonnya rentan ambrol. Pengkajian teknis atau detail engineering design (DED) proyek reaktivasi jalur KA itu mulai dilakukan tahun ini. Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dicky Saromi mengatakan bahwa beban jalan Cadas Pangeran sudah sangat berat dengan puluhan ribu kendaraan yang melintas setiap hari. Apalagi, ada puluhan sampai ratusan truk angkutan berat yang beban setiap unitnya bisa mencapai 40 ton saat melintasi jalan buatan pemerintah kolonial Belanda itu. "Setelah reaktivasi berjalan, truk angkutan batu bara dari Cirebon ke arah Bandung yang selama ini melintasi Cadas Pangeran bisa dialihkan dengan kontainer KA,"katanya, Senin (22/3) di Bandung.

Reaktivasi itu dilakukan dengan terlebih dulu membangun jalur KA yang menghubungkan pelabuhan di Cirebon dengan stasiun KA. Jalur itu kemudian disambung dengan jalur di Kadipaten, kabupaten Majalengka dan diteruskan dengan jalur Tanjungsari, kabupaten Sumedang yang mengarah ke Rancaekek, kabupaten Bandung. Pemerintah Provinsi Ja-Bar dan pemerintah pusat masih membahas lokasi jalur KA yang menghubungkan pelabuhan dan stasiun di Cirebon. Total ada 4 jalur KA yang diaktifkan kembali di Ja-Bar, yakni Rancaekek – Jatinangor – Tanjungsari – Kertajati (Bandung - Majalengka), Cirebon – Kadipaten – Kertajati (Cirebon - Majalengka), Bandung – Soreang – Ciwidey (Bandung - Bandung selatan) dan Banjar - Cijulang (Banjar - Ciamis).

Proyek fisik reaktivasi jalur Cirebon - Bandung itu dibiayai APBN, sedangkan pembebasan lahan dan pengkajian teknisnya menjadi tanggung jawab APBD Jab-Bar. Pembangunan fisik diharapkan bisa dimulai tahun 2011. Hal itu bisa terwujud jika penyusunan DED selesai tahun ini. "Jika tidak bisa tuntas tahun ini, kemungkinan pembangunan fisik mundur hingga 2013,"kata Dicky.

Dipercepat
Pemprov Ja-Bar bersama PT. KA juga berupaya mempercepat pembangunan jalan pintas dari stasiun Cibungur (Purwakarta) ke stasiun Tanjungrasa (Karawang). Jalan pintas itu bisa menghemat waktu perjalanan dari Cirebon ke Bandung hingga 40 menit. Melalui jalan darat, Cirebon - Bandung biasanya ditempuh dalam 3 jam. Jalan pintas Cibungur - Tanjungrasa itu memotong jalur sehingga KA dari arah Cirebon tidak harus melintasi Cikampek saat menuju Bandung. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Jabar Deny Juanda menargetkan jalan pintas itu bisa dirampungkan tahun ini. Pembebasan lahan untuk proyek itu masih berlangsung dengan dana Rp 15 miliar,00. "Total lahan yang akan dibebaskan sepanjang 9,3 kilometer dan lebar sekitar 20 meter. Pembangunan fisiknya dilakukan oleh PT. KA,"ujarnya. Selain reaktivasi jalur KA, Dicky menambahkan, Pemprov Ja-Bar juga akan mengembangkan pelabuhan laut, antara lain di Cirebon dan Cilamaya (Karawang). Solusi angkutan massal, seperti KA dan kapal diperlukan untuk mengurangi beban jalan. "Apalagi, beban angkutan sekarang sudah tidak sesuai dengan kemampuan atau kualitas jalan di Ja-Bar yang rata - rata hanya mampu menanggung beban 8 ton,"katanya.

(REK)

Sumber = Situs http://cetak.kompas.com di :
http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/03/23/16513683/jalur.ka.ringankan.cadas.pangeran pada tanggal 23 Maret 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Seperti biasa, dibalik perkembangan kemajuan pasti ada segala wacana yang belum tentu terwujud selama beberapa tahun lagi, bahkan untuk jangka waktu yang masih lama sekali pun. Meski pesimis, tapi setidaknya kita masih ada harapan menikmati perkembangan kemajuan yang masih dapat berupa wacana namun sudah ada kepastian akan dibangunnya.

4. Tarif KRD Komuter Prambanan Ekspres Naik

Wed, March 24, 2010 8:32:47 AM

[keretapi] Tarif Prameks naik

From:

Arya Nugraha arya_nug@yahoo.co.id Add to Contacts

To:

KA keretapi@yahoogroups.com

Per 23 Maret 2010 kemarin tarif Prameks "disesuaikan" dari Rp 8.000,- menjadi Rp 9.000,- untuk SLO-YK maupun YK-KTA. Otomatis tarif SLO-KTA jadi Rp 18.000,-. Sebenarnya masih lumayan murah sih untuk SLO-YK harga segitu karena waktu tempuh yang gak bisa dikalahin moda ban karet. Cuman yang mencekik adalah tarif segitu untuk penumpang SLO-KT, KT-YK, (dan juga YK-WT, WT-KTA). Mengapa tidak diberlakukan tarif khusus untuk SLO-KT, KT-YK, YK-WT, WT-KTA ya? Rp 5.000,- atau Rp 6.000,- gitu saya kira masih rasional.

Kasihan banget warga Klaten yang mau ke Jogja atau Solo disuruh bayar seharga tarif Solo-Jogja. Banyak yang kemudian berpikiran mendingan naik bus yang cuma Rp 5.000,- walau banyak pengamen dan lambat, yang penting tiap jam ada (24 jam online) dan hemat Rp 4.000,-

Trus Prameks tu K3 atau K2 sih??? Kalo K3 bukannya semestinya tarif diatur pemerintah dan dapat PSO. Sedangkan kalo K2 kok rangkaiannya KD3-05/07xxx??

Salam,
L.C. Arya Nugraha

Tanggal 25 Maret 2010 :
1. Kereta Barang Anjlok Penumpang KA Tertahan
Langsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Perjalanan ratusan penumpang kereta api jurusan Bandung - Jakarta terhambat menyusul anjloknya kereta barang No. 2204 di Km 112+4/5 Kp. Sindang, desa Cijantung kec. Sukatani, kab. Purwakarta, Kamis (25/3). Rata - rata kedatangan kereta mengalami keterlambatan 2 - 3 jam. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun akibat anjloknya KA di jalur rel antara stasiun Ciganea - Sukatani itu, perjalanan kereta api dari Bandung menuju Jakarta dan sebaliknya terputus. Rata - rata kedatangan kereta mengalami keterlambatan 2 - 3 jam.

Kepala Humas PT. KA Daops II Bandung, Bambang S. Prayitno mengatakan saat ini belum diketahui penyebab anjloknya kereta api kontainer tersebut. "Kita belum tahu apa penyebabnya, hanya saja lokasi kejadian merupakan lokasi yang sedang diperbaiki dan dilakukan penguatan jalur kereta api pasca longsor beberapa waktu lalu. Bahkan saat kejadian, kecepatan kereta api barang hanya 5 km per jam karena jalur tersebut masih dalam pengawasan,"jelasnya. Diungkapkan Bambang, kereta api kontainer tersebut berasal dari Tanjung Priok menuju stasiun peti kemas Gedebage, Bandung. KA kontainer dengan 14 gerbong itu mengalami gangguan setelah 3 as (1 boogie) pada salah satu gerbong kontainer yang ada di belakang lokomotif tergelincir (anjlok) dan keluar dari jalur rel. Namun demikian, hal itu tidak menimbulkan korban jiwa.

Pasca kejadian tersebut, petugas PT. KA langsung melakukan upaya perbaikan, sedangkan kereta ditarik ke stasiun Ciganea. Perbaikan selesai pukul. 12.45 WIB. "Kini jalur tersebut sudah bisa digunakan kembali dan sudah kita uji coba dulu dengan kereta NR. Kereta pertama yang melintas adalah kereta api Serayu jurusan Jakarta - Kroya pukul 13.11 WIB,"jelasnya.

Anjloknya kereta kontainer ini, menyebabkan perjalanan penumpang kereta api jurusan Bandung - Jakarta dan sebaliknya menjadi terganggu. Ada beberapa perjalanan KA yang terganggu, seperti Parahyangan yang berangkat dari Jakarta pukul. 08.30 WIB, KA Parahyangan dari Bandung pukul. 09.00 WIB, KA Argo Gede dari Gambir pukul. 09.15 WIB, dan KA Argo Gede dari Bandung pukul. 10.30 WIB. Begitu juga dengan KA Parahyangan dari Gambir pukul. 10.00 WIB dan KA Argo Gede dari Gambir pukul. 10.30 WIB. Para penumpang, lanjutnya, dialihkan (overstapen) ke kereta api lain di stasiun Purwakarta dan stasiun Sukatani dengan menggunakan bus.

Sementara itu, kejadian tersebut membuat perjalanan kereta api lokal Cibatu - Purwakarta tertahan di stasiun Plered. Sementara KA Serayu yang berangkat pukul. 11.40 WIB dari Jakarta ke Kroya tertahan di stasiun Cibungur. Menurut Bambang, saat ini petugas masih melakukan perbaikan dan pengawasan di jalur tersebut. Termasuk perbaikan di jalur KM 112+7/8, 112+4/5 dan Km 107 antara Ciganea Purwakarta. (B.99/ses.job/kus)**

Sumber = Situs http://www.klik-galamedia.com di :
http://www.klik-galamedia.com/indexnews.php?wartakode=20100326074511&idkolom=tatarbandung tanggal 26 Maret 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Lama tak terdengar berita perkereta apian di dalam negeri, sekalinya muncul justru peristiwa luar biasa / PL yang tersoro media massa.

2. KA Parahyangan Anjlok, Diduga Satu Orang Tewas
Langsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Jakarta - KA Parahyangan jurusan Jakarta - Bandung mengalami anjlok, Kamis (25/3/2010) malam. Satu orang diduga tewas karena tergencet. Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul. 19.30 WIB di sekitar perbatasan Cigania - Sukatani, Purwakarta. Salah seorang penumpang menceritakan kepada detikcom bahwa kejadian tersebut sempat membuat trauma. "Kita kaget karena anjloknya sangat terasa. Kipas angin pada jatuh,"kata Abban kepada detikcom melalui telepon, Jumat (26/3/2010). Menurut Abban, anjloknya kereta karena roda di kereta Bisnis 3 terlepas. Akibatnya, kereta menjadi oleng dan berhenti mendadak. "Saya duduk di kereta 4. Saya lihat roda di kereta 3 malah ada di kereta 4,"jelasnya. Akhirnya, seluruh penumpang kereta Bisnis 3 dan 4 dievakuasi menuju kereta Bisnis 2 dan 1. Sebagian juga ada yang diarahkan menuju kereta Eksekutif.

Abban menjelaskan, dirinya tidak mengetahui ada korban dalam kejadian ini. Namun, diduga ada 1 orang yang tewas akibat tergencet. "Saya kurang tahu jelasnya, karena saat itu keadaannya gelap. Mungkin saja ada orang yang sedang duduk dan berdiri di perbatasan gerbong jatuh,"ungkap Abban. Kejadian tersebut tidak berlangsung lama. Sekitar 30 menit kemudian, KA Parahyangan kembali berjalan. Sementara kereta Bisnis 3 dan 4 ditinggalkan oleh petugas. "Kalau tidak salah kereta di belakang terhalang dan belum jalan,"pungkasnya.
(ape/mpr)

Aprizal Rahmatullah – detikNews

Sumber = Dari situs http://www.detiknews.com/ di :
http://www.detiknews.com/read/2010/03/26/043536/1325686/10/ka-parahyangan-anjlok-diduga-satu-orang-tewas pada tanggal 26 Maret 2010.

Langsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
PURWAKARTA--Peristiwa kereta anjlok kembali terjadi di jalur Purwakarta - Bandung. Setelah sebelumnya pukul. 08.52 WIB, kereta barang anjlok, disusul kereta Parahyangan yang anjlok No 72 yang anjlok
di KM 111 + 1/2 lajur hilir, tepatnya di desa Mekargalih, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta.

Akibatnya seorang yang diduga penumpang tewas dengan kondisi tubuh nyaris hancur. Korban diduga bernama Yudi Susanto (41), warga kampung Ciparay RT001/004 kelurahan Kujang Sari, kecamatan Bandung Kidul, kodya Bandung. Pihak kepolisian belum dapat memastikan identitas yang tertera dalam KTP merupakan milik korban. Sementara KTP tersebut ditemukan tidak jauh dari tubuh korban. Posisi korban berada di bawah kereta dengan tubuh tergencet roda. Aparat kepolisian hingga pukul. 22.00 WIB, belum dapat mengevakuasi korban lantaran perlu alat berat untuk mendongkrak kereta yang anjlok. Anggota kepolisian dari Polres Purwakarta pun berusaha menghubungi Daops II Bandung agar segera mendatangkan crane. Sebab hanya peralatan itulah satu-satunya yang dapat mengangkat 2 kereta yang anjlok serta mengevakuasi korban.

Anggota Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) PT. Kereta Api Agus Koswara 2 kereta yang anjlok itu merupakan rangkaian KA Parahyangan jurusan Jakarta. Peristiwa naas itu berawal saat KA yang membawa 7 kereta ini hendak melewati lokasi anjlok KA barang yang terjadi siang hari sehingga KA ini mulai memperlambat kecepatan dari 50 km per jam menjadi 5 km per jam. Akan tetapi, saat rangkaian melewati lokasi, tiba - tiba kereta 3 dan 4 berguncang hingga membuat panik semua penumpang. ''Kemungkinan korban tewas adalah penumpang yang berada di dekat pintu,' kata dia kepada Republika.

Diduga, saat kereta terguncang, korban panik dan terlempar keluar. Penumpang lainnya sempat panik dan syok begitu guncangan terjadi. Karena mengira kereta akan terbalik. Seluruh penumpang yang berada di semua gerbong, lanjutnya, dievakuasi ke stasiun Sukatani untuk menggunakan kereta api lainnya. Praktis transportasi KA pun kembali putus, setelah sempat mendapat perbaikan sejak anjloknya KA Barang. Anjloknya KA Parahyangan ini, kata dia, akibat bergesernya rel. Pasalnya, selama sepekan terakhir di lokasi itu terjadi gerakan tanah yang menyebabkan peristiwa naas tersebut terjadi. Apalagi lokasi anjlok tersebut termasuk memiliki kerawanan gerakan tanah.

Sementara itu, dari pihak kepolisian masih belum dapat memberikan keterangan secara rinci. Namun, Kapolres Purwakarta AKBP Hendro Pandowo mengungkapkan pihaknya masih menyelidiki sebab - sebab anjloknya KA tersebut. ''Kami juga belum memastikan apakah KTP yang ditemukan itu merupakan milik korban atau bukan,''tandasnya.

Sumber = Dari situs http://www.republika.co.id di : http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/nusantara/10/03/25/108221-ka-parahyangan-anjlok-seorang-penumpang-tewas pada tanggal 25 Maret 2010.

KETERANGAN :Pemberitaan serupa silahkan lihat juga di situs :
- http://news.id.msn.com/okezone/regional/article.aspx?cp-documentid=3991428
- http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2010/03/25/ka-parahyangan-anjlok-satu-tewas
- http://regional.kompas.com/read/2010/03/26/02183846/Satu.Tewas.dalam.Kecelakaan.Anjloknya.KA.Parahyangan

Tanggapan saya pribadi :
Turut berbelasungkawa sedalam – dalamnya atas tewasnya korban yang tergilas secara mengenaskan. Yang jelas ini menjadi catatan hitam bagi perkereta apian khususnya di wilayah Daops II Bandung karena saat kejadian pasti banyak para penumpang yang sedang tertidur pulas. Belum lagi seingat saya bisa jadi di petak rel tersebut sudah ada tanda – tanda petugas kebersihan sudah menagih sampah yang berserakan ke kita untuk dibuang ke kresekan atau kantong sampah yang besar berwarna hitam itu.

3. Truk Semen Ditabrak KA di Belawan, Sumatera Utara, Muatannya Dijarah Massa
Langsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
BELAWAN | DNA - Sial betul nasib Robin Hutabarat (40) supir truk BK 9849 DM mengangkut semen, bagai sudah jatuh tertimpa tangga, pasalnya hampir seluruh muatan semen yang diangkutnya dari pelabuhan Belawan nyaris habis setelah dijarah massa pasca truknya ditabrak Kereta Api yang kala itu sedang melintas mengandeng tangki CPO, Kamis siang (25/3) pukul. 11.00 WIB di simpang jalan kampung Salam kelurahan Belawan II kecamatan Medan Belawan.

(foto:dnaberita/agusleo)

Kemungkinan si supir ngantuk akibatnya truk angkut semennya ditabrak KA hingga muatannya semennya dijarah massa di simpang Kampung Salam Belawan.

Info yang diterima media online terpopuler di Medan ini menyebutkan, truk bermuatan sekitar 7 ton semen tersebut bergerak dari pelabuhan Belawan bermaksud menuju ke kawasan pergudangan milik pemesan semen, namun belum lagi sampai di gudang persisnya di simpang kampung Salam, saat menyeberangi rel KA tiba - tiba bagian badan truk ditabrak KA hingga menyeret beberapa meter truk yang dikemudikan warga Jl. Bausit Lingkungan I Medan Perjuangan tersebut.

Melihat peristiwa itu, langsung kerumunan massa bukannya mau menolong korban malah masing - masing massa mengangkati muatan semen hingga membawa ke tempat yang massa anggap tak kelihatan si supir truk dan kneknya. "Memang di sini kalau ada yang jatuh terlebih dulu yang diselamatkan muatannya bang, sedangkan truk sedang berjalan saja muatannya ada yang diambil, konon lagi truk terbalik, yaaa, rezeki nomploklah bagi massa"kata seorang warga di antara kerumunan massa yang ketika itu masih berkumpul di sekitar TKP.

Meski dalam peristiwa itu tak menimbulkan korban jiwa, namun kondisi body truk dinilai ringsek bahkan posisi gerbong KA bergeser dari relnya hingga jalan lintas ke pelabuhan nomor 3 di Sum-Ut tersebut sempat mengalami kemacetan. Berselang beberapa saat kemudian tiba Polantas Polres KP3 Belawan, Saat ini kita sedang menunggu bantuan truk kren untuk mengangkat kedua truk dan KA tersebut, sedangkan kondisi lalu lintas sudah kembali lancar"ujar seorang petugas Polantas yang papan nama di bajunya bertuliskan A Siahaan saat ditanyai DNAberita di sekitar lokasi kejadian.

Sumber :
- Dari situs http://www.law.dnaberita.com di :
http://www.law.dnaberita.com/25%20Maret%202020%20%20Law%20Tabrak.php tanggal 25 Maret 2010.
- Siaran berita Kabar Pagi di TV One pada tanggal 26 Maret 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Betapa bodohnya si sopir truk sampai mengindahkan peringatan datang KA akan melintas. Namun, dari sisi lain kita mengetahui sang sopir mengantuk mungkin karena banyak alasan yang di antaranya karena selain aspal yang hancur, ada pula kebiasaan beberapa oknum aparat yang bermain pungli atau pungutan liar. Entahlah… Tetapi aksi warga masyarakat terbiasa menjarah selalu menjadi catatan kelabu untuk citra budaya masyarakat Indonesia.

4. China Railway Teken Kontrak US$ 4,8 Miliar Bangun Jaringan Kereta di Sumatera Selatan

Langsung dari tulisan ybs :

Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.

KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Bisnis Kereta Api***

JAKARTA. China Railway meneken kontrak senilai 32,8 miliar yuan atau setara US$ 4,8 miliar untuk membangun dan mengoperasikan jaringan kereta api angkutan batubara di Sumatera Selatan selama 20 tahun setelah jaringan itu siap beroperasi.

Kantor berita Reuters mengabarkan, China Railway meneken kontrak tersebut dengan perusahaan Indonesia Bhakta Hill Pan Pacific Railway Corp. "Nilai kontraknya terdiri dari US$ 1,3 miliar untuk pekerjaan konstruksi selama empat tahun. Dan US$ 3,5 miliar untuk pekerjaan perawatan,"dalam laporan tertulis China Railway kepada Shanghai Stock Exchange, Kamis (25/3).

China Railways akan bertanggung jawab untuk menggarap keseluruhan proyek, mulai dari desain, konstruksi, sampai perawatan jalur kereta api itu. Menurut laporan perusahaan, nilai kontrak jangka panjang tersebut setara dengan 14% nilai pendapatan perusahaan pada 2008 lalu. Sehingga tidak berdampak pada pendapatan perusahaan tahun ini, karena jalur tersebut baru akan beroperasi empat tahun ke depan. Sayangnya, tidak disebutkan rute asal dan tujuan yang akan dibangun China Railway dalam proyek tersebut.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Nugroho Indrio mengaku belum mengetahui rencana China Railway membangun jaringan kereta tersebut di Sumatera Selatan. Bahkan, Nugroho juga belum pernah mendengar nama Bhakta Hill Pan Pacific Railway Corp yang disebut merupakan perusahaan mitra dari Indonesia. "Tetapi kami akan mendukung setiap rencana keterlibatan swasta dalam proyek pengembangan kereta api di Indonesia, sesuai Undang - Undang Nomor 23 / 2007 tentang Perkeretaapian. Swasta akan banyak dilibatkan dalam proyek kereta, karena keterbatasan pendanaan pemerintah,"kata Nugroho.

Menurutnya, izin pembangunan jaringan kereta api diterbitkan oleh Pemerintah Daerah tempat dimana proyek dikerjakan. Sementara, Pemerintah Pusat hanya menerbitkan rekomendasi atas rencana pembangunan proyek tersebut. "Dalam mengeluarkan rekomendasi, kami mengevaluasi aspek teknisnya. Misalnya standar keselamatan, radius, engineering design serta spesifikasi sarana pra sarananya. Setelah itu rekomendasi diserahkan kepada Pemerintah Daerah untuk kemudian menerbitkan izinnya," kata Nugroho.

Gentur Putro Jati, Reuters

Sumber = Dari situs http://www.kontan.co.id/ di :

http://www.kontan.co.id/index.php/bisnis/news/32838/China-Railway-Teken-Kontrak-US-48-Miliar-Bangun-Jaringan-Kereta-di-Sumatera-Selatan pada tanggal 25 Maret 2010.


Tanggal 29 Maret 2010 :
1. Ledakan Bom Bunuh Diri di Stasiun KA Bawah Tanah di Moskow
Langsung dari tulisan ybs :
T
ata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
MOSKWA, KOMPAS.com — Korban tewas akibat 2 ledakan bom bunuh diri yang dilakukan 2 perempuan bertambah menjadi 37 penumpang dan melukai 38 penumpang lainnya. "Kemungkinan korban masih bisa bertambah. Saat ini 37 orang dinyatakan tewas dan 38 orang lainnya luka - luka,"kata petugas keselamatan. Dua ledakan beruntun tersebut merupakan serangan terburuk di ibu kota Rusia itu selama 6 tahun terakhir.

Belum ada pihak yang segera menyatakan bertanggung jawab atas ledakan itu, tetapi kecurigaan langsung ditujukan kepada kelompok - kelompok dari Kaukasus Utara. Di sana, Kremlin saat ini sedang memerangi pemberontakan kaum Islam yang tengah berkembang. Menurut Menteri Luar Negeri Australia Stephen Smith, pihak pejabat Australia yang berada di Kedutaan Rusia telah menginformasikan bahwa belum ada warga negara asing terutama yang berasal dari Australia yang menjadi korban ledakan bom bunuh diri. "Itu tindakan biadab. Bom bunuh diri itu sengaja dikemas untuk merampas nyawa orang yang tidak bersalah. Warga sipil yang tidak berdosa. Ini merupakan tragedi kemanusiaan yang mengerikan dan serius,"kata Stephen Smith.

Ledakan pertama terjadi sebelum pukul. 08.00 pagi waktu setempat (atau pukul. 11.00 WIB) dan merobek gerbong kedua sebuah kereta api bawah tanah yang berhenti di stasiun Lubyanka di dekat markas besar utama Pasukan Keamanan Dalam Negeri Rusia (FSB). Ledakan tersebut menewaskan sedikitnya 23 orang. Ledakan lain terjadi sekitar 40 menit kemudian dan merusak kereta api kedua yang sedang menunggu di stasiun bawah tanah di Park Kultury. Ledakan kedua itu menewaskan 14 orang. "2 teroris perempuan yang membawa bom bunuh diri melakukan pengeboman ini,"kata Wali Kota Moskwa Yuri Luzhkov kepada wartawan di stasiun bawah tanah Park Kultury.

Cuplikan gambar dari kamera pengintai yang di-posting di internet menunjukkan tubuh - tubuh yang tidak bergerak terbaring di lobi stasiun Lubyanka dan para petugas bantuan darurat merawat para korban.

Foto biasanya para komuter melakukan aktifitas naik ke dan turun dari rangkaian kereta bawah tanah Metro yang menghubungkan antara dari dan ke ibukota Moskow. Betapa ramainya warga masyarakat yang memadati setiap jengkal koridor stasiun yang terlihat.

Sumber = Siitus http://internasional.kompas.com/ di : http://internasional.kompas.com/read/2010/03/29/16315389/37.Tewas.38.Luka.akibat.Bom.Bunuh.Diri pada tgl 29 Maret 2010.

Dari pemberitaan lainnya :
Berbeda dengan pemberitaan di kompas.com, pemberitaan lainnya mengatakan terjadinya ledakan kedua dengan jeda waktu sekitar 30 menit kemudian dari ledakan yang pertama. Namun, perlu ditambahkan pada saat pagi itu, semua stasiun kereta api bawah tanah sedang mengangkut setidaknya sekitar 500.000 orang warga komuter yang terbentang sepanjang 300 km antara ibukota Moskow dengan tujuan awal keberangkatan dan akhir kedatangan. Meski kejadian ini dapat dikatakan kejadian terburuk sepanjang 5 tahun terakhir ini, namun pada tahun 2004 silam dikatakan oleh beberapa narasumber bahwa saat itu merenggut korban sebanyak 300 orang yang tewas akibat ledakan di rangkaian KA bawah tanah.

Yulia Shoopovalova seorang jurnalis dari negara setempat (Rusia) yang juga sebagai saksi mata atas ledakan tersebut mengatakan bahwa kejadian tersebut sangat menegangkan dan membuat semuanya seketika menjadi panik. Adapun jumlah yang terluka sebanyak 125 orang. Walikota Moskow dan Presiden Rusia langsung melakukan jumpa pers terkait serangan teroris tersebut dan berjanji akan memerangi teroris sampai ke akar – akarnya.

Foto Yulia Shoopovalova bawah kanan saya dapat dari situs :
http://www.google.co.id/imglanding?q=yulia%20shapovalova&imgurl=http://img204.imageshack.us/img204/2148/yulia2cd4.jpg&imgrefurl=http://reportercaps.proboards.com/index.cgi%3Fboard%3Dinternational%26action%3Ddisplay%26thread%3D5729&h=512&w=640&sz=33&tbnid=NpbwRVk1rGgyjM:&tbnh=110&tbnw=137&prev=/images%3Fq%3Dyulia%2Bshapovalova&hl=id&usg=__L4KrItnJPXsbZPNnVSCQIBptQkg=&ei=PuCxS7viLo64rAf10ImIBA&sa=X&oi=image_result&resnum=7&ct=image&ved=0CB4Q9QEwBg&start=0#tbnid=1GCWqSvzDBJkKM&start=2

Sumber = Siaran berita Breaking News di CNN pada tanggal 29 Maret 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Tentu saja ini menjadi catatan pilu bagi khususnya catatan sejarah perkereta apian mancanegara jelang menujtupi akhir bulan Mafret tahun 2010 ini. Kelakuan para teroris yang sungguh murka dan sangat ditentang oleh segenap masyarakat luas ini sulit mencapai nalar umat manusia yang senantiasa berpikir dengan akal sehat. Doktrinasi yang dilakukan oleh kedua pelaku dan perempuan pula itu sungguh dikecam semua orang di dunia ini tentunya.

2. KLB Djoko Kendil Kembali ke Jakarta
Entah ada angin apa nampaknya mbah man yang satu ini sudah ‘sangat rewel’ kangen dengan ibukota Indonesia. Dengan rangkaian KLB / kereta luar biasa yang ditarik lok CC 201 25, 2 kereta penumpang Djoko Kendil serta – merta diantar menuju Jakarta pagi itu. Tampak sekali di foto rangkaian KLB baru meninggalkan stasiun Surabaya Turi sebagai awal pemberangkatannya menuju Jakarta dengan melintasi jalur selatan. Tentu saja harapan pastinya tidak mengalami gangguan dalam perjalanan.

Sumber = Postingan rekan Luthfi ke milis keretapi@yahoogroups.com pada tanggal 29 Maret 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Tumben sekali rangkaian KA Djoko Kendil ingin kembali mendatangi Jakarta. Ada apa dengan kota Jakarta yah? Apa yang menarik dengan Jakarta sampai saat ini bagi KA Djoko Kendil?

Tanggal 30 Maret 2010 :
1 Hari Pasca Ledakan Bom di Moskow, Warga Tabur Bunga
Foto rangkaian KA bawah tanah Metro di ibukota Metro dalam wajah kesehariannya. Melayani para penumpang ke berbagai tujuan persinggahan hingga tujuan akhir. Namun, ledakan bom sempat menodai perjalanan kereta bawah tanah tersebut.
Kebetulan topiknya lebih terarah kepada dugaan pemberontak Chechnya yang mendiami sisi selatan negara Rusia. Namun, di sini bukan mau membahas tentang situasi politik dan militer melainkan situasi terkini aktifitas para warga komuter pasca ledakan yang menewaskan banyak rakyat tidak bersalah tersebut. Dilaporkan jumlah korban meninggal bertambah 2 orang sehingga totalnya menjadi 39 orang. Salah satunya adalah seorang perempuan yang karena kondisinya amat kritis, maka nyawanya tidak tertolong lagi. Warga masyarakat penglaju atau komuter sudah melakukan aktifitas mereka sedia kala. Namun, di lokasi kejadian entah di stasiun Lubyanka atau Park Kultury warga masyarakat melakukan tabur bunga mengenang mereka yang meninggal atas kejadian ledakan bom keji dan biadab itu. Acara yang sama juga dilakukan di sebuah gereja Kathedral Protestan di ibukota Moskow yang berlangsung dengan hikmat.

Tampak sekali pada foto sebagian warga masyarakat melakukan tabur bunga mengenang para korban yang tewas dalam ledakan bom tersebut.

Dikatakan oleh seorang wartawan senior yang bernama Matthew Change melalui telewicaranya secara langsung bahwa pengetatan keamanan pasca ledakan bom terus berlangsung. Memang hingga kini penuduhan terarah kepada pemberontak Checzhnya dibalik peristiwa yang keji dan biadab tersebut.

Sumber = Siaran berita World Report di CNN pada tanggal 30 Maret 2010 pukul. 18.00 WIB.

Tanggapan saya pribadi :
Akibat peristiwa kemarin itu warga masyarakat akan mengalami trauma yang mendalam. Dengan melakukan tabur bunga saya rasa tidak cukup untuk mengobati rasa kerinduan mereka yang mati secara sia – sia akibat perbuatan keji dan biadab tersebut. Apapun latar belakang kebencian kita, jangan mengorbankan rakyat yang tidak bersalah di lingkungan yang damai tanpa dilanda peperangan.

Tanggal 31 Maret 2010 :
1. Jelang Liburan Panjang, Rute Jawa Tengah dan Jawa Timur Paling Diminati Para Calon Penumpang Stasiun Pasar Senen
2 hari menjelang liburan panjang dalam rangka merayakan hari raya Wafat Isa Al Masih, stasiun Pasar Senen diserbu para calon penumpang yang hendak ke arah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kepala Stasiun Pasar Senen Taviv Saryono mengatakan akan menambahkan jumlah tiap rangkaian KA sebanyak 2 kereta untuk tiap rutenya. Namun, sampai sejauh ini tiada kabar akan menambahan rangkaian KA fakultatif. Situasi stasiun Pasar Senen pun tidak sepadat jelang liburan mudik Idul Fitri atau pun juga jelang liburan mudik Natal.

Sumber = Siaran berita Lintas Metropolitan di Elshinta TV pada tanggal 31 Maret 2010 jam 8 malam WIB.

Tanggapan saya pribadi :
Setiap ada libur nasional yang jatuh disela antara hari kerja sehari pasti dianggap sebagai ‘hari kejepit nasional’. Sudah pasti hari tersebut dimanfaatkan para warga masyarakat hampir se-Indonesia untuk berlibur ke luar kota. Tidak itu dengan KA dan moda transportasi lainnya.

2. Jelang Liburan Panjang, Rute Jawa Tengah dan Jawa Timur Juga Diminati Para Calon Penumpang Stasiun Gambir
Tidak hanya di stasiun Pasar Senen, seperti biasa stasiun Gambir pun juga dibanjiri oleh para calon penumpang dengan tujuan yang sama, yaitu ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Keterbatasan jumlah karcis sudah menjadi alasan klise di mana para calon penumpang tentunya dibuat kecewa. Terbilang untuk keberangkatan tanggal 1 dan 2 April saja karcis untuk ke semua rute yang diminati sudah habis terjual. Seperti salah seorang bapak calon penumpang KA Cirebon Ekspres menuturkan dalam antriannya di luar loket kalau keberangkatan untuk tanggal 1 dan 2 April memang sudah habis. Itu berarti dapat kemungkinan baru diperolehnya setidaknya pada tanggal 3 April nantinya. Itu berarti beliau hanya dapat menikmati hari liburnya di kota Cirebon dalam waktu 2 hari saja. Itu pun begitu tiba, keesokkan harinya harus kembali ke Jakarta. Itu pun kalau saja si bapak tersebut harus kembali bekerja di hari Senin-nya.

Ditemui di tempat yang terpisah, Kepala Stasiun Gambir Sugeng Priyono berjanji akan menambah 70 seat apabila memang diminati banyak calon penumpang. Itu berarti dapat kemungkinan jumlah kereta akan ditambah 2 di tiap rangkaian KA yang tersedia. Tiada kabar apakah akan ditambahkan jadwal fakultatif atau tambahan. Namun, dilhat dari kondisinya sesaat stasiun Gambir sama dengan stasiun Pasar Senen, yaitu tidak terlalu membeludak dengan jumlah yang signifikan seperti liburan hari raya Idul Fitri atau pun hari daya Natal.

Sumber = Siaran berita Lintas Siang di TPI pada tanggal 1 April 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Nampaknya para calon tidak mau kecolongan dengan momen perayaan hari libur nasional yang sudah pasti akan menambah penghasilan mereka yang berlimpah dalam bisnis pembagian komisi, yaitu pembagian jatah sejumalh uang yang diperoleh apabila menjual laku banyak karcis KA. Sungguh keterlaluan kalau memang sudah disediakan resmi, namun nihil begitu saja hanya karena calo yang sudah pasti memainkan harga yang lebih tinggi bahkan sangat tinggi dari harga resmi yang tertera minimal di luar loket pada tiap stasiun pemberangkatan.

3. Bayi Ditelantarkan di Stasiun Lampung
Toni Junadi yang masih berstatus sebagai pria lajang secara tiba – tiba disodorkan oleh seorang perempuan yang sedang menggendong bayinya. Dikatakan olehnya bahwa perempuan yang tampaknya ibu dari bayi tersebut langsung menitipkan sang bayi begitu saja. Mengaku hanya ingin ke toilet sebentar, namun setelah menunggu sekitar ½ jam sang perempuan tidak muncul. Toni pun menaruh curiga bahwa perempuan tersebut memang sengaja ingin menitipkan sang bayi kepada pangkuannya agar dapat diasuh seperti layaknya seorang ayah terhadap anaknya meski Toni masih berstatus lajang.

Merasa tidak tega ditelantarkan begitu saja, sang bayi pun dirawatnya. Bayi itu pun diberinya nama Dede. Ia mengaku kalau ibu dari bayi tersebut baru saja turun dari rangkaian KA yang sebetulnya hendak melayani rute perjalanan dari Bandar Lampung ke Kotabumi. Entah rangkaian KA apa itu namanya, yang jelas pikirnya ibu tersebut tergolong dari keluarga yang tidak mampu.

Sumber = Siaran berita Liputan 6 Pagi di SCTV pada tanggal 1 April 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Sungguh keterlaluan ibu tersebut. Teganya meninggalkan anaknya begitu saja. Kalau memang ingin diserahkan kepada orang lain, kenapa tidak langsung bertanya kepada orang tersebut dalam hal ini Toni? Kalau memang mempercayai Toni sebagai orang yang berhati baik dan layak menjadi ayah angkatnya, seharusnya dibicarakan secara baik – baik. Bersyukur Toni ini sosok laki – laki yang berhati baik. Jika saja Toni sosok laki – laki yang tidak benar, maka bisa saja bayi tersebut diperjual – belikan atau pun juga kelak begitu menginjak usia anak – anak dipekerjakan sebagai pengamen dan sebangsanya. Semoga tidak demikian adanya…

4. Longsor di Lembah Anai Melumpuhkan Jalur Padang – Padang Panjang Propinsi Sumatera Barat
Sebetulnya sejak memasuki akhir dari bulan ini bencana longsor sudah melanda kawasan wisata air terjun Lembah Anai yang terkenal dengan keindahan air terjunnya itu. Namun, bencana alam menutup segala obyek wisata yang biasa disinggahi oleh sejumlah turis tersebut., Keindahannya secara tiba – tiba dapat merenggut jiwa banyak orang yang menghampirinya. Longsor yang mengamblaskan sejumlah ruas jalan juga melanda bentangan rel KA yang sama – sama menghubungkan rute perjalanan antara ibukota Padang dengan kota Padang Panjang.

Praktis rute untuk perjalanan kendaraan bermotor dialhikan kepada ruas jalan lainnya. Namun, untuk rute KA harus dinon aktifkan karena tampak bentangan rel tergerus longsoran tanah dari tebing – tebing yang terjal. Tidak terkecuali petak rel jembatan KA yang di bawahnya terdapat ruas jalan di mana bantalannya sudah tidak memiliki pijakan seperti bebatuan ballast dan gundukan tanah. Hal ini yang membuat sejumlah staf PT. KA Divre II Padang kerepotan mengurusi rel bergerigi tersebut yang tergerus longsoran.

Sumber = Siaran berita Fokus Siang di Indosiar pada tanggal 1 April 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Bencana alam sudah menjadi takdir kita sebagai hamba-Nya yang harus menerima dengan ikhlas. Sejumlah wilayah di Sumatera Barat pun harus rela diterpa banjir yang harus mengepung sejumlah perumahan penduduk yang secara kebetulan sedang dalam rangka Ujian Nasional untuk para siswa/i SMP. Tidak terkecuali petak rel KA ini yang sudah seharusnya menjadi rute KA Wisata yang pasti bukan Mak Item. Karena Mak Item melayani rute Padang – Solok hingga ke Sawah Lunto.

Peristiwa – peristiwa Yang Kami Alami Sendiri :

Tanggal 25 Maret 2010 :
Peristiwa Yang Mereka Alami….
KRL Depok Ekspres Mogok, KRL Pakuan Jadi Bantuan
Langsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Hari ini Pakuan Ekspres dr Bogor jam 06.23 yg biasanya langsung menuju Manggarai diberhentikan di Depok Lama dan baru krn Depok Ekspres mogok! Satu lg contoh ketidak profesionalan manajemen PT. KCJ! Alasannya pasti soal sinyal, mogok, pantograph, anjlok..hiks!

Sumber = Rekan Indrajid Nurmukti yang posting ke situs Facebook.com pada tanggal 25 Maret 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Kejadian yang biasa dan semakin luar biasa kalau saja tidak dipertahanin.

Sedikit Kilasan Out Of Topic / OOT atau diluar topik :
OOT itu berita yang saya rangkum di luar peristiwa perekereta apian namun masih menjadi tanda tanya bagi saya pribadi. Mungkin saja ada kaitannya meski sedikit atau pun banyak keterkaitannya dengan kereta api dalam peristiwa tertentu.

Tanggal 22 Maret 2010 :
Awak Kabin British Airways Masih Mogok
Langsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
TEMPO Interaktif, London - Awak pesawat British Airways 2 hari ini meninggalkan pekerjaan karena melakukan mogok kerja. Penerbangan ini bersikeras pemogokan itu dampaknya hanya sedikit dan bisa dipulihkan segera. Maskapai ini masih terbelit perselisihan soal gaji dengan pekerjanya dan akhirnya terpaksa membatalkan atau menunda ratusan penerbangan selama akhir pekan sebagai ekses pemogokan para awak kabin selama 3 hari setelah negosiasi yang gagal Jum’at lalu.

Banyak wisatawan dalam perjalanan ke Amerika Serikat yang seharusnya mampir di Heathrow, London akhirnya terdampar di bandara dan menunggu lama untuk penerbangan pulang. British Airways telah menyanggupi untuk tetap menerbangkan penumpang selama berlangsungnya pemogokan namun beberapa awaknya yang disiapkan untuk bertugas sementara ternyata tidak memenuhi panggilan kerja. "Rencana kontingensi kami terus bekerja dengan baik pada hari Minggu pagi di seluruh dunia,"kata pihak British Airways.

British Airways menyatakan hampir semua awak kabin di bandara Gatwick dan sekitar setengah dari mereka di Heathrow dilaporkan tetap bertugas pada Sabtu kemarin yang memungkinkan maskapai ini tetap mengangkut setengah dari penumpang yang mengalami pembatalan atau penundaan penerbangan termasuk yang ke Miami dan Los Angeles serta penerbangan jarak pendek lainnya di Eropa. Maskapai mengatakan semua pesawat jarak jauh dari luar negeri tiba di London seperti yang direncanakan dan mengatakan tidak ada pemogokan di bandara luar negeri. Dalam persiapan untuk pemogokan, British Airways melatih beberapa staf untuk melayani penumpang sebagai awak kabin sementara.

Pemimpin serikat pekerja membantah pernyataan British Airways karena hampir 10.000 anggota tidak bekerja pada Sabtu dan sebagai akibatnya banyak penumpang mengeluh tentang makanan dan pelayanan jasa penerbangan itu. Unite, serikat buruh yang mewakili para awak kabin British Airways mengatakan sejumlah pesawat sedang grounded. Maskapai ini juga mengatakan pada awal pemogokan itu bahwa mereka bisa menangani 49.000 penumpang per hari pada Sabtu dan Minggu. Jumlah itu berkisar 65% dari rata - rata 75.000 penumpang pada akhir pekan yang berlangsung normal pada bulan Maret. Maskapai penerbangan menolak memberikan rincian apakah tujuan itu tercapai atau membahas jumlah penerbangan dibatalkan atau ditunda.

Tony Woodley sekretaris jenderal pekerja mengatakan ia menyerukan dewan direksi dan ketua penerbangan untuk campur tangan menyelesaikan sengketa ini. Para analis memperkirakan biaya sengketa maskapai bisa lebih dari 63 juta pound ($ 95 juta). British Airways mengatakan perubahan berupa pemangkasan biaya itu untuk membayar kewajiban pada tahun 2010, mengalihkan 3.000 staf dan awak kabin untuk bekerja paruh waktu serta pengurangan penerbangan jarak jauh dari Heathrow, sangat penting untuk kelangsungan hidupnya. Namun Serikat Pekerja membantah hal itu.

AP | HAYATI MAULANA NUR

Sumber = http://www.tempointeraktif.com/ di :
http://www.tempointeraktif.com/hg/eropa/2010/03/22/brk,20100322-234296,id.html tanggal 22 Maret 2010 pukul. 01.20 WIB.


Tanggapan saya pribadi :
Seperti yang lalu – lalu dikuatirkan akan disuruh cari jalan alternatif yaitu menggunakan moda transportasi darat berupa kereta api. Namun, mengingat cuaca buruk yang berupa badai salju saja belum reda, bagaimana kereta api di benua Eropa dapat melayani antara negara di benua paling utara Bumi tersebut yah?

Mungkin ada rekan – rekan yang ingin menambahkan atau meralatnya? Silahkan saja….
Salam,
Dana

Kalau mau japri, silahkan ke dk_aries@yahoo.com saja yah…….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar