Senin, 08 Februari 2010

Catatan Bulanan Awal Bulan Januari 2010

Catatan Bulanan
Awal Bulan Januari 2010
Dikumpulkan oleh = Saya Sendiri  Dana

Bukan untuk mendramatisir, namun saya hanya menyarankan agar sebelum membacanya anak – anak perlu didampingin oleh orang tua atau pun wali karena berikut ini peristiwa – peristiwa yang terjadi selama kurun waktu awal bulan ini ada suatu peristiwa yang tidak kita inginkan, yaitu berita kecelakaan pastinya.

Tidak cukup pada bulan Desember 2009 saja, namun hingga pada sepanjang bulan Januari 2010 pun benua Eropa, negara Amerika Serikat dan sebagian besar negara Cina mengalami badai salju yang berkepanjangan. Akibatnya jasa transportasi mengalami kendala timbunan salju yang mengakibatkan laju perjalanan kendaraan bermotor, terlebih kereta api dan pesawat menjadi terganggu. Setidaknya di negara kita terjadi beberapa peristiwa kecil yang membawa sedikit bencana akibat ulah mereka sendiri.

Untuk selengkapnya silahkan lihat catatan bulanan sepanjang awal bulan ini di bawah berikut ini…

Tanggal 1 Januari 2010 :
Rob Melanda Jl. RE Martadinata, Jakarta
Di tengah perayaan Tahun Baru 2010 sejumlah turis domestik memadati sejumlah kawasan wisata di Taman Impian Jaya Ancol. Oleh karena rob yang melanda sepanjang Jl. RE Martadinata, DLLAJR dan Kepolisian setempat menghimbau para pengguna kendaraan bermotor untuk melewati Jl. Gunung Sahari dan Jl. Benyamin Sueb saja untuk menjangkau kawasan TIJA dan sebaliknya. Ketinggian banjir mencapai 20 cm. Meski tidak terlalu menggenangi jalan raya, namun akibat rob tersebut mengganggu laju kendaraan bermotor yang melintasi ruas jalan raya penghubung antara kawasan industri angkutan laut di Tanjung Priok dengan kawasan Penjaringan dan sekitarnya itu.

Tidak hanya itu saja, ruas petak rel KA sisi selatan Jl. RE Martadinata tentu semakin mengkhawatirkan. Meski sejauh ini tidak terjadi pemberitaan gangguan perjalanan KA terlebih KRL Jakarta – Bekasi dan sekitarnya, dikuatirkan perjalanan KRL AC dari dan ke stasiun Ancol akan terganggu.

Sumber = Harian Kompas edisi tanggal 3 Januari 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Yang seperti ini sebaiknya harus diberi langkah – langkah pencegahan seperti yang dilakukan di petak rel Kampung Bandan di mana tanggul berupa bebatuan alam ditancapkan di sekeliling pinggiran petak rel tersebut. Apabila tidak demikian, saya rasa akan kemungkinan mengganggu perjalanan KA yang berlalu lalang di sekitar kawasan Tanjung Priok.

Tanggal 3 Januari 2010 :
1. S
tasiun Lamongan Siaga Kericuhan Suporter Sepak Bola
Stasiun yang berlokasi di propinsi Jawa Timur yang hanya berjarak beberapa KM dari ibukota Surabaya ini dijaga ketat oleh se - batalyon Polisi untuk mencegah amuk massa antara tim Persebaya atau yang dikenal dengan nama “Bonek Mania” dengan tim lawan, yaitu Persitera. Dalam razia ini, sejumlah pendukung dari kedua tim kesebelasan tersebut berhasil dibekuk Kepolisian dengan menysiir segala sudut stasiun komuter tersebut. Hasilnya, seorang pendukung yang hampir dihajar oleh lawan pendukung tim kesebelasannya sempat digiring oleh Polisi. Si pelaku penghajar lawan pendukung tim kesebelasannya itu ditepikan oleh pihak Kepolisian.

Oleh ,karena kesiagaan pihak Kepolisian setempat, tiada pemberitaan kerusakkan fasilitas stasiun dan gangguan perjalanan KA.

Sumber = Siaran berita Headline News di Metro TV pada tanggal 3 Januari 2010 jam 2-an siang WIB.

Tanggapan saya pribadi :
Kalau perlu saya pribadi yang namanya tim pendukung harus dilenyapkan dari Bumi nusantara ini agar tiada lagi kearoganan para lawan tanding dalam ajang olah raga mana pun khususnya sepak bola yang selalu menebar benih – benih kebencian kepada para tim lawan mereka. Sarana dan pra sarana perkereta apian pun menjadi sebagian yang hancur akibat ulah kebrutalan mereka.

2. Museum KA Ambarawa Bebenah
Sehubungan dengan semakin meningkatnya sejumlah turis yang mengunjungi museum KA Ambawara atau juga dikenal dengan nama Willem I, pihak museum merasa mesti lebih bebenah diri lagi dengan menambahkan beberapa lokomotif diesel jenis Hidrolik seperti D 300 dan BB 200 selain juga merawat lokomotif – lokomotif uap yang sudah ada. Saat ini jumlah pengunjung mencapai 1.000 – 1.500 orang per hari saat perayaan hari libur nasional.

Tidak cukup itu, ruas rel yang selama ini hanya melayani perjalanan antara stasiun Ambarawa hingga stasiun Bedono sepanjang 10 KM akan ditambah hingga mencapai stasiun Gemawang sehingga total ruas rel akan mencapai 13 KM. Mulai bulan Maret ini bantalan rel akan diperbaiki entah dengan tetap menggunakan jenis kayu atau beton. Hal ini dilakukan agar lokomotif – lokomotif uap mampu melaju tanpa rintangan.

Sumber = Harian Kompas edisi tanggal 3 Januari 2010.

Tanggal 4 Januari 2010 :
KA Komuter Helsinki Menghantam Hotel
A near-empty passenger train ran through a railway platform and crashed into a hotel by Helsinki's main railway station Monday. A train conductor in the carriage at the time was treated for minor injuries, according to the BBC. No other injuries were reported. The train's brakes failed and it smashed through a concrete barrier before ending up in a hallway of the Holiday Inn. Three staff members were on board but there were no passengers, said Timo Saarinen, a spokesperson for the Finnish Rail Administration. Staff members on the train tried to make an emergency stop to slow the train down, the BBC reported. A conference room in the part of the hotel that was struck was empty at the time, said Finnish Transport Agency spokesperson Anna Jokela.

It was not immediately known why the brakes failed.

Sumber :
- Situs http://www.cbc.ca/world/story/2010/01/04/helsinki-train.html.

- Siaran berita Kabar Pagi di TV One pada tanggal 6 Januari 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Saya rasa penyebab utamanya tiada lain salju yang tebal. Sebab dari cuaca yang ekstrim lebih didominasi sama kelebatan salju yang terjadi melanda benua Eropa dan sekitarnya.

Tanggal 5 Januari 2010 :
1. Maut di Perlintasan KA Stasiun Pasar Minggu
Sebuah truk yang mengangkut rombongan ibu – ibu yang menuju ke pasar Kramat Jati tersambar rangkaian KRL di PJL / pos jaga lintasan sisi selatan stasiun Pasar Minggu. Menurut kesaksian Tama saat truk melintas palang pintu perlintasan sudah mulai tertutup. Namun, Sutikno sopir truk nekad menerobos rel KA dan seketika mesin mati. KRL pun datang menghantam truk tersebut hingga mebanraki sedan hitam berplat nopol B 8442 JT. Namun, dalam kejadian tersebut tiada seorang pun yang terluka di dalam mobil sedang yang pada bagian kacanya mengalami hancur dan beberapa sedikit keretakkan. Dalam kejadian tersebut, 1 orang tewas seketika. Beberapa yang selamat dievakuasi ke 4 rumah sakit, YAITU rs Budi Asih, RS Pasar Rebo, RS Kramat Jati dan RS Fatmawati. Sutarso salah seorang korban yang selamat mesti diamputasi pada kaki kirinya menurut penuturan Dr. Ugy dokter bagian UGD RS Fatmawati.

Di perlintasan tersebut memang lokasinya sempit dikerumuni pasar tumah ruah dan menanjak saat melintasi PJL. Kemudian menurun begitu melewati PJL. Pihak Polres Metro Jakarta Selatan langsung mengevakuasi sopir truk yang selamat. Akibat peristiwa tersebut perjalanan KRL pun menjadi sedikit terganggu akibat kerumunan warga yang penasaran untuk menyaksikan kronologi pasca kejadian naas tersebut. Meski dapat melintas, kecepatannya pun harus dibatasi dengan kecepatan yang rendah (mungkin sekitar maksimal 50 km/jam).

Sumber = Siaran berita Reportase Siang di Trans TV pada tanggal 5 Januari 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Semakin banyak sudah catatan peristiwa malapetaka di PJL setempat. Selain sering dialami oleh motor, ternyata maut pun juga menimpa truk, bahkan kendaraan jenis sedan yang notabene mesti melewati medan yang terjal dan sulit dikarenakan selain lebar jalan yang sempit juga dikerumuni oleh pasar tumpah ruah. Saya rasa kejadian ini dialami oleh rangkaian KRL AC karena bila KRL Ekonomi atau pun juga Ekonomi AC yang melintas tidak mungkin tidak singgah di stasiun Pasar Minggu.

Berita kelanjutannya :
PT. KA Akan Gugat Penyerobot Pelintasan

Langsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
KOMPAS/RIZA FATHONI
JAKARTA, KOMPAS.com – PT. KA Daerah Operasi I Jabodetabek berencana menggugat pemilik dan pengemudi angkutan minibus Mitsubishi L 300 B 9825 UD yang menyerobot pintu pelintasan kereta api di Jalan Masjid Al Ma’mun, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (5/1/2010) pukul 05.19. Penyerobot an itu memicu tabrakan dengan KRL Nomor 502 Jakarta-Bogor sehingga mengakibatkan 1 orang tewas dan 19 lainnya luka-luka.

”Penyerobotan pelintasan KA sering kali terjadi. Meskipun sudah banyak korban, sebagian pengemudi kendaraan tak juga jera. Untuk itu, kami akan mengajukan gugatan perdata melawan penyerobot. Gugatan akan didaftarkan kepada pengadilan negeri di wilayah kejadian perkara,” kata Kepala Humas PT KA Daops I Jabodetabek Sugeng Prijono, Selasa.

Menurut Sugeng, gugatan kali ini bukan yang pertama. Di Kediri, Jawa Timur, gugatan serupa juga sedang dalam proses di pengadilan. Bagi PT KA, gugatan itu bukan masalah salah atau ganti rugi, tetapi sebagai pembelajaran bagi masyarakat bahwa amat berbahaya melanggar pintu pelintasan.
Terkait kejadian naas di Pasar Minggu, Selasa pagi kemarin, misalnya, beberapa saksi mata menyatakan, selain pintu pelintasan telah menutup, sirene penanda pun telah dibunyikan sebelum KRL lewat.
Kepala Stasiun Pasar Minggu Elang Syarif menyatakan, peristiwa tersebut berawal ketika minibus yang sarat dengan penumpang melaju menuju Pasar Minggu. Sopir minibus, Sutikno (64), tak berupaya berhenti ketika KRL diketahui sudah mendekati pintu pelintasan Jalan Masjid Ma’mun.

Elang menambahkan, minibus sempat terseret sejauh 30 meter sebelum akhirnya berhenti bersamaan dengan KRL yang mengerem. Salah satu penumpang, Tugiono (40), tergencet badan minibus dan meninggal di tempat. Sutikno sendiri selamat, sem

Editor: jimbon

2. Jalur Padalarang - Cicalengka akan Dilayani KRL
Langsung dari tulisan ybs : Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
[keretapi] PT. KA akan bangun KRL Baru
Wed, January 6, 2010 11:08:12 AM
From: ROSES-Man rosesmilis@gmail.com Add to Contacts
To: keretapi@yahoogroups.com; KRL-Mania@yahoogroups.com

Selasa, 05 Januari 2010 18:47 WIB
BANDUNG--MI: PT. Kereta Api (PT. KA) berencana mengoperasikan kereta rel listrik (KRL) rute komuter Padalarang – Bandung – Cicalengka. Rencana itu terungkap dalam pertemuan antara jajaran PT. KA Daerah Operasi (Daops) II Bandung dengan Kadin Jawa Barat di Kantor PT. KA Daop II Bandung, Jl. Stasiun Timur, Kota Bandung, Selasa (5/1). Dalam pertemuan itu dibahas berbagai penjajakan kerja sama oleh Kepala PT. KA Daops II Bandung Sinung Sinulingga dengan Ketua Kadin Jawa Barat Agung Suryamal Sutrisno.

"Rencana pengoperasian KRL di jalur Padalarang – Bandung – Cicalengka masih dalam pembahasan, namun proses awalnya akan dimulai pada 2010 ini,"kata Kepala Humas PT. KA Daops II Bandung Bambang Setya Prasetyo. Jalur tersebut selama ini dilayani oleh 2 set Kereta Rel diesel (KRD) Badung Raya, 1 set KRD Patas dan KA Baraya Geulis. Konsumen Komuter Bandung Raya itu cukup potensial dan menjadi alternatif bagi warga di kawasan Bandung Timur dan Padalarang untuk menggunakan komuter yang murah itu.

Sumber = Dari postingan rekan ROSES Man ke milis keretapi@yahoogroups.com tanggal 6 Januari 2010.

Tanggapan saya pribadi :

Sengaja saya kasih tanda warna oranye tebal karena saya merasa ini masih baru sekedar wacana semata.

Tanggal 7 Januari 2010 :
1. KA Supercepat Berbentuk Monorel, Tiap Kapsul An
gkut 200 Penumpang
Kereta supercepat yang digagas oleh konsorsium 15 perusahaan asing tak akan menggunakan lintasan yang sudah ada milik PT KA. Sebab, moda transportasi modern ini direncanakan berupa monorel. Setiap kapsul bisa mengangkut 100 hingga 200 orang.

"Ini bukan seperti kereta api biasa, rencananya kereta supercepat ini berupa monorel. Ya semacam kereta gantunglah, tapi teknologinya seperti apa, saya juga belum tahu," ujar Kepala Badan Koordinasi Promosi dan Penanaman Modal Daerah (BKPPMD) Jawa Barat, Iwa Karniwa, pada detikcom, Kamis (7/1/2010).

Karena berupa monorel, lahan yang dibutuhkan tak akan banyak. Namun dia mengaku masih belum mengetahui berapa luas lahan yang dibutuhkan untuk kereta supercepat dengan panjang lintasan 357 kilometer dari Cirebon-Majalengka- Bandung-Jakarta- Soekarno Hatta itu. "Saya belum tahu berapa lahan yang dibutuhkan, tapi pasti tak terlalu luas," katanya.Berdasarkan informasi yang dia peroleh, setiap kapsul kereta supercepat bisa mengangkut 100 hingga 200 orang. "Kapasitasnya banyak bisa mencapai 100 hingga 200 orang," tandasnya.

Menurut Iwa kereta supercepat ini ramah lingkungan, sebab bahan bakarnya menggunakan hidrogen. "Minyak bumi nanti akan habis, nah makanya kita butuh bahan bakar alternatif. Moda transportasi massal ini merupakan antisipasi jika minyak bumi habis," jelasnya.

15 Perusahaan asing membentuk konsorsium dan menandatangani MoA proyek kereta api supercepat yang dinamai Hydrogen Hi-Speed Rail Super Highway (H2RSH) senilai US$ 3 miliar atau sekitar Rp 30 triliun. Kereta supercepat ini akan mengalahkan kecepatan dan kecanggihan shinkansen, bullet train dari Jepang, maupun kereta supercepat di Paris, Prancis. MoA diteken di Los Angeles dan disaksikan oleh utusan KJRI setempat.

Rencananya proyek ini akan memasuki studi kelayakan pada 11 Januari nanti dan memakan waktu 90 hari. Ditargetkan mega proyek ini akan selesai selama 2 tahun. Moda transportasi modern ini akan beroperasi dan memberi keuntungan/keunggul an jika dibandingkan dengan moda generasi sebelumnya seperti shinkansen (bullet train dari Jepang). Keuntungan tersebut antara lain terkait biaya konstruksi yang lebih murah (US$ 10 juta/mil sedangkan moda konvensional sampai US$ 36 juta/mil), break event point diperkirakan hanya 2 tahun sedangkan moda konvensional sekitar 50 tahun, berbeda dengan moda konvensional yang hanya mengangkut orang moda transportasi baru tersebut juga dapat dipergunakan untuk mengangkut barang (freights dan automobiles) .

H2RSH juga memberikan alternatif transportasi yang efektif mengingat dapat beroperasi pada kecepatan yang lebih cepat sehingga diperkirakan dapat menghemat waktu ke tempat tujuan. Selain itu, H2RSH memberikan kentungan ekonomis dikarenakan selain berfungsi sebagai moda transportasi dapat menghasilkan energi yang dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan energi daerah tertentu, seperti tenaga listrik, air bersih, dan lain-lain.

(ern/avi)

Sumber = Dari postingan rekan Ben Wicaksono ke milis keretapi@yahoogroups.com tgl 8 Januari 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Saya sih agak pesimis dengan rencana ini apalagi dengan bentuk yang menyerupai monorel seperti itu. Tapi, kita lihat saja hasilnya bagaimana.

2. Stasiun Tugu Akan Dipercantik dan Ditata
Langsung dari tulisan ybs : Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
KOMPAS/LUKAS ADI PRASETYA
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Stasiun Tugu akan dipercantik dengan penataan pada kios pedagang, renovasi dan penambahan sejumlah fasilitas umum seperti ruang tunggu VIP dan toilet seperti ada di mal. Kondisi stasiun yang nantinya bersih, rapih dan indah adalah demi kenyamanan penumpang. Untuk kepentingan itu, mulai 1 Februari 2010 hingga 3 bulan ke depan, dari 60-an pedagang penyewa kios di stasiun tersebut, 24 pedagang di antaranya tidak bisa berjualan karena tempat usahanya diperbaiki. Pedagang yang antara lain membuka usaha makanan, toko kelontong, ole - ole dan buah hingga majalah ini menempati sisi barat stasiun. Adapun pedagang asongan keliling tak terkena apa - apa alias tetap dibolehkan berjualan.

Kepala Stasiun Tugu Asdo Atrivianto dalam pertemuan dengan para pedagang, Kamis (7/1/2010) mengatakan penataan ini sebagai tindak lanjut instruksi Menteri Perhubungan Freddy Numberi bahwa stasiun - stasiun KA mesti bersih, rapi, aman dan nyaman bagi penumpang. "Ini bukan relokasi, tapi penataan dan perbaikan. Karena stasiun ini cagar budaya, maka perbaikannya pun tak merusak bangunan," katanya. Dalam pertemuan yang berlangsung tenang tersebut pedagang memang tidak keberatan karena itu juga demi kepentingan bersama. Namun pedagang berharap PT KA bisa memberi solusi tempat berjualan sementara selama 3 bulan. "Kami minta juga pengertian dari pihak PT. KA," kata Bambang, yang sudah berjualan makanan sejak 20 tahun lalu, meneruskan usaha dari orang tuanya.

Tari, yang membuka kios kelontong sejak 10 tahun lalu mengaku bingung hendak berjualan ke mana selama stasiun ditata dan diperbaiki. "Saya belum berpikir ke mana. Tapi saya manut saja dengan keputusan PT. KA. Yang penting kami kan tidak direlokasi,"ujarnya. Asdo yang didampingi sejumlah jajaran PT. KA Daerah Operasi VI Yogyakarta mengemukakan pihaknya tidak bisa memberi uang sebagai kompensasi pedagang yang mesti pindah sementara, juga untuk menyediakan area untuk mereka menggelar dagangan. Ditambahkan Asdo, nantinya ada 24 kios baru yang dibangun. Ia sendiri berjanji pedagang lama akan diprioritaskan. Namun, lokasi kios baru jelas berbeda dengan kios lama, demikian juga ukurannya yang lebih kecil karena hanya 3 x 3 meter. Penataan stasiun ini sebenarnya harus mulai dijalankan 1 Januari lalu, namun diundur hingga 1 Februari untuk memberi cukup waktu bagi pedagang.

Sumber = Dari postingan rekan animaX ke forum semboyan35.com pada tanggal 8 Januari 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Semoga saja kelak terwujud dan demi kenyamanan juga. Terutama yang harus dipikirkan lagi pada stasun Tugu itu akses keluar – masuk area parkir yang masih sangat sempit sehingga kemacetan lalu lintas kendaraan bermotor terlbih dicampur oleh becak juga hingga ke jalan raya.

Tanggal 8 Januari 2010 :
Ulang Tahun Elvis Presley di Stasiun KA di Kota Sidney, Australia
ELVIS PRESLEY

Semestinya Kini Ia Genap 75 Tahun

Langsung dari tulisan ybs :

Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.

KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Elvis Presley, penyanyi yang mendapat julukan ”The King” itu, telah meninggalkan dunia fana ini hampir 33 tahun. Namun, serangkaian acara dan buku baru diluncurkan pekan ini di seluruh dunia untuk menyambut apa yang seharusnya menjadi hari ulang tahunnya yang ke-75. Presley, yang meninggal pada bulan Agustus 1977 dalam usia 42 tahun, adalah salah seorang selebriti almarhum yang paling menghasilkan, dengan pemasukan US$ 55 juta dalam tahun 2009. Hal ini menurut Forbes.com dan dipasarkan oleh Elvis Presley Enterprises yang dihidupkan kembali oleh tokoh hiburan Robert Sillerman tahun 2005.

Pesta terbesar akan diadakan di Memphis di mana 8 Januari 2010 telah dicanangkan sebagai hari Elvis Presley dengan upacara pemotongan kue di rumahnya di Graceland, pameran baru kostum - kostumnya, pemutaran film - filmnya dan boneka Jailhouse Rock koleksi Barbie. Perayaan juga diadakan di berbagai penjuru dunia dengan kelab - kelab penggemar menyelenggarakan acara di Tokyo, London, Paris dan di tempa t -tempat lain.

”Elvis adalah satu dari sedikit orang yang muncul dan bergema melintasi garis-garis kultural,”kata Howard Kramer, kurator untuk pameran Elvis di Rock and Roll Hall of Fame di Cleveland, Ohio, Amerika Serikat. Bahkan, setelah hampir 32 tahun kematiannya, pria yang bernama asli Aaron Elvis Presley itu tetap mempertahankan basis penggemar yang hampir tak tertandingi dalam jumlah dan cakupan geografis.

Hari Jum’at, stasiun kereta api Sydney dipenuhi oleh orang - orang yang mengenakan pakaian model Elvis yang berkilau, lengkap dengan dandanan rambutnya, saat 400 penggemar Elvis memulai perjalanan mereka dengan kereta Elvis Express ke Parkes, 300 km sebelah barat Sydney. Lebih dari 10.000 orang akan ikut serta dalam perayaan Festival Elvis tahunan ke-18 itu. Tahun lalu, festival itu memberi pemasukan > US$ 4 juta pada perekonomian setempat yang terpukul oleh kemarau, dengan 9.000 pengunjung memadati setiap hotel, taman karavan dan tempat berkemah di Parkes.

Para penggemar Elvis yang paling fanatik akan berduyun-duyun datang ke Memphis, di mana mantan istrinya, Priscilla, dan putrinya, Lisa Marie Presley, akan ambil bagian dalam pemotongan kue ulang tahun di halaman Graceland. Tiga buku baru mengenai Elvis diterbitkan, menambah deretan buku tentang penyanyi itu yang telah lebih dari 50 buah.Salah satunya, ”Elvis: My Best Man”, ditulis oleh George Klein, seorang pemandu acara TV sahabat Elvis sejak kecil.

Klein mengatakan betapa pentingnya ibu dalam hidup Elvis. ”Hubungan mereka sangat erat. Elvis sangat mencintainya dan tidak pernah bertengkar dengannya,” katanya tentang ibu Elvis yang meninggal tahun 1958 dalam usia 46.Klein yakin Elvis tidak akan mati begitu muda kalau ibunya masih ada karena dua orang yang paling dekat dengannya—manajernya, ”Kolonel” Tom Parker, dan ayahnya, Vernon, yang bekerja untuk Elvis— gagal membantunya.

”Ayahnya takut Elvis akan memecatnya dan Kolonel Parker hanya peduli uang. Mereka menutup mulut mereka dan tidak datang membantu Elvis, tidak ingin berkonfrontasi dengan dia dan dipecat,” kata Klein.”Akan berbeda seandainya ibunya masih ada.”(Reuters/AFP/AP/DI)

Tanggal 10 Januari 2010 :
Badai Salju Semakin Melanda Eropa
Tidak dapat disangka badai salju semakin bertebar hingga memberi suhu mencapai -12*C bahkan bisa lebih dari itu dalam periode 3 dekade terakhir ini. Beberapa negara di benua Eropa pun tak luput dari keganasan badai salju terlebih yang melanda sejumlah jadwal penerbangan dan perjalanan KA. Beberapa pesawat dilaporkan tidak dapat terbang karena ketebalan salju yang semakin menimbun sejumlah fasilitas publik. Bahkan dilaporkan penerbangan pesawat mengalami tergelincir saat mendarat. Perjalanan KA yang menghubungkan antara ibukota Warsawa dengan kota Krakaw di negara Polandia mengalami penundaan. Namun, di ibukota Paris negara Prancis justru warga menikmatinya dengan nuansa penuh romantis meski hampir sejumlah jalan raya, penerbangan dan perjalanan KA dilanda lumpuh.

Sumber = Siaran berita Headline News di Metro TV pada tanggal 10 Januari 2010 jam 6 sore WIB.

Keterangan :
Di Indonesia dan sekitarnya sendiri sedang dilanda musim hujan yang berkepanjangan. Khususnya kami yang di Jakarta dan sekitarnya mengalami panas dan hujan yang cenderung ekstrim atau yang tidak menentu. Namun, banyak di beberapa kota di pulau Jawa yang dilanda banjir bandang hingga menelan beberapa korban jiwa.

Tanggapan saya pribadi :
Cobaan luar biasa menimpa siapa saja terlebih benua Eropa dengan dilanda badai salju yang berkepanjangan. Di sisi lain kita menyambut musim dingin yang meriah, namun salju yang berlebih akan menghambat aktifitas kita dalam bekerja dan apapun.

Tanggal 11 Januari 2010 :
1. Wacana Menghidupkan Lagi Rel Pelabuhan Cirebon

[keretapi] Jalur pelabuhan Cirebon
Mon, January 11, 2010 1:50:39 PM

From: Gimson Ahmed jim96.milis@gmail.com Add to Contacts

To: keretapi@yahoogroups.com
http://cetak. kompas.com/ read/xml/ 2010/01/11/ 1142143/jalur. lama.tertutup. permukiman. penduduk
Langsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
Kereta Batu Bara
Jalur Lama Tertutup Permukiman Penduduk

Senin, 11 Januari 2010 | 11:42 WIB
Cirebon, Kompas - Pembebasan lahan di rel yang sudah dikelilingi permukiman penduduk menjadi prioritas dari rencana pembangunan jalur kereta batu bara dari pelabuhan Cirebon menuju Terminal peti kemas Gedebage, Bandung. Pembebasan lahan ini butuh kerja sama dari Pemerintah Kota Cirebon. Rudi Effendi dari Humas PT. Kereta Api Daerah Operasi III Cirebon, Minggu (10/1), mengatakan rencana pengoperasian kereta batu bara dari pelabuhan Cirebon menuju Bandung akan dilanjutkan. Namun, ada masalah yang harus diselesaikan, yaitu pembebasan lahan pada jalur rel kereta yang kini telah tertutup permukiman penduduk. "Jalur kereta dari pelabuhan ke stasiun sudah pernah ada, bahkan 2 jalur, yaitu menuju ke stasiun Kejaksan dan stasiun Prujakan. Namun,karena lama tidak digunakan, sekarang sudah menjadi rumah – rumah penduduk,"ujar Rudi.

Mengenai jalur kereta yang akan digunakan sehingga lahannya harus dibebaskan, pihak Daop III Cirebon belum bisa memutuskan. Itu karena Daops III harus melakukan pengujian terlebih dahulu, diikuti survei lanjutan oleh Direktorat Jenderal Perkereta apian, untuk memilih rute paling ideal. Selain tertutup rumah, kondisi rel juga tidak bagus sehingga perlu direvitalisasi agar layak dilewati.
Menghilang setelah 1992

Diakui Kepala Subseksi Kesyahbandaran Administrator Pelabuhan Cirebon M Dany Jaelani, jejak - jejak rel kereta di lingkungan pelabuhan sudah banyak yang hilang. Sisa jalur rel kereta masih utuh pada sekitar 1992. Namun, setelah itu mulai menghilang karena tidak digunakan. Olehkarena itu, jalur keretanya perlu diperbaiki dan diperbarui. "Kami mendukung adanya kereta batu bara ini karena memberikan alternatif angkutan batu bara. Selain itu, juga memberikan solusi mengurangi beban jalan di Cadas Pangeran (Sumedang). Yang penting, kereta batu bara ini bisa memberikan alternatif angkutan yang efektif dan efisien,"kata Dany. Saban hari sekitar 4.000 ton batu baradibongkar muat di pelabuhan Cirebon.

Pada Desember lalu pihak Ditjen Perkereta apian dan Pemprov Jabar telah mensurvei dan memperkirakan kebutuhan dana pembangunan jalur kereta batu bara ini, yang mencapai Rp 335 miliar,00. Sebagian dana itu berasal dari APBD Jabar, yang digunakan untuk membebaskan lahan, sebesar Rp 15 miliar,00. Ditargetkan, pembangunan jalur selesai tahun 2011 dan rute kereta batu bara bisa beroperasi tahun 2012.

Rudi berharap Pemerintah Kota Cirebon mendukung rencana menghidupkan kembali jalur kereta ke pelabuhan, khususnya dalam pembebasan lahan yang sebenarnya merupakan aset PT. Kereta Api. Itu karena, secara tidak langsung, beroperasinya jalur kereta api batu bara bisa meminimalkan kerusakan jalan dan polusi udara di Kota Cirebon. (THT)

-- --jim.

2. Pertemuan antara KRLmania dan Menteri Perhubungan
Langsung dari tulisan ybs : Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya. KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...
KRLmania.com,

Sore hari tadi, 5 orang 'Delegasi' KRLmania diterima oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia Freddy Numberi di ruang kerjanya di lantai 9 gedung Departemen Perhubungan, Jakarta. Dalam kesempatan tersebut beragam permasalahan yang terjadi di duni per-KRL-an didengarkan secara langsung oleh orang nomor 1 di Departemen Pehubungan tersebut, didampingi oleh Direktur Jenderal Kereta Api Tundjung Inderawan. Menteri Perhubungan menyambut gembira adanya komunikasi antara Komunitas Pengguna KRL yang tergabung dalam KRLmania dengan pihak Departemen Perhubungan. Menurutnya, pelayanan KRL Jabodetabek saat ini harus terus ditingkatkan. Fungsi layanannya harus lebih diproritaskan daripada hanya sekedar 'kejar profit'.

"KRL di Jabodetabek ini menjadi barometer baik - buruknya layanan kereta api. Pelayanannnya harus terus ditingkatkan,"ujar Menteri. Beragam permasalahan terkait dengan fungsi Departemen Perhubungan selaku Regulator yang mengatur operasional perkereta apian di Indonesia diungkapkan dalam pertemuan itu. Menteri berharap pihak PT. KA dan KCJ benar - benar bersungguh - sungguh dalam melayani penumpang KRL. "Harus ada langkah - langkah yang besar dalam merubah paradigma yang ada sekarang ini,"ujarnya. Ia dan Direktur Kereta Api berjajnji akan memperhatikan suara para pengguna KRL, termasuk dalam penetapan tarif KRL yang berlaku sekarang ini serta rencana ke depannya. "Kita step by step berusaha melakukan penyesuaian. Ke depannya mudah - mudahan hanya ada single tarif. Sekarang berangsur - angsur nanti kita buat 2 tarif dulu dari yang sebelumnya ada 3 (KRL EKonomi, Ekonomi AC dan Ekspres, Red),"ujar Dirjen Kereta Api Tundjung Inderawan.

Masalah penerapan E-Ticketing di Jalur KRL juga sempat dipertanyakan. KRLmania ragu penerapan E-Ticketing ini akan berjalan dengan mulus karena di lapangan masih banyak kendala teknis yang terjadi, semisal masih adanya stasiun yang belum steril dan sosisalisasinya yang 'jalan di tempat'. "Kita harus berani melakukan perubahan. Kenapa E-Ticketing ini kita masukan di programm 100 hari Departemen Perhubungan, karena penerapan WE-ticketing (?) ini diprediksikan bisa diterapkan dalam waktu 100 hari tersebut. Masalah lainnya seperti penambahan armada dan perbaikan sarana tetap Kita lakukan,"ujar Menteri.

Saat ini menurutnya kendala teknis yang terjadi di lapangan dalam rencana penerapan E-ticketing ini adalah masalah Bank yang support E-ticketing. Rencana 'kolaborasi' E-Ticketing antara KRL dan busway 'terhalang' adanya ketidak samaan platform bank yang menangani Sistem ini. 'Versi KRL bisa digunakan untuk 6 Bank, sedangkan busway hanya menggunakan satu bank. Ketentuan saldo minimum E-tickeying juga dikeluhkan oleh KRLmania. Ketentuan ini diperkirakan akan memberatkan kalangan masyarakat yang berpenghasilan pas - pasan. "uang Rp 15.000,00 untuk saldo minimum nilainya sangat berarti bagi pengguna KRL yang penghasilannya pas - pasan,." Masalah tarif KRL Ekonomi juga sempat disorot dalam pertemuan ini. jika rencana penambahan fasilitas AC di KRL Ekonomi jadi diterapkan, KRLmania berharap tarifnya nanti tidak memberatkan masyarakat. menteri Perhubungan sepakat dengan pendapat ini. "Penambahan AC pada KRL Ekonomi bukan berarti lalu tarifnya menjadi memberatkan masyarakat,"uajrnya. Ia meminta Dirjen Kereta Api untuk mendengarkan masukan-masukan dari para pengguna KRL sebelum memberlakukan tarif baru nantinya.

Dirjen KA juga berharap Para Pengguna KRL ikut serta memelihara segala fasilitas perkereta apian yang sudah ada, termasuk KRL. Demikian juga dengan para Karyawan Operator KRl sendiri. Seharusnya mereka bisa menjadi contoh dalam ikut memelihara 'kelangsungan hidup KRL yang setiap harinya mengangkut ratusan ribu penumpang itu. Ia berjanji akan menindak tegas para 'Korps Dephub' termasuk yang bertugas di KRL tapi belum mematuhi peraturan yang berlaku sehingga membehayakan keselamatan para pengguna KRL. Contoh 'klasik'nya misalnya masih ada oknum Pegawai Dephub dan / atau PT. KA yang gemar memberhentikan KRL di tengah jalan lalu turun dari KRL yang berhenti tersebut.

Pertemuan sore tadi berlangsung hampir selama 1 jam lebih. Menteri Perhubungan berharap Forum Komunikasi ini terus dilanjutkan oleh Dirjen Kereta Api untuk mendengarkan masukan - masukan secara langsung dari Pengguna KRL. 'Saya pikir bagus kalau KRL mania yang notabene penumpang KRL ikut dilibatkan dalam diskusi - diskusi yang diadakan oleh Ditjen Kereta Api,"ujarnya.

(nc)

Sumber = Siaran berita Headline News di Metro TV pada tanggal 10 Januari 2010 jam 6 sore WIB.

Tanggapan saya pribadi :
Cobaan luar biasa menimpa siapa saja terlebih benua Eropa dengan dilanda badai salju yang berkepanjangan. Di sisi lain kita menyambut musim dingin yang meriah, namun salju yang berlebih akan menghambat aktifitas kita dalam bekerja dan apapun.

Berita global / Out Of Topic : Tanggal 2 dan 3 Januari 2010 :
Badai Salju Melanda Ibukota Beijing, Cina
Badai salju melanda negara – negara di kawasan Asia Timur. Terlebih di ibukota Beijing, Cina. Salju yang menggumpal melumpuhkan jasa transportasi seperti kendaraan – kendaraan bermotor di jalan raya. Entah termasuk rangkaian KA, yang jelas bandara internasional dikabarkan lumpuh total.

Sumber = Siaran berita Kabar Petang di TV One tanggal 3 Januari 2010.
Sedikit Kilasan Out Of Topic / OOT atau diluar topik :
OOT itu berita yang saya rangkum di luar peristiwa perekereta apian namun masih menjadi tanda tanya bagi saya pribadi. Mungkin saja ada kaitannya meski sedikit atau pun banyak keterkaitannya dengan kereta api dalam peristiwa tertentu.
Tanggal 4 Januari 2010 :
Kembali Terjadi Orang Bunuh Diri Kali Ini di Grand Mall, Solo, Jawa Tengah
Agus Sunarto lajang berusia 32 tahun mengakhiri hidupnya dengan meloncat dari lantai 4 gedung Grand Mall kota Solo, Jawa Tengah. Laki – laki yang mengaku menderita penyakit lambung yang tidak kunjung sembuh itu mengalami remuk pada tulang tengkoraknya saat membentur aspal pada area peparkiran gedung tersebut. Pihak Kepolisian pun yang datang ke pusat perbelanjaan yang berlokasi di Jl. Slamet Riyadi tersebut langsung mengevakuasi korban ke RS Dr. Muwardi, Solo. Kejadian terjadi pada waktu siang hari.

Sumber = Siaran berita Topik Pagi di Anteve pada tanggal 5 Januari 2010.

Tanggapan saya pribadi :
Semoga tidak menjadi trend di tahun naga ini karena di penghujung tahun 2009 kemarin sudah banyak korban jiwa yang berjatuhan akibat ulah diri mereka sendiri yang melakukan aksi bunuh diri yang sia – sia saja. Jl. Slamet Riyadi identik dengan petak rel antara stasiun Purwosari dengan stasiun Wonogiri. Mungkin dikarenakan lokasi kejadiannya di area peparkiran, mungkin saja tidak berhadapan langsung dengan bentangan rel tersebut.

Tanggal 6 Januari 2010 :
Demo Buruh Rokok di Malang
Sejumlah buruh pabrik sebuah merk rokok di Malang melakukan demo besar – besaran menuntut gaji tunjangan mereka yang dirasakan tidak adil. Mereka teridri dari pekerja perempuan yang dengan mengenakan seragam oranye – hitam memadati area luar pabrik yang tampak nyata berdekatan dengan PJL / pos jaga lintasan KA. Tidak dilaporkan apakah mengganggu laju perjalanan KA atau tidaknya, yang jelas demo buruh siang ini berlangsung dengan teriakan massa tanpa disemiluti oleh kerusuhan.

Sumber = Siaran berita Kabar 15 di TV One pada tanggal 6 Januari 2010.

Mungkin ada rekan – rekan yang ingin menambahkan atau meralatnya? Silahkan saja….

Salam,
Dana

Kalau mau japri, silahkan ke dk_aries@yahoo.com saja yah…….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar