Senin, 11 Januari 2010

Catatan Bulanan Pertengahan Bulan Desember 2009

Catatan Bulanan

Pertengahan Bulan Desember 2009

Dikumpulkan oleh = Saya Sendiri à Dana

Bukan untuk mendramatisir, namun saya hanya menyarankan agar sebelum membacanya anak – anak perlu didampingin oleh orang tua atau pun wali karena berikut ini peristiwa – peristiwa yang terjadi selama kurun waktu awal bulan ini ada suatu peristiwa yang tidak kita inginkan, yaitu berita kecelakaan pastinya.

Benar saja alasan saya tetap tidak memposting pemberitaan pertengahan bulan ini tepat setelah lewat semisal 1 hari dari pertengahan bulan ini. Pada kenyataannya, di antara kita ada yang mengabarkan bahwa rangkaian KA komuter baru telah diluncurkan pada pertengahan bulan ini di mana kita baru mengetahuinya pada akhir bulan ini. Mungkin di antara kita sudah ada yang mengetahui lebih dulu. Liburan panjang bagi anak – anak yang liburan sekolah dimanfaatkan bagi sebagian Daops di pulau Jawa dengan menaikkan tarif rangkaian KA meski hanya naik sebesar 9% dari tahun sebelumnya, yakni 2008.

Untuk selengkapnya silahkan lihat catatan bulanan sepanjang awal bulan ini di bawah berikut ini…

Tanggal 13 Desember 2009 :

KA Argo Bromo Anggrek Anjlok di Bojonegoro

Sebuah rangkaian KA Argo Bromo Anggrek mengalami peristiwa anjlok dini hari ini. Tidak ada laporan korban jiwa namun nampaknya akibat peristiwa ini beberapa perjalanan KA mengalami gangguan akibat beberapa gerbong / kereta dalam posisi miring keluar dari rel.

Sumber : Siaran berita Kabar 9 di TV One pada tanggal 14 Desember 2009.

Tanggapan saya pribadi :

Seringkali yah rangkaian KA Argo Bromo Anggrek mengidap penyakit anjlokan atau pun juga perjalanan telat? Sebetulnya di mana sih kendala – kendala yang dihadapi oleh sang penguasa bentangan rel kawasan pantura pulau Jawa ini? Saya memang sejak lama mengharapkan penamaan Argo Bromo diganti dengan nama lainnya meski diletakin nama Anggrek di akhiran katanya,

Senin, 14 Desember 2009 | 18:06 WIB :

Dugaan Korupsi Pengadaan KRL

[keretapi] Dugaan Korupsi Pengadaan KRL

Mon, December 14, 2009 7:01:25 PM

From:

Bambang Witjaksono witjak71@yahoo.com Add to Contacts

To:

keretapi@yahoogroups.com

Langsung dari tulisan ybs :

Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.

KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus menelusuri kasus pengadaan gerbong kereta eks Jepang tahun 2006 - 2007 dengan tersangka mantan Dirjen Perkerata apian Sumino Eko Saputro. Dalam pengusutan kasus tersebut jika diperlukan KPK akan memanggil Menteri Perhubungan saat itu untuk dimintai keterangan. Jubir KPK Johan Budi SP mengatakan kasus KRL saat ini merupakan salah satu kasus yang sedang diusut KPK. Sebagai lanjutan setelah penetapan status tersangka terhadap Sumino Senin (14/12/2009) KPK kembali melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi.

Kemarin ada 4 saksi diperiksa, yakni Mutakin dari Dephub dan Kennedy Simanjuntak, Kurniawan serta Hari Semedi dari Bappenas. "Saya kira ini belum berhenti sampai Dirjen-nya. Nanti kalau memang diperlukan, Menteri Perhubungan yang ketika itu kita mintai keterangan,"kata Johan. Seperti diketahui Menhub saat itu adalah Hatta Radjasa. Hatta saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Perekonomian. Apakah Menhub mengetahui soal pengadaan KRL eks Jepang itu? Johan mengatakan justru hal itu yang sedang ditelusuri. Menurut Johan KRL itu sebenarnya bantuan dari Jepang, tetapi biaya transportasinya besar dan diduga ada penggelembungan karena mencapai 9 juta yen per unit.

Johan menjelaskan proyek ini nilainya sekitar Rp 48 milliar,00. Diduga kerugian negara mencapai Rp 11 milliar,00 dengan modus penggelembungan biaya transportasi. Tersangka Sumino dikenai Pasal 2 Ayat 1 dan atau Pasal 3 UU 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Sebagai tersangka, Sumino belum diperiksa. Namun, dalam proses penyelidikan dia juga sudah pernah dimintai keterangan oleh KPK.

Sumber :

- Situs kompas.com postingan rekan Bambang Witjaksono ke milis keretapi@yahoogroups.com pada tanggal 14 Desember 2009.

- Tulisan berjalan di TV One pada malam hari tanggal 14 Desember 2009.

Tanggapan saya pribadi :

Ampun deh… Gak ada matinya korupsi di Indonesia ini… Mungkin saja karena kasus ini banyak pengguna jasa KRL Jabodetabek ditelantarin karena minimnya KRL yang beroperasi.

Tanggal 15 Desember 2009 :

Rel KA Diimpor dari China

* Untuk Jalur Ganda Tegal - Pekalongan

Langsung dari tulisan ybs :

Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.

KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

[keretapi] Impor rel untuk proyek double track

Wed, December 16, 2009 9:35:36 AM

From:

"martuhares@ymail.com" martuhares@ymail.com Add to Contacts

To:

keretapi@yahoogroups.com

SEMARANG - Pembangunan jalur ganda kereta api (KA) lintas Tegal - Pekalongan segera dilanjutkan. Selasa (15/12), rel seberat 4.191,11 ton sepanjang 38,5 km sp (sepur) yang dibeli dari China tiba di pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan menggunakan Kapal Dong Sung. Sebelumnya, pembangunan jalur ini sempat mengalami kendala dalam hal pengadaan rel yang diimpor dari China karena tender yang diajukan sering gagal.

Kepala Satuan Kerja pembangunan jalur ganda Tegal - Pekalongan, Ir Sutrisno mengatakan rel jenis UIC-54 ini rencananya akan dipasang untuk jalur ganda antara Petarukan – Comal – Sragi - Pekalongan dan jalur Larangan - Tegal. ''Rel ini akan digunakan untuk penyelesaian pembangunan rel ganda jalur Tegal - Pekalongan di mana proyek sebelumnya telah diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beberapa waktu lalu. Jalur ganda Tegal - Pekalongan mempunyai total panjang 62 km baru selesai dikerjakan sepanjang 31 km,''kata Sutrisno, saat ditemui di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, kemarin. Ia menerangkan pembelian rel sepanjang 38,5 km sp itu menggunakan anggaran APBN dengan nilai kontrak sebesar Rp 59 miliar,00. Tender proyek pengadaan rel ini dimenangkan oleh PT. Gumaya Anggun Semarang. Panjang rel yakni 25 meter per batang.

Rel jenis UIC 54 yang diimpor dari China itu menurut Sutrisno mempunyai kualitas lebih baik jika dibandingkan dengan rel yang saat ini digunakan, yaitu jenis R 33 / 42. Dalam proyek ini, Satker hanya mengimpor rel dari China. Bahan atau material lainnya seperti bantalan beton, seluruhnya dibuat dan diperoleh dari Indonesia. ''Jalur ganda Tegal - Pekalongan yang telah rampung pengerjaannya dan sudah dioperasikan adalah jalur Petarukan – Pemalang – Suradadi – Larangan. Sementara untuk pemasangan jalur ganda Petarukan – Comal – Sragi – Pekalongan dan jalur Larangan - Tegal kemungkinan akan dilakukan pada 2011,''ungkap Sutrisno.

Sebelumnya, jalur ganda Pemalang – Suradadi – Larangan menelan biaya sekitar Rp 480 miliar,00. Dana yang digunakan berasal dari dua tahun anggaran APBN, yakni 2008 sebesar Rp 300 miliar,00 dan 2009 Rp 180 miliar,00. "Selama 2009 proyek Tegal - Pekalongan telah menghabiskan dana Rp 241.972.400.000,00. Untuk APBN 2010 saya belum tahu berapa jumlah dana yang turun karena DIPA baru diterima awal Januari,"imbuhnya.(H40, J8-62)

Sumber = Surat kabar SUARA MERDEKA edisi tanggal 15 Desember 2009.

Tanggapan saya pribadi :

Semoga saja segalanya berjalan lancar, tanpa hambatan medan yang sulit seperti cuaca buruk, kecelakaan kerja dan beban perekonomian yang morat – morat (semoga tidak terjadi). Karena hingga kini petak rel sepanjang pantura pulau Jawa dapat dibilang terpadat di pulau Jawa.

Tanggal 16 Desember 2009 :

1. Pembersihan Pemukiman Liar di Pinggir Rel Stasiun Semut

Selain dalam rangka menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru, para petugas Tramtib pun juga berusaha agar lingkungan sekitar stasiun Semut lebih tertata lebih rapih lagi dengan cara menggusuri pemukiman liar di pinggir rel KA dekat stasiun Semut. Selain mengganggu perjalanan KA, para calon penumpang pun merasa kurang nyaman selama masih dikelilingi oleh pemukiman kumuh.

Sumber = Tayangan Sergap di RCTI pada tanggal 16 Desember 2009.

Tanggapan saya pribadi :

Perasaan stasiun Semut selama ini lebih terarah sebagai stasiun dipo? Kenapa di stasiun TV itu justru muncul rangkaian KA Klas Satwa yah yang setara dengan kereta Klas Argo?

2. Petugas Ketertiban Dihajar KRL Hingga Tewas

Diduga akibat menunggu teman yang lama ditunggu – tunggu tidak kunjung tiba, seorang petugas keamanan yang kemungkinan berseragam dinas Tramtib itu langsung menyeberangi rel KA petak antara stasiun Pasar Minggu dengan stasiun Tanjung Barat di daerah Poltangan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Secara tidak dia sadarin, seperti yang dituturkan Urip seoraqng saksi mata melintas KRL AC Pakuan dari arah Bogor menuju ke arah Jakarta di waktu yang bersamaan. Tubuh si Tramtib itu pun terhempas hingga sudah tercerai ke mana – mana.

Akibat kejadian tersebut banyak warga yang menyaksikan proses evakuasi korban ke dalam Ambulans yang siap membawanya ke RS Cipto Mangunkusumo untuk diautopsi. Arus kendaraan bermotor pun tampak 2 arah dibuat menjadi tersendat.

Sumber = Siaran berita Jakarta Petang di Jak TV pada tanggal 16 Desember 2009.

Tanggapan saya pribadi :

Kesigapan diperlukan di mana saja apalagi hendak menyeberangi rel KA. Betapa berharganya nyawa diri kita hingga tidak mengetahui kalau yang akan dihadapi di atas rel KA itu benda yang sulit kita hadang dalam waktu singkat atau sekejap mata dengan resiko tubuh kita akan terhempas tak bernyawa.

Tanggal 18 Desember 2009 :

KA Mogok di Terowongan Selat Channel dan Badai Salju Melanda Eropa dan Amerika Serikat

Seperti apa yang digembar – gemborkan para pemimpin negara dalam pertemuan KTT Perubahan Iklim di ibukota Kopenhagen, Denmark, pembahasan perubahan iklim di belahan negara yang tidak main – main benar – benar terjadi. Skala tingkat ekstrim pada perubahan suhu dingin terutama pada beberapa negara di Eropa membuat sejumlah jadwal penerbangan, terlebih perjalanan darat seperti KA menjadi terganggu. Yang tampak nyata terjadi di negara bagian Carolina Utara, 8merika Serikat. Di negara bagian sisi timur negara Amerika Serikat ini hanyalah gambaran sebagian kecil dari sejumlah negara bagian lainnya di negara Amerika Serikat yang benar – benar sedang dilanda badai salju yang luar biasa.

Tidak cukup itu saja, sebuah rangkaian KA bawah laut penghubung antara negara Inggris dengan Perancis hingga ke ibukota Brussel, Belgia dilaporkan mogok. Kejadian ini membuat panik sejumlah penumpang KA yang terjenbak di dalamnya. Dikatakan oleh sebagian dari mereka bersedia diwawancarai oleh awak media massa bahwa selama sekitar 8 jam-an terjebak di dalam gerbong, ia dan sejumlah penumpang yang terperangkap tidak mendapatkan solusi apapun. Sejumlah anak kecil pun terlihat menangis cukup histeris dan merasakan trauma yang mendalam.

Sumber = Tayangan berita World Report di CNN pada tanggal 20 Desember 2009 pukul. 06.00 WIB.

Eurostar membatalkan layanan akhir pekan akibat cuaca yang menyumbat Terowongan Channel

Eurostar membatalkan semua layanan pada akhir pekan ini setelah cuaca musim dingin buruk di Perancis utara menyebabkan mogoknya 6 kereta yg mana "belum pernah terjadi" menyebabkan terlantarnya ribuan penumpang di kedua sisi Channel Inggris pada akhir pekan sebelum Natal. 5 kereta dengan sekitar 2.000 penumpang berhenti berjalan Jum’at malam di dalam Terowongan Channel (juga disebut Chunnel) yang membentang antara Britania dan Perancis. Keenam mogok kereta Eurostar Sabtu setelah mencoba menjalankan 4 kereta dari London ke daratan utama Kontinental dalam rangka untuk mempersiapkan dimulainya layanan normal. Sekitar 700 orang berada di dalam ketika kereta berhenti di daerah Ebbsfleet Kent.

Dalam sebuah pernyataan di situs Web-nya Sabtu Eurostar mengatakan pihaknya akan melakukan serangkaian kereta uji pada hari Minggu "untuk lebih memahami masalah - masalah yang telah terjadi." "Kami berkomitmen untuk mengembalikan layanan kami sesegera mungkin, tapi prioritas utama kami adalah keselamatan dan kenyamanan pelanggan kami,"menurut pernyataan itu. Para penumpang yang dipengaruhi oleh kerusakan ditawarkan pengembalian dana penuh, satu tiket pulang, dan 150 pound kompensasi. Sekitar 25.000 orang seharusnya sudah bepergian pada hari Sabtu, kata Eurostar. "Kami sangat menyarankan bahwa perjalanan wisatawan yang tidak penting mengubah tiket untuk perjalanan mereka di kemudian hari atau minta tiket mereka dikembalikan,"kata Eurostar di situs Web-nya.

Kereta macet dalam terowongan karena udara di dalam jauh lebih hangat daripada udara di luar pintu masuk terowongan di Perancis. Begitulah Amelle Mouhaddib juru bicara Eurostar mengatakan kepada CNN. "Ini sedikit seperti mengambil sebotol bir dari kulkas ke dalam ruangan yang hangat - dalam hitungan menit tertutup kondensasi,"kata Eurostar CEO Richard Brown. "Kami berpikir bahwa adalah penyebab utama kegagalan kelistrikan di kereta." Dia menyebut jumlah kerusakan "benar - benar belum pernah terjadi sebelumnya."

Eurotunnel yang mengoperasikan Terowongan Channel mengatakan telah mengevakuasi semua 1.364 penumpang Eurostar yang terjebak hari Jum’at setelah kereta "hilang traksi," tapi salah satu dari 5 kereta tetap di dalam terowongan dan memblok sebagian dari terowongan, menurut seorang juru bicara yang Eurotunnel diminta untuk tidak diberi nama, sesuai dengan kebijakan. Kereta api yang rusak hari Sabtu adalah diderek kembali ke pintu masuk terowongan sehingga penumpang bisa dikeluarkan dan dipindahkan kata Eurostar. Penumpang yg dievakuasi Jum’at malam menggambarkan bagaimana sebuah perjalanan yang seharusnya mengambil waktu sekitar 2 jam malah berlangsung lebih dari 14 jam dengan perhitungan 1 jam perbedaan waktu antara London dan Paris. "Aku pergi jam 6:30 dari Paris dan kami baru saja tiba jam 8,"penumpang Robert Ricine kepada Sky News setelah tiba di London's St Pancras stasiun, sebuah hub Eurostar. Ia dan penumpang lain mengeluh mereka tidak diberi makanan atau air dan sedikit informasi selama kejadian buruk ini. "Ini adalah pengalaman yang sangat menyedihkan bagi penumpang yg bepergian dan kami sangat menyesal atas apa yang terjadi pada mereka,"kata Brown. "Kami akan melihat sangat dekat apa yang terjadi [dan] pelajaran apa yang dapat dipelajari terutama untuk benar - benar mengerti mengapa hal itu bisa terjadi bahwa kami punya 5 kereta mogok."

Masalah dimulai setelah jam 9 malam (4 pm ET) Jum’at, ketika yg pertama dari 5 kereta Eurostar menjadi macet. Kereta itu dibantu keluar dari terowongan oleh lokomotif Eurotunnel yang membawanya sepanjang jalan ke London dengan penumpang masih di dalam kata juru bicara Eurotunnel. Penumpang di kereta kedua dan ketiga yg mogok dievakuasi melalui terowongan servis ke kereta Eurotunnel yang membawa mereka ke pintu keluar katanya. Salah satu dari kereta gagal ditarik keluar dari terowongan, tapi pihak berwenang mengalami kesulitan untuk memindahkan yang lain katanya. Kereta keempat dan kelima sedang berjalan dekat bersama - sama ketika mereka gagal / mogok. Jadi, lokomotif Eurotunnel menggabungkan mereka dan entah mendorong atau menarik mereka ke sisi Inggris dari terowongan kata juru bicara.

Penumpang dari kereta kelima naik yang ada di depan dan lokomotif Eurotunnel kemudian menarik / derek kereta itu ke London katanya. Chunnel sebenarnya adalah 2 terowongan yang dipisahkan oleh terowongan layanan ketiga yang lebih kecil sehingga kereta api yang tetap terjebak di dalamnya tidak berarti seluruh terowongan itu terblokir, kata juru bicara Eurotunnel. The Chunnel itu panjangnya 50,5 kilometer (31,4 mil), 38 kilometer (23 mil) darinya ada di bawah air. Brown mengatakan mempertahankan penumpang di dalam kereta adalah metode evakuasi tercepat dan teraman. "Karena ada 5 kereta api, kami butuh ... lebih lama daripada yg diharapkan utk mengeluarkan kereta dan para penumpang yg dalam perjalanan pulang,"katanya.

Meskipun ada penghentian layanan pada hr Sabtu, kendaraan non-komersial, termasuk mobil, motor dan van kemping masih dapat melakukan perjalanan melalui terowongan. Otoritas Perancis mengatakan kepada semua truk untuk turun dari jalan raya di sisi Perancis dari Channel karena kondisi berbahaya, juru bicara Eurotunnel John Keefe mengatakan kepada CNN. Tidak ada truk yang memasuki terowongan dari sisi Prancis dan truk tidak bisa masuk di pihak Inggris karena mereka tidak akan diizinkan untuk mengemudi setelah mencapai Perancis. Masalahnya menghasilkan antrean dari lalu lintas barang di kedua sisi terowongan kata Keefe. Di pihak Inggris, Polisi daerah Kent pada awal hari Sabtu melaksanakan Operasi Stack yang diberlakukan setiap kali ada masalah yang mempengaruhi lalu lintas barang di dalam terowongan. operasi ini Memungkinkan polisi mengelola antrean dari truk yang muncul setiap kali terowongan ditutup. Seorang jurubicara kepolisian Kent tidak bisa memperkirakan berapa banyak truk sedang menunggu Sabtu pagi tetapi mengatakan Operasi Stack memungkinkan polisi untuk mengelola sebanyak 2.300 truk.

Cuaca buruk di Perancis juga menimbulkan masalah bagi kapal yg bermaksud untuk berlayar menyeberang Channel dari Inggris. The Port of Dover, titik keluar utama ke Perancis, beroperasi dengan Pembatasan layanan pada Sabtu karena masalah cuaca di Calais, Prancis, menurut situs Web pelabuhan. "Para pejabat Perancis melarang lalu lintas meninggalkan Pelabuhan Calais karena kondisi jalan yang berbahaya, yang mengurangi semua layanan ke Calais," kata pelabuhan. "lalu lintas Wisatawan sekarang diizinkan untuk menggunakan pelabuhan dan kapal - kapal sedang berlayar ke Calais."

---

Keterangan = Bagi yang belum tahu, kejadian Jum’at malam waktu setempat berarti sekitar pagi hari waktu Jakarta dan sekitarnya. Sebab ketika winter atau musim dingin perbedaan waktu antara WIB dengan Perancis, terlebih Inggris 7 jam lebih dulu WIB. Semisal Jakarta pukul. 08.00 WIB berarti waktu Perancis pukul. 01.00 am waktu lokal setempat.

Tanggapan saya pribadi :

Kejadian buruk seperti ini ,menjadi pelajaran penting buat kita yang di tanah air bahwa selain harus mencintai lingkungan sekitar dengan benar – benar merawatnya dengan diawali tidak membuang sampah sembarangan, juga diharuskan belajar mencintai fasilitas publik lainnya. Meski gejala alam yang besar sulit kita lawan atas kuasa Illahi, namun badai puting beliung dan longsor yang biasa kita hadapi menjadi catatan penting bahwa bencana ini akan terjadi atas kuasa Sang Illahi.

Tanggal 19 Desember 2009 :

1. Patah As Gardan, Penumpang KA Prameks Terlantar

Langsung dari tulisan ybs :

Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.

KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

http://suaramerdeka .com/v1/index. php/read/ news/2009/ 12/19/42446/ Patah-As- Gardan-Penumpang -KA-Prameks- Terlantar

Klaten, CyberNews. KRDH Prambanan Ekspres (Prameks) nomor loko KD-82202 tujuan Solo, Sabtu (19/12), mengalami patah as gardan dan nyaris anjlok saat melintas di lintasan Dusun Prawit, Desa Jambu Kulon, Kecamatan Ceper. Akibat kejadian itu, puluhan penumpang terlantar beberapa menit sebelum dialihkan ke KA Logawa. Dito (25) warga Purwosari, Solo mengatakan awalnya KA pukul. 10.00 WIB bergerak dari arah Yogyakarta menuju Solo. Setelah melintasi stasiun KA Klaten, penumpang tidak merasakan apapun dari KA. "Namun saat di Jambu Kulon KA mulai sedikit bergerak-gerak tak nyaman,"ungkapnya, Sabtu (19/12).

Penumpang di gerbong 3 bertambah panik menyusul goncangan yang semakin terasa dan seperti akan anjlok. Aroma besi terbakar semakin tercium saat mendekati stasiun Ceper. Ketika dilakukan pengecekan, ternyata transmisi as gadran lepas sehingga KRDH yang dimasinisi Sis Wartono (45) warga Depo KA Balapan, Solo itu dihentikan. Meski pelan, KRDH tetap bisa berjalan mendekati stasiun terdekat, yaitu stasiun Ceper. Puluhan penumpang terpaksa diturunkan dan terlantar sekitar 10 menit, kemudian dialihkan ke KA Logawa sampai ke Solo. Sementara, teknisi PT. KA yang membenahi as menemukan besi gardan sudah tidak saling terkait karena patah.

Masinis KA Prameks, Sis Wartono mengatakan dia memutuskan untuk menghentikan KA karena jika diteruskan berjalan akan rawan anjlok. "Kalau dipaksakan saya khawatir putus dan kecelakaan. Untungnya sudah dekat stasiun,"katanya. Menurut Sis, saat berangkat dari Yogyakarta, KA dalam kondisi normal. Diduga as patah karena telah aus.

Sumber = Situs Suara Merdeka Cybernews pada tanggal 19 Desember 2009.

Tanggapan saya pribadi :

Wajar lha kalau KRDH. KRDH khan udah lama melanglang buana ke berbagai penjuru di pulau Jawa. Bahkan pernah di Jabodetabek di beberapa wilayah yang kala itu belum dielektrifikasi / belum dilalui KRL. Mungkin karena kurangnya perawatan yang membuat semua itu terjadi.

2. PT. KA Luncurkan KA Madiun Jaya

Langsung dari tulisan ybs :

Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.

KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Sabtu (19/12) lalu, PT. Kereta Api (Persero) meluncurkan KA Madiun Jaya di stasiun Madiun DAOPS VII. Kereta Klas Ekonomi relasi Madiun – Solo – Kertosono pp ini merupakan rangkaian KRDI (Kereta Rel Diesel Indonesia) yang membawa 4 kereta dengan kapasitas 232 tempat duduk. Acara peresmian tersebut dihadiri oleh Menteri Perhubungan Fredy Numberi, Dirjen Perkeretaapian Tunjung Indrawan, Walikota Madiun Bambang Irianto, Dirut INKA Rosdiatmoko, Direktur Komersial PT.KA Sulistyo Wimbo Hardjito, Direktur Teknik Darmawan Daud dan sejumlah pejabat kereta api lainnya.

Latar belakang pengoperasian KA Madiun Jaya ini adalah potensi pasar angkutan penumpang yang cukup besar di wilayah DAOP VII Madiun serta wujud nyata dari PT. KA dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. “Kereta api ini diproyeksikan untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat. Keunggulan kereta api yang ekonomis dan bisa menampung banyak orang sangat mendukung dan menjadi salah satu solusi dari pertumbuhan penduduk yang makin besar di pulau Jawa,” kata Numberi dalam sambutannya.

Usai memberikan sambutan, Freddy Numberi melanjutkan prosesi peresmian dengan menekan tombol sirine dan memecahkan kendi di badan kereta Madiun Jaya. Sejurus kemudian walikota Madiun, Bambang Irianto berperan sebagai petugas PPKA dengan melakukan semboyan 40 tanda diberangkatkannya kereta.

Selama promosi KA Madiun Jaya memberlakukan tarif sebesar Rp 10 ribu,00 untuk Madiun - Solo. Berangkat dari stasiun Madiun pukul. 05.30 WIB dan tiba stasiun Solo Balapan pukul. 07.30 WIB. Tiba di Stasiun Kertosono pukul 11.30 WIB. (k14)

Sumber = Situs http://kereta- api.co.id/ index.php? option=com_ content&view= article&id= 108:pt-ka- luncurkan- ka-madiun- jaya&catid= 6:berita- ka&Itemid= 80 pada tanggal 28 Desember 2009.

Re: [keretapi] krd solo-kertosono a.k.a KA Madiun Jaya

Mon, December 28, 2009 2:23:40 PM

From:

ian antono nagita_imutz_lho@yahoo.co.id Add to Contacts

To:

keretapi@yahoogroups.com

Trnyata pas tgl 25Des kmrn hunt kSARADAN,saya tadiny ingin nungguin smpe KRDI MN Jaya lwat,trnyata yg dpngumuman PT KA itu KRDI MN Jaya hanya dresmikan scra simbolis saja di MN,smpe skarang msih blum jlan coz Mass MN msih ikut platihan dari INKA utk KRDI ini,yg saya dnger2 infonya rncananya biz taun baru skitar tgl 2Jan,KRDI ini baru mulai broperasi,wah krn target blum trlaksana,rncananya mo ngulangi lagi hunt kSARADAN moto KRDIny pas lwat dhutan jati.

Tanggapan saya pribadi :

Semoga pangsa pasarnya tepat sasaran, yakni masyarakat kalangan penglaju yang benar – benar mampu menaiki rangkaian KRD bertarif Rp 10.000,00 tersebut.

Tanggal 21 Desember 2009 :

Benturan Keras KA Metro di Sepur Badug Kota Shanghai, China

Sebuah kejadian malapetaka kembali terjadi di negeri tirai bambu. Sebuah rangkaian KA Metro bawah tanah di kota Shanghai tiba – tiba saja lepas kendali hingga menabrakkan dirinya membentur sepur badug di sebuah stasiun. Akibat benturan yang sangat keras rangkaian KA terutama pada bagian muka mengalami kerusakkan yang sangat parah. Namun, dari kejadian tersebut tim penyelamat atau KNKT / komite nasional keselamatan transportasi setempat hebatnya menyatakan tiada seorang penumpang pun yang terluka.

Suumber = Siaran berita World Report di CNN pada tanggal 22 Desember 2009.

Tanggapan saya pribadi :

Sungguh peristiwa petaka yang luar biasa meski tidak merenggut korban jiwa.

Sekilas berita global di luar perkereta apian :

Tanggal 13 Desember 2009 :

Perdana Menteri Italia Digebuk Dengan Patung

Oleh karena sebuah tuntutan rakyat tidak digubris oleh sang Perdana Menteri yang telah lama dituduh korupsi, sekepalan patung dengan bahan yang keras pun dihujam kepada sang orang no. 2 di negara pizza tersebut. Alhasil, sosok pelaku yang diduga bernama Masimo Tartacia berusia 42 tahun ini diketahui pihak Kepolisian Milan di mana aksi unjuk rasa pada malam waktu setempat berlangsung. Pria tersebut diketahui pernah mengidap penyakit jiwa. Namun, sang Perdana Menteri yang juga pemilik klub sepakbola AC Milan ini harus menerima hidungnya dipenuhi ceceran darah akibat luka yang harus diterimanya. Tidak cukup itu, wajah bagian kirinya lebam akibat hujaman yang begitu keras saat dievakuasi ke dalam mobil kenegaraan. Malam itu Perdana Menteri yang bernama Berlusconi tersebut sedang membacakan pidato yang cukup panjang.

Suumber = Siaran berita Top 9 News di Metro TV pada tanggal 14 Desember 2009.

Tanggapan saya pribadi :

Waduh!!! Semoga tidak menjadi contoh buat di Indonesia nih…. mengingat tingkat ego dan keanarkisan warga tanah air se-Indonesia tidak kalah heobhnya dengan negara sahabat yang satu ini. Aksi reporter Iraq yang melempar sepatu ke Presiden Amrik George W Bush kala itu saja sempat ditiru oleh beberapa orang salah satunya mahasiswa di Inggris yang melempar sepatu juga ke arah Perdana Menteri China di sebuah universitas di Inggris.

Mungkin ada rekan – rekan yang ingin menambahkan atau meralatnya? Silahkan saja….

Salam,

Dana

Kalau mau japri, silahkan ke dk_aries@yahoo.com saja yah…….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar