Jumat, 22 Januari 2010

Catatan Bulanan Akhir Bulan Desember 2009

Catatan Bulanan
Akhir Bulan Desember 2009
Dikumpulkan oleh = Saya Sendiri  Dana

Bukan untuk mendramatisir, namun saya hanya menyarankan agar sebelum membacanya anak – anak perlu didampingin oleh orang tua atau pun wali karena berikut ini peristiwa – peristiwa yang terjadi selama kurun waktu awal bulan ini ada suatu peristiwa yang tidak kita inginkan, yaitu berita kecelakaan pastinya.

Tampaknya badai salju kian melanda beberapa negara di benua Eropa, terlebih di negara Amerika Serikat. Hal ini menambah panjang catatan moda transportasi yang terkendala akibat landasan pacu yang licin dan rel kereta api yang tertimbun salju yang tebal. Tidak main – main suhu di beberapa kota di benua Eropa mencapai -20*C bahkan bisa jadi lebih. Dari pemberitaan dalam negeri musibah kereta api tidak terlepas dari anjlokan. Kembali beberapa nama KA yang kerajinan anjlok kembali menunjukkan eksistensinya untuk mencelakai sebagian penumpangnya dikala masyarakat tanah air membutuhkan bekal liburan yang panjang menjelang pergantian tahun Masehi.

Untuk selengkapnya silahkan lihat catatan bulanan sepanjang awal bulan ini di bawah berikut ini…


Tanggal 22 Desember 2009 :
Pasca Ditutupnya Terowongan Selat Channel
Berat rasanya agar terowongan selat Channel sebagai terowongan penghubung antara negara Inggris dengan negara Perancis. Di tengah badai salju yang menerpa hampir seantero benua Eropa pihak Eorustar selaku pihak penggagas dari perjalanan KA penghubung antar kedua negara tersebut menutup sementara terowongan hingga waktu yang tidak dapat ditentukan. Meski sudah beberapa kali dilakukan ujicoba dengan menggunakan rangkaian KA Test Drive, namun selaku CEO dari perusahaan Eurostar wilayah negara Inggris menyampaikan permintaan ma’af kepada segenap para calon penumpang KA terutama yang berada di ibukota Paris, Perancis. Ia mengatakan bahwa seluruh penjualan tiket yang telah dibeli para calon penumpang dikembalikan sepenuhnya dan para calon penumpang pun dapat dengan terpaksa kembali ke rumah mereka masing – masing.

Namun, tidak sedikit pula yang tetap bertahan di beberapa stasiun pemberangkatan terutama mereka yang datang jauh – jauh dari ibukota Brussel, Belgia. Terlebih di stasiun Saint …., London, Inggris. Tujuan mereka umumnya hendak berlibur di kedua negara tersebut. Hingga berita ini diturunkan, para calon penumpang telah banyak memadati seantero stasiun Saint…. pada siang hari waktu setenmpat atau sekitar jam 9 malam WIB.

Sumber : Siaran berita World Business Today di CNN pada tanggal 22 Desember 2009.


Tanggapan saya pribadi :
Prihatin...


Senin, 24 Desember
2009 :
Ibu Penjual Kue Dilindas KA di Kayu Manis, Jak - Tim
Tak di ayal sebuah rangkaian KA siang itu melintas di kawasan pemukiman kumuh padat penduduk di daerah Kayu Manis, Matraman, Jakarta Timur. Tanpa diindahkan oleh sang ibu penjual kue yang bernama Yane (Yale atau Yela saya sendiri agak lupa namanya) siang itu melintas rangkaian KA. Sang ibu pun terlindas hingga tubuhnya tercerai berai. Begitulah penuturan salah satu saksi mata yang mengaku melihat kejadian tersebut. Kepolisian setempat langsung mengatasi kasus tersebut hingga jenazah dibawa dengan tandu ke dalam mobil Ambulans.

Sumber = Tayangan Reportase Pagi di Trans TV pada tanggal 25 Desember 2009.

Tanggapan saya pribadi :
Asal diketahui saja… kejadian semacam ini sudah kesekian kalinya terjadi. Waraga sekitar pun sudah terbiasa dengan kejadian terlindasnya warga sekitar pemukiman tersebut oleh KA. Tanpa menimbulkan efek jera yang berlebih, mereka pun tetap saja menempuh nasib sebagai warga miskin kota yang tinggal di pinggir rel KA. Jadi, ditabrak KA bagi mereka hanya nasib – nasiban saja kalau merasa memang sudah ajalnya.

Tanggal 25 Desember 2009 :
1. Tayangan Mata Kamera Episode KRL Jabodetabek

Pongky sosok yang kita kenal melalui layar kaca suatu stasiun TV yang sudah melanglang buana meliput segala fenomena yang terjadi di masyara-kat sekitar kita di tanah air. Kali ini liputannya berkisar di seputaran sta-siun dan rangkaian KRL Jabodetabek. Dari sta - siun Jakarta Kota Pongky pun menelusuri stasiun – stasiun persinggahan seperti Tebet, Juanda dan Bogor di mana rangkaian KRL yang dinaikinya itu KRL Ekonomi dan KRL Ekonomi AC. Dari sekian banyak penumpang yang diwawancarain berkomentar pelayanannya masih sangat kurang dan perlu diperbaikin karena ketelatan perjalanan KRL sudah menjadi santapan mereka. Belum lagi masih banyaknya para pengemis dan pedagang kaki lima dikala armada KRL Ekonomi dipenuhi dengan fasilitas yang rusak.

Tidak cukup itu, tradisi salam tempel dengan para oknum kondektur pun diliputnya tentu dengan kamera tersembunyi. Mereka beberapa mengaku bahwa perkumpulan ‘paguyuban’ komunitas penumpang gelap seperti itu diistilahkan sebagai ‘arisan’. Sayangnya para pelaku arisan terutama di dalam KRL Ekonomi AC tidak ditemukannya saat tiba kembali di stasiun Jakarta Kota. Pongky pun berpikir bisa jadi penertiban sudah sangat digencarkan. Tidak cukup itu saja, Pongky pun juga menaiki rangkaian KRD Ekonomi Langsam dengan tujuan nampaknya Rangkas Bitung. Ia bersama para penumpang di dalamnya berjejal di dalam bordes yang sudah sangat penuh sesak.

Untuk lebih jelasnya, Pongky pun menemui Dirut PT. KA Commuter Jabodetabek yang bernama Kurniadi Atmosasmito. Ia menjelaskan bahwa PT. KA Daops I Jakarat memang masih kekurangan armada untuk KRL Ekonomi. Terlebih bagaimana pola perilaku para penumpang yang membudaya tidak sabaran. Jumlah penumpang KRL Jabodetabek semakin meningkat. Ke depan, PT. KA Daops I Jakarta akan benar – benar mengaktifkan wacana ticketing di mana rangkaian KRL benar – benar hanya memiliki rangkaian Klas AC dan Klas Ekonomi AC.

Sumber = Tayangan Mata Kamera di TV One pada tanggal 25 Desember 2009.

Tanggapan saya pribadi :
Sungguh ironis oleh masyarakat awam semacam sosok Pongky saja menilai armada KRL Jabodetabek yang ada masih buruk. Apalagi sistem ticketing yang menurut saya nampaknya tidak efisien ditambah akan dihapusnya armada rangkaian KRL Ekonomi dengan diganti menjadi KRL Ekonomi AC.

2. KRD Bogor-Sukabumi Anjlok di Cigombong
Langsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...


[keretapi] KRD Bogor-Sukabumi Anjlok di Cigombong
Fri, December 25, 2009 10:39:19 PM
From: Ben W. gajayana@gmail.com Add to Contacts
To: keretapi keretapi@yahoogroups.com

Jumat, 25 Desember 2009 | 22:09 WIB

SUKABUMI, KOMPAS.com - Kereta rel diesel (KRD) Bumi Geulis jurusan Bogor - Sukabumi anjlok di perlintasan rel Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (25/12/2009) petang. Kepala Stasiun Sukabumi, M Budi Mulyana, Jumat malam menjelaskan peristiwa anjloknya KRD Bumi Geulis itu terjadi -+ pukul. 18.30 WIB ketika KRD melintasi rel Cigombong dari arah Bogor menuju Sukabumi. "Namun, tiba - tiba roda rel kereta selip dan naik ke atas rel. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut,"katanya.

Berdasarkan informasi yang diterimanya, saat ini kereta tersebut masih berada di lokasi sambil menunggu bantuan peralatan dari Bogor. "Mudah - mudahan proses evakuasi bisa cepat selesai sehingga KRD bisa beroperasi kembali,"katanya seraya menyebutkan pihaknya belum mengetahui persis di mana lokasi anjloknya kereta tersebut. Ia menyebutkan, KRD Bumi Geulis itu baru Jum’at pagi mulai beroperasi setelah selama hampir 2 minggu tidak beroperasi karena ada kerusakan rel di Cigombong akibat tanah longsor. Budi menambahkan, para penumpang yang berada di KRD terpaksa turun di perlintasan rel Cigombong dan menggunakan transportasi angkutan umum untuk menuju ke Sukabumi.

http://regional. kompas.com/ read/xml/ 2009/12/25/ 22091818/ KRD.Bogor- Sukabumi. Anjlok.di. Cigombong

Sumber = Situs Kompas.com yang diposting oleh rekan Ben Wicaksono ke milis keretapi@yahoogroups.,com pada tanggal 25 Desember 2009.

Tanggapan saya pribadi :
Sudah jenuh saya mendengarnya karena petak rel ini satu – satunya alternatif warga Suabumi dan sekitarnya yang hendak ke Bogor apalagi ke Jakarta.


3. Penumpang KA Cuma Naik 9 Persen

Langsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

[keretapi] Penumpang KA Cuma Naik 9 Persen
Fri, December 25, 2009 11:00:06 PM
From: Ben W. gajayana@gmail.com Add to Contacts
To: keretapi keretapi@yahoogroups.com

Jumat, 25 Desember 2009 | 20:33 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Penumpang PT. Kereta Api ke berbagai kota di pulau Jawa dari sejumlah stasiun di Jakarta pada angkutan Natal dan Tahun Baru kali ini hanya terjadi kenaikan 9% dibanding periode yang sama tahun lalu. Kahumas PT. KA Daerah Operasi I Jakarta Sugeng Priyono saat dihubungi di Jakarta, Jumat (25/12/2009) mengatakan kenaikan itu hanya untuk keberangkatan pada 23 Desember 2009 sebesar 33 ribu penumpang, sedangkan tahun lalu pada periode yang sama 30 ribu penumpang. "Jadi, hanya ada kenaikan sekitar 9% saja,"katanya. Kemudian, untuk keberangkatan pada 24 Desember 2009, justru tidak ada kenaikan, yakni sebesar 36 ribu penumpang atau sama pada periode yang sama tahun lalu.

Sementara untuk hari Jum’at (25/12/2009) yang bertepatan dengan Hari Natal 2009 kata Sugeng penumpang diperkirakan sudah normal kembali seperti hari libur biasa akhir pekan. "Hari ini, sudah normal sekitar 30 ribu penumpang saja,"katanya. Sugeng melanjutkan kebijakan penambahan kereta untuk Angkutan Natal dan Tahun Baru tahun ini hanya 2 kereta, yakni 1 rangkaian kereta Argo Lawu tujuan Solo yang diberangkatkan pada 23 dan 24 Desember dan satu rangkaian KA Parahyangan tujuan Bandung.

Sementara untuk perkiraan beberapa hari menjelang Tahun Baru 2010 Sugeng memperkirakan situasinya akan normal saja karena kebanyakan penumpang sudah menghabiskan uang dan liburan pada 2 bulan terakhir sudah cukup banyak. "Dua bulan terakhir, libur akhir pekan yang panjang karena bertepatan dengan hari besar, sudah cukup banyak yakni mulai Idul Adha dan seterusnya. Saya kira untuk Tahun Baru, mereka akan tetap di dalam kota saja, tak perlu pulang kampung," katanya.

Sumber = Situs Kompas.com yang diposting oleh rekan Ben Wicaksono ke milis keretapi@yahoogroups.com pada tanggal 25 Desember 2009.

Tanggapan saya pribadi :
Biar bagaimana pun yang penting moda transportasi KA tidak terjadi penhentian operasi seperti layaknya KA Priangan, Malang Ekspres, Cantik Ekspres dan Kamandanu beberapa minggu yang lalu yang dihentikan.


Tanggal 28 Desember 2009 :
Dephub hibahkan 3 lokomotif ke PT KA
Langsung dari tulisan ybs :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

JAKARTA: Ditjen Perkeretaapian Departemen Perhubungan menyiapkan 3 lokomotif baru rakitan PT Industri Kereta Api untuk dihibahkan kepada PT. Kereta Api (KA) dalam rangka meningkatkan operasional KA Klas Ekonomi. Dirjen Perkeretaapian Dephub Tundjung Inderawan mengatakan dari 3 lokomotif yang diimpor secara terurai dari Jerman itu, 1 unit di antaranya diharapkan bisa selesai dirakit dan segera dioperasikan pada tahun depan. "Kami pesan 3 lokomotif khusus untuk menarik kereta api Klas Ekonomi. Diharapkan pada 2011 sudah jadi semua, tetapi pada tahun depan sudah dioperasikan 1 unit. Lokomotif itu tidak bisa buat menarik kereta non ekonomi,"katanya, Senin.

Dia menuturkan lokomotif itu akan diberi warna yang berbeda dengan lokomotif lainnya untuk mengantisipasi penyalahgunaan pemakaian. "Jadi, akan kelihatan kalau lokomotif itu ternyata buat menarik kereta none konomi," ujarnya. Tundjung memaparkan hibah 3 lokomotif itu merupakan upaya Dephub untuk meningkatkan kualitas pelayanan KA Ekonomi kepada penumpang. "Yang biasa dipakai kan dari lokomotif berteknologi Amerika Serikat. Kalau hibah ini merupakan teknologi dari Jerman karena harga jualnya cukup terjangkau dengan kualitas sebanding."

Suumber = Postingan rekan Widyoko ke milis keretapi@yahoogroups.com pada tanggal 31 Desember 2009.

Tanggapan saya pribadi :
Sengaja saya kasih warna oranye dulu karena masih sekedar wacana dulu. Namun, kalau soal perbedaan warna pada tampilan lokomotif saya pribadi setuju saja asalkan yang menarik dan tidak terkesan monoton. Karena bisa saja berpengaruh kepada konsumen kalau salah dalam pewarnaan. Apalagi ini dikhususkan untuk Klas Ekonomi yang notabene merakyat itu sungguh langkah yang bagus. Hanya saja jangan sampai dijejali oleh para penumpang yang berdiri bahkan berada di dalam kabin masinis.


Berita global :
Tanggal 25 Desember 2009 :
Pembajakan Pesawat Delta Air di Detroit, Amerika Serikat
Sebuah penerbangan Flight 253 milik Delta Air (mungkin anak perusahaan Northwest Airlines) dibajak oleh seorang pemuda berkewarga negaraan Nigeria dalam perjalanan dari ibukota Amsterdam negara Belanda menuju ke Detriot negara Amerika Serikat. Pria berusia 23 tahun itu melakukan aksinya saat pesawat hendak mendarat di bandara Detroit sebagai tujuan akhir. Pria yang mengaku anggota Al Qaeda tersebut berusaha membuat panik para penumpang di dalamnya dengan mengaku membawa bahan peledak dengan kekuatan yang tinggi.

Tak pelak membuat jemu segenap aparat keamanan USA yang masih dilanda kecemasan dengan isu terorisme. Presiden Amerika Serikat Barack Obama langsung mengutus beberapa aparat keamanan untuk menginvestigasi tindakan terorisme yang dilakukan oleh anak dari seorang pengusaha bank di negara Nigeria tersebut. Sebagian penumpang yang diwawancarain oleh beberapa reporter mengaku siap melakukan dengan perbuatan tercela seperti itu meski raut wajah mereka sudah tampak santai.

Kejadian yang cukup singkat dan penuh dramatisasi itu berlangsung pada sekitar malam pergantian hari di hari Sabtu tanggal 26 Desember ini atau hari Sabtu pagi WIB. Dalam aksi penyergapan yang dilakukan tim anti teror Amerika Serikat, pihak berwenang menyimpulkan aksi tersebut hampir serupa dengan kejadian pada bulan Desember 1988 di dalam pesawat Pan Am yang kala itu sedang mengudara di atas kota Scotlandia, Inggris.

Sumber = Tayangan berita Breaking News di CNN pada tanggal 26 Desember 2009.

Keterangan = Saat berita ini diturunkan Indonesia sudah memasuki tanggal 26 Desember 2009 karena perbedaan waktu yang sekitar 12 jam lebih dulu Indonesia.

Tanggapan saya pribadi :
Dikala benua Eropa dan sebagian dari negara Amerika Serikat dilanda badai salju yang amat sangat tebal dengan suhu minus *C yang amat tinggi, tantangan mesti dihadapi oleh sebagian para perusahaan penerbangan domestik dan mancanegara. Aksi terorisme ini sungguh peringatan bagi negara adidaya yang kian gencar memmerangi isu terorisme yang melanda sebagian negara barat lainnya. Termasuk negaranya sendiri.

Tanggal 26 Desember 2009 :
Kecemasan Pasca Pembajakan Pesawat Delta Air Masih Terjadi
Pemerintah adidaya negara Amerika Serikat rupanya tidak main – main dengan tragedi yang melanda penerbangan swasta negaranya itu. Beberapa jam setelah kejadian pembajakan pesawat Delta Air rupanya tim investigasi negara tersebut terus mengusut aksi terorisme yang dilakukan oleh pria berkewasga negaraan Nigeria tersebut.

Sumber = Tayangan berita World Report di CNN pada tanggal 27 Desember 2009.

Keetrangan = Saat berita ini diturunkan Indonesia sudah memasuki tanggal 27 Desember 2009 karena perbedaan waktu yang sekitar 12 jam lebih dulu Indonesia.

Tanggapan saya pribadi :
Kecemasan yang terjadi benar – benar pelajaran berhagra bahwa negara adidaya semacam USA jangan main – main dengan kami yang selalu dilanda kemiskinan moral dan etika dikala krisis kepercayaan diri melanda seantero negara khususnya di Indonesia ini. Aksi sekecil apapun tetapi kami masih memiliki tenaga sumber daya yang dapat menghanyutkan kalian yang lebih berkuasa di permukaan Bumi ini.

Mungkin ada rekan – rekan yang ingin menambahkan atau meralatnya? Silahkan saja….

Salam,
Dana

Kalau mau japri, silahkan ke dk_aries@yahoo.com saja yah…….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar