Kamis, 10 September 2009

Spesial Catatan Akhir Bulan Perjalanan CC 204 16 dan 17

Catatan Bulanan
Akhir Bulan Agustus 2009
Edisi Spesial Liputan Perjalanan Lok CC 2204 16 dan 17
Dikumpulkan oleh = Saya Sendiri  Dana

Bukan untuk mendramatisir, namun saya hanya menyarankan agar sebelum membacanya anak – anak perlu didampingin oleh orang tua atau pun wali karena berikut ini peristiwa – peristiwa yang terjadi selama kurun waktu awal bulan ini ada suatu peristiwa yang tidak kita inginkan, yaitu berita kecelakaan pastinya.

Sedikit permintaan ma’af saya...

Mohon ma’af apabila selama saya memposting agenda bulanan di sepanjang awal bulan Febuari 2009 kemarin hingga pertengahan bulan Mei 2009 ini ada beberapa foto yang tidak bahkan kurang berkenan, seperti foto – foto pastinya dari tayangan TV. Mulai bulan ini dan seterusnya, saya selalu lebih hati – hati dalam memposting berita. Mungkin apabila yang ditampilin itu foto – foto kiriman dari teman – teman sekalian atau pun juga hasil buruan saya sendiri, maka sudah layak tayang.

Mohon tanggapannya apabila ingin menanggapi...

Perlu diketahui kalau sepanjang akhir dari bulan ini meski minim pemberitaan kereta api selain setidaknya selalu saja berkisar pembelian tiket untuk arus mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri 1430 H, saya pribadi amat mengkhawatirkan dengan peristiwa malapetaka bencana alam yang melanda negara Yunani dan sekitarnya yang sedang digemparkan peristiwa kebakaran hutan lebat. Sedangkan, di negara Taiwan sendiri sudah banyak korban jiwa yang diakibatkan keganasan topan yang melanda seantero negara yang berada antara kota Kaohshiung pada sisi barat Taiwan dan ibukota Taipei pada sisi timur Taiwan. Karena kedua wilayah Taiwan tersebut memiliki jaringan kereta api apalagi super cepat. Namun, satu pun termasuk yang di negara Yunani tiada pemberitaan mengenai moda transprotasi apapun.

Tanggal 21 Agustus 2009 :
Lok CC 204 16 dan CC 204 17 Test Track
Langsung dari ketikan kang Asep Suherman :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Kabar dari Pak Agus INKA bahwa besok hari Sabtu tanggal 22 Agustus 2009 CC 204 16 akan test track dengan rute Madiun - Walikukun pp. Selasa atau Rabu dilepas dari Madiun, perkiraan saya yang sudah - sudah mungkin dia ditarik dingin dengan digandeng KA Sancaka malem hingga SLO. Terus paginya narik KA Lodaya dengan Kabel MU dipasang lengkap. Untuk CC 204 17 akan dilepas dari Madiun antara tanggal 08 / 09 September.

kabar lainnya saat INKA telah merampungkan 3 set (33 kereta) K3 warna jeruk, 2 set K1 (new image) dan 25 gerbong barang Cheatah. (klu kabar ini dari orang INKA yang lain he...he....)

wasalam
asep tea

Sumber dari = Rekan Asep Suherman yang posting ke milis keretapi@yahoogroups.com pada tanggal 21 Agustus 2009.

Keterangan :
Sebelumnya kang Asep dapat info tersebut dari rekan Agus INKA Madiun.

Tanggal 25 Agustus 2009 :
(Berita kelanjutannya)
Test Run CC 204 16 dan K1-095xx MN-SLO PP

Assalamu 'alaikum,
Kemarin pagi (25 Agustus 2009) saya mendapat sms dari rekan kita Pak Agus INKA bahwa lok K1 09 akan test run dengan rute MN - SLO PP. Berhubung lok CC 204 16 akan segera dikirim, maka di test-run juga sekalian. Diperkirakan rangkaian berangkat dari MN pukul. 10.30 selepas Argo Wilis tujuan Bandung. Selain itu info dari Mas Huda INKA menyebutkan bahwa K1 yang akan di-test adalah K1 dengan jendela sempit.

Karena jadwal pengiriman lok CC 204 16 ke BD belum pasti, maka saya memutuskan untuk mencegat rangkaian KA baru ini di SLO karena hari itu saya libur kuliah. Saya menghubungi rekan - rekan YK, namun mereka semua berhalangan. Akhirnya saya berangkat seorang diri. Supaya cepat saya memilih naik Pramex dari Stasiun Maguwo karena dekat dari rumah daripada harus ke kota dulu untuk naik dari LPN atau YK. Saya sudah sering dolan ke MGW tapi baru hari itu saya naik KA Pramex dari MGW.

Info buat rekan - rekan semua, mulai tanggal 17 Agustus 2009 tarif KA Pramex naik. Utk SLO - YK / sebaliknya dan YK – KTA / sebaliknya adalah Rp 8.000 sedangkan KTA-SLO/sebaliknya Rp 16.000.

Di perjalanan saya mendapat sms lagi dari pak Agus bahwa sepertinya lok CC 204 16 hanya akan sampai Walikukun saja namun K1 baru terus sampai SLO dengan lok lain. Agak kecewa, namun masih ada K1-nya, lumayanlah, pikir saya. Di PWS terlihat pekerjaan jalur PWS - STA sudah dimulai dengan mengeluarkan balas lama sehingga jalur terlihat tinggal bantalan dan rel saja.
.............................................
Akhirnya setelah semakin mendekati stasiun SLO jelaslah bahwa lok yang membawa rangkaian adalah lok CC 204 16 dengan asistensi lok CC 201 104 dan 8 K1 baru ditambah M1 dan BP (total 10 kereta). Rangkaian KA berada di SLO selama -+ 1 jam. Ketika lok dilangsir pindah ke ujung timur, saya bertanya - tanya dalam hati apakah yang di depan lok CC 204 16 atau CC 201 104. Saya berjalan ke ujung timur sambil mengamati seluruh rangkaian. Lok tak kunjung datang. Sepintas saya lihat di kejauhan lok berjalan dari utara ke timur.....ternyata lok diputar di segitiga sehingga CC 204 16 tetap di depan. Pada saat test run ini banyak anak - anak naik di K1 baru mungkin diajak oleh bapaknya yang pegawai INKA.

Berkali - kali saya keluar - masuk kereta ingin mengambil gambar namun saya agak ragu. Selain itu, banyak bapak - bapak petugas INKA. Akhirnya saya memilih K1 yang dekat ujung timur yang sepi dan yang jaga pintu mas - mas. Ketika saya minta izin masuk, mas - mas tersebut mempersilahkan saya masuk dan ketika saya minta izin mengambil gambar, pemberian izin sepertinya dengan berat hati sehingga saya cepat - cepat mengambil gambar. Akibatnya gambar yang dihasilkan kurang bagus dan hanya dari bordes saja, tidak ada gambar di dalam. Sejauh yang saya lihat, untuk lampu interior menggunakan LED putih dan setiap deret bangku terdapat stop kontak (A-B satu, C-D satu).

Untuk detail interior mungkin nanti dapat dijelaskan oleh rekan - rekan INKA. Rangkaian KA kembali ke Madiun sekitar pukul 14.00. Demikian sedikit cerita dari saya. Apabila terdapat kesalahan mohon dikoreksi.

Terima Kasih

Wassalamu'alaikum
Laksana Gema P.
YK

Sumber = Postingan rekan Laksana Gema ke milis keretapi@yahoogroups.com pada tanggal 26 Agustus 2009.

Keterangan = Karena topiknya mengenai test run dan beberapa ketikan ybs terkait cerita perjalanannya melihat beberapa rangkaian KA lan, maka tidak saya masuk ke dalam literatur catatan bulanan. Bila ingin melihat ketikan lengkapnya dapat dilihat di situs keretapi@yahoogroups.com.

Postingan Yuda 28-8-2009 :
begini mas, kemarin tanggal 25 test jalan K1 baru dengan ditarik CC 204 16 + CC 201 104 dari MN menuju SLO. Nah sepertinya setelah tes jalan dengan K1, si 204 16 ini balik lagi ke MN. Kemudian, kemarin 204 16 digandeng dengan 204 02 + rangkaian mutsel menuju SLO (laporan mas dhanur). Nah dari SLO baru jalan tadi sekitar 3 jam yang lalu menuju BD menarik Lodaya pagi (plus prameks ekstra *penumpang prameks ekstra menuju KTA dipersilahkan ikut di KA Lodaya*) dengan konfigurasi DT dengan 204 14.
Postingan Asep Suherman 29 – 8 -2009 :
Sewaktu dia di test ke SLO trus balik lagi ke MN, karena ada komponen yang kebakar itu menurut kru dipo BD

Postingan Rezza Habibie 28-8-2009 :
Sempet test run juga di YK.
saya jawab ya mas hehehe
1. Mungkin dipasang di lintas yang menanjak terjal, kalau liat pengiriman CC 204 15 kmaren, MU dipasang di stasiun CPD (Cipendeuy)
2. Mungkin karena untuk menjaga estetika mas hehehe dan mungkin orang depo juga malas memutar karena sudah tau di depannya ada lok baru yang mau di test, untuk soal pandangan LH mungkin no problem mas, karena lok yang blakang (CC 204 14) hanya idle,dan digunakan sebagai lok penolong bila yang 204 16 macet,kurang lebihnya mohon maaf,hehehe

Rezza Habibie

Postingan Agung Wicaksono 28-8-2009 :
nambah info aja.......
selama first run ini kabel MU gak akan dipasang, karena sekaligus test beban, dan baru akan dipasang saat pengiriman CC20417 bulan depan yang akan ditandem dengan CC20416.
Trus......posisi lok belakang yaitu CC20414 sama sekali tidak membantu tenaga, jadi posisinya CC20414 hanyalah idle saja, untuk menguji kekuatan tarikan CC20416.

Berita kelanjutannya lagi :
Tanggal 27 Agustus 2009 :

KLB Mutiara Selatan Ditarik Double Traksi
Pada malam ini rangkaian KA penumpang Mutiara Selatan melakukan perjalanan istimewa dengan ditarik oleh 2 lokomotif diesel elektrik CC 204 02 dengan CC 204 16. Semula perjalanan KLB Lok CC 204 16 hanya mencapai rute Solo Balapan – Walikukun. Namu, ternyata kabar ketidak pastian ke Bandung tidak benar.

Sumber = Postingan Dhanur Rananggono ke milis keretapi@yahoogroups.com pada tanggal 28 Agustus 2009.

Berita kelanjutannya lagi :
setelah semalem nganter lok CC20416 ke dipo Bd, kami dari IRPS BD sempat ngobrol sama KDT dan Anto spesialis CC204, beliau mengabarkan bahwa CC20417 kalau tidak ada aral melintang akan di kirim kamis minggu depan, sedangkan hari senin CC20416 akan test ke Banjar bawa rangkaian Lodaya pagi trus minggu-minggu ini masinis dipo SMC akan mengikuti kursus CC204 selama 4 minggu di dipo SMC dan 1 minggu CC204 akan nongkrong di dipo SMC hal ini berkaitan dengan rencana KA Harina yang akan di tarik CC204.

wasalam

Sumber = Postingan rekan Asep Suherman ke milis keretapi@yahoogroups.com pada tanggal 29 Agustus 2009.

Berita kelanjutannya lagi :
Langsung dari ketikan kang Asep Suherman :
Tata bahasanya sudah saya perbaiki sehubungan dengan pengecekan beberapa kata dengan kalimat singkat, bahasa yang kurang baku tapi gak baku – baku amat sih.... dan tanda – tanda penghubung seperti koma (,), titik (.) dan lain sebagainya.
KETERANGAN = Berlaku untuk semua ketikan dari rekan – rekan semua lho...

Alasan dipasang di CPD terjawab semalem sewaktu kami diskusi di ruang KR Los dipo BD dengan Kang Anto, katanya CC 204 16 sejak berangkat dari SLo ada masalah di TM 2 dan 6, yakni salah setting di computer. Di st. YK KA Lodaya cukup lama berhenti karena Kang Anto setting ulang dan tukeran setting antara CC 204 14 dan CC 204 16 dan di dt. KTA pun KA Lodaya berhenti hampir 1 jam karena kedua lok dimatikan terlebih dahulu untuk disetting. Nah... perjalanan antara KTA - CPD ndak ada halangan. Kereta bisa ngebut dan di CPD baru kabel MU dipasang lengkap dengan selang - selang lainnya dan kereta asalnya telat 1 jam menjadi 30 menit karena kedua lok bisa bekerjasama, jika mendengar suaranya sungguh "merdu" karena begitu di gas kedua lok mengepulkan asap dan tenaga berbarengan.

wasalam

Mungkin ada rekan – rekan yang ingin menambahkan atau meralatnya? Silahkan saja….

Salam,
Dana

Kalau mau japri, silahkan ke dk_aries@yahoo.com saja yah…….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar